free page hit counter
Sahabat Nabi yang Kaya
Sahabat Nabi yang Kaya

5 Sahabat Nabi Paling Kaya, Om Bezos & Musk Kalah Jauh!

Artikel diperbarui pada 3 Mei 2021.

Sahabat-Nabi-Paling-Kaya
Ilustrasi. | @maximdenisenko – freepik.com

Di dunia ini jika disebut orang terkaya di planet bumi yang terlintas di kepala kita adalah nama-nama pebisnis terkenal seperti Bill Gates dengan total kekayaan Rp 1.880,9 T boss besar pemilik Microsoft Office ini berada di urutan ke tiga. Menyusul kejar-kejaran untuk posisi pertama dan kedua ada Jeff Bezos pendiri toko online raksasa Amazon yang memiliki kekayaan sebesar Rp 2.588,6 T dan pemilik perusahaan mobil listrik Tesla, Elon Musk dengan jumlah kekayaan Rp 2.466,8. Fantastis!

Bayangkan jika nama kamu berada di urutan nomor sekian dari orang-orang terkaya di dunia, apa yang akan kamu gunakan dengan uang hitungan triliun tersebut?

Tapi kamu tahu tidak bahwa pada zaman Nabi ada beberapa Sahabat beliau yang memiliki jumlah kekayaan yang membuat kamu lebih terkaget-kaget lagi. Kekayaan salah satu di antara mereka bahkan ada yang mengalahkan gabungan harta milik Boss Jeff dan Om Musk, luar biasa bukan?

Penasaran siapa saja deretan Sahabat Nabi yang menjadi manusia super kaya di zamannya? Cek urutannya berikut ini:

#1. Abdur Rahman Bin ‘Auf (Rp 6.212,6 T)

Sudah tidak mengherankan jika Sahabat yang sudah dapat jaminan surga ini terdaftar sebagai orang terkaya di kalangan Sahabat Nabi. Selain terkenal dengan kedermawanannya, Sahabat Abdur Rahman juga dikenal sebagai pengusaha yang handal. Bahkan ketika hijrah ke Madinah Sahabat Abdur Rahman tidak memiliki harta sepeser pun namun di kemudian hari beliau mampu menjadi Sahabat terkaya bahkan jumlah kekayaannya mengalahkan dua orang terkaya saat ini.

Menurut Dewan Syariah Nasional MUI mengutip dari Dr. Yusuf Bin Ahmad Al Qasim setelah melakukan riset sederhana terkait siapa saja deretan Sahabat Nabi yang memiliki kekayaan terbesar.

Penelitian tersebut menempatkan Sahabat Abdur Rahman Bin ‘Auf sebagai Sahabat terkaya dengan jumlah kekayaan saat wafat sebanyak Rp 6.212.688.000.000 atau Rp 6.212.6 T.

Fantastis, bahkan mengalahkan kekayaan Jeff Bezos dan Elon Musk walau digabung. Jumlah kekayaan tersebut belum termasuk aset lain berupa:

  • 1000 ekor unta
  • 100 ekor kuda
  • 3000 ekor kambing

Perhitungan kekayaan tersebut menurut Imam Ibn Hajar Al ‘Asqolani (sebagaimana dikutip DSN MUI) adalah dari nilai harta waris yang didapat oleh empat orang istri Sahabat Abdur Rahman. Dimana setiap istri mendapat bagian sebanyak 100.000 dinar, yang jika digunakan hitungan ilmu waris akan didapatkan total harta adalah 3.200.000 dinar emas atau setara Rp 6.212,6 T.

Ini belum ditambah dengan harta wasiat yang dibagikan kepada para peserta perang badar sebanyak 40.000 dinar emas atau setara Rp 77.658.600.000 (Tujuh puluh tujuh milyar, enam ratus lima puluh delapan juta, enam ratus ribu rupiah) dan wasiat lain yang diberikan khusus untuk para Ummahatul Mukminin yang masih hidup tentunya juga dalam jumlah yang fantastis.

Berarti diambil kesimpulan bahwa total kekayaan Sahabat Abdur Rahman Bin ‘Auf yang tercatat adalah Rp 6.212,688.000.000 + Rp 77.658.600.000+ (1000 ekor unta+100 ekor kuda+3000 ekor kambing)+ wasiat kepada Ummahatul Mukminin yang tidak diketahui nilainya. Ma sya Allah alangkah banyaknya harta Sahabat Ibn ‘Auf.

Doa Ibunda ‘Aisyah untuk Abdur Roman “Semoga Allah Azza wa Jalla memberi minum kepada `Abdurrahman Bin Auf dengan minuman surga.”

#2. Az Zubair Bin Al Awwam (Rp 3.543,7 T)

Di urutan ke dua yang menjadi Sahabat terkaya adalah Az Zubair Bin Awwam salah satu Sahabat yang juga di jamin masuk surga dan termasuk sepupu Rasulullah dari jalur Shafiyyah Bint Abdul Muthallib.

Sebagaimana Abdur Rahman Bin ‘Auf yang tidak memiliki harta sepeser pun ketika datang hijrah ke Madinah, Zubair Bin Awam juga termasuk orang yang miskin ketika saat awal menikah. Bahkan ketika meninggal dunia juga meninggalkan hutang sebesar 2,2 juta.

Sebagaimana di ceritakan oleh istrinya Asma’ Bint Abu Bakr dalam riwayat Bukhari: “Di awal kami menikah dia tidak memiliki harta sepeser pun, tidak memiliki budak yang bisa membantuku, serta tidak memiliki apa-apa kecuali timba alat penyiram lahan dan seekor kuda. Dan akulah yang harus mencarikannya pakan dan memberinya minum, menjahit timbanya dan membuatkan adonan roti, padahal aku tidak pandai membuat adonan. Sehingga para tetanggaku dari kalangan Anshar lah yang membuatkan adonan roti…”

Lantas dari mana sumber harta kekayaan Zubair yang bahkan masih mengalahkan para manusia super kaya saat ini dan untuk apa hutang tadi?

Usut punya usut, Zubair adalah orang yang sangat amanah atas barang titipan orang lain, sehingga banyak orang yang merasa aman jika menitipkan hartanya kepada Sahabat Zubair.

Zubair adalah penemu awal konsep perbankan syariah, Zubair tidak mau jika harta tadi diserahkan sebagai titipan, maka beliau meminta izin kepada pemilik harta untuk menggunakannya sebagai modal investasi dengan akad hutang dan bukan titipan. Dari sinilah kenapa hutang Zubair sangat banyak.

Modal tadi digunakan oleh Zubair untuk membeli investasi berupa tanah dan rumah di beberapa tempat di Madinah dan Mesir dan tampat lain.

Setelah Zubair meninggal seluruh aset yang dimiliki Zubair dijual oleh anaknya yang bernama Abdullah untuk menutupi pembayaran hutang dan sisanya sebagai warisan. Di luar dugaan ternyata seluruh aset yang telah terjual mencapai nilai 50 juta, puluhan kali lipat dari hutang awal yang berjumlah 2,2 juta.

Setelah urusan hutang diselesaikan dan harta waris dibagikan yang menurut riwayat Bukhari. setiap istri Zubair yang berjumlah empat orang istri mendapatkan warisan sebanyak 1.200.000 dirham x 4 = 4.800.000 dirham dan nilai wasiat sebanyak 38.400.000 dirham sehingga jika ditotal semuanya adalah setara Rp 3.543.724.800.000 (Tiga triliun, lima ratus empat puluh tiga milyar, tujuh ratu dua puluh empat juta, delapan ratus ribu rupiah)

#3. Utsman Bin Affan (Rp 2.532,9 T)

Sahabat sekaligus menantu Nabi yang bernama Utsman Ibn Affan memang terkenal sebagai pebisnis ulung. Masih mengutip dari DSN MUI bahwa Imam Ibn Katsir mencatat jumlah harta yang ditinggalkan oleh Sahabat Utsman adalah:

  • 30.000.000 dirham harta tarikah (peninggalan) setara RP 1.845.690.000.000
  • 150.000 dinar harta tarikah setara Rp 291.219.750.000
  • 200.000 dinar harta yang disedekahkan setara Rp 388.293.000.000
  • 1000 ekor unta setara Rp 7.740.000.000

Jika ditotal adalah Rp 2.532.942.750.000 (Dua triliun, lima ratu tiga puluh dua milyar, sembilan ratu empat puluh dua juta, tujuh ratus lima puluh ribu rupiah)

Sebenarnya hitungan ini adalah pendekatan terkecil dari harta yang dimiliki Utsman Bin Affan, karena belum termasuk hibah beliau untuk pemberangkatan pasukan perang Tabuk sebanyak 950 ekor unta beserta perlenkapannya, aset tanah dan kuda dengan jumlah sangat banyak dan wakaf sumur Ruumah yang saat itu senilai 35.000 dirham. Bahkan aset sumur ini masih berkembang hinga saat ini dan dikelola oleh pemerintah Arab Saudi berupa hotel dan kebun kurma.

#4. Thalhah Bin Ubaidullah (Rp 542 M)

Para Sahabat Nabi selain sebagai pebisnis ulung dengan keutungan berlipat-lipat namun mereka adalah orang yang gemar bersedekah. Sebagaimana di jelaskan pada beberapa point di atas bahwa hitungan harta sebagian Sahabat tadi ada yang termasuk di dalamnya berupa aset akhirat yaitu sedekah.

Juga Sahabat Nabi yang satu ini, Thalhah Ibn Ubaidillah adalah termasuk mendapat jaminan sebagai penghuni surga oleh Rasulullah. Berikut beberapa jumlah kekayaan yang beliau miliki sebagaimana dikutip dari DSN MUI.

  • Tanah yang disedekahkan senilai 300.000 dirham (belumterverifikasi) setara Rp 18.456.900.000
  • Tarikah sebanyak 2.200.000 dirham atau setara Rp 135.350.600
  • Tarikah kedua sebanyak 200.000 dinar seniai Rp 388.293.000.000

Total keseluruhan harta Thalhah adalah Rp 542.100.500.000 (Lima ratus empat puluh dua milyar, seratus juta, lima ratus ribu rupiah)

#5. Sa’ad Ibn Abi Waqqash (Rp 15,3 M)

Sahabat Sa’ad merupakan sepupu dari Sahaabat terkaya nomor satu Abdur Rahman Bin ‘Auf. Selain termasuk sebagai penghuni surga sebagaimana jaminan Rasulullah kepada beliau, Sa’ad merupakan Sahabat Nabi yang pertama kali melemparkan anak panah di medan jihad.

Imam Ibn Katsir sebagaimana dalam Bidayah Wan Nihayah menyebutkan nilai Tarikah yang dimiliki Sa’ad. Yaitu sebanyak 250.000 dirham yang jika dirupiahkan adalah senilai Rp 15.380.750.000 (Lima belas milyar, tiga ratus delapan puluh juta, tujuh ratus lima puluh ribu rupiah.)

Nah, berikut tadi adalah para Sahabat Nabi yang selain terkenal karena keshalihannya mereka juga terkenal dengan jumlah kekayaan yang fantastis mengalahkan para super rich dunia saat ini. Bahkan bukan hanya itu saja tetapi jumlah sedekah mereka juga sangatlah fantastis dan hampir tidak masuk di akal bagi orang zaman sekarang. Harta dunia bolehlah kaya, tapi investasi akhirat berupa sedekah jangan sampai lupa.

Semoga Allah senantiasa memberikan keridhoan kepada para Sahabat Nabi dan mengumpulkan kita bersama mereka di surga kelak, Amin.

 

Tinggalkan Balasan