free page hit counter

Aktivasi Kartu Kredit Mega dan Jenis Kartunya Wajib Diketahui

Artikel diperbarui pada 28 Februari 2023.

Pemakaian kartu kredit Mega saat ini mulai marak digunakan, terutama pada masyarakat Indonesia. Oleh karena itu perlu untuk mengetahui bagaimana cara aktivasi kartu kredit Mega. Tentu agar para pengguna kartu kredit tersebut dapat mengaktifkan lalu menggunakannya.

Perlu dipahami, pengguna harus mengaktifkan kartu kredit terlebih dahulu sebelum dapat memakainya. Mungkin cara ini sudah banyak diketahui banyak orang, namun ternyata masih orang yang masih bingung terkait bagaimana caranya.

Sebenarnya cara untuk aktivasi kartu kredit Mega sangatlah mudah, juga terdapat beberapa cara yang dapat dipilih pengguna. Lantas apa saja langkah-langkahnya? Bagaimana cara mudahnya? Untuk penjelasan lebih lanjut perhatikan beberapa paparan di bawah ini.

Mengenal Bank Mega dan Layanannya

Sebelum mengetahui terkait cara aktivasi kartu kredit Mega, pengguna harus mengerti terlebih dahulu terkait Bank yang menyediakan layanan menarik. Selain itu, agar dapat pengguna ketahui dan manfaatkan secara maksimal untuk mendapatkan berbagai keuntungan.

Bank Mega merupakan perseroan terbatas yang bergerak pada bidang jasa keuangan perbankan, yang mana telah ada dari tahun 1969 dengan nama PT. Bank karman. Lalu di tahun 2000 terjadi perubahan nama menjadi PT. Bank Mega.

Sebagai bank yang telah lama berdiri di Indonesia, tentu saja Bank Mega memiliki banyak sekali layanan menarik bagi para nasabahnya. Pengguna dapat melihat semua layanan tersebut pada website resminya, yaitu seperti:

  • M-Smile. Yaitu sebuah aplikasi untuk memudahkan transaksi pengguna saat memakai layanan Bank Mega.
  • Mega internet. Yaitu layanan perbankan berbasis elektronik yang dibuat untuk memudahkan nasabah dalam mengakses rekeningnya. Serta juga dapat melakukan transaksi melalui jaringan internet.
  • Mega ATM. Fasilitas elektronik berbentuk Anjungan Tunai Mandiri (ATM) untuk memudahkan transaksi tunai maupun non tunai.
  • Mega Cash. Ialah uang elektronik dalam bentuk saldo dan kartu. Kartu ini telah dibuat Bank Mega dengan memakai chip agar mengamankan dan menyimpan uang yang disimpan di dalamnya.
  • Mega Pass. Fasilitas kartu debit yang diberikan ketika seseorang membuka rekening giro atau tabungan perorangan.
  • M-Money. Merupakan uang elektronik yang dapat menjadi alat pembayaran barang dan jasa di merchant.

Jenis Kartu Kredit Bank Mega

Tentu saja Bank Mega pasti juga menyediakan layanan kartu kredit. Terdapat beberapa jenis Kartu kredit mega. Sebelum masuk ke dalam tutorial cara aktivasi kartu kredit Mega, simak beberapa jenis kartu kredit yang dapat pengguna gunakan berikut ini:

  • Mega First Infinite Credit Card. Termasuk kartu kredit untuk nasabah yang menjadi prioritas Bank Mega. Tentu saja, di dalamnya banyak terdapat benefit yang akan diberikan dari semua perusahaan yang masuk pada CT Corp.
  • Mega Visa Platinum. Kartu kredit yang memberikan kenyamanan dan kemudahan untuk berbelanja dan bersantap. Terdapat banyak diskon menarik pada merchant yang bekerjasama, baik online maupun offline.
  • Mega Travel Card. Kartu kredit yang cocok bagi seseorang yang hobi bertraveling. Di dalamnya terdapat poin yang bisa dikumpulkan dari transaksi yang memakai kartu ini. Poin tersebut akan dapat ditukarkan untuk berbagai keperluan traveling.
  • Mega Corporate Card. Sebuah kartu kredit untuk karyawan yang telah ditunjuk dari perusahaan. Untuk membantu perusahaannya mengelola biaya operasional seperti jamuan, hiburan, maupun perjalanan dinas
  • Mega Classic Card. Kartu kredit yang menyediakan kenyamanan dan kemudahan untuk bersantap dan berbelanja. Di dalamnya tersedia diskon dalam merchant offline maupun online (yang telah kerjasama).
  • Mega Metro Card. Kartu kredit yang khusus dibuat Bank Mega saat bekerja sama dengan Metro Department Store di Indonesia.
  • TSM Ultima Card. Kartu kredit yang dibuat Bank Mega serta bekerjasama dengan Trans Studio Mall. Pengguna dapat menikmati fasilitas eksklusif dan berbagai keuntungan menarik dalam Trans Studio Mall.
  • Transmart Mega Card. Sebuah kartu kredit yang Bank Mega untuk pengganti dari Carrefour Mega Card. Terdapat fasilitas pembayaran nirsentuh (contactless) di dalamnya, sehingga memberikan kemudahan kepada nasabah.
  • Mega Visa Gold. Merupakan kartu kredit yang menyajikan kenyamanan dan kemudahan untuk bersantap dan berbelanja. Terdapat diskon dan keuntungan menarik di merchant (online maupun offline) yang bekerjasama.

Cara Aktivasi Kartu Kredit Mega

Itulah beberapa jenis kartu kredit dalam Bank Mega yang cukup familiar di telinga nasabahnya. Untuk cara aktivasi kartu kredit Mega ini sendiri terdapat 2 cara, simak berikut ini:

1. Aktivasi Dengan Memakai SMS

Cara pertama untuk aktivasi kartu kredit Mega adalah dengan memakai SMS pada Hp. Tentu nasabah bisa mengikuti langkah-langkah yang ada berikut ini:

  • Silahkan buka SMS pada Hp pengguna.
  • Kemudian ketikkan PIN (spasi) 4 nomor terakhir pada kartu kredit pengguna (spasi) tanggal lahir pengguna (spasi) masukkan 6 nomor PIN. Tanggal lahir harus dengan format dd/bb/tttt, contoh 01092002.
  • Setelah itu kirim ke nomor 3377.
  • Selanjutnya akan ada balasan SMS berisi konfirmasi, lalu balas dengan ketik YA (spasi) 4 nomor terakhir kartu kredit.
  • Kemudian akan terdapat SMS kembali yang berisi notifikasi bahwa proses aktivasi telah berhasil.

Sedikit catatan, pengguna harus melakukan cara ini dengan menggunakan nomor yang dipakai saat daftar di rekening Bank Mega. Jika tidak, maka proses aktivasi akan gagal dan harus mengulang kembali.

2. Aktivasi Melalui ATM

Berikutnya adalah pengguna dapat mendatangi ATM Bank Mega sebagai cara aktivasi kartu kreditnya. Adapun langkah-langkahnya, simak penjelasan di bawah ini:

  • Datangilah ATM Bank Mega terdekat.
  • Kemudian masukkan kartu ke dalam mesin ATM lalu pilih PIN Registrasi.
  • Selanjutnya ketikkan tanggal lahir (sesuai DDMMYYY) lalu nomor Hp pengguna kemudian klik tombol benar. Catatan nomor Hp yang dimasukkan harus sesuai dengan yang dipakai waktu daftar rekening.
  • Setelah itu ketikkan 6 digit PIN yang pengguna inginkan.
  • Kemudian masukkan lagi PIN yang telah dibuat untuk proses konfirmasi, lalu klik Enter.
  • Nantinya pengguna akan mendapatkan SMS terkait informasi jika aktivasi sudah berhasil.
  • Lalu balas dengan ketik pesan YA (spasi) 4 nomor belakang kartu kredit.
  • Selesai.

Tips Cerdas Memakai Kartu Kredit Ala BI

Jika pengguna telah memiliki dan mengaktivasi kartu kreditnya maka pengguna telah bebas menggunakannya untuk berbagai transaksi. Namun pengguna harus cerdas dalam menggunakan kartu kredit tersebut. Berikut beberapa tips cerdasnya:

  • Selalu mengawasi pengeluaran. Karena dengan fasilitas kartu kredit Mega, pengguna akan lebih mudah untuk dapat berbelanja suatu barang. Itu yang harus diwaspadai, karena jangan sampai berlebihan hingga tagihan di akhir menjadi menumpuk banyak.
  • Maksimalkan pembayaran. Usahakan pengguna harus memaksimalkan pembayarannya setiap jatuh tempo pelunasan. Karena jika pengguna memaksimalkan pembayaran, maka cicilan akan lebih cepat selesai dan tidak terkena banyak bunga.
  • Bayarlah tepat pada waktunya. Selalu tandai waktu pembayaran tagihan dengan cermat dan usahakan dapat membayar tepat waktu. Tujuannya agar pengguna tidak terkena biaya keterlambatan.
  • Tutup kartu kredit dengan benar. Pastikan saat pengguna hendak menutup kartu kredit, sudah tidak ada lagi tanggungan di dalamnya. Disarankan untuk penutupannya dilakukan dengan bentuk tertulis, sebagai bukti yang meyakinkan.

Itulah cara aktivasi kartu kredit Mega dengan cepat dan mudah. Terdapat dua cara, silahkan pengguna pilih sesuai dengan keinginan. Pastikan juga telah melakukan langkah-langkahnya dengan teliti dan benar agar proses aktivasi berjalan dan berhasil.

Sebelum proses aktivasi, pastikan pula telah menggunakan jenis kartu kredit yang benar. Usahakan memilih sesuai dengan kebutuhan yang ada, bukan hanya mengikuti keinginan saja. Dengan begitu, kartu kredit akan dapat digunakan secara maksimal dan efisien.

Jangan lupa juga praktekkan tips cerdas dalam pemakaian kartu kredit ala BI. Agar pengguna tetap aman selama bertransaksi dengan kartu kredit. Juga tidak terlalu memberatkan ketika jatuh tempo waktu pelunasan tagihan.