free page hit counter

Kartu Kredit Mandiri Pertamina: Keuntungan, Fitur, & Fasilitas

Artikel diperbarui pada 23 Februari 2023.

Mungkin masih belum banyak yang tahu bahwasannya Pertamina dan Bank Mandiri, bekerja sama menciptakan produk kartu kredit Mandiri Pertamina. Kartu kredit ini dirilis oleh kedua belah pihak untuk memudahkan para nasabahnya dalam melakukan transaksi BBM.

Kartu kredit satu ini memberikan banyak keuntungan bagi penggunanya. Keuntungan utama adalah kemudahan saat bertransaksi di SPBU, karena praktis dan tidak membutuhkan uang tunai. Kerjasama Bank Mandiri dan Pertamina ini sudah berjalan mulai dari 2017 lalu.

Persyaratan untuk memiliki kartu kredit ini juga dibilang cukup mudah. Selain itu, bunga yang diberikan juga sangat menggiurkan. Penasaran ingin memiliki dan mengajukan pembuatan kartu kredit Mandiri Pertamina? Nah, ini dia ulasan penting tentang kartu kredit ini.

Keuntungan Kartu Kredit Mandiri Pertamina

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, kartu kredit satu ini tercipta dari kerja sama Bank Mandiri dengan Pertamina. Kartu kredit ini memiliki banyak sekali keuntungan untuk penggunanya.

Tentunya kartu kredit satu ini juga memberikan banyak sekali keuntungan serta fitur yang memudahkan untuk penggunanya saat melakukan transaksi BBM di SPBU. Berikut ini keuntungan yang akan didapat dari penggunaannya:

1. Tanpa Biaya Tambahan

Kartu Kredit Mandiri Pertamina ini bisa dipakai diseluruh Pertamina yang ada pada kota besar di Indonesia. Pengguna tidak lagi perlu mengeluarkan biaya tambahan, saat melakukan transaksi.

Pengguna kartu kredit ini dapat langsung membayar transaksi BBM di SPBU dengan kartu kredit tanpa perlu membayar biaya tambahan. Sangat menguntungkan dan menarik untuk dicoba, ya.

2. Welcome Bonus

Keuntungan kedua yang akan didapat oleh pengguna Mandiri Pertamina adalah welcome bonus atau cashback. Cashback yang diberikan saat melakukan transaksi pertama adalah 20 liter BBM atau cashback tunai sebesar 150 ribu rupiah.

Cashback ini hanya berlaku satu kali saja bagi pemilik baru juga tidak berlaku pada kartu tambahan. Untuk mendapatkan cashback ini, pengguna kartu perlu melakukan aktivasi serta melakukan transaksi retail pertama dalam jangka waktu 3 bulan setelah kartu diaktifkan.

3. Double Fiestapoin

Keuntungan ini akan didapat oleh pengguna kartu saat pengguna melakukan transaksi dengan kelipatan 20 ribu rupiah. Setelah melakukan transaksi dengan kelipatan 20 ribu rupiah, pengguna berhak memperoleh double fiestapoin.

Poin yang telah terkumpul tersebut, nantinya dapat ditukar dengan hadiah langsung yang telah disiapkan oleh pihak Bank Mandiri dan Pertamina. Sangat menarik dan membuat penasaran, ya.

4. Perlindungan Asuransi

Pemilik dan pengguna kartu kredit berhak untuk memperoleh perlindungan asuransi dengan nilai tanggungan mencapai 1 Milyar rupiah. Selain itu, pemilik kartu kredit ini juga berhak memperoleh derek gratis 24 jam di situasi tertentu, serta layanan asistensi darurat.

Untuk dapat mengklaimnya, pengguna tentu perlu melengkapi dokumen-dokumen pendukung yang diminta oleh pihak bank. Selain itu, untuk mendapatkan keuntungan ini ada syarat serta ketentuan yang harus dipenuhi.

Fitur dan Fasilitas yang Ditawarkan

Selain keuntungan yang menggiurkan, fitur serta fasilitas yang disediakan dan disiapkan oleh bank Mandiri dan Pertamina ini juga sangat menarik. Beberapa fitur yang dapat pengguna peroleh dari menggunakan kartu kredit ini diantaranya adalah:

1. Layanan Global

Saat pengguna kartu dalam keadaan darurat, pengguna dapat menghubungi layanan Mastercard Service Representative Global yang aktif dalam 24 jam. Layanan ini tersedia gratis dan bebas pulsa, sehingga pengguna dapat menggunakannya disaat genting tanpa perlu khawatir.

2. Priceless Cities

Selain dapat melakukan transaksi BBM di SPBU, pengguna kartu kredit ini juga dapat merasakan pengalaman yang tak terlupakan. Seperti pengalaman musik, berlibur, traveling , belanja, olahraga serta kuliner.

3. Fasilitas Lounge dan Wine

Pengguna juga bisa mendapat fasilitas lounge saat pesawat yang akan ditunggangi delay atau tertunda penerbangannya. Selain itu, saat makan malam pengguna juga dapat menikmati sebotol wine yang sudah disiapkan pihak Pertamina dan Mandiri untuk nasabahnya.

4. Donasi Mastercard

Selain dapat menikmati aktivitas yang menyenangkan, memiliki pengalaman menikmati sebotol wine saat makan malam. Pengguna kartu kredit ini juga dapat beramal dengan memberikan donasi pada orang yang membutuhkan.

Syarat Memiliki Kartu Kredit Mandiri Pertamina

Setelah melihat keuntungan serta fasilitas yang didapat, tentu calon pengguna akan bertanya-tanya tentang persyaratannya bukan? Berikut persyaratan yang harus dipersiapkan oleh calon pemilik Kartu Kredit Mandiri Pertamina:

  • KTP. Persyaratan utama untuk membuat kartu kredit tentu saja identitas diri yang jelas dan lengkap. Identitas yang legal, jelas dan lengkap dapat diperoleh dari KTP.
  • Slip gaji. Untuk memiliki kartu kredit tentu saja pengguna harus memiliki gaji yang sesuai dengan ketentuan yang diajukan pihak bank. Pendapatan minimal untuk memiliki kartu kredit ini adalah 5 juta perbulan.
  • NPWP. Selain identitas, NPWP juga merupakan persyaratan penting yang harus disiapkan untuk membuka kartu kredit. Kepatuhan dalam membayar pajak, tentu menjadi bahan pertimbangan untuk pihak bank memberikan persetujuan atau tidak.
  • Tidak masuk di daftar hitam Slik OJK atau AKKI. Untuk mempunyai kartu kredit, identitas pemilik harus bersih dari daftar hitam OJK. Artinya calon pengguna tidak pernah terlibat dalam transaksi yang rumit dan berbelit. Terlebih lagi pastikan bahwa BI checking tidak bermasalah.
  • Usia legal. Dalam hal ini, untuk mengajukan pembuatan kartu kredit pengguna harus berusia legal atau minimal 17 tahun dan juga di atasnya.

Biaya dan Bunga Kartu Kredit 

Selain persyaratan, hal lain yang banyak ditanyakan adalah bunga dan biaya yang diperlukan untuk membuat kartu kredit. Untuk memiliki kartu kredit ini, calon pemilik perlu membayar biaya untuk membership dan biaya cash advice.

Terkait biaya yang perlu dikeluarkan untuk membership kartu utama senilai 400 ribu rupiah tiap tahun, serta 250 ribu rupiah per tahun untuk kartu tambahan. Biaya lain yang diperlukan adalah biaya cash advice yang telah ditentukan oleh pihak Bank.

Kartu kredit Mandiri Pertamina sendiri menarik biaya cash advice sebesar 6% atau setara dengan nominal 100 ribu rupiah pada tiap transaksi tunai. Jika pemilik kartu kredit telat membayar, pemilik akan diharuskan membayar denda paling besar 150 ribu atau 3% dari total transaksi.

Sedangkan untuk bunga yang didapat dari penggunaan kartu kredit ini adalah bunga retail dan bunga cash advance. Untuk bunga retail serta bunga cash advance di kisaran 2.245%.

Itu dia ulasan tentang kartu kredit Mandiri Pertamina yang ternyata memiliki banyak fitur yang menguntungkan dan memudahkan penggunanya. Penggunaan kartu kredit ini tentu akan sangat membantu saat melakukan transaksi di SPBU tanpa uang tunai.

Selain banyak keuntungan yang akan didapat, persyaratan untuk membuat kartu kredit satu ini juga terbilang cukup mudah. Pengguna hanya cukup menyiapkan KTP, identitas diri serta beberapa dokumen penunjang lain yang dibutuhkan.

Keuntungan yang berlimpah, persyaratan yang mudah, fitur yang memudahkan membuat kartu kredit ini layak dijadikan pertimbangan saat akan mencoba membuat kartu kredit. Kartu kredit ini cocok untuk pengguna yang tidak suka bertransaksi dengan uang tunai.