free page hit counter

Syarat Kerja di Bank untuk Pelamar Kerja yang Perlu Diketahui

Artikel diperbarui pada 8 Februari 2023.

Bekerja di Bank sejak dulu merupakan impian banyak orang karena disana adalah tempat menemukan jenjang karir yang jelas. Bank juga membuka peluang untuk semua jurusan untuk bisa bergabung dengan mereka. Tetapi, tidak semudah itu karena ada syarat kerja di bank yang harus dipenuhi.

Jika ingin memulai karir di dunia perbankan sejak dini, tidak ada salahnya mengetahui syarat untuk bekerja di bank. Jadi persiapkan saja diri dengan beberapa syarat yang akan disebutkan berikut ini:

1. Latar Belakang Pendidikan yang Baik

Pada sebuah perusahaan perbankan, biasanya posisi yang dibuka itu tidak sedikit dan untuk beberapa posisi sekaligus. Untuk mengisi posisi tersebut perbankan pasti membutuhkan sosok yang benar-benar kredibel di bidangnya sehingga akan menyesuaikan pada latar belakang pendidikan pelamar.

Maka dari itu untuk bisa menjadi seorang pegawai Bank diperlukan suatu pendidikan yang baik sesuai dengan posisi yang dilamar. Secara umum pegawai bank diprioritaskan dari jurusan yang berkaitan dengan perbankan seperti ekonomi, akuntansi, serta manajemen.

Namun belakangan ini banyak juga beberapa orang dari jurusan yang bisa dibilang cukup berbeda ikut melamar jadi pegawai Bank. Sehingga tidak menutup kemungkinan orang yang ada di luar lingkup ilmu perbankan bisa ikut melamar.

2. Memenuhi Batas Usia

Bagi yang berminat bekerja di dunia Bank atau berkaitan dengan hal itu, biasanya ada batasan usia untuk melamar. Perhatikan persyaratan yang satu ini jangan sampai melebihi apa yang ditentukan. Umumnya Bank akan menetapkan batas usia pelamar sampai maksimal 25 tahun untuk sarjana.

Selain sarjana, lulusan program magister juga diperbolehkan dengan batas usia di 28 tahun. Bukan cuma lulusan perguruan tinggi, lulusan sekolah menengah juga diperbolehkan melamar dengan batas usia maksimal di 20 tahun pada saat melamar.

Jika masih dalam batasan usia yang disebutkan bukan tidak mungkin pelamar sudah masuk salah satu kriteria. Namun ini semua bukan patokan diterima atau tidak karena aturan penerimaan pegawai setiap Bank akan berbeda.

3. Punya Fisik dan Mental yang Baik dan Sehat

Bank pastinya ingin mendapatkan pegawai dengan kualitas yang terbaik. Bukan cuma kualitas skill yang dibutuhkan tapi baik juga secara kesehatan mental dan fisik. Bank tidak mau sampai harus merekrut orang dengan masalah seperti kepribadian atau punya penyakit kronis kambuhan.

Pelamar dengan riwayat sakit kronis yang parah bisa dipastikan akan sulit untuk lolos dalam seleksi perekrutan pegawai Bank. Begitu juga dengan kondisi mental yang jelek bahkan mudah sekali mengalami gangguan bisa jadi hal yang tidak disukai oleh Bank.

Untuk memastikan kondisi kesehatan dan kejiwaan yang baik, pelamar bisa memeriksakan dirinya terlebih dahulu. Nanti pihak bank juga akan meminta surat keterangan sehat dari dokter atau rumah sakit yang valid.

Sebagai tambahan juga tes psikologi diadakan untuk melihat mana saja calon pegawai yang memenuhi kriteria kesehatan mental. Ini umum dilakukan oleh banyak perusahaan bukan dari Bank saja.

4. Tinggi Badan Ideal

Syarat kerja di bank yang keempat ini, tidak cuma latar belakang pendidikan yang harus baik, ternyata ada hal lain seperti tinggi badan yang harus memenuhi. Kriteria pada beberapa Bank mengharuskan calon pegawai untuk memenuhi tinggi badan yang sudah ditentukan.

Pada penampilan fisik ini diutamakan untuk pelamar yang punya tinggi badan di sekitar 165 cm untuk pria. Sedangkan bagi wanita, tinggi badan yang diharuskan adalah 165 cm.

5. Status Pernikahan

Saat seseorang hendak melamar ke perusahaan perbankan biasanya yang akan dilihat juga adalah tentang status pernikahan. Saat recruiter akan membuka kontrak dengan pelamar, biasanya mereka akan lebih mengutamakan orang yang belum pernah punya catatan menikah.

Ini bukanlah aturan tertulis namun, biasa ini dilakukan agar proses perpindahan kantor bisa dengan leluasa dilakukan. Sudah bukan rahasia umum jika orang perbankan sering mengalami yang namanya pindah cabang kantor.

Ikatan dinas ini umum dilakukan oleh banyak pegawai Bank apalagi yang baru masuk. Disana akan tertulis pada perjanjian kontrak jika pegawai tidak boleh menikah dalam waktu tertentu sampai dengan masa ikatan dinas selesai.

Umumnya lama masa ikatan dinas untuk sebuah Bank adalah satu sampai tiga tahun. Dalam masa itulah pegawai Bank tidak boleh menikah karena jika menikah maka akan membatalkan kontrak yang sudah terjadi.

6. Berpenampilan Menarik

Untuk pelamar di bagian depan seperti teller dan customer service pasti penampilan akan selalu diperhatikan. Oleh karena itu, punya penampilan menarik adalah kunci yang tidak boleh dilewatkan jika ingin bekerja di bank.

Jika pernah jadi nasabah mungkin sering melihat jika petugas yang ada di bank ini punya penampilan yang enak dilihat. Nah itulah yang dimaksud dengan berpenampilan menarik, hal ini bisa mematahkan persepsi jika pegawai Bank harus cantik dan tampan.

Bukan seperti itu, yang dimaksud dengan berpenampilan menarik disini adalah mampu tampil baik di depan orang lain. Gaya berpakaian rapi serta tidak acak-acakan juga jadi salah satu patokan penampilan menarik. Jadi cantik atau tampan hanyalah bonus.

Jadi disini calon pelamar harus sebaik mungkin dalam menjaga penampilan mereka. Syarat ini diwajibkan karena Bank adalah salah satu perusahaan yang bergerak di bidang pelayanan sehingga pegawai akan bertemu orang banyak.

7. Memiliki Skill

Selain keenam poin yang sudah dijelaskan diatas, calon pekerja di Bank juga harus punya skill yang mumpuni. Tidak mudah untuk bisa bekerja di Bank dengan skill pas-pasan harus ada keahlian yang cukup berbeda pada bagian atau posisi yang melamar agar jadi daya tarik tersendiri.

Misalkan pada bagian tertentu calon pegawai wajib menguasai penggunaan komputer. Beberapa posisi juga mewajibkan calon pegawainya untuk menguasai skill yang lebih khusus seperti kemampuan akuntansi yang baik.

Selain hard skills tadi, soft skills juga ternyata dibutuhkan disini. Hal ini karena seseorang yang bekerja di bank tidaklah bekerja sendiri, melainkan bekerja dalam sebuah tim. Maka dari itu kemampuan berkomunikasi jadi kunci agar membentuk suatu kerja sama tim yang baik.

Kemampuan kepemimpinan juga jadi hal yang diutamakan. Hal ini karena kepemimpinan akan penting dalam menyelesaikan segala permasalahan yang ada bersama tim.

8. Punya Riwayat Hidup baik

Seseorang yang punya catatan atau riwayat hidup yang baik juga bisa jadi suatu pertimbangan tersendiri. Bank pastinya akan memilih pegawai yang punya kelakuan baik di masyarakat dan tidak banyak membuat masalah.

Jika seseorang banyak membuat masalah diluar, bisa jadi ia akan melakukan pada perusahaan tempat ia bekerja. Jadi sebisa mungkin orang atau pekerja yang seperti ini harus dihindari. Itulah kenapa pelamar juga wajib melampirkan SKCK yang bisa diminta dari kepolisian.

Nah itulah penjelasan seputar syarat kerja di Bank yang harus diperhatikan buat yang berencana bekerja di Bank. Untuk masuk dan bekerja di bank bukan yang bisa dianggap remeh karena harus punya hal baik yang dimiliki agar jadi nilai lebih dibandingkan dengan pelamar yang lain.