free page hit counter

Reksadana Panin Bank, Cara Investasi Dan Kunci Suksesnya

Artikel diperbarui pada 12 Februari 2023.

Jika ingin mencoba untuk melakukan investasi reksadana tapi bingung untuk memulai dan memilih lembaga yang cocok maka panin Bank bisa dicoba. Aturan dan juga sistem investasi yang ada di reksadana Panin Bank juga mudah diikuti.

Panin Bank adalah suatu bank swasta yang menawarkan investasi reksadana. Jenis produk investasi reksadana yang ditawarkan oleh Bank Panin juga memiliki banyak varian yang membuat berbagai karakter investor bisa investasi reksadana di sini.

Meskipun Panin Bank tidak terlalu terkenal di telinga para pemula dalam investasi reksadana, namun Panin Bank sudah terpercaya dalam hal investasi reksadana. Berikut adalah informasi tentang cara investasi reksadana di Panin Bank antara lain:

Produk-Produk Yang Ditawarkan Panin Bank

Panin Bank menawarkan banyak pilihan produk investasi sehingga akan lebih memudahkan untuk memilih investasi yang cocok. Berikut ini adalah berbagai kategori untuk produk yang dikeluarkan dan ditawarkan oleh Panin Bank antara lain:

1. Reksadana Saham

Jenis produk dari Panin yang bisa dipilih untuk melakukan investasi adalah kategori reksadana saham. Diantara seluruh kategori produk Panin, reksadana saham memiliki jangka waktu yang paling lama yaitu hingga lebih dari 5 tahun.

Kategori reksadana saham ini mempunyai risiko dengan tingkatan yang cukup tinggi. Namun, seiring dengan risiko dan lama waktu investasinya keuntungan yang ditawarkan oleh kategori reksadana saham ini juga tinggi.

2. Reksadana Pasar Uang

Bagi pemula yang masih belum memiliki keberanian dalam menerima risiko yang tinggi ketika melakukan investasi reksadana, maka bisa memilih reksadana pasar uang. Keuntungan dari reksadana pasar uang murni dari efek yang berasal dari pasar uang.

Terkait jangka untuk waktu reksadana pasar uang di Bank Panin, investor tidak perlu menunggu terlalu lama. Hal tersebut dikarenakan bahwa investasi reksadana ini di kategori pasar uang ini bahkan waktunya tidak sampai satu tahun.

3. Kategori Reksadana Pendapatan Tetap

Reksadana pendapatan tetap juga termasuk ke dalam kategori reksadana dari Panin Bank yang menawarkan risiko rendah. Yang menjadi pembeda dengan kategori reksadana pasar uang adalah reksadana pendapatan tetap memiliki waktu investasi yang lebih lama.

Sistem pendapatan dari kategori reksadana pendapatan tetap ini mirip dengan sistem obligasi. Adapun efek yang akan diberikan kepada investor yaitu berasal dari efek hutang sekitar sebesar 80%.

4. Reksadana Campuran

Kategori produk investasi reksadana Panin Bank juga ada yang dalam bentuk kombinasi antara kategori pasar uang dengan kategori reksadana pendapatan tetap. Adapun kategori reksadana tersebut lebih sering dikenal dengan nama reksadana campuran.

Meskipun kategori reksadana ini merupakan bentuk campuran dari dua kategori reksadana yang memiliki risiko rendah, namun kategori ini memiliki resiko tinggi. Akan tetapi, keunggulan reksadana campuran ini adalah adanya potensi untuk tingkat pengembalian yang tinggi.

Mengapa Memilih Untuk Investasi Reksadana Di Bank Panin?

Memilih reksadana pada sebuah pasti telah melalui berbagai pertimbangan sebelumnya. Banyak hal yang mempengaruhi calon investor untuk memilih investasi reksadana di Panin. Berikut ini adalah alasan memilih investasi reksadana di Panin antara lain:

  • Panin Bank menawarkan banyak kategori investasi reksadana yang akan sangat memudahkan calon investor mendapatkan jenis investasi yang cocok.
  • Berbagai gambaran risiko dan keuntungan dari setiap produk investasi reksadana di Panin digambarkan dengan sangat jelas.
  • Para pemula pasti lebih aman jika mencoba investasi reksadana di Bank Panin karena Bank Panin menawarkan jenis investasi yang memiliki risiko yang rendah.
  • Panin Bank juga menyediakan kategori investasi reksadana yang menawarkan keuntungan pengembalian yang jumlahnya besar, namun kategori reksadana dengan keuntungan besar cocok untuk yang berani ambil risiko besar.

Cara Investasi Reksadana Bank Panin

Mengetahui berbagai produk dari Panin Bank memang sangat memudahkan untuk memilih jenis investasi yang sesuai. Akan tetapi, mengetahui cara melakukan investasi di Panin Bank juga penting. Berikut cara investasi reksadana Panin Bank antara lain:

  • Hal utama yang perlu dilakukan adalah memilih platform reksadana online yang sudah terdaftar di OJK.
  • Setelah memilih akan mendaftar menggunakan platform mana, maka selanjutnya membuat akun reksadana Panin di platform yang dipilih
  • Kemudian, pilihlah jenis investasi reksadana panin mana yang akan didaftar.
  • Pendaftaran akan berhasil dan lancer dilakukan jika akun reksadana sudah melewati proses verifikasi.
  • Setelah memilih kategori reksadana panin, selanjutnya lakukanlah deposit sesuai dengan jumlah biaya awal yang ditentukan kategori reksadana yang dipilih.
  • Setelah memastikan telah memahami dengan seksama aturan terkait jenis reksadana yang dipilih, daftarkanlah akun di reksadana yang dipilih tersebut.

Kunci Sukses Investasi Untuk Mendapat Keuntungan

Apapun jenis investasi yang dipilih untuk dijalani pasti harus dilakukan dengan sungguh-sungguh dan tidak sembarangan. Oleh karena itu, untuk memudahkan keberhasilan memerlukan informasi tentang kunci sukses investasi. Kunci sukses investasi reksadana Panin Bank antara lain:

1. Memastikan Tujuan Investasi Sebelum Melakukannya

Setiap hal yang akan dilakukan demi suatu kebaikan pasti harus dilakukan dengan tujuan yang jelas. Hal tersebut, termasuk juga tentang investasi reksadana. Calon investor harus sudah menentukan tujuan investasi sebelum melakukan investasi reksadana Panin Bank.

2. Menyesuaikan Jenis Investasi Yang Dijalani Dengan Karakteristik Investor

Investor juga harus bisa menentukan dirinya termasuk ke dalam karakteristik investor yang mana, apakah sebagai investor yang mencari aman, menengah, ataupun moderat. Setelah memastikan hal tersebut barulah memilih jenis investasi yang sesuai dengan karakteristik investor.

3. Mempelajari Beban Biaya Yang Dibutuhkan

Dalam melakukan investasi reksadana juga ada beberapa hal yang harus dilakukan yang tentunya memerlukan biaya modal. Dengan demikian, investor juga perlu mempelajari beban biaya apa saja yang akan dikeluarkan ketika melakukan investasi reksadana.

4. Mengetahui Dan Memahami Prospek Dari Reksadana

Memahami seberapa besar prospek dari reksadana yang dipilih akan sangat menentukan masa depan dari investasi reksadana nantinya. Akan lebih baik jika investor memilih untuk menjalani investasi reksadana yang mempunyai prospek yang tinggi di masa depan.

5. Melakukan Riset Untuk Menentukan Manajer Investasi

Manajer investasi adalah suatu kemampuan yang penting ketika menjalankan investasi demi keberhasilan investasi. Untuk meningkatkan kemampuan tersebut, investor bisa melakukan riset dari internet ataupun melalui berbagai informasi yang didapatkan dari yang berpengalaman.

Demikian penjelasan tentang reksadana Panin Bank mulai dari pengenalan tentang Panin Bank, hingga kunci sukses agar dapat untung yang maksimal. Kunci sukses tentang reksadana di Panin bisa dilakukan agar lebih mudah melakukan investasi reksadana.

Panin Bank mungkin saja masih belum terlalu dikenal selayaknya lembaga tempat investasi. Hal tersebut terkadang juga membuat calon investor sedikit sulit mencari informasi tentang reksadana panin Bank dari orang terdekat.

Setiap kali calon investor akan melakukan investasi reksadana di Panin maka harus bisa mengenal produk instrumen investasinya terlebih dahulu. Setelah itu barulah mulai memahami sistem investasi untuk memperoleh gambaran keuntungan investasi.