free page hit counter

Cara Kredit HP di Home Credit Online yang Bisa Diikuti

Artikel diperbarui pada 26 Januari 2023.

Home Credit merupakan layanan pembiayaan yang bisa difungsikan semua lini masyarakat asal memenuhi syaratnya. Layanan ini juga bisa dipakai untuk kredit HP. Cara kredit HP di Home Credit online sangat simpel dan tidak membingungkan.

Jika ingin memiliki HP namun biaya masih kurang, maka sistem kredit ini akan sangat membantu. Namun jika belum tahu bagaimana caranya, maka pastikan untuk menyimak artikel ini sampai selesai karena akan dijabarkan seluk-beluknya.

Mulai dari metode pengajuan, kelebihan, hingga penyebab ditolaknya pengajuan tersebut. Semua informasi ini tentunya sangat krusial dan harus dipahami sejak awal. Jika penasaran dengan penjelasannya, simak detail berikut:

Metode Pengajuan Kredit HP Langsung di Home Credit

Pada informasi pertama ini, akan dijelaskan mengenai cara kredit HP di Home Credit online sampai selesai. Struktur caranya memang termasuk banyak dan sangat detail jika diuraikan secara mendalam satu per satu.

Mungkin bagi yang belum familiar, maka prosesnya akan sedikit membingungkan. Namun jika ditelaah dengan baik, maka prosesnya akan lebih mudah untuk diikuti. Untuk mengetahui struktur caranya, simak langkah-langkah berikut:

  • Sebagai proses awal, unduh dan pasang terlebih dahulu aplikasi Home Credit di perangkat yang dipakai.
  • Setelah itu, lakukan proses pembuatan akun. Isi data pendaftaran secara lengkap tanpa ada yang terlewat.
  • Unggah juga data yang dibutuhkan oleh sistem seperti scan KTP, foto selfie, serta data pendukung lainnya.
  • Kemudian tunggu proses pembuatan akun selesai hingga muncul notifikasinya.
  • Jika sudah, kemudian buka lagi aplikasi Home Credit.
  • Pada halaman utamanya, pencet tombol “Smartphone” yang sudah tertera.
  • Lalu pilih jenis HP yang ingin dibeli dengan sistem kredit.
  • Apabila sudah menemukan HP sesuai keinginan, pencet tombol “Beli” untuk melanjutkannya.
  • Nantinya, pengguna akan diarahkan menuju halaman pembayaran. Pilih saja opsi cicilan yang diinginkan. Pilihannya antara 3 sampai 36 bulan.
  • Setelah itu, pencet tombol “Beli” yang ada di bawah.
  • Masukkan nomor HP dan alamat lengkap untuk proses pengirimannya.
  • Terakhir, tunggu barangnya dikirimkan ke alamat tersebut.

Semua proses yang dijabarkan tersebut tentunya harus dijalankan dengan lengkap. Pastikan prosesnya tidak ada yang terlewat agar tidak ada permasalahan yang muncul. Selain itu, pastikan juga jaringan internet yang tersedia stabil dan tidak mudah putus.

Kelebihan Layanan Home Credit

Selain informasi tentang cara kredit HP di Home Credit online, akan dijabarkan juga tentang kelebihan layanannya. Saat ini memang sudah banyak layanan yang serupa Home Credit. Namun layanan ini tentu lebih unggul dibandingkan yang lainnya.

Setidaknya ada empat aspek kelebihan utama yang bisa dijadikan acuan utama. Jika masih ragu untuk memakai Home Credit, maka pahami detail kelebihannya. Simak penjelasan kelebihannya secara maksimal berikut ini:

1. Tidak Perlu Slip Gaji

Layanan pembiayaan yang beredar saat ini banyak yang memakai slip gaji sebagai syarat utamanya. Hal ini tentu saja menyulitkan pengguna yang bekerja tanpa mendapat slip gaji meski gajinya di atas syarat yang sudah ditentukan.

Namun hal ini akan berbeda dengan penggunaan Home Credit. Layanan Home Credit tidak mengharuskan penggunanya memiliki slip gaji. Masukkan saja nominal gajinya dan pengajuan tetap bisa diproses tanpa kendala.

2. Tidak Ada Jaminan

Jaminan juga tidak berlaku di Home Credit. Pengguna bisa mendapatkan HP yang diinginkan melalui sistem kredit tanpa adanya jaminan apapun. Hal ini tentu akan memudahkan pengguna dalam proses pengamanan aset yang dimiliki.

Ada beberapa pinjaman atau layanan pembiayaan yang mengharuskan agunan sebagai syarat utamanya. Namun karena Home Credit tidak memiliki aturan tersebut, jadi tidak heran jika layanannya difungsikan oleh banyak pihak.

3. Tidak Ilegal

Home Credit juga sudah aman untuk difungsikan atau tidak ilegal. Pihak yang mengawasi Home Credit adalah OJK dan termasuk layanan pembiayaan yang sehat. Jadi tidak heran jika layanan ini sangat aman untuk dipakai.

Kantor dari Home Credit juga jelas dan sudah ada kontak untuk dihubungi. Dengan adanya susunan ini, maka bisa dipastikan bahwa Home Credit tidak asal memberikan layanan kredit namun juga menjaga kepercayaan nasabahnya.

4. Persetujuan dan Pengiriman Cepat

Proses persetujuan dari Home Credit juga tidak terlalu lama. Proses pembuatan akun hanya perlu 5 menit, sedangkan waktu persetujuan kredit tidak sampai 24 jam. Jadi hanya dalam 24 jam, proses pengajuannya sudah bisa diselesaikan.

Kemudian untuk proses pengirimannya juga sangat cepat. HP yang dikirimkan oleh Home Credit tentu berasal dari tempat yang sudah dipilih. Pihak pengaju tidak harus menunggu lama karena nantinya proses pengiriman akan cepat sampai di tangan.

Penyebab Pengajuan Home Credit Ditolak

Meski cara kredit HP di Home Credit online sudah dijalankan sampai selesai, namun bisa jadi ada penolakan oleh pihak Home Credit. Penolakan pengajuan ini sangat wajar terjadi jika ada kondisi-kondisi tertentu yang menjadi penyebab utamanya.

Penyebab utama dari penolakan ini akan dibagi menjadi empat bagian utama. Setiap bagiannya akan diuraikan secara menyeluruh agar lebih mudah dipahami. Untuk itu, simak rincian penyebab dan solusi yang dipaparkan sebagai berikut:

1. Sudah Memiliki Kartu Kredit dari 2 Penerbit

Penyebab pertama kenapa penolakan bisa terjadi adalah karena pihak pengaju sudah memiliki kartu kredit di 2 penerbit berbeda. Jika hanya memiliki 1, maka kemungkinan disetujui masih ada karena artinya pihak pengaju tidak memiliki banyak tanggungan.

Namun jika sudah ada 2 kartu kredit, maka pihak Home Credit tidak akan percaya bahwa pihak pengaju mampu menyelesaikan kredit. Oleh karenanya, pastikan salah satu kartu kreditnya diputus dan tidak difungsikan lagi agar pengajuan disetujui.

2. Rekam Jejak Pinjaman Tidak Baik

Kemudian untuk penyebab kedua adalah adanya rekam jejak yang tidak baik. Jika pihak pengaju pernah melakukan pinjaman online di tempat lain dan tidak diselesaikan, maka pihak Home Credit akan mengetahuinya.

Hal tersebut akan membuat pengajuan ditolak oleh Home Credit. Jika rekam jejak pinjaman sudah buruk, maka Home Credit tidak mau menanggung risiko dengan memberikan pinjaman lain yang kemungkinan dikembalikan sangat kecil.

3. Penghasilan Tidak Sesuai

Terkadang, penolakan juga terjadi karena penghasilan tidak sesuai aturan. Home Credit memberikan batas minimal penghasilan adalah 1,5 juta rupiah. Sedangkan untuk wilayah Semarang dan Yogyakarta batas minimalnya adalah 1,2 juta rupiah.

4. Usia Kurang

Usia juga menjadi penyebab kenapa terjadi penolakan. Untuk usia yang diperbolehkan Home Credit adalah 21 tahun. Namun jika sudah menikah, maka batas usia paling sedikit yang boleh mengajukan kredit adalah 19 tahun.

Demikianlah cara kredit HP di Home Credit online yang bisa dijalankan. Semua urutan proses yang dijabarkan tersebut tentunya sudah sesuai dengan prosedur yang dibutuhkan. Oleh karenanya, jangan sepelekan satu poin pun.

Kemudian, sudah dijelaskan pula kelebihan dari penggunaan layanannya. Jika masih ragu untuk memanfaatkan layanan ini, maka pahami apa saja kelebihannya. Dengan memahami aspek ini, maka proses penggunaannya akan semakin yakin.

Lalu bagaimana jika pengajuan kredit ditolak? Jika ditolak, tentunya ada beberapa penyebab yang bisa dijadikan dasar. Oleh karenanya, sudah dijelaskan pula di atas mengenai penyebab serta solusi yang bisa ditempuh untuk penyelesaiannya.