free page hit counter

Berapa Gaji TikTok 1K Followers? Simak Penjelasan Lengkapnya!

Artikel diperbarui pada 1 Februari 2023.

Saat ini TikTok bukan hanya sebagai media hiburan, namun juga menjadi ladang penghasilan. Creator yang aktif di TikTok sudah bisa mendapatkan gaji dengan 1K pengikut. Nominal gaji TikTok 1K followers juga termasuk banyak.

Untuk mendapatkan gaji ini, tentu ada beberapa syarat yang perlu dipahami. Karena jika syaratnya tidak terpenuhi, maka pihak TikTok tidak akan memberikan penghasilan. Oleh karenanya, detail informasi ini juga penting untuk dipahami.

Bagi yang tertarik menjadi content creator TikTok demi gaji, maka harus tahu seluk-beluknya. Mulai dari besaran gaji, cara menghitung, syarat, sampai cara mendapatkannya. Semua akan dijelaskan sebagai berikut:

Gaji TikTok dengan 1K Followers

Jumlah followers atau pengikut menjadi acuan utama dalam penetapan gaji di TikTok. Jika seorang content creator di TikTok memiliki followers 1K atau 1.000, maka jumlah rata-rata gajinya berada di kisaran 100 sampai 300 ribu rupiah.

Lalu jika dilihat dari ukuran postingan, maka untuk satu postingan akan dihargai sekitar 28 ribu rupiah. Takaran harga ini, juga sudah disesuaikan dengan jumlah 1K followers. Jadi, perhitungannya ada pada kisaran tersebut.

Penetapan gaji TikTok 1K followers ini sudah disesuaikan dengan ukuran dan aturan yang ada. Content creator tidak bisa sembarangan melakukan estimasi karena perhitungannya sudah jelas. Jika ingin tahu detailnya, maka bisa diketahui dengan cara berikut:

  • Pertama, kunjungi dulu situs kalkulator TikTok yang bisa dipakai gratis.
  • Kemudian, masukkan username TikTok yang dimiliki. Pastikan tidak ada kesalahan agar tidak salah akun.
  • Lalu pencet tombol “Hitung Penghasilan” dan tunggu sistem menjalankan prosesnya.
  • Jika sudah, maka sistem akan menampilkan data username beserta besaran gajinya.
  • Keterangan gaji ini akan memakai mata uang dolar, sehingga konversi saja nilainya agar bisa dilihat dalam versi rupiah.

Proses pengecekan dengan situs bantuan ini akan sangat mudah diaplikasikan karena ada sistem yang menyelesaikannya. Pengguna hanya perlu memastikan akun yang dimasukkan benar, agar tidak salah melihat penghasilan akun lain.

Namun perlu diperhatikan juga bahwa kalkulator semacam ini hanya akan memberikan kisaran penghasilan berdasarkan jumlah pengikut dan postingan. Namun jika pengguna memiliki sumber penghasilan TikTok lain seperti endorsement, maka tidak mudah terhitung.

Syarat Mendapatkan Gaji dari TikTok

Setelah dijelaskan berapa gaji TikTok 1K followers, tentu banyak yang tergiur untuk mendapatkannya. Namun sebelum itu, perlu diketahui dulu apa saja poin syarat yang harus dipenuhi agar gaji diberikan secara penuh oleh TikTok.

Sebenarnya syarat utamanya hanya ada dua. Namun dua syarat ini termasuk sulit untuk dipenuhi banyak orang. Jika penasaran apa saja syarat dan poin penjelasannya, maka simak penjelasan dan uraian yang dipaparkan sebagai berikut:

1. Engagement Tinggi

Syarat yang pertama adalah harus memiliki engagement tinggi. Semakin banyak jumlah share, like, dan komentar, maka engagement bisa dikatakan bertubuh. Engagement yang bertumbuh ke arah positif akan memenuhi syarat utama.

Namun untuk menghasilkan engagement yang tinggi tersebut, tentu harus ada konten yang kreatif dan tidak asal-asalan. Orang juga akan menyukai konten yang menarik dan unik. Dengan jenis konten tersebut, maka akan semakin banyak engagement-nya.

2. Followers Adalah Pengguna Aktif

Kemudian untuk syarat kedua adalah adanya followers yang aktif. Percuma saja jika followers sudah sampai 1K namun tidak aktif, maka akan sulit mendapatkan tanggapan. Hal ini akan membuat gaji sulit didapatkan.

Sedangkan jika followers-nya aktif, maka setiap postingan yang diupload akan mendapat tanggapan yang lebih baik. Hal ini akan mengarahkan pengguna pada keuntungan dan gaji yang jauh lebih besar lagi untuk dikumpulkan.

Cara untuk Mendapatkan Uang dari TikTok

Untuk mendapatkan gaji TikTok 1K followers, maka content creator juga harus memperhatikan beberapa cara yang paling optimal. Jadi, sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dijalankan untuk mendapatkan uang dari platform TikTok.

Setidaknya ada lima cara yang bisa dijalankan. Bagi pemula atau yang belum familiar, maka harus tahu dulu rinciannya. Sebagai bahan referensi, pada artikel ini akan diberikan daftar dan penjelasannya sebagai berikut:

1. Buat Iklan In-Feed

Cara pertama yang bisa dijalankan adalah membuat iklan in-feed. Fitur iklan in-feed ini memang disediakan oleh TikTok untuk melakukan promosi. Tujuannya adalah untuk meningkatkan pemasaran atau apapun yang berkaitan dengan pengenalan produk serta jasa.

Jika memiliki toko, maka fitur ini akan sangat berguna. Meski demikian, content creator yang tidak memiliki toko juga bisa memanfaatkannya untuk melakukan promosi akun dan konten. Dengan demikian, followers bisa semakin banyak.

2. Lakukan Live Streaming

Lalu untuk cara kedua yang terbilang efektif adalah dengan melakukan live streaming. Saat content creator melakukan live streaming, maka penontonnya bisa memberikan hadian virtual. Nantinya, hadiah yang terkumpul bisa ditukarkan dengan uang.

Untuk mendapatkan banyak hadiah, maka pastikan membuat konten yang menarik. Kemudian sesuaikan juga waktu live streaming di saat orang bersantai. Tambahkan juga tagar yang sesuai, agar lebih banyak orang yang menemukannya.

3. Gabung TikTok Creator Fund

Opsi ketiga yang tidak kalah menarik adalah dengan bergabung TikTok Creator Fund. Layanan ini diberikan khusus oleh TikTok sebagai bentuk apresiasi. Jadi jika konten menarik, maka content creator akan diberi penghargaan.

Jika penghargaan sudah didapat, maka proses mendapatkan uang akan lebih mudah. Namun untuk bergabung, diperlukan serangkaian syarat yang terperinci. Jika syaratnya tidak dipenuhi, maka tidak akan mendapatkan penghargaan.

4. Menjadi Sponsored Content Post

Content creator juga bisa menjadi sponsored content post. Jika sudah menjadi influencer dan bekerja dengan brand melalui proses ini, maka uang yang didapat akan semakin banyak. Apalagi jika jumlah viewer banyak, maka keuntungan lebih besar.

Nantinya, content creator akan mempromosikan produk dari brand yang bekerja sama. Setiap postingan, akan memiliki nilai kerjasama tersendiri. Pihak brand dan content creator bisa melakukan negosiasi untuk hal ini.

5. Menambahkan Link Afiliasi

Rekomendasi cara terakhir yang pas untuk dijalankan adalah dengan melampirkan link afiliasi. Untuk menjadi affiliate produk, maka harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Dengan produk ini, maka kerjasama bisa dilakukan.

Tambahkan saja link produk di caption konten. Jika banyak yang mengklik link tersebut dan membeli produk, maka content creator juga bisa mendapatkan keuntungan dari komisi. Jumlah komisinya juga tergolong banyak dan menguntungkan.

Semua penjelasan tentang gaji TikTok 1K followers diatas tentunya bisa langsung dijadikan acuan. Dengan adanya gaji tersebut, maka content creator bisa menjadikannya acuan untuk terus berkembang di masa mendatang.

Pastikan juga untuk memenuhi syarat yang sudah dijelaskan. Jika tidak memenuhi syarat tersebut, maka gaji tidak akan pernah didapatkan. Sedangkan jika syaratnya sudah lengkap, maka akan lebih mudah meraihnya.

Terakhir sudah dijelaskan pula tentang cara-cara mendapatkan uang dari TikTok. Semua informasi ini juga penting agar pendapatan semakin bertambah dari waktu ke waktu. Semakin baik prosesnya, maka akan lebih cepat mendapatkan gaji.