free page hit counter
cara kredit hp di shopee tanpa dp

Cara Kredit HP Di Shopee Tanpa DP: 4 Cara Mudah, Cepat, Berhasil

Artikel diperbarui pada 26 Januari 2023.

Shopee sebagai platform belanja online memiliki segudang fitur yang menguntungkan, salah satunya dengan kredit HP tanpa uang DP. Untuk cara kredit HP di Shopee tanpa DP pun dapat dilakukan oleh beberapa cara yang bisa dipilih.

Saat ini, handphone menjadi kebutuhan banyak orang dari beragam kalangan. Kebutuhan yang semakin naik ini, memaksa untuk mempunyai handphone yang bisa dipakai secara maksimal. Namun harga handphone sering menjadi kendala.

Untuk mengatasi hal tersebut bisa melakukan kredit atau cicilan, dan Shopee bisa menjadi tempat yang bisa dipilih. Dalam marketplace ini, pengguna bisa mendapat kemudahan serta kecepatan dalam sistem pembayaran. Untuk penjelasan selanjutnya, simak berikut ini:

Penjelasan Tentang Kredit HP

Kredit HP adalah jenis kegiatan kredit yang dilakukan untuk membeli HP dengan pembayaran berangsur-angsur. Dalam melakukan kredit HP ini, pengkredit tidak perlu menyiapkan jaminan. Kredit HP bisa disesuaikan dengan lama tenor pinjaman tertentu.

Ada beragam cara untuk kredit HP ini, baik online atau offline di toko. Untuk kredit HP yang mudah dan cepat bisa melalui online, contohnya dengan cara kredit Shopee tanpa DP yang pasti menguntungkan.

Secara umum, kredit HP diharuskan untuk membayar DP terlebih dahulu (namun tidak jika melalui Shopee). Dalam melakukan kredit HP ini memiliki beragam promo yang memungkinkan untuk pembayaran bebas bunga.

Meski demikian, harap berhati-hati atas segala penawaran yang menggiurkan. Selain itu, dalam melakukan pengkreditan ini ada kualifikasi seperti persyaratan yang harus dipenuhi untuk bisa melakukan kredit HP, seperti verifikasi identitas diri, pekerjaan dan gaji.

Alasan Lebih Baik Kredit HP Daripada Beli Lunas

Kredit HP tidak selama dianggap sebagai beban dan utang yang pada kemudian hari menjadi tanggungan. Masyarakat Indonesia juga masih enggan untuk melakukan pengkreditan barang atau melakukan pinjaman online dan lebih baik membeli lunas.

Tetapi, dibalik sisi negatif tersebut, ada manfaat positif yang bisa diambil saat melakukan kredit HP. Bahkan ada keuntungan yang bisa diambil ketimbang membeli secara tunai, inilah alasannya:

1. Membantu Perputaran Modal Atau Cash Flow Tetap Stabil

Kredit HP dapat menjaga perputaran uang tetap stabil. Sebagian besar orang mungkin akan lebih memilih membeli HP dengan lunas daripada melakukan kredit. Tetapi pembelian tunai beresiko memangkas uang dalam jumlah besar di satu waktu.

Bila dibandingkan, pembelian kredit dapat meminimalisir risiko dan menjaga keuangan dalam waktu lama, apalagi jika terdapat peluang sepertu promo, diskon atau cashback. Salah satu peluangnya adalah dengan cara kredit HP di Shopee tanpa DP.

2. Pengalokasian Keuntungan Untuk Kebutuhan Lain Yang Lebih Penting

Alasan lain mengapa harus melakukan kredit HP adalah dana besar untuk membeli HP bisa dialokasikan ke kebutuhan urgent lainnya. Dana tersebut bisa dialokasikan untuk hal-hal lebih produktif.

3. Menciptakan Skor Kredit Yang Positif

Skor kredit merupakan salah satu unsur pada pengkreditan untuk menilai kemampuan nasabah dalam melunasi utangnya tepat waktu. Jika skor kredit tetap positif makan dapat berpotensi dalam pengajuan pinjaman di masa depan untuk diterima lebih tinggi.

4. Memanfaatkan Fasilitas Kredit Untuk Mempermudah Hidup

Pengkreditan juga dapat menguntungkan saat tempat yang digunakan untuk melakukan kredit memberikan fasilitas atau fitur seperti diskon, promo, atau cashback. Di Shopee ada salah satu fitur yaitu SpayLater yang memberikan keuntungan dan kemudahan transaksi.

Beberapa Cara Kredit HP Di Shopee

Untu cara kredit HP di Shopee tanpa DP ini termasuk mudah. Shopee sebagai marketplace dapat digunakan untuk mengajukan cicilan atau kredit HP dengan beragam metode pembayaran yang disediakan.

1. Cara Cicil HP Dengan SpayLater

Cara kredit HP di Shopee tanpa DP yang pertama melalui SpayLater. Sistem pembayaran di Shopee umumnya dengan ShopeePay, transfer bank, COD, namun ada sistem kredit SpayLater yang memungkinkan untuk kredit HP. Untuk caranya sebagai berikut:

  • Pastikan pengguna sudah melakukan aktivasi Shopee PayLater.
  • Jika sudah, pilih handphone yang ingin dibeli lalu checkout.
  • Masukan detail keterangan identitas diri, no.telp, dan alamat.
  • Pilih Spaylater pada bagian metode pembayaran.
  • Pilih opsi rencana pembayaran lalu klik Konfirmasi.
  • Selesaikanlah proses pembayaran sesuai opsi cicilan yang dipilih.

2. Cara Cicil HP Dengan Kartu Kredit

Selain menggunakan SpayLater, pengguna Shopee juga bisa menggunakan kartu kredit atau transfer bank saat melakukan cicilan. Ada beragam pilihan bank yang bisa dipilih, dan untuk caranya simak berikut ini:

  • Pilih handphone yang diinginkan lalu checkout.
  • Pada bagian metode pembayaran, silahkan pilih opsi Cicilan Kartu Kredit.
  • Pilihan kartu kredit bank yang akan digunakan.
  • Setelah itu, pilih opsi rencana pembayaran yang diinginkan.
  • Pengguna akan diberi waktu untuk mengisi rincian kartu secara lengkap dan jelas.
  • Setelah selesai, klik Konfirmasi.

Dalam melakukan kredit HP di Shopee melalui kartu kredit ini, pengguna Shopee bebas memilih tenor pembayaran. Untuk setiap bank pasti memiliki aturan kebijakan yang berbeda-beda yang bisa disesuaikan dengan kemampuan saat pembayaran.

3. Cara Kredit HP Dengan Akulaku

Mengkredit handphone di Shopee juga dapat dilakukan tanpa kartu, yaitu dengan bantuan aplikasi Akulaku. Untuk melakukan kredit dengan Akulaku ini, pastikan sudah mempunyai aplikasinya dan sudah login.

Untuk aplikasi Akulaku ini memberikan waktu cicilan 1 hingga 12 bulan. Di aplikasi ini juga mempunyai ketentuan dalam bunga cicilan dan biaya penanganan sebesar 1,5 persen setiap transaksi. Untuk cara kreditnya, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Pilih handphone yang ingin dibeli lalu checkout.
  • Pada pilihan metode pembayaran, klik icon Akulaku.
  • Setelah itu, tekan ‘Tenor Cicilan’ lalu Konfirmasi.
  • Periksa data pesanan, setelah yakin klik Buat Pesanan.
  • Selanjutnya, pengguna akan diarahkan pada halaman Akulaku.
  • Disana akan tersedia tenor cicilan, pilihlah yang sesuai kemampuan lalu isi beberapa verifikasi kemudian klik Konfirmasi pada akun Akulaku dan pada pesanan.
  • Kredit HP dengan Akulaku pun berhasil dilakukan.

4. Cara Cicil HP Dengan Kredivo

Cara terakhir yang bisa dilakukan untuk pengkreditan HP adalah melalui Kredivo. Untuk cara-caranya tidak jauh berbeda dari cara sebelumnya. Pengguna harus sudah mempunyai aplikasi Kredivo untuk mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Setelah mempunyai aplikasi Kredivo, lakukan pendaftaran dan ajukan kredit melalui aplikasi tersebut.
  • Jika pendaftaran dan pengajuan kredit telah berhasil, lakukan checkout barang di Shopee.
  • Setelah itu lakukan proses pembelanjaan seperti cara-cara sebelumnya.
  • Pilih Kredivo pada menu metode penelitian.
  • Pilih tenor kredit sesuai keinginan dan kesanggupan.
  • Terakhir, klik Buat Pesanan.
  • Pengkreditan HP dengan Kredivo pun berhasil.

Demikian berbagai cara kredit HP di Shopee tanpa DP yang bisa dilakukan. Bagi yang berminat melakukan kredit HP di Shopee tanpa melakukan DP bisa memilih salah satu metode tersebut yang memungkinkan untuk dilakukan.

Dengan kebutuhan penggunaan handphone yang semakin naik, memaksa keadaan untuk mempunyai handphone yang bisa membantu melakukan pekerjaan tersebut. Harga barang memang menjadi kendala, tetapi dengan pengkreditan ini memiliki keuntungan lain.

Shopee sebagai platform belanja online menawarkan kemudahan kredit HP tanpa DP yang cepat. Ada beragam sistem pembayaran yang dapat disesuaikan dengan kesanggupan dalam membayar. Pastikan menghitung bunga yang harus dibayar dan pilih rasio bunga terkecil.