free page hit counter
akun bpjstku lupa email

Skema Pendaftaran Dan Cara Mengatasi Akun BPJSTKU Lupa Email Dengan Mudah

BPJS ketenagakerjaan memiliki aplikasi yang dapat memudahkan pengguna untuk melakukan registrasi secara online. Sejak pandemi terjadi semuanya dialihkan menjadi serba online. Namun demikian, terkadang tidak sedikit para pengguna akun BPJSTKU lupa email nya dan menyebabkan tidak bisa login.   

Sepertinya banyak sekali pengguna yang sering mengalami kendala saat melakukan login akun BPJSTKU entah itu lupa email maupun password yang salah. Namun begitu tidak perlu khawatir dalam artikel ini terdapat cara bagaimana agar pengguna bisa mengatasi hal ini dengan mudah.

Sebelumnya perlu diketahui bahwa melalui aplikasi ini para pekerja ataupun non pekerja memiliki kesempatan yang sama dalam menggunakan aplikasi BPJSTKU.

Cara Daftar Akun BPJSTKU beserta persyaratannya  

Untuk dapat memakai aplikasi BPJSTKU pengguna wajib untuk melakukan daftar akun terlebih dahulu. Sebelum melakukan daftar akun, ada persyaratan yang harus dipersiapkan terlebih dahulu dan harus dipenuhi, seperti: KTP, Alamat gmail aktif, nomor ponsel aktif, serta nomor kartu BPJS pengguna. 

Setelah persyaratan lengkap, pengguna dapat langsung melakukan pendaftaran melalui aplikasi BPJSTKU. Adapun cara untuk pendaftaranya, yaitu pertama – tama install terlebih dahulu aplikasinya melalui google playstore di ponsel, kemudian langsung buka aplikasinya dan pilih menu pendaftaran.

Selanjutnya, isilah alamat gmail aktif agar terhindar dari akun BPJSTKU lupa email, tunggulah beberapa saat hingga mendapatkan kode pin yang dikirimkan ke alamat gmail tadi. Lalu, ketikkan kode pin tersebut pada kolom yang muncul, kemudian tekan menu verifikasi. Pengguna bisa langsung login.

Untuk dapat login gunakan kode pin baru. Lalu, pengguna harus melakukan konfirmasi dan melengkapi persyaratan dengan mengisi data-data diri lengkap dan 11 digit nomor dari kartu BPJS pengguna, nomor HP untuk dilakukan aktivasi. Setelah selesai, aplikasi bisa digunakan. 

Cara Mengatasi Lupa Email BPJSTKU

Seringnya para pengguna akun bpjstku yang mengalami kesulitan untuk login walaupun sebelumnya sudah mendaftar, entah itu karena alamat gmail yang digunakan salah atau kendala lainnya. Untuk itu, adapun cara mengatasi akun bpjstku lupa email, yaitu dengan melakukan beberapa opsi di bawah ini:

1. Mengatasinya Dengan Menghubungi Call Center

 Sebagai opsi pertama yang dapat dilakukan adalah dengan menghubungi call center BPJS. Untuk menghubungi nya pengguna bisa langsung menelpon ke nomor 021 175 ataupun 1500910. Pastikan  saldo pulsa yang dimiliki cukup agar bisa tersambung dan tidak ada kendala selama menelpon.

Setelah tersambung, biasanya petugas akan menanyakan data diri mulai dari nomor dari kartu BPJS Ketenagakerjaan yang dimiliki, nomor induk kependudukan (NIK), nama lengkap sesuai KTP, nama perusahaan tempat kerja, hingga nama dari ibu kandung.

Setelah itu, barulah pengguna bisa langsung mengajukan pertanyaan atau meminta bantuan perihal akun yang tidak bisa login agar dapat dibantu untuk mengembalikan akun. Apabila proses validasi selesai dilakukan oleh petugas call center, pengguna tinggal mengikuti arahan untuk langkah berikutnya.

Setelah langkah – langkah sudah dilakukan, biasanya pengguna harus menunggu kurang lebih lima hari dari waktu telepon pada lima hari jam kerja agar bisa mendapatkan akun BPJSTKU kembali. Namun, jangan khawatir layanan call center tersebut buka selama 24 jam tiap harinya.

Perlu diketahui bahwa jangan sampai dan sebisa mungkin bagi para pengguna aplikasi hindari terjadinya akun BPJSTKU lupa Email bahkan jika bisa simpan baik – baik informasi pendaftaran dengan save kata sandi melalui akun google yang dipakai.

2. Mengatasinya Dengan Melalui Media Sosial BPJS

Opsi berikutnya yang bisa dilakukan yaitu melalui akun – akun sosial media yang dimiliki BPJS, seperti: Facebook, Instagram, Nomor Account Official nya dan lain sebagainya yang dapat dilakukan melalui via chat. Namun, sejauh ini yang paling sering digunakan adalah facebook.

Adapun caranya yaitu bisa dimulai dengan mencari halaman atau akun resmi dari BPJS Ketenagakerjaan di kolom pencarian. Lalu, setelah ditemukan langsung kirimlah pesan pada kolom inbox dan sampaikanlah maksud tujuan pengguna dengan lengkap. Kemudian, tunggu hingga admin merespon.

Setelah direspon oleh admin, bisanya admin akan meminta penggunanya untuk dapat mengirimkan data diri, mulai dari nama lengkap, nomor ktp atau nik, tempat tanggal lahir, serta nomor dari kartu BPJS ketenagakerjaan yang dimiliki.

Setelah itu, tunggulah hingga admin melakukan reset pada akun bpjstku lupa email yang disesuaikan dengan peraturan SOP yang ditentukan. Perlu diketahui, bahwa jangka waktu dalam pelayanan media sosial biasanya sangat bervariasi, ada yang cepat dan adapula yang mesti menunggu lama.

3. Mengatasinya Dengan Melakukan Reset Kata Sandi  

Opsi ketiga ini bisa menjadi alternatif cara yang paling mungkin dilakukan. Cara ini lebih cepat dan mudah dikarenakan dapat dilakukan sendiri. adapun caranya yaitu pertama – tama buka aplikasinya terlebih dahulu, lalu pilihlah menu login, kemudian klik lupa kata sandi yang terletak di bawahnya.

Kemudian, pengguna bisa mengisikan email aktif yang telah digunakan pada saat pendaftaran. Lalu, otomatis akan muncul pesan masuk melalui email dimana berisikan sebuah kode verifikasi. Masukkanlah kode tersebut pada kolom akun BPJSTKU lupa email dan rubah dengan sandi baru yang mudah diingat. 

Setelah cara – cara diatas sudah selesai dilakukan, kemudian cobalah melakukan login kembali dengan  menggunakan kata sandi baru tersebut. Jika berhasil akan langsung otomatis muncul halaman beranda pengguna dan aplikasi pun bisa untuk digunakan kembali.

4. Mengatasinya Dengan Langsung Ke Kantor BPJS

Opsi terakhir yang bisa dilakukan dan mungkin sekali untuk dilakukan yaitu dengan mendatangi langsung ke kantor BPJS nya. Cara ini menjadi langkah yang paling efektif untuk dilakukan agar akun anda dapat kembali. Namun, cara ini akan terasa tidak praktis karena akan menyita waktu bagi pegawai.

Adapun langkah yang dilakukan yaitu pertama – tama siapkan berkas yang mungkin diperlukan seperti KTP, Kartu BPJS dan keperluan data diri lainnya yang sekiranya diperlukan. Kemudian serahkan berkas tersebut kepada petugas disana dan sampaikan maksud tujuannya agar akun dapat segera kembali.

Namun demikian, cara ini memiliki kelemahan yang dimana para pengguna diharuskan untuk mengantri terlebih dahulu di kantor BPJS Ketenagakerjaan, usahakan datangi kantor yang terdekat dengan lokasi. Cara ini sangat layak dicoba karena hasilnya lebih jelas dan paling cepat diantara ketiga cara diatas.

Jadi, dari peristiwa akun BPJSTKU lupa email ini dapat disimpulkan bahwa sebaiknya sebelum dilakukan pendaftaran akun sebaiknya siapkan gmail yang masih aktif beserta kata sandi yang mudah untuk diingat demi terhindar dari hal – hal seperti tidak bisa login diatas. Jangan lupa lengkapi persyaratanya.

Selain itu, untuk mencegah lupa email lagi sebaiknya lakukan simpan kata sandi di ponsel ataupun laptop, otomatis saat login kembali pengguna tidak harus mengisi email maupun kata sandi lagi karena sudah tersimpan atau tertaut pada akun yang digunakan untuk login.

Itulah, informasi mengenai skema pendaftaran dan cara mengatasi akun BPJSTKU lupa email. Semoga bisa membantu para pengguna yang kesulitan.

02. Skema Pendaftaran Dan Cara Mengatasi Akun BPJSTKU Lupa Email Dengan Mudah