free page hit counter
tokopedia seller

Ketahui Tentang Aplikasi Tokopedia Seller dan Majukan Bisnis Pribadi

Tokopedia menjadi salah satu marketplace berbasis online dengan traffic pengunjung yang cukup tinggi setiap bulannya. Khusus untuk para seller, pihak developer menghadiahkan aplikasi Tokopedia Seller demi memajukan bisnis yang sedang dijalankan.

Aplikasi tersebut memiliki banyak fitur canggih yang membantu meningkatkan produktivitas pebisnis. Mulai Quick Chat, Top Ads, monitoring rating, hingga pembaruan produk.

Di samping keunggulan fitur, aplikasi terbilang user friendly yang artinya tidak sulit digunakan. Meskipun baru pertama kali atau belum terlalu familiar dengan fitur di aplikasi.

Bagi yang penasaran tentang aplikasi seller milik Tokopedia ini, kiranya dapat melihat ulasan berikut. Siapa tau setelah mengetahui lebih lanjut semakin tertarik memanfaatkannya.

Apa Itu Aplikasi Tokopedia Seller?

Aplikasi seller dibesut langsung oleh perusahaan retail kenamaan Tokopedia dengan tujuan membantu pebisnis dalam menjajakan produk. Fokus operasional penjualan menjadi tujuan utama dari aplikasi seller tersebut.

Dilengkapi dengan fitur unggulan, manajemen produk akan semakin sederhana untuk dikelola tanpa perlu khawatir produk berantakan. Penggunaan aplikasi disesuaikan kebutuhan pebisnis yang ingin mengatur setiap barang dagangan.

Untuk kinerja sistem aplikasi seller Tokopedia cukup baik dibekali  dengan minim hambatan atau gangguan. Asalkan koneksi internet di perangkat tidak sedang dalam masa perbaikan. Sementara untuk akses, aplikasi seller hanya tersedia pada platform bawaan Android. 

Walaupun begitu, bagi yang bukan pemilik smartphone berbasis Android tetap dapat mengakses lewat desktop. Dimana bisa memanfaatkan dukungan website resmi yang tak kalah mudah diakses.

Keunggulan dari aplikasi Tokopedia Seller

Ada sejumlah keunggulan yang ditawarkan dari aplikasi besutan Tokopedia yang turut menjadi alasan penggunaan. Berikut sudah dirangkum beberapa keunggulan tersebut:

1. User friendly

Seperti dikatakan pada paragraf pembuka, aplikasi Tokopedia dengan konsep seller ini memiliki desain antarmuka yang user friendly. Dimana tampilan yang diberikan mudah dipahami, termasuk perihal mengelola bisnis walaupun baru pertama.

Tidak terbatas pada user friendly yang sengaja di desain oleh developer andal, tampilan rubrik juga cukup lengkap. Mulai status pesanan, keterangan pre order, informasi produk yang ditawarkan, dan tujuan pengiriman produk.

Berdasarkan antarmuka yang user friendly dan kelengkapan rubrik aplikasi Tokopedia versi seller cukup direkomendasikan. Terlebih bagi yang baru saja ingin terjun ke bidang bisnis kemudahan akses bisa menjadi bahan pertimbangan.

2. Pencairan saldo cepat

Rata-rata pebisnis yang memanfaatkan marketplace salah satunya melihat proses pencairan saldo. Apabila pencairan saldo terlambat, maka tidak menutup kemungkinan marketplace tidak lagi dijadikan media.

Aplikasi seller memiliki sistem operasi yang mendukung pencairan saldo dalam waktu singkat. Umumnya hanya berkisar antara satu sampai dua jam, tidak memakan waktu satu hari atau berminggu-minggu.

Pencairan saldo yang terbilang cepat, tak lepas dari pengaruh pihak manajemen Tokopedia itu sendiri. Sebisa mungkin pihak manajemen tidak menyulitkan produsen, yang tergabung dalam platform atau aplikasi Tokopedia Seller.

3. Fitur canggih 

Keunggulan selanjutnya terletak pada fitur yang dimutakhirkan menjadi lebih canggih untuk urusan penjualan. Diantaranya pertama fitur Quick Chat yang memudahkan pebisnis melakukan chatting kepada konsumen, dalam menjawab dan menanggapi terkait produk.

Kedua, fitur Voucher dapat membantu pembuatan promo dan jenis promo, yang langsung mempengaruhi nilai jual. Ketiga, Top Ads yang bisa mendukung setiap pemasangan iklan produk serta promo secara real-time. 

Keempat Rating yang berfungsi dalam memantau rating dan penilaian dalam bentuk ulasan apakah produk diterima dengan baik atau tidak. Kelima Statistik yang dapat digunakan untuk melihat statistik bisnis dengan tujuan kemajuan.

Keenam sekaligus terakhir, fitur Manajemen Produk & Penjualan yang berguna dalam mengelola setiap produk termasuk perbaruan produk. Dengan begitu, kesulitan penawaran dan penjelasan produk dapat diatasi.

4. Ragam jasa pengiriman

Berbeda dengan marketplace lainnya, aplikasi memiliki berbagai opsi jasa pengiriman barang. Ini dilakukan untuk akses yang lebih mudah kepada konsumen yang ingin membeli produk.

Nanti konsumen dapat memilih jasa pengiriman produk yang dirasa cocok. Tidak perlu khawatir akan kualitas jasa, karena Tokopedia tidak sembarangan bekerjasama dengan perusahaan jasa pengiriman.

Bagi pebisnis jasa pengiriman yang lebih dari satu sangat membantu dalam melebarkan produk. Alasannya berkaitan dengan konsumen yang bisa menentukan jasa.

5. Fleksibel

Berbekal mobile phone, Tokopedia versi seller cukup fleksibel untuk digunakan kapanpun dan dimanapun. Fleksibilitas didukung oleh fitur dan kemampuan menjangkau berbagai konsumen di hampir seluruh wilayah tanah air.

Apalagi fitur Quick Chat yang dapat merespon setiap pesanan dan pertanyaan dalam waktu cepat. Respon yang cepat akan meningkatkan penilaian semakin baik, pada toko online pribadi. Terlebih adanya ulasan positif tentang produk yang membantu angka jual.

Tidak menutup kemungkinan prospek karir bisnis bisa lebih terbuka, karena produk dikenal banyak orang. Perhatikan untuk terus mempertahankan kualitas disamping kuantitas barang pesanan. Tentu tidak mau bukan konsumen setia kecewa akibat ketidakpuasan? 

Tahapan Menggunakan aplikasi Tokopedia Seller

Apabila setelah melihat dua ulasan dan tertarik menggunakan aplikasi Tokopedia versi seller, maka bisa mengikuti beberapa tahapan. Langsung saja, inilah tahapan yang dapat diambil:

  • Lakukan pemasangan aplikasi melalui platform Google Play Store atau kunjungi website resmi Tokopedia untuk mendaftarkan diri (silahkan pilih salah satu).
  • Dalam pendaftaran pastikan mengisi data diri dengan benar seperti email dan nomor telepon yang aktif agar bisa dilakukan verifikasi.
  • Dengan pendaftaran berhasil maka aplikasi menandai telah aktif, lanjutkan dengan menekan menu search untuk mencari Buka Toko.
  • Setelah muncul klik menu Buka toko gratis, lalu buat nama sesuai dengan nama toko beserta domain dan link.
  • Kemudian isi form survei disusul dengan melengkapi data diri berupa alamat toko baru setelahnya mengklik opsi Simpan.
  • Unggah produk yang dijual untuk keperluan penawaran kepada konsumen agar mengenal produk secara berkala.

Sedikit info tambahan perihal produk, kalau dalam waktu 90 hari tidak ada yang diunggah maka penjualan dapat terhapus dengan otomatis. Lalu pada tahap verifikasi, pastikan nama selaras dengan KTP yang berlaku tanah air.

Tujuannya untuk mencegah kegagalan pendaftaran sampai pembukaan toko online pribadi. Bagi pebisnis yang masih mengganjal atau memiliki pertanyaan, jangan ragu menghubungi Call Center Tokopedia. 

Demikian ulasan tentang aplikasi Tokopedia Seller yang bisa membantu para pebisnis untuk memajukan bisnis. Baik itu dari pengelolaan produk, pengaturan promo, hingga manajemen penjualan.

Aplikasi didukung oleh keunggulan yang semakin memudahkan dalam menggunakannya. Seperti adanya fitur Voucher yang dapat meningkatkan angka jual produk dan fitur Statistik sebagai media statistik bisnis.

Dalam ulasan juga diberikan bagaimana tahapan pendaftaran aplikasi seller dan mengunggah setiap produk. Sebisa mungkin keaktifan perlu dilakukan agar akun tidak terhapus.

Bagi yang benar-benar tertarik memanfaatkannya dalam menawarkan produk maka silahkan unduh aplikasi. Namun kalau ingin melalui desktop bisa menuju peramban sebagai akses, bukan versi aplikasi yang diunduh smartphone.