free page hit counter

Tugas Customer Service Bank Apa Saja Sebenarnya?

Artikel diperbarui pada 12 Februari 2023.

Customer Service Bank merupakan posisi pekerjaan yang berhubungan langsung dengan para nasabah. Banyak orang yang menganggap bahwa tugas Customer Service Bank hanyalah melayani nasabah-nasabah yang berdatangan.

Namun, masih banyak pengguna yang tidak mengetahui bahwa tugas seorang Customer Service sangatlah sulit. Customer Service dituntut untuk selalu sigap menghadapi nasabah yang beragama perilakunya. Customer Service sendiri bukan posisi yang bisa ditempatkan sembarang orang.

Dalam Bank ataupun dalam Perusahaan lain, Customer Service sangat dibutuhkan. Karena dengan adanya Customer Service pada Bank, nasabah dapat mengenal produk maupun pelayanan yang dimiliki, sehingga nasabah dapat tertarik. Posisi ini pun termasuk cukup diminati banyak orang.

Mengenal Lebih Dalam Tentang Customer Service Bank

Bank sendiri merupakan sebuah lembaga keuangan yang memiliki tugas untuk menyalurkan serta menghimpun dana dari masyarakat. Customer Service pada bank sering juga disebut sebagai pintu masuk untuk para nasabah, karena berhubungan langsung dengan nasabah.

Customer Service harus memberikan pelayanan sebaik mungkin kepada nasabah. Karena, nantinya hal itu akan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah. Jika nasabah merasa puas, tentunya nasabah akan terus menggunakan transaksi pada Bank tersebut.

Untuk menjadi Customer Service tentunya ide butuhkan kesabaran untuk menghadapi nasabah. Karena perilaku dan tingkah laku setiap manusia berbeda-beda. Maka nasabah harus siap mental menghadapi berbagai sifat nasabah yang berbeda setiap harinya.

Customer Service perlu memiliki public speaking yang bagus. Karena Customer Service harus menjelaskan dan memperkenalkan produk pada nasabah. Jadi, bila Customer Service terbata-bata maupun kesulitan saat menjelaskan produk, pastinya nasabah akan kebingungan.

Tugas Customer Service Bank Yang Harus Diketahui

Menjalankan tugas Customer Service Bank sangatlah tidak mudah. Salah satu tugas dan kewajibannya, Customer Service harus bisa memperlakukan nasabah sebaik mungkin. Berikut beberapa tugas Customer Service Bank yang perlu diketahui :

1. Sebagai Customer Service Relation Officer

Seperti yang sudah di katakan tadi, salah satu tugas seorang Customer Service ialah memperlakukan nasabah sebaik mungkin. Hubungan antara Customer Service dengan nasabahnya haruslah baik. Kemungkinan hal ini akan sangat berpengaruh terhadap loyalitas nasabah pada Bank.

Dengan membangun hubungan yang baik dan bagus dengan nasabah, nantinya nasabah akan merasa puas terhadap pelayanan. Nantinya, nasabah akan terus menggunakan Bank tersebut, karena merasa puas dengan pelayanan yang pengguna berikan.

Namun, jika seorang Customer Service memberikan pelayanan yang buruk, tentu saja nasabah akan berpindah ke Bank lain. Atau bila fatal, mungkin tidak akan ada nasabah lagi yang bertambah. Maka dari itu Customer Service disini bertugas sebagai penghubung nasabah dengan Bank.

2. Sebagai Resepsionis

Tugas Customer Service yang kedua adalah sebagai Resepsionis. Resepsionis sendiri disini ialah Customer Service harus bisa melayani dan menjawab pertanyaan nasabah yang datang. Untuk melayani dan menjawab, Customer Service diharuskan bersikap sopan, ramah dan menarik.

Customer Service harus berbicara dengan jelas, dan benar. Customer Service tidak diperbolehkan melayani dan menjawab pertanyaan nasabah sembari merokok, makan, minum, ataupun mengobrol dengan karyawan lain.

Saat melayani nasabah, Customer Service diminta fokus untuk menjelaskan kepada nasabah. Jika Customer Service melakukan beberapa hal di atas, sambil melayani nasabah, tentunya konsentrasi akan berkurang. Bahkan hal yang disampaikan pun bisa menjadi tidak jelas.

3. Sebagai Deskman

Maksud dari Deskman, adalah Customer Service harus bisa menjelaskan dan memberikan informasi terkait produk yang dimiliki pada Bank. Customer Service harus bisa menjelaskan manfaat serta keunggulan yang dimiliki pada Bank tersebut, agar nasabah dapat tertarik.

Customer Service juga diharuskan menyiapkan formulir yang nantinya akan diisi nasabah. Customer Service juga harus membantu para nasabah nya untuk mengisi formulir yang sesuai dengan transaksi yang dilakukan. Customer Service juga bertanggung jawab atas brosur.

4. Sebagai Salesman

Seperti yang disebutkan, Customer Service juga harus bertugas sebagai Salesman. Yang berarti, Customer Service harus bisa menawarkan produk yang dimiliki Bank kepada para nasabah. Customer Service harus bisa membuat nasabahnya membeli produk dari Bank tersebut.

Customer Service bisa membujuk nasabahnya untuk membeli produk yang dimiliki oleh Bank. Hal itu sudah sesuai dan boleh dilakukan oleh Customer Service. Bisa dibilang, disini Customer Service juga mengemban tugas sebagai Cross Selling.

Selain itu, Customer Service juga bertugas menerima keluhan-keluhan dari para nasabahnya. Keluhan ini nantinya akan menjadi perbandingan terhadap para pesaing. Jika dirasa perlu diperbaiki, maka Bank harus memperbaiki apa yang menjadi keluhan para nasabah.

5. Sebagai Seorang Komunikator

Tugas Customer Service Bank selanjutnya harus bisa menjadi seorang Komunikator. Di sini Customer Service harus bisa mengkomunikasikan antara kepentingan nasabah dengan kepentingan Bank. Komunikasi ini nantinya harus bisa mempererat kerja sama antara nasabah dengan Bank.

Jika terjadi kesalahan dalam komunikasi, tentunya pelanggan akan berpindah ke Bank lain, dan mungkin hal itu bisa mempengaruhi nasabah lainnya. Maka, Customer Service mengemban tugas yang begitu penting disini.

Syarat Untuk Menjadi Customer Service Apa Saja?

Untuk menjadi Customer Service, memiliki beberapa syarat. Karena Customer Service Bank nantinya akan berhubungan langsung dengan nasabah. Jadi, untuk menjadi Customer Service diperlukan seseorang dengan public speaking yang baik. Berikut syarat menjadi Customer Service Bank: 

1. Syarat Mental

Mental merupakan hal utama sebagai Customer Service Bank. Seorang Customer Service harus bisa berlaku sabar, sopan, ramah dan murah senyum terhadap nasabah. Customer Service harus bisa menghadapi nasabah yang berbeda beda perilaku setiap harinya.

2. Syarat Fisik

Syarat fisik, berarti Customer Service harus memiliki tampilan yang terlihat bersih, nyaman dan rapi. Customer Service harus berpakaian rapi agar membuat nasabahnya nyaman. Hal itu juga akan menjadi penilaian bagi nasabah.

3. Syarat Sosial

Terakhir, Customer Service harus bisa berkomunikasi dengan baik kepada nasabahnya. Customer Service harus bijaksana dan sabar dalam menghadapi nasabahnya. Customer Service juga harus bisa menyesuaikan diri dengan cepat, serta mudah di ajak kerja sama.

Menjadi Customer Service Bank bukanlah sesuatu hal yang mudah. Namun, jika menjadi Customer Service dengan senang hati, pasti tugas yang dilakukan akan terasa mudah. Apalagi gaji yang diberikan juga menjanjikan dan sesuai dengan tugas Customer Service Bank.

Tugas untuk Customer Service Bank pun bukan hanya sekedar melayani nasabah dengan mudah. Customer Service harus bisa memahami karakter nasabah yang berbeda-beda setiap harinya. Customer Service Bank harus bisa menarik minat nasabahnya.

Demikianlah beberapa informasi mengenai tugas customer service bagi yang belum mengetahuinya. Syarat menjadi Customer Service sendiri cukup mudah, namun yang paling penting ialah mental. 

Karena Customer Service Bank harus memiliki kemampuan mental dan percaya diri yang baik untuk melayani nasabahnya. Customer Service juga harus bisa mengkomunikasikan dengan baik antara nasabah dan Bank.