free page hit counter

Begini Cara Bayar PBB yang Tertunggak, Tidak Perlu Panik!

Artikel diperbarui pada 20 Februari 2023.

Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) harus dibayar secara berkala dan tepat waktu. Sebagai pemilik bangunan jangan sampai ini terjadi, kalau pun demikian jangan khawatir. Cari tahu informasi mengenai cara bayar pbb yang tertunggak lewat online.

Jadi tidak perlu panik, sebab yang perlu dilakukan yaitu mencari tahu informasinya. Dengan panik justru tidak akan menyelesaikan masalah, denda pun akan bertambah. Orang dengan wajib pajak wajib melunasinya paling lambat 6 bulan setelah tanggal diperoleh SPPT.

Ketahui Cara Cek Tunggakan PBB

PBB memiliki dasar perhitungan yang sudah diatur dalam UU no. 12 Pasal 6 Tahun 1985. Persentasenya diambil dari nilai tertentu dani nilai jual sebenarnya. Besarannya ditetapkan dalam peraturan pemerintah, dengan memperhatikan ekonomi nasional.

Akan tetapi nilai terendah dan senilai 20% dan nilai tertingginya sebesar 100%. Cara pengecekannya mudah, bisa melalui situs resmi badan pendapatan daerah. Atau bisa juga melihat nominalnya melalui minimarket terdekat.

1. Melakukan pengecekan lewat situs resmi

Bukalah situs resmi badan pendapatan daerah berdasar domisili objek pajak. Klik tombol daftar e-SPPT PBB yang ada dalam halaman tersebut. Kemudian isi data diri di kolom yang sudah disediakan, seperti NIK, NPWP, Nomor HP dan data diri lain yang diminta.

Jika informasi di atas sudah diisi secara lengkap, lakukan verifikasi data. Jika sudah berhasil, aka nada tautan untuk mengunduh e-SPPT dari sistem melalui email. Pengguna akan melihat berapa tunggakan PBBnya dalam dokumen yang diterima.

2. Melakukan pengecekan lewat minimarket

Mengecek tagihan PBB dapat dilakukan juga lewat minimarket terdekat. Bawalah nomor objek pajak dan perlihatkan kepada kasir. Berikutnya kasih minimarket akan menginformasikan berapa jumlah tagihan yang jadi tunggakan.

Jika nominal tunggakan yang dimiliki sudah diketahui lewat cara apapun. Sebaiknya disarankan untuk segera melakukan pembayaran saja. Sehingga nominal tunggakan tidak akan semakin bertambah dan menjadi masalah.

Inilah Cara Bayar PBB yang Tertunggak dengan Cara Online dan Offline

Pembayaran PBB yang sudah tertunggak, masih dapat dilakukan seperti biasa. Hanya mungkin dikenakan denda berbeda, ini bisa dilakukan secara online atau offline. Sudahkah mengetahui bagaimana cara bayar pbb yang tertunggak dengan dua cara ini?

Sepertinya mayoritas pengguna belum banyak yang mengetahui. Sebab sudah panik ketika mendapati terlambat membayar pbb. Penting diketahui kali ini akan dibagikan informasi seputar hal tersebut sebagai berikut :

1. Pembayaran pbb tertunggak offline

Siapkan SPPT yang biasa dibagikan oleh RT atau RW setempat ketika di awal tahun. Kemudian kunjungi kantor pos, bank, kelurahan, kantor desa, dan minimarket. Kunjungi tempat tersebut yang menerima pembayaran untuk pbb.

2. Pembayaran pbb tertunggak secara online

Pembayaran secara online dapat dibayarkan melalui e-commerce, sebut saja Tokopedia dan bukalapak. Keduanya menyediakan fitur pembayaran tagihan pbb untuk pengguna. Jangan lupa untuk mengunduh kedua aplikasi tersebut, lalu lakukan login dengan data diri yang sudah terdaftar.

Meski diantara keduanya terdapat langkah berbeda, namun tidak terlalu sulit. Tinggal mencari menu pembayaran, top-up dan tagihan atau PBB dalam fitur jenis pajak. Berikutnya sama seperti mengecek pbb, input nomor objek pajak agar nominal tagihan muncul. Jika sudah benar, tinggal melanjutkan ke halaman pembayaran.

Sanksi Bagi yang Tidak Melakukan Pembayaran PBB

Meski telat pemerintah tetap memberi kesempatan untuk membayar PBB. Akan tetapi jika tidak dilakukan pembayaran, jangan harap bisa bebas begitu saja. Pasalnya pemerintah memberlakukan sanksi bagi yang tidak melakukan pembayaran.

Di sini bagi para pemilik properti dan bangunan, penting untuk memahaminya. Dimana pembayaran PBB tepat waktu atau pun telat, tetap wajib untuk dilakukan.

Tentunya dengan syarat pembayaran yang memiliki jangka waktu. Mengenai jangka waktunya pun sudah ditentukan oleh pemerintah. Sehingga tidak bisa melakukan pembayaran melewati batas waktu tersebut.

Sanksi yang dikenakan kepada pelanggar yaitu berupa denda. Dengan merujuk pada peraturan menteri keuangan mengenai tata cara penerbitan surat PBB. Besaran dendanya yaitu sebesar 2 persen setiap bulan dari nilai tagihan.

Pentingnya Membayar PBB dengan Tepat Waktu

Melakukan pembayaran pajak, sudah menjadi kewajiban bagi setiap warga negara yang baik. Dengan membayar pajak terdapat beberapa keuntungan yang bisa didapat. Khususnya bagi keberlangsung hidup bermasyarakat dan bernegara ini.

Sebab uang yang dibayarkan oleh setiap orang untuk pajak. Dapat berarti banyak bagi pemerintah, daerah, dan masyarakatnya itu sendiri. Jadi jika bayar pajaknya saja masih terlambat, bagaimana daerahnya mau maju dan berkembang.

Jadi sebaiknya jadilah warga negara yang taat dengan melakukan pembayaran pajak secara tepat waktu. Dengan membayar secara tepat waktu, berikut beberapa nilai penting yang harus diketahui :

1. Tidak akan terganggu dengan tagihan pajak yang sudah lewat

Selama apa pun pengguna menunggak, pemerintah akan selalu menagih tunggakan tersebut. Sebab catatannya akan selalu tersimpan dan tercatat di pusat. Bisa dipastikan jika tidak kunjung dilakukan pembayaran, pengguna akan terus dikejar – kejar.

Sampai pembayaran dilakukan dan nilai tunggakan sudah diselesaikan. Maka dari itu alangkah lebih baik dilakukan pembayaran pajak sesuai waktunya. Supaya tidak dibayang bayangi oleh tunggakan masa lalu.

Jadi informasi mengenai cara bayar pbb yang tertunggak memang dibutuhkan. Namun lebih baik lagi jika tidak terjadi tunggakan terhadap pembayaran. Sebisa mungkin selesaikan selagi masih bisa diselesaikan sesuai waktunya.

2. Pajak daerah mencapai penerimaan optimal

Seperti sudah diolah di atas, pajak ini prinsipnya muncul dari kita dan oleh kita serta akan kembali lagi untuk kita. Dengan membayar pajak, otomatis pemasukan negara juga akan bertambah. Hanya saja pemasukan dari sisi pajak diperuntukkan bagi pengembangan

Salah satunya pengembangan infrastruktur dan pelaksanaan pembangunan. Jika melihat suatu daerah pembangunannya sangat pesat dan cepat. Artinya pemasukan pajak daerahnya sangat stabil dan konsisten.

Masyarakatnya sudah taat dan patuh pada aturan pajak yang berlaku, sehingga hanya sedikit dari seluruh total populasi, yang melakukan keterlambatan pembayaran. Namun bukan berarti daerah yang tidak kunjung dibangun, merupakan daerah tertinggal.

Intinya sebagai warganegara yang baik, harus turut mendukung program pemerintah. Khususnya dalam taat wajib pajak yang selalu digencarkan pemerintah. Supaya kelangsungan hidup bernegara dapat tercapai secara optimal.

3. Menyenangkan Masyarakat

Hal yang dibutuhkan masyarakat tidak ada lagi selain dipenuhinya kebutuhan pokok mereka. Salah satu penggunaan dari uang pajak yaitu untuk pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat. Pemerintah biasanya memberikan subsidi untuk kebutuhan – kebutuhan tersebut.

Sehingga harganya jadi jauh relatif lebih terjangkau bagi masyarakat. Jelas hal ini sangat membahagiakan bagi masyarakat, apalagi jika diberikan secara gratis. Terakhir juga diperuntukkan untuk transportasi umum yang biasa dipakai masyarakat banyak.

Nah itu dia informasi yang dapat dibagikan mengenai  cara bayar pbb yang tertunggak. Tidak perlu khawatir atau panik, sebab pembayaran masih dapat dilakukan. Hanya saja mungkin ada tahapan yang berbeda dan ada denda yang harus dibayar wajib pajak.