free page hit counter

Beli Emas Pakai Kartu Kredit: Kelebihan dan Kekurangan

Artikel diperbarui pada 21 Februari 2023.

Investasi emas menjadi salah satu bentuk penjaminan masa depan oleh diri sendiri. Namun tingginya biaya beli emas membuat banyak orang mempertimbangkan untuk beli emas pakai kartu kredit. Pertanyaannya, apakah hal tersebut memungkinkan?

Kartu kredit sendiri sudah dijadikan sebagai alat bayar adalah oleh banyak orang. Dengan sistem kredit, berbagai pembayaran yang jumlahnya besar bisa menjadi terasa lebih ringan. Hal ini tentunya karena sistem kredit yang mengizinkan penggunanya untuk melakukan cicilan.

Lalu, apakah hal ini juga berlaku untuk melakukan jual beli emas? Akankah penggunaan kartu kredit menjadi cara yang disarankan untuk seseorang yang akan melakukan pembelian emas? Untuk itu, artikel ini akan memberikan pembahasan lengkapnya.

Beli Emas Pakai Kartu Kredit, Apa Bisa?

Banyak pertanyaan yang akan muncul ketika ingin beli emas pakai kartu kredit. Pertanyaan utamanya adalah apakah hal ini memungkinkan untuk dilakukan? Apakah kartu kredit merupakan pembayaran yang mendukung untuk membeli emas?

Jawabannya sudah tentu iya. Kartu kredit bisa menjadi salah satu pilihan pembayaran yang bisa digunakan untuk membeli emas. Metode pembayaran ini akan selalu bisa digunakan selama toko emas yang dituju menyediakan fasilitas pembayaran dengan kartu kredit.

Pengguna kartu kredit tentu akan langsung lega mengetahui hal ini. Harga emas yang tinggi tak perlu lagi jadi penghalang untuk seseorang mau melakukan pembelian emas. Dengan kartu kredit, pembayaran untuk emas yang dibeli bisa dicicil sesuai dengan kemampuan.

Jaminan Keamanan Beli Emas Pakai Kartu Kredit

Setelah mengetahui kemungkinan beli emas pakai kartu kredit pasti banyak pengguna kartu kredit yang kemudian tertarik untuk membeli emas. Namun muncul lagi pertanyaan yaitu menyangkut keamanan transaksi pembelian emas yang dilakukan dengan kartu kredit.

Karena emas menjadi pembelian bernilai besar, tentu saja keamanan transaksi menjadi yang utama. Jika tidak, apa gunanya membeli emas namun dihantui dengan perasaan tidak aman. Hal ini jugalah yang muncul ketika melakukan pembelian emas dengan kartu kredit.

Namun tenang saja karena transaksi pembelian emas menggunakan kartu kredit tentu dijamin aman. Akan tetapi yang harus ditekankan adalah, jangan lupa memilih perusahaan kredit yang terpercaya serta melakukan semua transaksi bersama dengan toko emas yang terpercaya juga.

Beli Emas Pakai Kartu Kredit: Pertimbangkan Hal Ini

Alasan keamanan tidak bisa disepelekan untuk transaksi pembelian yang bernilai besar seperti emas. Karenanya, saat beli emas pakai kartu kredit, ada beberapa hal yang akan mendukung keamanan transaksi. Berikut ini pertimbangan yang harus dilakukan sebelum membeli emas:

1. Gunakan Kartu Kredit yang Tepat

Yang pertama, saat akan melakukan transaksi, pastikan terlebih dahulu apakah perusahaan kredit yang digunakan adalah perusahaan kredit terpercaya. Ini menjadi keamanan dasar dari transaksi pembelian.

Jangan sembarangan memilih perusahaan kredit hanya karena iming-imingnya yang tinggi. Memilih perusahaan kredit juga harus dengan pertimbangan yang matang.

2. Perhatikan Limit Kredit

Pada setiap kartu kredit yang digunakan akan ada limit kredit yang berbeda-beda tiap orangnya. Limit kredit ini nantinya akan mempengaruhi sebesar apa biaya belanja yang bisa dilakukan.

Untuk itu, ketahui limit kredit dalam kartu yang digunakan. Sesuaikan harga emas yang akan dibeli dengan kemampuan cicilan bulanan yang harus dibayarkan.

3. Patuhi Seluruh Aturan dan Kebijakan

Untuk melakukan transaksi yang aman, perusahaan kredit akan memiliki aturan dan kebijakan yang sudah ditentukan. Menggunakan kredit tersebut sama saja dengan menyetujui peraturan perusahaan.

Dalam penerapannya, masih banyak orang yang melalaikan hal ini yang mengakibatkan kerugian pada dirinya sendiri. Maka dari itu, pahami kebijakan dengan baik dan patuhi secara keseluruhan.

4. Catat dengan Teliti Semua Tagihan Kredit

Setelah melakukan pembelian, akan terbit tagihan bulanan yang harus dibayarkan oleh pembeli. Semua detail biaya akan muncul tepat setelah pembayaran dilakukan.

Untuk itu, saat penghitungan, simak baik-baik rincian pembayaran yang harus dilakukan. Kemudian, perhatikan juga tenggat bayar bulanan agar tidak terlambat membayar.

5. Lakukan Pembelian di Toko Emas Terpercaya

Yang terakhir adalah, jangan lupa untuk melakukan pembelian emas di toko emas yang sudah terpercaya. Hal ini akan memperkecil kemungkinan penipuan terhadap pembelian emas yang dilakukan.

Selain itu, pastikan juga emas yang dibeli disertai dengan sertifikat. Hal ini penting untuk menandai kepemilikan emas dan mempermudah ketika nantinya emas akan dijual di kemudian hari.

Keuntungan Beli Emas Pakai Kartu Kredit

Membeli emas dengan menggunakan kartu kredit tentu tidak menjadi populer begitu saja. Beli emas pakai kartu kredit membawa keuntungan tersendiri bagi pembelinya. Berikut ini keuntungan yang mungkin didapat dari pembelian emas dengan kartu kredit:

1. Tidak Ada Biaya Tambahan

Bagian biaya layanan tentu akan menjadi pikiran tersendiri saat akan menggunakan kartu kredit. Jangan-jangan nanti transaksi ini akan dikenakan biaya tambahan yang besar dan malah jadi merugikan.

Namun tenang saja karena sebagian besar kartu kredit tidak menerapkan biaya tambahan pada transaksi pembelian emas ini. Tagihan yang harus dibayar hanyalah tagihan sesuai dengan rincian yang terbit setelah pembayaran.

2. Membeli Emas Terasa Lebih Ringan

Bukan rahasia lagi jika emas memiliki harga yang sangat tinggi sebagai logam mulia yang bernilai tinggi. Maka dari itu, bagi sebagian orang membeli emas menjadi beban tersendiri karena akan menghabiskan dana yang besar.

Namun dengan menggunakan kartu kredit, nilai harga yang besar bukan lagi masalah. Emas bisa dibeli dengan pembayaran kredit atau cicilan. Nilai yang besar itu bisa diselesaikan sedikit-demi sedikit.

3. Transaksi Aman

Kekhawatiran utama dalam transaksi yang nilainya besar adalah keamanan transaksi. Bagaimana jika uang dengan nilai besar itu akan kena penipuan.

Namun tenang saja karena, jika perusahaan kredit yang dipilih adalah perusahaan kredit terpercaya, sudah tentu minim penipuan. Jika pun ada penipuan, perusahaan ini sudah diawasi sehingga bisa segera ditindak.

4. Pemanfaatan Limit Kartu Sekaligus Investasi Jangka Panjang

Banyak orang yang memiliki kartu kredit namun tidak menggunakannya terlalu banyak. Jika hal ini terjadi, maka membeli emas bisa menjadi salah satu cara memanfaatkan limit kartu.

Tidak hanya itu, pembelian emas ini juga bernilai investasi tinggi. Dengan begitu, investasi jangka panjang secara tidak langsung akan terjadi.

5. Kemungkinan Menjadikan Emas Sebagai Jaminan

Yang terakhir, nilai emas yang sangat tinggi juga bisa dijadikan cadangan biaya yang mungkin saja dibutuhkan suatu saat. Diibaratkan, emas ini sebagai dana darurat pemiliknya.

Hal ini dikarenakan emas tidak hanya bisa diinvestasikan namun bisa juga dijadikan sebagai jaminan. Jika sewaktu-waktu membutuhkan dana darurat, emas yang dimiliki bisa dijual maupun digadaikan sesuai kebutuhan.

Berinvestasi dengan melakukan pembelian emas bisa menjadi salah satu bentuk investasi yang menjanjikan. Harga emas sebagai logam mulia bisa dipastikan akan meningkat waktu ke waktu. Jadi bisa dikatakan investasi emas akan minim kerugian.

Lalu, bagaimana jika beli emas pakai kartu kredit? Jawabannya tentu hal ini sangatlah memungkinkan. Keamanannya pun sudah pasti terjaga asalkan tidak asal pilih perusahaan kredit dan tidak asal pilih toko ya.

Selain itu ternyata, dengan melakukan pembelian emas menggunakan kartu kredit, ada beberapa manfaat tambahan yang pasti akan didapatkan oleh pengguna kartu kredit. Jadi, tak perlu ragu lagi untuk melakukan pembelian emas dengan kartu kredit ya.