free page hit counter
cara cicil tunggakan bpjs kesehatan

Cara Cicil Tunggakan BPJS Kesehatan dengan Program REHAB

Setiap peserta BPJS Kesehatan yang tidak membayar iuran tepat waktu, maka tetap diwajibkan untuk membayar tunggakannya. Proses pembayarannya sendiri bisa dilakukan dengan mencicil. Cara cicil tunggakan BPJS Kesehatan bukanlah proses yang rumit.

Peserta bisa mencicil dengan metode khusus yang akan diuraikan. Selain itu, akan dijelaskan pula mengenai syarat-syarat yang harus disiapkan, untuk melakukan pembayaran cicilan. Jadi segala informasi yang ada dalam artikel ini, sangat penting untuk dipahami.

Agar semakin mudah untuk dipahami, setiap penjelasannya akan diuraikan berdasarkan poin-poinnya. Penasaran mengenai semua penjelasannya secara menyeluruh yang bisa diikuti? Untuk mengetahui penjabarannya, simak uraian berikut ini:

Syarat Mencicil Tunggakan BPJS Kesehatan

Sebelum mempelajari cara cicil tunggakan BPJS Kesehatan, akan lebih baik untuk mendalami syaratnya terlebih dahulu. Setiap syarat ini, akan berkaitan secara langsung dengan proses dan hasil yang akan didapatkan.

Jumlah syaratnya sendiri tidak terlalu banyak, karena hanya terdiri dari tiga jenis syarat. Namun semuanya sangat penting untuk diperhatikan dan harus disiapkan sejak awal. Inilah daftar syarat dan penjelasannya untuk dipahami:

1. Tunggakan Harus Lebih dari 3 Bulan

Syarat pertama yang harus dipenuhi adalah masa tunggakannya harus lebih dari 3 bulan. Baik itu peserta BP (Bukan Pekerja) atau dari segmen PBPU (Pekerja Bukan Penerima Upah).  Aturan ini sudah menjadi dasar yang harus ditaati.

Jika tunggakannya tidak lebih dari 3 bulan, maka peserta masih belum bisa mendaftar dalam program pembayaran secara cicil ini. Jadi sebelum melakukan pendaftaran, pastikan untuk melihat berapa lama tunggakan sudah pernah dilakukan.

Paling tidak, usia tunggakan yang sudah dimiliki berada di kisaran 4 sampai dengan usia 24 bulan. Jika tunggakan sudah dimiliki dengan rentang usia ini, maka bisa dipastikan peserta bisa melakukan pendaftaran program REHAB.

2. Harus Terdaftar di Mobile JKN

Kemudian, peserta juga harus melakukan pendaftaran akun di Mobile JKN. Jika belum memiliki akun di Mobile JKN, maka prosesnya tidak akan bisa dijalankan. Setiap peserta harus memahami aturan yang satu ini dengan baik.

Proses pendaftaran Mobile JKN sendiri sebenarnya tidak sulit. Agar bisa memahaminya dengan mudah, maka pada uraian kali ini akan dijelaskan mengenai caranya secara menyeluruh. Simak rincian penjelasan berikut ini:

  • Unduh dulu aplikasi Mobile JKN dan lakukan pemasangan.
  • Setelah itu, masuk ke aplikasinya dan pencet tombol “Daftar”.
  • Selanjutnya, pencet opsi “Pendaftaran Peserta Baru”.
  • Kemudian isi semua data yang dibutuhkan oleh sistem. Pastikan untuk mengisi data NIK, nama, email, nomor ponsel, dan data lainnya tanpa ada kesalahan.
  • Jika sudah diisi secara lengkap, lanjutkan proses dengan memencet tombol “Ok”.
  • Nantinya akan ada kode OTP yang akan dikirimkan ke rincian nomor ponsel.
  • Masukkan kode OTP ke kotak dalam aplikasinya dan proses pendaftaran bisa dikatakan selesai.

Berdasarkan urutan proses di atas, maka bisa dipastikan bahwa proses pendaftaran akunnya tidak terlalu sulit. Namun semua langkah harus dijalankan, tanpa ada poin yang terlewat. Karena jika ada yang terlewat, maka prosesnya tidak akan selesai.

Jika bingung cara menggunakan aplikasinya, maka peserta juga bisa mendaftar akun di care center BPJS Kesehatan dengan nomor 165. Nantinya, akun akan tetap terkoneksi dengan aplikasi Mobile JKN yang bisa diunduh.

3. Pembayaran Harus Bertahap

Syarat terakhir yang harus dipatuhi berasal dari segi pembayaran cicilannya. Sesuai dengan namanya, maka proses pembayaran harus dilakukan secara bertahap. Nantinya, peserta akan diberikan mekanisme cicilan tersendiri.

Nominal yang harus dibayarkan juga harus sesuai dengan aturan yang sudah disepakati. Jika tidak mematuhi mekanisme pembayaran ini, maka bisa dipastikan bahwa peserta tidak akan bisa menyelesaikan proses pembayarannya dengan sistem cicilan.

Uniknya, proses pembayaran bertahap ini sudah memiliki batasan tersendiri. Jadi, peserta tidak bisa melakukan pembayaran bertahap melebihi 12 tahapan. Aturan ini sudah diberikan sejak awal dan harus diikuti oleh peserta.

Cara Mencicil Tunggakan BPJS Kesehatan

Setelah mengetahui apa saja syaratnya, maka cara cicil tunggakan BPJS Kesehatan akan dijelaskan secara terstruktur. Prosesnya sendiri sebenarnya tidak sulit dan sangat mudah untuk dijalankan, karena sudah dibantu dengan menu yang ada dalam aplikasi.

Ada enam langkah utama yang harus dijalankan oleh peserta agar bisa melakukan pembayaran cicil dengan program REHAB. Penasaran bagaimana proses yang harus dijalankan? Jika penasaran dengan jawabannya, simak penjelasannya berikut:

  • Untuk memulai prosesnya, peserta bisa masuk dulu ke aplikasi Mobile JKN yang sudah terpasang di perangkat.
  • Kemudian, pilih menu “REHAB” atau “Rencana Pembayaran Bertahap” yang ada di jajaran menunya.
  • Nantinya akan muncul mengenai program REHAB secara menyeluruh. Syarat, jumlah iuran, hingga ketentuan lainnya akan dijelaskan. Baca satu per satu informasinya.
  • Kemudian akan muncul juga informasi simulasi yang bisa dipilih peserta. Pahami bagian simulasi ini dengan baik.
  • Jika semua bagian sudah dipahami dengan baik, maka pencet tombol “SELANJUTNYA”.
  • Setelah proses pendaftaran berhasil, maka peserta bisa melakukan pembayaran di mitra yang sudah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan secara rutin. Nominal pembayarannya bisa disesuaikan dengan aturan yang sudah disepakati.

Susunan cara tersebut, sudah sesuai dengan aturan yang berlaku. Oleh karenanya, pastikan semua cara atau langkahnya dijalankan dengan baik tanpa ada yang terlewat. Jika ada yang terlewat, maka proses pembayaran cicilan tunggakan tidak bisa dilakukan.

Keuntungan Membayar dengan Sistem Cicil

Jika cara cicil tunggakan BPJS Kesehatan dengan program REHAB ini dijalankan, maka akan ada sejumlah keuntungan yang bisa didapatkan. Informasi ini tentunya penting untuk diketahui secara maksimal, agar lebih yakin untuk mengikuti programnya.

Setidaknya ada lima keuntungan yang bisa dirasakan oleh setiap peserta. Agar lebih mudah dipahami, setiap rinciannya akan dijabarkan secara mendalam dan terstruktur dalam artikel ini. Inilah daftar keuntungannya secara lengkap:

  • Peserta tidak harus membayar iuran terlalu banyak dalam satu periode.
  • Tunggakan yang dimiliki peserta bisa diselesaikan dengan cepat.
  • Peserta tidak harus menambah jumlah tunggakan yang harus dibayar.
  • Bisa menumbuhkan kebiasaan baik dalam proses pembayaran iuran BPJS Kesehatan.
  • Prosesnya bisa dilakukan dengan cepat dan mudah karena memanfaatkan layanan online.

Semua keuntungan ini tentunya bisa langsung dirasakan oleh peserta yang mengikuti programnya. Jika penasaran dengan segala keuntungannya, maka pastikan untuk langsung mendaftar program yang sangat menarik ini.

Semua cara cicil tunggakan BPJS Kesehatan yang sudah diuraikan di atas, tentunya bisa langsung dijadikan acuan untuk diikuti. Setiap poinnya, tentu tidak bisa sembarangan dilewatkan karena sudah disesuaikan dengan prosedur yang ada.

Apabila tidak dijalankan dengan baik dan sesuai aturan, maka proses pembayaran cicilan tidak akan bisa dilakukan. Oleh karenanya, setiap langkah sangatlah berkaitan dengan hasil yang akan didapat. Ketelitian memang sangat penting dalam proses ini.

Selain itu, pastikan juga semua informasi tambahan yang sudah dijelaskan juga dipahami dengan baik dan jangan ada yang disepelekan. Semakin baik pemahamannya, maka proses pembayaran cicilannya juga akan semakin terarah.