free page hit counter

Pahami Syarat Kerja Di Bank Lulusan SMA Dan Tipsnya!

Artikel diperbarui pada 10 Februari 2023.

Banyak yang bertanya tentang apa saja syarat kerja di bank lulusan sma, bekerja di Bank merupakan impian terbesar banyak orang. Banyak dari mereka yang menganggap bahwa untuk dapat bekerja di bank hanya untuk lulusan sarjana.

Namun ternyata anggapan tersebut salah, karena pada nyatanya lulusan sma juga memiliki peluang untuk dapat bekerja di bank. Dan syarat untuk dapat bekerja di bank juga mudah, dan hanya memerlukan beberapa trik bagi lulusan sma.

Dan banyak dari pegawai bank yang hanya sebatas lulusan sma, jadi masih ada kesempatan untuk dapat bekerja di bank. Untuk itu pahami syarat untuk dapat bekerja di bank berikut ini.

Simak Dan Pahami Syarat Kerja di Bank Bagi Lulusan SMA 

Syarat atau ketentuan bagi pelamar sangatlah penting bagi sebuah perusahaan yang sedang membuka lowongan pekerjaan. Syarat inilah yang nantinya akan dipenuhi oleh para pelamar dan nantinya juga akan menjadi bahan pertimbangan dalam proses rekrutmen.

Sama seperti perusahaan lainnya yang membutuhkan adanya syarat-syarat untuk melamar suatu pekerjaan di posisi tertentu. Untuk dapat di Bank juga memiliki syarat tertentu yang mesti dipenuhi oleh para pelamar termasuk lulusan sma berikut syaratnya.

1. Pendidikan 

Beberapa perusahaan menentukan latar belakang atau background pendidikan sangatlah penting untuk dapat melamar di posisi tertentu dan bank menjadi salah satunya. Syarat kerja di Bank lulusan Sma juga memiliki peluang yang sama salah satunya posisi Teller.

Bank juga memiliki beberapa posisi yang tersedia seperti customer service, account officer, teller bank, marketing, vice president, dan bahkan satpam. Namun secara umum untuk dapat bekerja di bank juga disesuaikan dengan background pendidikan dan jurusan.

Sementara lulusan Sma/Smk/Sederajat juga memiliki peluang karir di bank terutama lulusan akuntansi. Peluang bekerja di bank juga dapat dimiliki oleh lulusan dengan jurusan teknik dan lainnya, bahkan banyak juga ditemui syarat dengan minimal pendidikan Sma/smk/Sederajat.

2. Batasan Usia 

Syarat yang kedua yaitu tentang batasan usia pelamar kerja, dan ini perlu juga diperhatikan bagi para pelamar kerja di bank. Bagi yang lulusan Sarjana umumnya batasan usia melamar yaitu 25 tahun dan magister 28 tahun.

Untuk lulusan Sma/Smk/Sederajat juga memiliki batasan usia untuk dapat melamar di bank yaitu dengan batasan usia minimal 18 tahun dan maksimalnya berusia 20 tahun. Atau dapat dimaksudkan saat mengikuti seleksi usianya belum mencapai 21 tahun.

3. Transkrip Nilai atau Nilai Rapor

Syarat lainnya yaitu mengenai transkrip nilai atau nilai rapor yang dicapai, biasanya untuk lulusan S1 memiliki minimal nilai IPK 2,75. Dan untuk lulusan Sma/Smk/Sederajat biasanya diharuskan memiliki nilai minimal 70 dari skala angka yaitu 100. 

4. Tinggi Badan 

Syarat berikutnya yaitu mengenai tinggi badan, Ini biasanya menjadi syarat khusus bagi para pelamar kerja di bank. Tinggi badan yang dimiliki berbeda-beda pada perempuan minimal tinggi badan yaitu 155 cm sedangkan laki-laki minimal 165 cm.

5. Penampilan

Bekerja di bank memang sangat memperhatikan adanya penampilan, namun penampilan yang dimaksud bukan hanya sekedar memiliki wajah cantik ataupun tampan. Namun melainkan yaitu memiliki penampilan yang rapi, sopan, dan menjaga penampilan agar tetap nyaman dipandang.

Syarat ini juga merupakan salah satu syarat yang memang benar-benar diperhatikan, karena bank sendiri juga bergerak pada bidang pelayanan jasa. Dan yang mengharuskan para pekerja tetap rapi dan berpenampilan sopan saat bertemu dengan banyak orang. 

6. Kemampuan atau Skill Yang Harus Dikuasai

Untuk bekerja di Bank perlu memiliki beberapa skill khusus yang perlu dimiliki oleh para pelamar. Hal ini sangat menjadi bahan pertimbangan bagi para perekrut untuk dapat memilih para kandidat sesuai dengan skill yang dibutuhkan. 

Soft dan Hard skill perlu diperhatikan, berikut beberapa skill yang harus dikuasai oleh pelamar kerja di bank diantaranya:

  • Dapat bekerja sama dengan tim.
  • Kemampuan problem solving yang cukup baik.
  • Dapat berkomunikasi dengan baik.
  • Baik dalam manajemen emosi dan juga manajemen waktu.
  • Kemampuan leadership yang baik.
  • Teliti.
  • Dapat bekerja dengan cerdas dan cepat.
  • Kemampuan analisis yang baik.
  • Memiliki kemampuan matematika dalam berhitung dan juga penanganan terhadap uang tunai.
  • Menguasai Komputer.

7. Status 

Syarat yang terakhir yaitu mengenai status pernikahan, karena pada rekrutmen bank sendiri memiliki sistem kontrak. Bank sendiri biasanya akan mengutamakan pelamar yang belum menikah, hal ini dikarenakan akan lebih leluasa untuk ditempatkan di berbagai cabang.

Tips Melamar Kerja di Bank 

Setelah penjelasan mengenai syarat kerja di bank lulusan Sma berikut ini juga akan menjelaskan tips untuk melamar kerja di bank. Tips ini bukan hanya dapat diterapkan di bank saja namun dapat diterapkan di perusahaan lain.

  • Memahami seluruh ketentuan atau syarat yang telah ditentukan, hal ini supaya proses melamar lancar.
  • Tentukan posisi yang sesuai dengan pengalaman dan juga kemampuan yang dimiliki hindari posisi yang memang tidak sesuai dengan kemampuan dan pengalaman. Hal ini diperlukan untuk meminimalisir adanya penolakan dalam proses rekrutmen. 
  • Menyiapkan semua berkas yang memenuhi syarat melamar untuk dilampirkan ketika menyerahkan berkas lamaran.
  • Susun CV atau Curriculum Vitae saat melamar dengan baik, untuk Cv sendiri disarankan agar tidak terlalu bertele-tele. Hal ini dikarenakan pihak rekrutmen akan membaca Cv secara sekilas tetapi tetap mengutamakan point pointnya.
  • Mencari informasi tentang perusahaan selengkap mungkin dan tidak malu bertanya tentang proses rekrutmen.
  • Terakhir saat mengirim melalui Email pastikan bahwa badan email tidak kosong dan sesuaikan cover letter dengan benar.
  • Memperhatikan batasan waktu saat melamar, hal ini seringkali kurang diperhatikan pada saat melamar di bank atau di perusahaan lain.
  • Jangan biasakan menunggu satu atau dua lamaran, karena dalam proses rekrutmen mempunyai beberapa proses yang perlu dilalui. Hal ini juga bertujuan agar dalam melamar pekerjaan lebih cepat diterima bekerja.
  • Mempunyai koneksi atau kenalan dengan pihak bank, hal ini berguna untuk tetap mendapat informasi tentang rekrutmen pegawai dengan cepat.

Itulah penjelasan sekilas mengenai beberapa tips yang dapat diterapkan untuk melamar di berbagai perusahan termasuk juga di bank. Tips tips tersebut merupakan tips yang dapat membantu meminimalisir adanya penolakan saat proses melamar pekerjaan.

Nah itulah beberapa syarat kerja di bank lulusan Sma dan juga tips untuk melamar kerja di bank atau perusahaan lainnya. Syarat di atas merupakan syarat yang diajukan pada umumnya, dan tips yang biasanya diterapkan dalam melamar.

Disisi lain para pelamar juga tetap memperhatikan hal-hal kecil yang sangat diperlukan saat melamar, seperti berkas-berkas dan batas waktu rekrutmen. Karena biasanya penolakan dalam proses melamar dikarenakan adanya salah satu berkas yang tidak lengkap.

Meskipun sudah memahami penjelasan tadi yaitu syarat dan tipsnya jangan lupa juga untuk tetap berdoa. Dan jangan puas hanya dengan mengirim satu lamaran saja, karena bisa saja diterima di perusahaan lain yang dilamar kesekian kalinya.