free page hit counter
cara cicil emas di aplikasi pegadaian

Bagaimana Cara Cicil Emas di Aplikasi Pegadaian? Simak Jawabannya

Artikel diperbarui pada 26 Januari 2023.

Layanan Cicil Emas milik Pegadaian sepertinya sudah mulai familiar di masyarakat tanah air. Namun, bagaimana cara cicil emas di aplikasi Pegadaian yang bisa dilakukan?

Padahal referensi terkait menjadi salah satu poin penting bagi calon nasabah yang tertarik dengan layanan. Mengingat keberhasilan penggunaan layanan Cicil Emas tidak lepas dari cara tepat pencicilan emas.

Layanan Cicil Emas sendiri memiliki pola sederhana dan fleksibilitas dalam penggunaan. Artinya, para nasabah tidak perlu khawatir akan kebingungan walaupun baru pertama kali.

Untuk mengetahui lebih lanjut silahkan perhatikan setiap cara melalui sejumlah langkah-langkah berikut. Di samping itu, dibahas pula poin lain yang tak kalah penting.

Keunggulan Layanan Cicil Emas Pegadaian

Sebelum masuk ke pembahasan cara cicil emas di aplikasi Pegadaian tak ada salahnya mengetahui keunggulan layanan Cicil Emas. Berikut beberapa keunggulan yang dapat diketahui:

1. Sebagai Aset

Layanan Cicil Emas bisa dijadikan alternatif simpanan atau aset di masa mendatang. Seperti kebutuhan anak dalam urusan sekolah atau kuliah, ibadah haji, dukungan properti, dll.

Bukan hanya itu, cicilan emas yang dilakukan dapat digunakan untuk keperluan darurat. Inilah mengapa Cicil Emas berpeluang sebagai aset nasabah.

2. Jangka Waktu Hingga 3 Tahun

Untuk biaya angsuran nasabah dapat memilih mulai dari 3 bulan, lalu 1 tahun berlanjut 2 tahun hingga 3 tahun. Artinya pembayaran emas cukup fleksibel sesuai dengan keinginan.

Sebaiknya hindari pemilihan jangka waktu angsuran yang kira-kira tidak sanggup membayarnya. Pilih jangka pembayaran yang tidak memberatkan saat masuk waktu.

3. Lebih Hemat

Cicil Emas membuat nasabah yang menggunakannya lebih hemat karena tidak mengharuskan investasi jenis lainnya. Alasannya karena emas bisa digadaikan sewaktu-waktu dibutuhkan.

Belum lagi nilai emas yang cenderung meningkat walau tidak menutup kemungkinan terjadi penurunan. Setidaknya pikiran-pikiran yang mengarah ke biaya berlebihan dapat berkurang.

4. Tingkat Keamanan Terjamin

Menyangkut keamanan Cicil Emas, pihak Pegadaian sendiri sangat memperhatikan keamanan para nasabahnya. Terlihat pada standar penyimpanan emas yang tidak diragukan.

Inilah kemudian membuat masyarakat yang tidak suka mengambil risiko besar memanfaatkan cicilan emas milik Pegadaian. Jaminan tidak terbatas pada manajemen Pegadaian tapi juga didukung oleh pemerintah tanah air.

5. Uang Muka Ringan 

Di balik berbagai macam dan berat emas, yang muka cicilan tidak terlalu tinggi. Persentase dimulai dari 15% sampai dengan 50% di setiap nilai logam mulia.

Namun biasanya uang muka yang diminta sekitar 20%. Seandainya tertarik dengan cicilan emas yang lain dapat menyetor 10% tanpa perubahan nilai.

Persyaratan Cicil Emas Pegadaian

Setelah melihat beberapa keunggulan dari layanan Cicil Emas maka persyaratan untuk mencicil perlu dijabarkan pula. Syarat awal adalah menyiapkan dokumen terlampir berupa identitas diri yang sah secara legalitas.

Syarat kedua, siapkan uang muka minimal 15% sesuai yang diberitahu sebelumnya. Syarat ketiga, mengisi formulir Cicil Emas yang diberikan pihak Pegadaian dengan benar (pastikan teliti waktu membaca).

Syarat terakhir melakukan penandatanganan perjanjian atau akad pihak Pegadaian dan nasabah. Untuk hal akad juga sebaiknya pahami sebelum menandatangani perjanjian, demi mencegah yang bersifat merugikan.

Dari keempat syarat yang disebutkan tidak memberatkan masyarakat yang mau mencicil emas di Pegadaian. Oleh sebab itu, perhatikan dengan baik syarat-syarat yang ditetapkan agar tidak terhambat dalam prosedur cicilan.

Langkah-langkah Cicilan Emas di Pegadaian

Apabila sudah cukup jelas dengan syarat-syarat maka sekarang dapat mengetahui cara cicil emas di aplikasi Pegadaian melalui sejumlah langkah-langkah. Pahamilah penjabaran poin langkah berikut ini:

  • Pasang Aplikasi Pegadaian Digital. Pertama sekali lakukan pemasangan aplikasi dengan mengunjungi platform bawaan smartphone apakah itu Playstore atau AppStore.
  • Login Aplikasi Pegadaian Digital. Selanjutnya lakukan registrasi diri (nama, nomor telepon aktif, identitas diri, dan email) untuk proses login. Tunggu verifikasi agar bisa masuk lewat email dan password.
  • Klik menu Cicil Emas. Kemudian dalam laman Aplikasi Pegadaian Digital klik menu Cicil Emas dan pilih opsi Cicil Emas Batangan. Nantinya tentukan merek emas (ANTAM, LM Galeri24, UBS, atau Lotus Archi).
  • Pilih varian berat emas & jangka waktu angsuran. Disusul dengan menentukan berat emas yang bervariasi mulai dari 1 gram, 5 gram, hingga 25 gram baru jangka waktu angsuran.
  • Pilih uang muka & tempat pengambilan. Lalu tentukan persentase uang muka misalnya 15% disertai pemilihan tempat pengambilan emas batangan, setelahnya klik opsi Setuju. 
  • Pilih bank untuk pembayaran. Setelahnya tentukan bank sebagai bentuk metode pembayaran kemudian tunggu notifikasi pihak Pegadaian terkait uang muka.
  • Proses cicilan emas berhasil. Terakhir kalau tidak ada kendala, cicilan emas dengan layanan Cicil Emas berhasil dilakukan.

Untuk pengambilan emas batangan, silahkan bawa bukti Cicil Emas ke outlet Pegadaian yang terdapat di wilayah domisili. Bagi yang membayar angsuran dalam waktu singkat, emas bisa didapatkan dengan cepat.

Namun apabila ternyata cicilan emas masih gagal jangan khawatir, kemungkinan maintenance sistem sedang berlangsung. Diharapkan nasabah dapat me-refresh bagian laman atau login ulang sebelum cara cicil emas di aplikasi Pegadaian dimulai kembali.

Di samping itu, karena alasan digital yang perlu koneksi internet disarankan turut mengecek koneksi pada smartphone. Siapa tau, kegagalan bukan terjadi akibat maintenance sistem aplikasi tapi ketiadaan jaringan.

Hal Penting Sebelum Berinvestasi Produk Emas khusus Pemula 

Sedikit informasi tambahan tentang investasi produk emas khusus untuk masyarakat yang baru memulai investasi. Ada beberapa hal yang dianggap penting, bukan hanya terbatas pada poin keunggulan, syarat, dan langkah-langkah cicilan emas.

Pertama ketahui lebih dahulu mengapa mencicil emas dilakukan agar kedepannya semakin mempermudah menentukan berapa gram dan biaya angsuran. Salah satu cara dapat diterapkan, dengan menargetkan berapa jumlah dana masa mendatang yang diperlukan.

Kedua, pilih emas batangan yang memiliki tingkat kemurnian paling tinggi seperti 24 karat. Ketiga, tentukan ukuran emas sesuai dengan kebutuhan yang mana semakin kecil ukurannya pencairan cenderung lebih cepat.

Keempat, jangan beli emas sewaktu harga pasar sedang naik tapi beli dengan harga yang sedang turun. Terakhir, pantau pergerakan nilai emas di pasaran secara berkala (bisa memanfaatkan fitur di Aplikasi Pegadaian Digital).  

Itulah kiranya bahasan cara cicil emas di aplikasi Pegadaian dengan 7 langkah-langkah tepat yang bisa dikerjakan. Persyaratan untuk proses penggunaan layanan Cicil Emas turut dituliskan.

Nantinya siapkan persyaratan dengan matang agar tidak terhambat mengikuti prosedur cicilan emas. Bagi yang belum terlalu mengenal layanan, dapat melihat sejumlah keunggulan menarik yang ditawarkan.

Begitupun dengan pemula yang tertarik berinvestasi emas, disarankan memahami setiap hal penting yang diberikan. Tujuannya, supaya nasabah tidak mengalami kerugian di masa mendatang.

Sesuai dengan manajemen Pegadaian yang selalu ingin tampil prima dan profesional. Baik pelayanan secara offline atau online dengan versi Aplikasi Pegadaian Digital yang cukup mutakhir di penggunaannya.