free page hit counter

Cara Menutup Kartu Kredit Citibank: Prosedur dan Syarat

Artikel diperbarui pada 19 Februari 2023.

Ada kalanya seseorang berencana menutup akun kartu kredit Citibank karena suatu alasan tertentu, setelah sekian lama menggunakannya. Hanya saja tidak semua paham bagaimana cara menutup kartu kredit Citibank, baik syarat dan prosedur pengajuannya.

Sebagian orang mungkin dulunya menggunakan kartu kredit untuk kemudahan dalam pemenuhan kebutuhan dan keuntungan transaksi. Namun seiring waktu, mungkin saja pengguna merasa sudah tidak perlu lalu menggunakan kartu kredit, apalagi bila tabungan sudah mencukupi.

Bisa jadi untuk menghindari penyalahgunaan kartu kredit, akhirnya memutuskan untuk menutup akun sebelum terlambat. Untuk mengetahui tentang prosedur dan cara untuk mengajukan berhenti dari layanan kartu kredit dari Citibank, simak dalam uraian berikut:

Tentang Penutupan Kartu Kredit

Setiap pengguna layanan kartu kredit memiliki hak untuk menutup akun dengan melalui beberapa prosedur dari Citibank. Sebelum itu, tentunya perlu dipahami bahwa ada syarat yang penting untuk dipenuhi demi melancarkan proses pengajuan penutupan, di antaranya:

  • Memiliki alasan yang kuat untuk penutupan (alasan hilang atau personal).
  • Membuat surat permohonan yang ditujukan ke Citibank.
  • Membayar sisa tagihan kredit yang telah digunakan.
  • Melengkapi berkas persyaratan untuk penutupan.

Adapun untuk mengetahui sisa tagihan bisa dicek melalui aplikasi mobile banking yang disebut Citi Mobile Indonesia. Layanan ini bisa digunakan oleh nasabah Citibank untuk kemudahan transaksi dan akses informasi perbankan melalui smartphone dari mana pun.

Bila pengguna belum melunasi tagihan kemungkinan besar proses penutupan tidak bisa dilanjutkan untuk sementara. Bagaimanapun tagihan merupakan tanggung jawab dari pengguna untuk diselesaikan terlebih dahulu sampai lunas secara pokok, serta bunga dan denda bila terlambat.

Prosedur dan Ketentuan Penutupan Kartu Kredit

Sehubungan dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh Citibank terkait penutupan kartu kredit telah diatur dalam prosedur tertentu. Untuk mengetahui berbagai prosedur yang perlu dilakukan beserta dengan ketentuannya, simak pada penjelasan berikut ini:

  • Pengajuan Penutupan. Pemilik kartu kredit bisa melakukan pengajuan penutupan akun dalam bentuk surat pernyataan dengan tulisan tangan dan tanda tangan. Atau bisa juga dilakukan dengan menghubungi call center untuk mengetahui tahap yang harus dilakukan selanjutnya.
  • Pelunasan Kewajiban. Sekalipun akun sudah diblokir, pemilik tetap harus memenuhi kewajiban untuk menyelesaikan tanggungan kredit yang telah dipakai sebelumnya. Bisa juga bank penerbit kartu kredit memotong tunggakan melalui rekening bank atas nama pengguna.
  • Pemblokiran. Setelah proses pengajuan dilakukan, selanjutnya giliran pihak Citibank akan memproses pengajuan blokir kartu kredit dari pengguna. Biasanya proses untuk blokir kartu akan membutuhkan waktu beberapa hari kerja apabila kewajiban melunasi telah dipenuhi.
  • Penutupan Akun. Setelah pengajuan penutupan disetujui maka tinggal tunggu pemberitahuan atau tanda bukti bahwa akun ditutup. Kelak pengguna wajib mengembalikan kartu untuk dimusnahkan oleh pihak Citibank.

Cara Menutup Kartu Kredit Citibank

Setelah mengetahui apa saja persyaratan untuk menutup kartu kredit, maka berikutnya adalah perlu memahami bagaimana cara untuk menutupnya. Simak selengkapnya berikut ini secara mudah dan cepat:

1. Menghubungi via Telepon

Bagi pengguna yang sekiranya ingin tahu cara menutup kartu kredit Citibank praktis, sebenarnya tidak perlu datang ke kantor cabang. Atau bahkan ketika keperluan keamanan yang mendesak akibat kartu kredit kredit hilang dan khawatir disalahgunakan.

Cukup dengan menghubungi layanan call center (021) 2529999 ataupun 1500335 maka petugas Citibank siap membantu dengan prosedur sebagai berikut:

  • Siapkan ponsel, hubungi salah satu call center.
  • Tentukan opsi bahasa yang dipahami.
  • Sampaikan maksud dan alasan ketika sudah tersambung.
  • Petugas akan melakukan verifikasi data dan pengecekan tagihan.
  • Bila tanpa kendala, kartu kredit akan langsung diblokir.

Apabila pada tahap pengecekan masih ditemukan adanya sisa tanggungan kewajiban maka proses pemblokiran tidak akan langsung dilakukan saat itu juga. Akan tetapi petugas akan mengarahkan pengguna untuk membayarkan sisa kewajibannya terlebih dahulu sampai tuntas.

Sedangkan untuk pengguna yang sudah menyelesaikan sisa tagihan tinggal menunggu arahan dari petugas, mungkin menunggu beberapa hari. Kelak setelah pengajuan berhasil diproses maka seseorang akan mendapat tanda terima sebagai bukti penutupan akun kartu kredit.

2. Mendatangi Kantor Cabang Citibank

Selain itu, cara menutup kartu kredit Citibank satu ini bisa dilakukan apabila seseorang justru kesulitan menghubungi via call center pusat. Maka sebaiknya datang langsung ke kantor cabang Citibank yang mungkin lokasinya paling dekat.

Pastikan menyiapkan dana untuk melakukan pelunasan pada tagihan kredit yang masih tersisa. Mungkin bisa dilihat saja melalui aplikasi Citi Mobile atau bisa melihat dari lembaran tagihan bulanan yang dikirim dari Citibank.

Serta tidak lupa persiapkan berkas pendukung dan identitas diri untuk kelancaran proses verifikasi data, seperti buku rekening tabungan, kartu kredit, dan KTP/SIM. Lalu kunjungi lokasi kantor cabang dan ikuti langkah berikut ini:

  • Ambil antrean, lalu tunggu giliran.
  • Tiba giliran, sampaikan maksud kedatangan ke customer service.
  • Serahkan berkas pendukung dan lakukan pelunasan.
  • Diminta untuk melengkapi formulir penutupan dan ikuti arahan.
  • Setelah itu, dapatkan tanda bukti penutupan akun.

Cara menutup kartu kredit Citibank dengan datang langsung mungkin bisa lebih nyaman bagi sebagian pengguna karena bisa berhadapan langsung dengan petugas. Bahkan bisa langsung bertanya dan memberi respons lebih cepat bila segala persyaratan terpenuhi.

Kapan Perlu Menutup Kartu Kredit

Ada beberapa momen yang mungkin bisa digunakan sebagai waktu yang tepat untuk menutup akun kartu kredit di Citibank. Hal ini mungkin juga bisa dijadikan sebagai alasan yang kelak bisa disampaikan kepada petugas, di antaranya:

  • Kartu Hilang. Berbahaya bila kartu hilang atau mungkin ada pihak yang sengaja mengambil kartu kredit untuk disalahgunakan. Terlebih ada sebagian kartu kredit yang bisa digunakan dengan mudah tanpa perlu adanya digital signing atau pin untuk bertransaksi.
  • Kebiasaan Konsumtif. Ketika keberadaan kartu kredit lama kelamaan justru digunakan untuk kebutuhan yang kurang penting dan tidak krusial. Lebih bersifat menghambur-hamburkan dan tidak untuk kebutuhan yang memiliki manfaat jangka panjang dan tidak menguntungkan.
  • Sering Terlambat. Bila seseorang semakin sering melakukan keterlambatan pembayaran tagihan, tentunya akan ada denda atau bunga yang justru semakin besar. Selain itu sebenarnya dengan sering terlambat sudah menunjukkan bahwa kondisi keuangan sedang tidak sehat.
  • Pemilik Meninggal. Bagi anggota keluarga atau ahli waris sebaiknya menutup akun kartu kredit pemilik yang meninggal dunia. Meski demikian tetap ada kewajiban bagi keluarga untuk menyelesaikan tagihan yang tersisa sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Itulah penjelasan terkait prosedur dan cara menutup kartu kredit Citibank secara mudah dan aman dengan bantuan dari petugas. Bahkan masing-masing cara yang ditawarkan bisa memberikan kemudahan kepada nasabah sehingga tidak menyita banyak waktu.

Bagi yang dekat dan sedang ada waktu bisa mengurus penutupan sebaiknya bisa langsung datang ke kantor cabang. Sedangkan yang tidak bisa mungkin karena jauh dari lokasi atau ingin lebih praktis, bisa juga menghubungi layanan customer service via telepon.

Sebagai pengguna layanan finansial, perlu mempertimbangkan seberapa perlu menggunakan dan kapan harus berhenti berkredit. Dengan demikian seseorang bisa lebih bijak dalam mengalokasikan pemasukan dan menentukan pengeluaran yang memang diperlukan.