free page hit counter

Cara Membeli Reksadana di IPOTFund dalam 6 Langkah

Artikel diperbarui pada 15 Februari 2023.

Di era millennial ini tersedia banyak platform investasi termasuk reksadana, dalam hal ini pemula harus paham cara membeli reksadana di ipotfund seperti apa. Selain itu perlu juga mengerti step dan cara yang dilakukan dalam bertransaksi melalui ipotfund ini.

Kegiatan pembelian saham reksadana memang bisa dibeli pada platform yang memang telah bekerjasama dengan pihak reksadana. Salah satunya ipotfund yang menyediakan beragam produk reksadana yang bervariasi dan beragam.

Sistem investasi sangat mudah dilakukan karena bisa diakses secara online tanpa ribet dan rumit aktivitasnya. Selain itu juga bisa menekan biaya yang mungkin akan tinggi apabila dilakukan secara offline seperti pada umumnya.

Cara Membeli Reksadana di IPOTFund: Pilihan Jenis Produk Yang Disediakan Dalam Ipotfund

Tentunya sebelum melakukan pembelian reksadana tentu harus tahu beberapa jenis produk yang disediakan pada platform ipotfund ini. Beberapa jenis produk tentu punya perbedaannya masing-masing dan manfaat yang diusungnya.

Sebelum berinvestasi harus paham tujuan yang ingin dicapai untuk bisa berinvestasi reksadana ini, baru pilih produk yang sesuai tujuan. Hal tersebut tentu akan membuat aktivitas investasi ini terukur dan terarah, sehingga tidak meminimalkan kerugian yang didapat.

  • Reksadana Umum, jenis produk ini ternyata memiliki manajer investasi yang nanti membantu mengalokasikan dana sesuai dengan persentase dan rasio. Beberapa jenis seperti obligasi, reksadana saham, pasar uang akan bernilai berbeda – beda.
  • Reksadana Syariah, untuk jenis ini maka ketentuannya disesuaikan dengan nilai islam termasuk didalamnya terdapat aktivitas yang dilakukan. Namun untuk jenis ini tetap sesuai dengan peraturan OJK yang berlaku.
  • ETF umum, singkatan untuk jenis ini merupakan dengan sistem kontrak secara kolektif dalam bursa efek. Sistem ini tentu berbeda dengan reksadana yang umum karena bisa langsung pada bursa efek dan dapat dibeli oleh perusahaan maupun broker.
  • ETF Syariah, prinsip yang dijalankan pada jenis produk reksadana ini berasal dari aturan agama islam khususnya. Oleh sebab itu bisa cocok dilakukan dan digunakan untuk investor muslim.
  • Balanced fund, jenis ini akan melakukan sistem campuran yakni dengan mengelola dana yang masuk pada alokasi tertentu. Dalam hal ini termasuk dialokasikan pada pasar uang, obligasi sampai dengan saham.
  • Equity fund, selanjutnya untuk jenis reksadana ini setiap dana yang masuk akan dialokasikan pada bentuk saham dengan prosentase sampai 80%. Dana yang lainnya akan dialokasikan pada instrumen yang memiliki resiko rendah.

Cara Membeli Reksadana di IPOTFund

Selanjutnya setelah mengetahui beberapa jenis dan juga ragam reksadana yang nanti ditransaksikan pada ipotfund maka bisa pilih mana yang sesuai. Sebagai investor pemuka tentu sudah tau mana yang akan dipilih untuk ditransaksikan.

Oleh sebab itu tentu sudah tahu tujuan dan juga investasi mana yang akan dipilih untuk menghasilkan keuntungan yang diinginkan. Investor bisa langsung memulai proses investasi melalui platform ipotfund ini dengan mudah. Pendaftaran pada platform ini juga mudah secara online.

Validasi data juga mudah melalui via telepon dengan dibarengi fasilitas pick up yang mudah untuk dokumen yang diinginkan. Simak penjelasannya terkait dengan cara membeli reksadana di ipotfund berikut ini dengan seksama dan rinci.

1. Membuka Rekening Terlebih Dahulu Pada Indopremier.com

Langkah pertama terkait cara membeli reksadana di ipotfund ini bisa diawali dengan membuka rekening baru, investor pemula perlu membuka rekening pada indopremier.com. Caranya bisa buka lewat web resmi ipotfund yang telah disediakan.

Investor akan disajikan pilihan membuka rekening yakni secara syariah atau umum bisa pilih sesuai selera yang diinginkan. Bisa lakukan pendaftaran secara online, ikuti langkah berikut ini:

  • Pada menu homepage bisa klik open an account.
  • Kemudian pilih jenis rekening yang diinginkan syariah atau umum.
  • Selanjutnya bisa isikan data diri yang dibutuhkan dengan baik dan benar.
  • Selesaikan proses pendaftaran dengan memenuhi beberapa dokumen yang memang diperlukan.
  • Bagi yang belum bisa menyetorkan beberapa dokumen maka ada fitur pick up yang bisa dicoba.

2. Memasuki Website Ipotfund

Setelah melakukan pembukaan rekening maka lanjutkan dengan membuat id dan password yang sesuai dan aman. Login terlebih dahulu pada platform ipotfund ini setelah membentuk user id dan password.

Selanjutnya akan ditampilkan beberapa layanan yang dibutuhkan dan tersedia pada indopremier ini klik our products. Pilih jual beli reksadana yang dibutuhkan dan diinginkan, klik list reksadana untuk detailnya.

Pilih beberapa rekomendasi dari reksadana ini, namun sebelum itu pastikan telah melakukan deposit pada rekening yang dimiliki. Oleh sebab itu bisa masukkan dana yang diperlukan pada rekening yang telah dibuka tadi.

3. Menyetorkan Dana Untuk Berinvestasi

Cara membeli reksadana di ipotfund selanjutnya yakni dengan menyetorkan atau deposit dana untuk memulai berinvestasi. Rekening dalam ipotfund ini disebut dengan RDI atau rekening dana investasi, dibentuk saat melakukan pendaftaran di awal tadi.

Untuk rekening ini memang dibentuk atas nama pribadi pendaftar yang menginginkan untuk melakukan pembelian reksadana melalui ipotfund ini. Rekening ini akan dibuat dengan atas nama nasabah bank BCA.

Penggunaannya menggunakan internet banking Klik BCA yang mudah dalam pemantauan saldo dan mutasi transaksi yang dilakukan. Oleh sebab itu nasabah akan mudah dalam mengontrol pengeluaran atau transaksi kedepannya untuk pembelian reksadana maupun transaksi lainnya.

4. Melakukan Order Untuk Reksadana

Selanjutnya akan ditampilkan beberapa jenis instrumen reksadana dengan beragam pilihan bervariasi didalamnya. Tinggal pilih mana yang diinginkan sesuai selera dan klik buy untuk membeli.

Dalam tampilan ini juga akan disampaikan informasi resiko, kinerja, manajer investasi dan biaya investasi yang dibutuhkan. Setelah menemukan mana yang cocok dan ingin dibeli pastikan dana yang dimiliki pada rekening cukup.

5. Memantau Pergerakan Reksadana

Setelah melakukan pembelian untuk reksadana yang dipilih sesuai keinginan maka bisa pantau pergerakannya. Dalam laporan portofolio ini akan digambarkan dan dihilangkan untung rugi yang didapat dari harga pembelian.

Selain itu juga akan ditampilkan berkaitan dengan harga jual yang tersedia saat itu juga, nilai ini tentu akan berubah-ubah. Oleh sebab itu sebagai investor tentu harus rutin dan berkala memantau pergerakan reksadana yang telah dibeli.

Otomatis saat pergerakan naik dan melebihi dari dana yang dibeli maka bisa jual reksadana tersebut. Nantinya akan mendapatkan beberapa keuntungan di dalamnya dari transaksi reksadana ini.

6. Melakukan Penjualan Reksadana

Caranya bisa buka ipotfund untuk menjual reksadana yang diinvestasikan di awal. Pada web ini akan ditampilkan reksadana yang dimiliki dengan nominal yang ada. Proses penjualan reksadana bisa diawali dengan mengisikan jumlah yang dijual.

Kemudian tujuan uang yang ditransfer harus diisi dengan jelas, selesaikan dengan mengkonfirmasinya. Dana tersebut akan ditransfer sesuai rekening tujuan yang diinginkan.

Demikian uraian terkait dengan cara membeli reksadana di ipotfund yang bisa diikuti dengan mudah. Pemula tentu bisa menerapkan beberapa cara diatas untuk mulai berinvestasi dengan reksadana.

Tidak lupa untuk investor harus dengan rajin memantau pergerakan reksadana agar dapat keuntungan yang maksimal. Selain itu juga bisa memperkirakan timing yang baik untuk menjual atau membeli reksadana.