free page hit counter

Cara Bayar Kartu Kredit Mandiri dari BCA, Pilihan Mudah, Cepat dan Tepat

Artikel diperbarui pada 9 Februari 2023.

Berbagai macam Bank serta metode pembayaran kartu kreditnya juga beragam. Salah satunya adalah cara bayar kartu kredit Mandiri dari BCA. Di lingkup masyarakat, penggunaan kartu kredit memang sudah tidak mengherankan lagi pada zaman sekarang.

Kartu kredit sendiri menjadi salah satu pilihan transaksi tanpa uang tunai. Tentunya, peran penting tersebut menjadi daya tarik sendiri bagi penggunanya. Apalagi ditambah dengan penawaran tertentu dari setiap Bank yang menyediakan layanan kartu kredit tersebut.

Kemudahan yang bisa didapatkan pengguna yakni mulai dari syarat serta ketentuannya, termasuk limit kartu kredit tersebut dan sebagainya. Tergantung dari pihak penyedianya. Namun, pengguna perlu memperhatikan pembayarannya juga seperti ulasan berikut.

Hal yang Perlu diperhatikan Sebelum Membayar Tagihan Kartu Kredit

Bagi pengguna, ada hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan pembayaran tagihan kartu kreditnya. Termasuk dalam cara bayar kartu kredit Mandiri dari BCA. Beberapa hal tersebut di antaranya adalah:

  • Waktu jatuh tempo. Batas waktu pembayaran atau jatuh tempo perlu diperhatikan pengguna agar tidak ada biaya tambahan lainnya seperti denda.
  • Biaya tagihan. Nominal yang akan dibayarkan juga penting diperhatikan agar biaya tagihan tersebut tidak salah ketika tiba waktu jatuh tempo dan saat ingin membayarnya.
  • Ketersediaan saldo. Pengguna tentunya harus mempersiapkan dana untuk pembayaran. Jangan sampai ketersediaan saldo yang dimiliki tidak mencukupi untuk melakukan pembayaran kartu kredit tersebut.
  • Akses pembayaran. Hal ini juga perlu direncanakan oleh pengguna. Apakah nanti pembayaran tersebut dilakukan dengan akses online maupun offline. Melalui Bank yang sama atau justru antar Bank dan sebagainya.
  • Kode Bank. Jika pembayaran dilakukan melalui akses antar Bank, seperti dalam cara bayar kartu kredit Mandiri dari BCA, kode Bank yang dituju perlu diketahui pengguna. Dalam hal ini adalah Bank Mandiri dengan kodenya 008.
  • Lainnya. Bisa diperhatikan juga adalah biaya tambahan seperti biaya administrasi dalam proses pembayaran antar Bank tersebut dan hal lainnya yang terkait.

Cara Bayar Kartu Kredit Mandiri dari BCA Secara Online

Pengguna dapat melakukan cara bayar kartu kredit Mandiri dari BCA secara online dengan mudah, praktis dan cepat. Cara ini dengan mengakses aplikasi BCA mobile pada ponsel pengguna. Langkahnya yakni sebagai berikut:

1. Melalui Menu Transfer

Pilihan cara pertama ini cukup mudah karena seperti melakukan transfer pada umumnya. Pengguna bisa mengikuti tahapan langkah seperti berikut ini:

  • Buka aplikasi BCA mobile. Untuk membuka aplikasi ini pengguna harus melakukan penginstalan serta registrasi akun terlebih dahulu. Barulah kemudian bisa melakukan log in/ masuk ke akun tersebut.
  • Pilih menu m-Transfer. Pada beberapa pilihan menu yang ada, pilih menu m-Transfer.
  • Klik pilihan daftar Transfer. Di menu ini, pengguna bisa memilih menu berikutnya, yakni menu antar Bank. Kemudian, lakukan pengisian nomor rekening serta Bank tujuan dan tekan kirim/Send.
  • Pilih menu Transfer. Pengguna bisa memilih menu ini untuk selanjutnya melakukan transfer. Namun, terlebih dahulu mengisikan informasi terkait Bank seperti Bank tujuan dan lain sebagainya. Dalam hal ini pengisian data disesuaikan dengan pembayaran kartu kredit.
  • Selesai. Setelah mengecek kesesuaian data, masukkan PIN dan klik pilihan Ok. Langkahnya pun telah selesai dan tunggu informasi keberhasilan transaksi pembayaran tersebut.

2. Melalui Menu Payment

Cara berikutnya ini juga sama mudahnya dan masih dilakukan secara online melalui BCA mobile. Langkah-langkah yang bisa diikuti yaitu:

  • Lakukan pengaksesan BCA mobile. Akses ke BCA mobile dapat dilakukan dengan mengunduh aplikasi tersebut serta melakukan registrasi akun.
  • Pilih menu m-Payment. Pada beberapa menu transaksi yang ada di BCA mobile, pengguna bisa memilih menu m-Payment. Kemudian, klik pilihan kartu kredit.
  • Lakukan pengisian data. Data yang diisikan di sini terkait dengan informasi Bank, nomor kartu kredit, serta jumlah uang pembayaran.
  • Selesai. Jika muncul informasi kesesuaian data, klik Ok dan lanjutkan. Tidak lupa masukkan nomor PIN juga jika diperlukan. Tunggu prosesnya hingga selesai.

Cara Bayar Kartu Kredit Mandiri dari BCA Secara Offline

Tidak hanya secara online, pembayaran kartu kredit Mandiri dari BCA ini bisa juga dilakukan secara offline. Biasanya dilakukan melalui ATM dengan langkah-langkah seperti:

  • Gunakan kartu ATM BCA. Dalam cara ini, pengguna tentu harus menggunakan kartu ATM BCA dalam melakukan transaksi pembayaran. Masukkan kartu tersebut ke mesin ATM untuk memulai proses pembayaran.
  • Masukkan kode atau PIN ATM. Setelah kartu ATM dimasukkan, biasanya akan muncul tampilan permintaan PIN ATM. Masukkan kode atau PIN ATM dari pengguna yang bersangkutan.
  • Tekan menu transfer. Setelah memilih menu “transaksi lainnya”, lanjutkan ke tahapan berikutnya. Dari beberapa menu pilihan yang tampil di layar mesin ATM selanjutnya, tekan option “transfer”, dilanjutkan pilihan menu “ke rekening Bank lain”.
  • Sertakan kode dari Bank. Transfer ke antar Bank, diperlukan kode Bank tujuan dalam prosesnya. Untuk Bank Mandiri, kode yang bisa dimasukkan adalah 008. Apabila pengguna tidak tahu, bisa melihat pada pilihan menu “daftar sandi Bank”.
  • Isi jumlah uang pembayaran. Nominal uang yang akan dibayarkan dapat diisi pada pilihan pengisian yang muncul. Kemudian, tekan pilihan “benar” pada setiap akhir tahapan.
  • Input nomor kartu kredit. Pengguna bisa menginput nomor kartu kredit Mandiri sebagai tujuan pembayaran, lalu klik option “benar”.
  • Selesai. Lakukan konfirmasi pembayaran setelah memastikan semua data yang diisi dari tahapan awal telah sesuai. Kemudian, pilih option “benar/Ya” hingga proses selesai dan berhasil. Jangan lupa juga untuk menyimpan struk/bukti pembayaran yang telah berhasil.

Kelebihan Bayar Kartu Kredit Mandiri dari BCA

Adanya kelebihan tersendiri terkait pembayaran kartu kredit dapat dirasakan untuk Pengguna. Beberapa kelebihan pembayaran kartu kredit Mandiri dari BCA tersebut di antaranya yakni:

  • Tahapan caranya yang mudah tentunya memberikan kelebihan bagi pengguna yang melakukannya sendiri.
  • Hadirnya akses melalui ponsel, prosesnya tentu cukup cepat dan bisa menghemat waktu.
  • Selain itu, akses menggunakan ponsel serta melalui aplikasi mobile Banking juga memiliki kelebihan di sisi kepraktisannya.
  • Penggunaan akses Bank lain memberikan efisiensi serta efektifitas juga bagi pengguna yang terkendala akses bayar pada Bank yang sama.

Jadi itulah kelebihan bayar kartu kredit mandiri dari BCA yang tergolong mudah. Maka tak heran jika banyak pengguna yang menggunakan kartu ini.

Dengan adanya cara bayar kartu kredit Mandiri dari BCA seperti yang telah dibahas di atas, pengguna bisa memilih caranya sesuai keinginan serta kondisi akses yang bisa dilakukan. Pilihan cara yang ada juga cukup mudah dipahami.

Hal yang perlu diketahui juga oleh pengguna yakni perihal perbedaan metode akses online pada menu Transfer dan Payment. Biasanya, transaksi melalui menu Transfer dikirim pada hari yang sama. Sedangkan pada menu Payment, beberapa hari kerja.

Terkait hal-hal lebih rinci seperti itu juga, pengguna bisa memastikannya pada pihak terkait. Tentunya, pelayanan terhadap pelanggan/pengguna akan didahulukan. Namun, pengguna juga harus mematuhi segala ketentuan yang ada terkait pembayarannya.