free page hit counter
cara menghitung cicilan spaylater

Cara Menghitung Cicilan Spaylater Lebih Teliti dan Cermat

Artikel diperbarui pada 26 Januari 2023.

Shopee menjadi salah satu e-commerce yang menjadi pilihan banyak orang untuk berbelanja. Ada banyak fitur yang dimiliki oleh e-commerce berwarna orange tersebut salah satunya spaylater. Apa itu spaylater dan bagaimana cara menghitung cicilan spaylater yang bisa dilakukan?

Pastinya sistem dari spaylater ini sangat memudahkan pengguna dalam berbelanja. Jika tidak ada saldo dalam rekening maupun shopeepay, maka spaylater ini menjadi kunci agar pembayaran cashless tetap bisa dilakukan.

Namun belakangan ini penggunaan spaylater menjadi suatu fenomena tersendiri, dimana orang jadi semakin sering berbelanja. Padahal banyak yang sudah tahu jika penggunaan spaylater ini bukan hanya harga barang saja yang dibayar, namun ada biaya bunga serta biaya lain.

Apa Itu Spaylater?

Shopee menyebutkan jika spaylater adalah produk layanan yang mereka luncurkan untuk pinjaman yang disediakan oleh mitra mereka PT Commerce Finance. Kerja sama ini dilakukan bagi keduanya, untuk memberikan pinjaman bagi pengguna shopee.

Kerja sama kedua perusahaan tersebut, menghasilkan sebuah produk layanan pinjaman atau kredit barang di Shopee. Tentunya, produk pinjaman ini sudah resmi dan diawasi langsung oleh badan bernama OJK di Indonesia.

Singkatnya dalam spaylater ini pemberlakuan sistem biaya layanan akan dikenakan pada transaksi yang dilakukan penggunanya. Dengan limit yang disediakan, pengguna bebas membeli produk apa saja di situs shopee.

Namun perlu diperhatikan karena ini namanya paylater jadi akan ada tagihan dalam kurun waktu tertentu. Jika telat bayar denda yang dikenakan cukup besar terhadap pengguna, meski cicilannya tergolong mudah untuk diajukan dengan syarat yang tidak terlalu sulit.

Jumlah limit yang spaylater sediakan akan bergantung pada jumlah penghasilan dan jenis pekerjaan dari pengguna yang mendaftar. Namun pengguna yang aktif dan tidak bermasalah saat menggunakan spaylater bisa menambah limit mereka sesuai ketentuan shopee. Adapun keunggulannya yakni:

  • Masa tenor hingga 12x yang termasuk panjang untuk spaylater daripada kredit lain.
  • Bunga relatif ringan dan bersaing jika disandingkan dengan bunga kredit dari kompetitornya.
  • Biaya penanganan yang rendah karena setiap transaksi hanya dikenakan biaya sebanyak 1% dari nilai barang yang dibeli.
  • Permohonan pengajuan mudah dan cepat. Pengguna tinggal perlu melakukan beberapa verifikasi data diri saja.

Cara Menghitung Cicilan Spaylater

Dalam pembayaran shopee pay later atau disingkat spaylater pengguna akan dikenakan tiga jenis biaya. Pertama ada biaya cicilan untuk barang tersebut, selanjutnya ada biaya admin yang akan dikenakan, terakhir ada biaya bunga.

1. Menghitung Bunga Shopee Pay Later

Cara menghitung cicilan spaylater pastinya tidak akan jauh-jauh dari bunga. Pada shopeepay later, pengguna akan dikenakan biaya sebesar 2,95% per bulannya. Bunga ini cukup bersaing dengan deretan layanan finance online lainnya yang menawarkan produk pinjaman serupa.

Pengguna bisa memilih tenor masa cicilan sesuai dengan keinginannya dimana pasti akan berbeda perhitungannya. Untuk menghitung seberapa besar bunga dari shopee paylater ini perlu diketahui lebih rinci lagi meski tagihan akan muncul di aplikasi secara otomatis.

Melalui perhitungan ini pengguna bisa memperkirakan berapa total pelunasan nantinya. Misalkan belanjaan senilai 1 juta rupiah dengan cicilan 6 bulan, maka pengguna akan membayar bunga sebanyak 6 kali untuk pelunasannya.

Untuk menghitung bunganya mudah saja tinggal mengalikan total belanjaan dengan bunga dari shopee seperti berikut:

Rp. 1.000.000. X 2,95%

= 29.500

Jadi bunga yang akan dibayarkan perbulan oleh pengguna adalah 29.500 rupiah.

2. Menghitung Biaya yang Dikenakan dalam Cicilan Spaylater

Bukan cuma bunga saja yang akan termasuk kedalam pembayaran cicilan. Namun akan ada juga biaya admin atau penanganan dalam satu transaksi sebesar 1%. Bukan cuma itu ada juga biaya tambahan lain seperti denda jika terlambat sebesar 5%.

Jadi akan ada dua biaya yang dikenakan saat membayar cicilan yaitu biaya penanganan dan biaya bunga. Misalkan harga barang adalah 500.000, maka untuk biaya penanganannya hanya tinggal dikalikan dengan 1 % saja seperti contoh berikut:

500.000 x 1% = 5.000

Jadi biaya penanganan yang akan dikenakan dalam satu kali transaksi adalah sebesar 5.000 rupiah. Untuk biaya denda juga kurang lebih sama tinggal mengalikan biaya belanja dengan jumlah denda sebesar 5% yaitu 25.000 dan nilai ini termasuk besar, jadi jangan sampai terlambat.

3. Cara Menghitung Semua Biaya Cicilan Spaylater

Setelah mengetahui ternyata ada 2 jenis biaya yang harus dibayarkan dalam cicilan spaylater kini pengguna bisa melihat berapa jumlah cicilan sebenarnya dari tiap pembelanjaan melalui spaylater. Cara menghitung cicilan spaylater secara rinci adalah sebagai berikut:

  1. Misalkan pengguna membeli baju dengan harga sebesar 200.000 rupiah, jika dicicil dalam 2 bulan maka cicilan perbulannya bukan 100.000 tetapi ada biaya tambahan lain. Biaya tambahan tersebut adalah bunga 2,95% dan juga biaya penanganan 1%.
  • Pertama ketahui terlebih dahulu jumlah biaya penanganannya adalah 200.000 x 1% yaitu 2.000 rupiah.
  • Selanjutnya ketahui juga berapa bunga perbulannya yaitu 200.000 x 2.95% adalah 5.900.
  • Jadi untuk total biaya cicilan perbulannya jika dicicil dalam 2 bulan yakni: 

(200.000:2)+ 2000+5.900 = Rp. 107.900

  • Cicilan tersebut harus dibayar selama 2 bulan, jadi akan dua kali membayar cicilan:

107.900 x 2 = 215.800.

  • Intinya pengguna akan membayar sebesar 215.800 rupiah untuk baju senilai 200.000 jika menggunakan pembayaran spaylater dengan cicilan 2x.
  1. Contoh lain Misalkan pengguna membeli baju dengan harga sebesar 500.000 rupiah, jika dicicil dalam 6 bulan maka cicilan perbulannya adalah sebagai berikut:

(500.000:6) + 14.750+5.000= 103.083,33 rupiah.

Jadi pengguna harus membayar sejumlah 103.083,33 rupiah selama 6 kali dalam kurun waktu 6 bulan cicilan.

Jatuh Tempo dan Denda Spaylater

Namanya paylater atau bayar nanti, pasti pengguna akan dikenakan biaya cicilan di tanggal tertentu yang disebut jatuh tempo. Pada aplikasi shopee sendiri, pengguna harus membayar cicilannya di tanggal 5 sampai 11 setiap bulannya.

Selain di tanggal tersebut pengguna juga diperbolehkan untuk membayar cicilan sebelum tanggal tersebut kapan saja. Hanya maksimal pembayarannya paling lambat harus dilakukan sebelum tanggal 11 di bulan selanjutnya.

Lalu apa yang terjadi jika tidak membayar tagihan sebelum jatuh tempo, resikonya adalah terkena denda dan dikenai sanksi. Denda yang ditetapkan oleh shopee pun tidak main-main besarnya, yaitu 5% setiap kali akan membayar cicilan.

Jadi denda akan dikenakan 5% sesuai dengan jumlah tagihan pada bulan tersebut. Misalkan dalam satu bulan ada tagihan yang belum dibayar sebesar 55.000. Maka jika terlambat pembayarannya, akan ditambahkan 5% denda menjadi 57.250.

Jika tidak kunjung dibayar juga, maka tagihan perbulannya akan ditambahkan sebesar 2.500 per bulan sampai tagihan dilunasi. Sampai tagihan belum juga dibayarkan maka akan ada resiko lain yaitu pembatasan limit yang diberikan pada spaylater pengguna.

Nah itu dia cara menghitung cicilan spaylater dengan cermat dan teliti. Ada 2 jenis biaya tambahan yang dibayarkan saat membayar tagihan setiap bulannya. Jadi, ini harus jadi perhatian penting dalam memutuskan pembelian lewat spaylater.

Melalui perhitungan ini juga pengguna diharapkan bisa lebih bijak lagi dalam menggunakan fitur ini. Banyak orang diluar sana yang malah terlilit hutang, karena terlalu sering menggunakan fitur ini tanpa diiringi kemampuan membayar tagihan yang seimbang.

Jadi perhitungkan kembali apa yang akan dibeli beserta bunga dan biaya penanganannya. Jangan sampai tidak mampu membayar tagihan yang diberikan pada pengguna setiap bulannya hanya untuk memenuhi nafsu berbelanja saja.