free page hit counter

Cara Membuat Akun BPJSTKU Akulaku dengan Mudah dan Praktis

Artikel diperbarui pada 3 Januari 2023.

Akulaku merupakan sebuah aplikasi yang dapat dimanfaatkan untuk memperoleh pinjaman uang dan juga membeli barang dengan cara dicicil. Menariknya, sekarang Akulaku juga bekerja sama dengan BPJSTKU. Setiap pengguna memiliki kesempatan membuat sebuah akun BPJSTKU Akulaku.

Tentunya si pengguna tersebut harus mempunyai kartu BPJSTKU yang biasanya dikeluarkan oleh perusahaan tempatnya bekerja. Dengan menggunakan BPJSTKU, memungkinkan pengguna untuk memperoleh pinjaman dengan limit yang cukup tinggi.

Tentunya hal tersebut sangat menguntungkan sekali. Limit tersebut dapat dicairkan dalam bentuk uang. Tetapi, bisa juga dimanfaatkan untuk membeli barang dengan cara dicicil. Sehingga, tak perlu bingung lagi jika ingin membeli barang namun uangnya belum ada.

Di bawah ini akan dipaparkan dengan detail cara untuk membuat akun BPJSTKU agar bisa digunakan di aplikasi Akulaku. Mari, ikuti saja penjabaran lengkapnya di bawah ini:

Syarat Membuat BPJSTKU Akulaku

Sebelum membuat akun BPJSTKU Akulaku, sebaiknya tahu syarat yang harus dipenuhi oleh si calon pembuat. Supaya, saat membuat akun tersebut lebih mudah dan cepat pastinya. Mari, simak syarat-syaratnya berikut:

1. Akun Sudah Terverifikasi

Untuk syarat yang pertama adalah sudah mempunyai akun dari aplikasi Akulaku. Namun, akun tersebut sudah harus diverifikasi oleh sistem. Jika sudah mendapat verifikasi, maka bisa digunakan untuk membuat akun BPJSTKU di Akulaku.

2. Mempunyai BPJS Ketenagakerjaan

Syarat yang kedua adalah harus mempunyai BPJS Ketenagakerjaan. Biasanya jenis BPJS tersebut dikeluarkan oleh perusahaan tempat si calon pembuat akun bekerja. Jadi, pastikan untuk mempunyai BPJS jenis ketenagakerjaan.

3. Mempunyai Akun BPJSTKU

Pastikan juga sudah mempunyai akun BPJSTKU. Biasanya terdapat aplikasi yang memang khusus untuk membuat akun tersebut. Selain itu, pastikan pula email yang digunakan aktif agar bisa digunakan untuk mendaftar di Akulaku.

4. Menggunakan Aplikasi Akulaku Terbaru

Syarat yang selanjutnya adalah menggunakan aplikasI Akulaku versi terbaru. Jadi jika sudah mempunyai aplikasi Akulaku, maka pastikan untuk memperbaikinya terlebih dahulu. Karena, jika tidak diperbarui maka tidak bisa digunakan untuk membuat akun BPJSTKU Akulaku.

5. Memiliki Jaringan Internet

Untuk yang terakhir syarat yang harus dipenuhi adalah mempunyai jaringan internet yang stabil. Karena, untuk dapat mendaftar akun tersebut harus menggunakan jaringan internet. Supaya, prosesnya mudah maka jaringannya harus lancar dan stabil.

Cara Membuat Akun Akulaku

Sebelum membuat akun BPJSTKU Akulaku, sebaiknya membuat akun Akulaku terlebih dhaulu. Langkah ini, khusus untuk pengguna yang belum mempunyai akun di Akulaku. Berikut akan diberikan tutorial membuat akun Akulaku dengan mudah:

  • Unduh aplikasi Akulaku di Play Store dan langsung saja buka aplikasi tersebut.
  • Klik menu “Daftar” dan masukkan nomor ponsel yang aktif, lalu aplikasi akan mengirimkan sebuah kode melalui SMS.
  • Lalu masukkan kode tersebut ke dalam kotak yang tersedia, dilanjutkan dengan klik menu “Selanjutnya”.
  • Kemudian buat kata Sandi yang mudah diingat oleh pengguna, jika sudah pilih lagi menu “Selanjutnya”.
  • Setelah itu pendaftar akan disuruh untuk mengisi beberapa data, selain itu akan disuruh untuk memasukkan foto KTP dan juga foto data diri.
  • Masukkan juga nomor darurat yang bisa dihubungi dan pastikan nomor tersebut kenal dengan si pengguna.
  • Jika semua data yang dimasukkan benar, maka kirim data tersebut.
  • Aplikasi akan melakukan verifikasi terhadap data tersebut.
  • Tunggu saja, biasanya tidak lama untuk menunggu proses verifikasi tersebut.
  • Apabila lolos dalam verifikasi, maka pengguna akan memperoleh limit awal sebesar 300 ribu rupiah.

Cara Mendaftar BPJSTKU Akulaku

Apabila sudah mengetahui syarat yang harus dipenuhi, maka saatnya untuk mengetahui cara daftar akun BPJSTKU Akulaku. Cara pendaftarannya cukup mudah dan bisa dilakukan oleh siapapun. Berikut akan dijabarkan dengan lebih detail mengenai langkah untuk mendaftarnya:

  • Bukalah aplikasi Akulaku dan pastikan aplikasi yang digunakan merupakan versi terbaru.
  • Kemudian masuklah menggunakan akun Akulaku atau buat terlebih dahulu jika belum pernah membuatnya.
  • Lalu jika sudah berhasil masuk, maka carilah menu “Keuangan” pada halaman utama aplikasi tersebut.
  • Di dalam menu tersebut, pendaftar bisa memilih lagi opsi “Kenaikan Limit”.
  • Selanjutnya pilih menu “Otorisasi Akun” dan bisa dilanjutkan dengan memilih opsi “BPJS”.
  • Setelah itu pendaftar akan disuruh untuk memasukkan email serta kata Sandi dari akun BPJSTKU.
  • Kemudian jangan lupa untuk menyetujui syarat serta ketentuan yang ada di dalamnya, lalu langsung saja klik menu “Kirim”.
  • Apabila semua data sudah dilengkapi dengan benar, maka data tersebut akan melalui proses verifikasi.
  • Jika berhasil lolos, maka si pendaftar tersebut akan memperoleh limit yang lumayan banyak.
  • Limit tersebut nantinya bisa digunakan untuk berbelanja berbagai keperluan atau bisa juga untuk dicairkan berupa uang.

Keuntungan BPJSTKU Akulaku

Terdapat berbagai keuntungan jika menggunakan akun BPJSTKU Akulaku. Di bawah ini akan dipaparkan apa saja keuntungan dari adanya akun tersebut. Mari, simak saja untuk penjelasan yang lebih lengkapnya:

1. Memperoleh Limit Besar

Untuk keuntungan yang pertama yaitu akan memperoleh limit yang besar. Dibandingkan dengan pengguna biasa, pengguna dari akun BPJSTKU akan memperoleh limit yang lebih besar. Biasanya dimulai dari satu juta rupiah untuk besar limitnya.

2. Mudah Dalam Pengajuan Pinjaman

Keuntungan yang kedua adalah mudah untuk mengajukan pinjaman di Akulaku. Pengguna dari akun BPJSTKU Akulaku akan lebih mudah dan cepat dalam melakukan pinjaman di Akulaku. Tentunya hal tersebut sangat menguntungkan sekali, bila sedang membutuhkan dana darurat.

3. Akun Akulaku Lebih Aman

Terakhir, akun Akulaku tersebut akan lebih aman. Kenapa lebih aman? Karena sudah dihubungkan dengan akun BPJSTKU. Sehingga, akun tersebut akan lebih terlindungi dan yang pasti lebih aman. Banyak sekali keuntungan yang diperoleh melalui akun tersebut.

Apakah Bisa Mengajukan Pinjaman Tanpa BPJSTKU?

Tentu terdapat pertanyaan apakah bisa memperoleh pinjaman tanpa adanya akun BPJSTKU Akulaku? Tentunya sangat bisa. Pengguna, bisa melakukan pendaftaraan sebagai pengguna biasa dan tidak perlu melakukan otorisasi akun. Jadi, tak perlu menghubungkannya dengan akun BPJSTKU.

Namun, biasanya limit yang akan diperoleh lebih sedikit. Selain itu, untuk kenaikan limitnya juga lebih sedikit dibandingkan dengan menggunakan akun BPJSTKU. Tetapi, bisa juga limit tersebut naik jika bisa melakukan pelunasan cicilan dengan rutin.

Dengan adanya akun BPJSTKU akan membuat limit naik dengan lebih cepat. Tentunya, hal tersebut akan menguntungkan si pengguna. Bisa digunakan untuk berbelanja dengan mudah dan juga praktis tentunya.

Itulah cara untuk mendaftar akun BPJSTKU Akulaku dengan mudah dan simple. Jadi, bagi yang mempunyai BPJS Ketenagakerjaan bisa dimanfaatkan untuk menaikkan limit di aplikasi Akulaku.

Jadi, BPJSTKU tidak hanya bisa digunakan untuk hal kesehatan saja. Namun, dapat juga dimanfaatkan untuk melakukan transaksi belanja dengan praktis. Pengguna BPJS tersebut bisa belanja dengan sistem cicilan dan bisa dilunasi dengan tenor hingga 12 bulan.

Banyak sekali keuntungan yang akan diperoleh jika mendaftar akun Akulaku menggunakan BPJSTKU. Proses pinjaman akan lebih mudah dan cepat. Selain itu, limit akan naik dengan lebih banyak dibandingkan pengguna biasa.