free page hit counter
login bpjstku error

Begini Cara Atasi Login BPJSTKU Error dan Kenali Penyebabnya dengan Mudah!

Artikel diperbarui pada 19 Januari 2023.

Suatu permasalahan login BPJSTKU error memang menjadi suatu hal yang sangat menyebalkan dan merepotkan. Tidak banyak juga pengguna merasa bingung karena itu, tapi permasalahan tersebut memang sering dialami oleh beberapa pengguna akun BPJSTKU. 

Jadi sudah sebuah permasalahan yang lazim terjadi. Permasalahan tersebut tidak semata-mata terjadi begitu saja, login yang error dapat disebabkan oleh pelbagai faktor. 

Ketahui terlebih dahulu penyebab terjadinya error saat login BPJSTKU tersebut, sehingga dapat ditangani dengan tepat. Untuk lebih lanjut mengenai penyebabnya, simak berikut ini!

Penyebab Login Error Pada BPJSTKU

BPJSTKU merupakan layanan jaminan sosial ketenagakerjaan, adapun layanannya terangkum dalam aplikasi tersebut sehingga memudahkan aktivitas pesertanya. Namun, tak jarang ketika log in didapati kendala seperti error yang membuat kesal.

Jangan panik dulu! Login error ini disebabkan oleh beberapa faktor berikut!

1. Jaringan Sinyal Tidak Stabil

Untuk membuka BPJSTKU memerlukan jaringan internet, dan jaringan internet haruslah stabil agar proses login bisa lancar. Login BPJSTKU error bisa disebabkan karena sinyal internet yang kurang stabil atau bahkan tidak terkoneksi.

Karena ada gangguan jaringan sinyal pastinya tidak bisa memproses. Jadi jangan panik jika terjadi error saat login, pastikan kembali bahwa sinyal telah tersedia dan berjalan dengan lancar.

Pindahlah menuju tempat yang lebih dekat dengan modem internet, atau cobalah keruangan yang terbuka untuk mendapat sinyal yang kuat. Kemudian lakukan login!

2. Aplikasi Diblokir Oleh WiFi

Login error bisa saja terjadi karena sinyal yang tidak bagus atau ada terkendala pada pusat kartu sehingga terkendala sinyal. Namun hal tersebut dapat juga dikarenakan WiFi memblokir pemakaian akses untuk aplikasi BPJSTKU.

Pastikan jika WiFi tersebut memang memblokir atau tidak. Terkadang secara otomatis WiFi akan memblokir pemakaian suatu aplikasi karena akses tersebut kurang aman, sehingga diblokir untuk penggunaan jaringan.

Hal tersebut bisa saja terjadi karena penyedia jaringan akan lebih tahu aplikasi yang memiliki resiko tinggi dalam penggunaan data.

3. Akun Diblokir Pihak BPJSTKU

Akun yang diblokir oleh pusat BPJSTKU juga menjadi penyebab dari login yang error. Jika sebelumnya akun masih bisa digunakan dan tidak terjadi masalah, hal ini patut dicurigai bahwa akun diblokir.

Namun, bisa saja bukan BPJSTKU yang memblokir tapi pihak lain. Lakukan pengecekan untuk memastikan apakah benar BPJSTKU yang memblokir akun tersebut, atau bisa saja akun sudah tidak bisa lagi dipakai.

Berhati-hatilah jika seseorang yang meretas akun tersebut, karena semua saldo bisa ditarik oleh mereka, sehingga pengguna asli tidak bisa login.

4. Terblokir Karena Lebih Dari 3 Kali Gagal Login

Mungkin terdengar seperti hal yang sepele, namun gagal login sebanyak 3 kali dapat menyebabkan login error karena terblokir sementara. Pengguna yang melakukan login di BPJSTKU lebih dari 3 kali salah memasukkan ID atau kata sandi bisa diblokir sementara.

Hal ini jarang diperhatikan oleh para pengguna akun BPJSTKU karena terlihat sepele. Mungkin saja akun terblokir untuk jangka waktu yang lebih lama bila masih tetap gagal melakukan verifikasi masuk akun BPJSTKU.

Cara Menangani Login BPJSTKU yang Error

Jika sudah mengetahui apa saja penyebab dari erronya pada saat login, berikutnya ketahui bagaimana cara menanganinya dengan mudah. Walau penyebabnya bisa saja beragam, tapi lazimnya cara mengatasinya hampir sama. Untuk lebih lanjut dalam cara penanganannya, simak pembahasan di bawah ini!

1. Klik Pendaftaran Pengguna BPJSTKU

Hal yang harus dilakukan untuk pertama kalinya, yakni jangan panik. Jika pada saat login terdapat error dan pengguna langsung panik, hal itu akan menambah berat suasana.

Sebisa mungkin kontrol pernapasan agar tidak panik berlebih untuk bisa mengatasi login yang error. Coba klik menu “Pendaftaran Pengguna BPJSTKU” kemudian isi alamat email yang dipunya untuk mendaftar.

Apabila saat diklik “Lanjut” masih saja terdapat keterangan bahwa email telah terdaftar, maka jangan panik. Pengguna bisa langsung menanyakan hal ini ke kantor atau admin BPJSTKU.

2. Bergabunglah dengan Sosial Media Milik BPJSTKU

Berikutnya, untuk mengatasi permasalahan login yang error pada BPJSTKU, yakni dengan bergabung di grup sosial media resmi BPJSTKU. Pengguna bisa bergabung di Facebook atau Twitter resmi milik BPJSTKU, kemudian tanyakan permasalahan ini kepada admin.

Sabar, tunggu untuk admin membalas pesan! Untuk bertanya pada admin melalui sosial media seperti ini pengguna memang harus lebih sabar.

Karena admin tidak hanya membalas satu pesan saja, sehingga harus mengantri dan bersabar menunggu balasan. Dalam satu hari bukan hanya satu orang saja yang mengalami masalah.

3. Apabila Memiliki Akun Ganda

Jika pengguna memiliki dua akun atau akun ganda, dan akan mencoba untuk login lagi dengan email lain, jadi login error. Hal itu bisa terjadi karena data nomor induk yang terdahulu didaftar masih sama, sehingga tidak bisa melakukan login di BPJSTKU.

Apabila terjadi seperti itu, hapus instalan aplikasi tersebut, kemudian unduh kembali aplikasinya di HP. Setelah terinstall, lakukan kembali login pada akun BPJSTKU. Apabila masih saja error, coba periksa kembali email yang digunakan untuk login pada BPJSTKU tersebut.

4. Lupa Akun Email

Sering kali lupa dengan email yang digunakan untuk akun BPJSTKU, sehingga membuat pengguna memakai email lain dan terjadi error login. Sudah pasti email yang tidak terdaftar tidak akan bisa dipakai untuk login, karena data yang tersimpan bukan di email tersebut.

Untuk hal ini, lakukan laporan kepada petugas BPJSTKU atau menghubungi admin melalui sosial media agar membantu melakukan pengecekan akun. Selanjutnya admin akan meminta untuk mengisi data diri yang nanti bisa dikirim secara personal di inbox. Data tersebut terjamin keamanannya.

5. Tunggu Balasan Lanjutan Dari Mengisi Data Diri

Setelah melakukan pengisian data dan telah mengirim formulir tersebut melalui inbox admin BPJSTKU, selanjutnya admin akan melakukan proses reset akun. Bila admin telah melakukan proses pada akun pengguna, nantinya akan memberikan balasan.

Biasanya pengguna akan ditanyakan kebersediaan untuk mereset akun. Jika pengguna bersedia untuk melakukan reset pada akun BPJSTKU, maka admin akan segera memproses reset tersebut paling lama 5 hari kerja.

Nantinya akan disertai balasan dari email yang didaftarkan pada formulir tersebut, atau melalui nomor aktif. Sehingga cek secara berkala.

Apabila mendapatkan balasan email dari BPJSTKU mengenai akun yang direset. Kemudian coba kembali untuk mendaftarkan ulang.

Apabila masih terkendala dalam login, coba untuk menghapus semua data cache pada aplikasi BPJSTKU. Buka pengaturan aplikasi BPJSTKU untuk menghapus cache pada aplikasi tersebut.

Demikian pembahasan mengenai solusi dan penyebab dari login BPJSTKU error. Jika terjadi hal seperti di atas, sebisa mungkin jangan panik terlebih dahulu. Apabila masih belum juga bisa teratasi permasalahan tersebut, maka dapat ditanyakan di kantor BPJS terdekat untuk segera diatasi.