free page hit counter

2 Cara Bayar KAI Acces Lewat M Banking BCA, Mudah dan Praktis

Artikel diperbarui pada 14 Februari 2023.

Kereta Api Indonesia (KAI) telah melakukan berbagai perbaikan berkesinambungan, termasuk dalam pelayanan jasa kepada masyarakat dan pembayaran tiket online. Maka itu, inilah cara bayar KAI Acces lewat M Banking BCA secara mudah dan cepat.

M Banking BCA merupakan aplikasi dari Bank Central Asia (BCA) yang memudahkan nasabahnya untuk melakukan banyak transaksi. Selain untuk beli pulsa atau transfer, m-BCA juga menyediakan layanan pembayaran tiket Kereta Api Indonesia (KAI).

Kedua layanan aplikasi tersebut mempermudah masyarakat untuk membayar dan memilih tiket sesuai jam keberangkatan dan lokasi yang diinginkan. Untuk itu, simaklah dua macam cara bayar KAI Acces lewat M Banking BCA:

Cara Memesan Tiket KAI Dengan Fitur QRIS di Layanan M Banking BCA

Secara bawaan, fitur pembayaran melalui aplikasi M Banking BCA tidak disediakan pada aplikasi KAI Access. Hanya ada beberapa pembayaran dari bank seperti M banking BNI, Mandiri, BRI, dan beberapa bank swasta lain yang dapat digunakan.

Umumnya, untuk pembelian tiket melalui aplikasi KAI Access, pembayaran yang menggunakan m-Banking BCA hanya tersedia melalui layanan QRIS saja. Namun, jika pengguna ingin membeli tiket melalui platform lain, pembayarannya bisa dilakukan melalui BCA Virtual Account.

Sebelum itu, pengguna perlu mengakses aplikasi KAI Access untuk memesan tiket dan mendapatkan kode QR. Berikut akan dijelaskan langkah-langkah memesan dan membayar tiket KAI melalui fitur QR Code dan QRIS di mobile banking BCA:

1. Cara Membeli Tiket KAI di Aplikasi KAI Access

Sebagai langkah awal, pengguna perlu memesan tiket terlebih dahulu di aplikasi KAI Access untuk mendapatkan nomor tiket dan kode QR. Berikut ini langkah-langkah memesan tiket kereta dan mendapat kode QR melalui layanan aplikasi KAI Access:

  • Unduh aplikasi KAI Access yang disediakan gratis dari Google Playstore, kemudian buka aplikasi.
  • Daftar dengan membuat akun dan masukkan data-data pribadi yang diminta, seperti nama, nomor telepon, email, dan password.
  • Setelah selesai mengikuti instruksi verifikasi nomor telepon, akun KAI Access sudah berhasil terdaftar dan siap digunakan.
  • Mulai pesan tiket dengan memasukkan stasiun asal dan tujuan, lalu isi tanggal keberangkatan dan banyak penumpang.
  • Pilih tombol “Cari”, kemudian pilih satu kereta dari daftar kereta dengan jadwal keberangkatan dan rute yang bervariasi.
  • Klik “Pilih Kursi” untuk memilih tempat duduk apabila masih tersedia untuk dipilih.
  • Klik “Simpan”, kemudian lanjutkan ke metode pembayaran menggunakan QRIS.
  • Unduh QR code yang telah dibuat oleh sistem dan simpan ke galeri untuk melakukan pembayaran tiket.

2. Cara Membayar Tiket KAI Access Menggunakan Kode QR di M Banking BCA

Sebelum membayar, pengguna perlu memastikan jumlah saldo yang ada di rekening m-BCA cukup untuk melakukan pembayaran tiket kereta api. Jika saldo pengguna tidak cukup, maka bisa berakibat transaksi pembayaran tiket kereta api mengalami kegagalan.

Untuk itu, pengguna perlu mengisi ulang saldo terlebih dahulu apabila saldo di rekeningnya tidak mencukupi nominal pembayaran tiket kereta. Setelahnya, pengguna bisa mengikuti langkah-langkah cara bayar KAI Acces lewat M Banking BCA:

  • Buka dan masuk ke aplikasi M Banking BCA dengan memasukkan kode akses.
  • Pilih menu QRIS di dalam tampilan layar bagian tengah bawah aplikasi.
  • Pilih ikon galeri di pojok kanan bawah layar, kemudian pilihlah file.
  • Cari foto kode QR yang sudah diunduh sebelumnya. Setelah memproses, aplikasi akan menampilkan detail pembayaran tiket kereta, termasuk nomor transaksi dan jumlah uang yang harus dibayar.
  • Kosongkan kolom Tips, setelah itu pilih opsi OK.
  • Konfirmasi pembayaran dengan mengetik PIN m-BCA pengguna dan memilih opsi OK.
  • Proses pembayaran tiket selesai dan pastikan pembayaran berhasil melalui menu Tiket pada aplikasi KAI Access.

Cara Membeli dan Bayar Tiket KAI Langsung di Layanan Mobile Banking BCA

Mobile Banking BCA menyediakan layanan membeli tiket kereta dengan mudah tanpa harus menggunakan aplikasi lain seperti KAI Access atau Traveloka. Hal ini dikarenakan Bank BCA telah meluncurkan fitur khusus pada layanan aplikasinya, yaitu fitur lifestyle.

Fitur lifestyle pada aplikasi m-BCA bisa digunakan untuk memesan tiket pesawat, kereta, bioskop, hingga donasi dan zakat. Kehadiran fitur lifestyle tentunya menghadirkan layanan yang nyaman untuk membantu nasabahnya dalam hal mobilitas dan pemenuhan gaya hidup.

Kelebihan dari pembelian tiket menggunakan layanan aplikasi mobile banking BCA tentunya adalah tidak perlu berganti aplikasi saat melakukan proses pembayaran. Tentunya hal ini membuat proses transaksi tiket kereta pengguna lebih praktis, mudah, dan cepat terselesaikan.

Jadi, berkat kerjasama pihak BCA dengan mitra bisnis penyedia layanan tersebut, pengguna akan dimanjakan dengan berbagai fitur, keuntungan, serta kemudahannya. Tanpa berlama-lama, berikut adalah cara bayar KAI Acces lewat M Banking BCA dengan fitur Lifestyle:

  • Pastikan pengguna sudah menginstal aplikasi M Banking BCA. Jika belum, segera instal aplikasi M Banking BCA yang tersedia gratis melalui Appstore atau Google Play Store.
  • Setelah aplikasi M Banking BCA terunduh, buka aplikasi dan masuk dengan memasukkan nomor User ID dan m-BCA PIN. Pastikan pengguna mengingat User ID dan m-BCA PIN dengan baik karena kedua informasi ini sangat penting untuk melakukan transaksi melalui aplikasi.
  • Masukkan kode akses, kemudian pergi ke menu Lifestyle.
  • Pilih tiket kereta, stasiun asal dan tujuan sesuai kepentingan pengguna.
  • Selanjutnya, putuskan tanggal keberangkatan dan banyak penumpang.
  • Klik “Cari” untuk mendapat kereta yang sesuai.
  • Pilih salah satu kereta yang sesuai kebutuhan, isi data diri penumpang, kemudian pilih kursi.
  • Cek semua data yang ditampilkan oleh aplikasi, pastikan data sudah benar dan akurat tanpa ada kesalahan apa pun.
  • Klik “Bayar Sekarang” dan masukkan PIN m-BCA untuk memproses pembayaran. Setelah memasukkan m-BCA PIN, transaksi pembayaran akan segera diproses.
  • Pengguna akan menerima konfirmasi pembayaran melalui aplikasi M Banking BCA. Pastikan pengguna telah memverifikasi nomor tiket dan jumlah pembayaran sebelum melakukan konfirmasi pembayaran.
  • Setelah transaksi pembayaran selesai, pengguna akan menerima tiket KAI Acces melalui email atau melalui aplikasi M Banking BCA. Pastikan pengguna telah memverifikasi nomor tiket dan jadwal keberangkatan sebelum melakukan perjalanan dengan kereta api.

Dengan memahami cara bayar KAI Acces lewat M Banking BCA, para pengguna dapat menikmati kemudahan dalam pembayaran tiket. Selain itu, nasabah juga dapat melakukan pembayaran kapan dan dimana saja tanpa tergantung waktu dan tempat.

Cara ini sangat efisien sebab pengguna hanya perlu mempunyai smartphone dan aplikasi M Banking BCA untuk melakukan transaksi. Selain itu, BCA juga menjamin privasi dan kerahasiaan informasi penggunanya sehingga aman dalam melakukan transaksi.

Jadi, tidak salah jika M Banking BCA merupakan salah satu layanan bank yang populer di Indonesia. Dengan demikian, nasabah dapat menikmati kemudahan dan kenyamanan dalam pembayaran tiket KAI Acces melalui M Banking BCA.