free page hit counter

7 Kartu Kredit Bebas Iuran Tahunan Selamanya dan Sementara

Artikel diperbarui pada 11 Februari 2023.

Kartu kredit bebas iuran tahunan tentunya dicari pengguna untuk mendapatkan manfaat yang ditawarkan penyedia layanan keuangan tersebut. Salah satu manfaat itu sudah pasti terkait dengan pembebasan biaya tahunan kartu kredit yang digunakan.

Penggunaan kartu kredit yang dijadikan sebagai salah satu alat pembayaran secara non tunai tersebut, memang hadir dengan pilihan beragam dari berbagai Bank penyedianya. Termasuk di dalamnya segala syarat serta ketentuan yang harus diikuti.

Annual fee atau iuran tahunan pada kartu kredit sendiri ialah pembiayaan yang dibebankan ke penggunanya dalam kurun waktu tertentu atas pemakaian kartu kredit tersebut. Biasanya, bisa berbeda-beda pada setiap Bank penyedianya. Berikut ulasan lebih lengkapnya.

Syarat atau Ketentuan Kartu Kredit Bebas Iuran Tahunan

Meski pada beberapa Bank memiliki syarat serta ketentuan yang berbeda-beda, tetapi pada umumnya memiliki beberapa kesamaan dalam persyaratan/ketentuan tersebut. Bagi yang penasaran langsung saja beberapa syarat serta ketentuan yang bisa diketahui diantaranya dibawah ini:

  • Minimum penghasilan 3 atau 4 juta per bulan atau sekitar 36 juta/tahun.
  • Pengguna kartu kredit yang aktif dengan lancarnya pembayaran tagihan.
  • Melengkapi dokumen persyaratan sesuai ketentuan pihak Bank.
  • 21 tahun untuk usia minimal, 65 tahun maksimalnya.
  • Tidak memiliki riwayat buruk dengan lembaga layanan keuangan lainnya, terutama terkait penggunaan kartu kredit.
  • Dan lain-lain.

4 Kartu Kredit Bebas Iuran Tahunan (Selamanya)

Ada beberapa Bank melalui kartu kreditnya yang memberikan pembebasan biaya tahunan. Tidak tanggung-tanggung, kartu kredit bebas iuran tahunan tersebut diberikan pada kurun waktu selamanya. Langsung saja simak beberapa contoh kartu kredit bebas iurannya berikut ini:

1. CIMB Niaga Gold

Kartu CIMB Niaga Gold yang disediakan atau diterbitkan oleh Bank CIMB niaga ini, menawarkan layanan pembebasan iuran tahunan seumur hidup atau selamanya pada kartu kredit. Biasanya, untuk kartu kredit dengan logonya MasterCard.

Adanya penambahan atau extra poin dalam transaksi pembelanjaan dengan ketentuan tertentu, menjadi keunggulan lainnya dari layanan kartu kredit ini.

2. CIMB Niaga Wave and Go

Masih dari Bank yang sama, yakni CIMB Niaga juga menawarkan jenis kartu kredit lainnya seperti CIMB Niaga Wave and Go. Berdasarkan informasi serta kebijakan yang telah di update, kartu kredit ini beralih menjadi Octo Card.

Tidak jauh berbeda dengan CIMB Niaga Gold yang memiliki keunggulan adanya poin xtra, produk layanan yang satu ini memiliki keunggulan lain, yaitu: kemudahan penyediaan layanan penarikan tunai, transaksi pembayaran seperti tagihan listrik dan lain-lain.

3. CIMB Niaga Syariah Gold

Meskipun berasal dari Bank yang sama dengan dua produk Bank sebelumnya, kartu kredit  dari Bank CIMB Niaga syariah Gold ini hadir dengan berlandaskan prinsip syariah. Namun, keunggulan penawarannya tidak kalah menarik dengan jenis non-syariah.

Keunggulan layanan lainnya yakni kemudahan transaksi mata uang asing, terutama untuk pengguna yang ingin menjalankan ibadah umroh atau Haji menggunakan layanan transaksi kartu kredit ini.

4. BRI Touch Visa Gold

Pilihan kartu kredit bebas iuran tahunan berikutnya adalah BRI Touch Visa Gold. Salah satu produk yang dikeluarkan oleh Bank BRI ini, menawarkan pembebasan iuran tahunan dengan salah satu ketentuannya adalah penggunaan kartu kredit yang aktif.

Selain pembebasan iuran tahunan tersebut, fitur keunggulan lainnya seperti: adanya reward, kemudahan akses berbelanja pada merchant yang bermitra di seluruh wilayah Indonesia juga luar negeri, dan lain sebagainya.

3 Jenis Kartu Kredit Bebas Iuran Tahunan (1-2 tahun  Pertama)

Pada beberapa layanan kartu kredit, memberikan pembebasan iuran tahunan pada tahun ke-1 dan ke-2. Kemudian, di tahun berikutnya pengguna akan dikenakan biaya tahunan yang telah ditetapkan pada setiap Bank penyedia. Beberapa di antaranya adalah:

1. CIMB Niaga Classic Visa

Jika pada jenis kartu kredit CIMB Niaga Gold yang berlogo Mastercard, pengguna bisa mendapatkan pembebasan iuran tahunan, maka pada CIMB Niaga Classic yang berlogo Visa, pengguna akan mendapatkan pembebasan iuran pada dua tahun pertama.

Meski akan dikenakan biaya sebesar 125 ribu di tahun berikutnya, layanan kartu kredit ini juga memiliki keunggulan lain yakni kemudahan transaksi dengan dilengkapi mobile banking tersebut.

Selain itu, akan mendapatkan diskon penggunaannya, serta bisa juga mengubah tagihan menjadi cicilan secara online dalam waktu tertentu, dan lainnya.

2. Carrefour Mega Card

Hadir dari kerja sama antara Bank Mega dengan Carrefour, layanan kartu kredit ini juga memberikan pembebasan iuran di tahun pertama. Kemudian, akan dikenakan biaya sebesar 400 ribu di tahun-tahun berikutnya.

Kelebihan yang bisa didapatkan dari penggunaan kartu kredit ini adalah pemanfaatan diskon atau promo berbelanja di Carrefour serta beberapa mitra yang tergabung dalam CT Group.

3. DigiBank Live Fresh

Berikutnya, kartu kredit yang memberikan pembebasan iuran tahunan adalah DigiBank Live Fresh. Nominal pembiayaan yang dibayarkan setelah melewati tahun pertama yakni sebesar 300 ribu. Meskipun begitu, adanya cashback senilai 250 ribu tentu bisa bermanfaat.

Layanan ini juga dapat digunakan dalam transaksi di merchant online atau beberapa marketplace dan sebagainya.

Tips Mendapatkan Pembebasan Iuran Tahunan

Pada beberapa Bank yang tidak mendapatkan pembebasan iuran tahunan selamanya atau seumur hidup, pengguna bisa mencoba tips berikut ini untuk pengajuan ke penyedia kartu kredit untuk pembebasan iuran tahunan tersebut:

  • Mematuhi ketentuan pengajuan. Sejak awal pengajuan kartu kredit, tentu pengguna harus mematuhi syarat serta ketentuannya agar mendapatkan layanan tersebut. Begitupun dengan pengajuan permohonan pembebasan iuran tahunan yang harus dipatuhi ketentuannya jika diberikan.
  • Disiplin membayar tagihan. Hal ini sangat penting karena pihak Bank tentu akan menilai kedisiplinan atau kepatuhan pengguna dalam pemenuhan kewajibannya yakni berupa pembayaran tagihan yang tepat waktu.
  • Melakukan pembukaan rekening. Pada beberapa Bank, cara ini bisa dicoba, yakni melakukan pembukaan rekening di Bank yang sama dengan penyedia kartu kredit. Fungsinya bisa untuk mempermudah pihak Bank menilai riwayat transaksi keuangan pengguna di Bank-nya.
  • Menukarkan poin reward atau bonus tertentu. Jika pengguna memiliki poin reward atau bonus tertentu dari layanan penyedia kartu kredit tersebut, kemungkinan untuk mencobanya bisa dilakukan. Tukarkan dengan pembebasan iuran tahunan.

Dengan mengetahui informasi kartu kredit bebas iuran tahunan seperti yang telah diulas di atas, pengguna dapat menentukan pilihan dari beberapa rekomendasi yang ada. Pengajuan kartu kredit nantinya tentu harus dipikirkan baik-baik.

Iuran tahunan tersebut sebenarnya layaknya biaya administrasi tahunan serta sebuah timbal balik atas fasilitas layanan yang disediakan pihak Bank terkait. Namun, jika memang pengguna menginginkan tanpa biaya, pilihlah Bank penyedia layanan kartu kredit yang sesuai.

Perlu diingat juga bahwa setiap perubahan ketentuan yang ada seperti waktu pembebasan iuran tahunan dan lainnya, akan berbeda-beda pada setiap Bank, termasuk kebijakan pada waktu berikutnya. Jadi, pengguna perlu memastikannya pada pihak yang bersangkutan.