free page hit counter

Kerja Online dari Rumah Apa Saja? Ini Rekomendasi Terbaiknya

Artikel diperbarui pada 28 Desember 2022.

Dengan berkembangnya teknologi saat ini, menjadikan banyaknya pekerjaan yang dapat dilakukan dirumah. Sebenarnya kerja online dari rumah apa saja yang dapat menghasilkan uang? Berkat kecanggihan teknologi saat ini memang muncul berbagai bidang pekerjaan menjanjikan. 

Fakta menariknya yaitu sebagian besar tidak memerlukan modal, cukup memiliki HP atau PC yang terhubung dengan internet. Seluruh pekerjaannya sendiri dapat dilakukan dimanapun baik di rumah, cafe, atau tempat menarik lainnya. 

Keunggulan lainnya adalah jam kerja tidak tetap, jadi bisa diatur sesuai yang inginkan. Hal ini menjadi keunggulan bekerja online apalagi dapat memilih golden time, agar pekerjaannya lebih efektif.

Bekerja tidak harus di kantor atau tempat-tempat resmi lain. Masyarakat modern sudah bisa mendapatkan penghasilan dengan hanya di rumah saja. Bagi yang penasaran dengan rekomendasi pekerjaannya, berikut pembahasannya:

1. Affiliate Marketing

Sistem pekerjaan ini tidak memerlukan modal, hanya perlu bekerja sama dengan berbagai yang membutuhkan jasa. Beberapa waktu terakhir, peminat dari affiliate marketing cukup banyak karena dinilai menguntungkan.

Seorang yang tergabung dalam program affiliate harus mempromosikan produk orang yang menggunakan jasanya. Bukan di platform khusus pengguna jasa, namun promosi dilakukan pada masing-masing akun media sosial affiliate. 

2. Ojek dan Taksi Online

Pengguna ojek dan taksi online belakangan semakin meningkat pesat karena sebagian besar masyarakat menginginkan sesuatu yang simpel. Kamu dapat memanfaatkan peluang ini untuk mendapatkan penghasilan. 

Caranya yaitu dengan menyediakan layanan ojek dan taksi online. Pilih salah satu yang dinilai paling menguntungkan, dan sudah didukung dengan adanya kendaraan sesuai standar keamanan. Sangat cocok direkomendasikan sebagai jawaban kerja online dari rumah apa saja yang menjanjikan. 

3. Menjual Akun Game

Memiliki akun game yang sudah berada di level tinggi jangan ditinggalkan begitu saja. Coba jual ke gamers lain, biasanya akan ditawar dengan harga tinggi terkhusus game-game epic seperti Mobile Legend atau FF. 

Kemahiran dalam bermain game dapat menjadi sebuah berkah tersendiri karena akun yang digunakan bisa dijual. Semakin tinggi levelnya, maka harganya dibanderol lebih mahal dari biasanya. 

4. Jasa Edit Foto

Ada banyak sekali platform edit foto yang akan membantu penggunanya menghasilkan gambar bagus dan unik. Salah satu paling direkomendasikan adalah Lightroom Pro yang dilengkapi dengan berbagai fitur profesional. 

Menawarkan jasa edit foto akan membuka kesempatan memperoleh penghasilan besar. Kerja online dibayar satu ini tidak memerlukan modal besar, apalagi jika sudah memiliki skil dan perangkat pendukung berupa HP atau PC. 

5. Jasa Desain Grafis

Bagi yang memiliki minat dan kemampuan dalam desain grafis, disarankan untuk memulai membuka bisnis jasa desain grafis. Pemasarannya melalui platform online seperti halnya WhatsApp, Facebook, atau TikTok. 

Pilih target pasar yang tidak terbatas di Indonesia saja namun juga hingga luar negeri. Seorang yang menjalani kerja online dari rumah apa saja tetap berkesempatan mendapatkan pemasukan besar. 

6. Guru Privat Online

Solusi untuk yang memiliki kemampuan dalam bidang tertentu, misalnya pandai Berbahasa Inggris, matematika, atau menguasai keahlian lainnya sebaiknya menjadi guru online. Sesuai namanya, seluruh kegiatan belajar mengajar dilakukan melalui platform online. 

Bukan hanya dikhususkan untuk yang sudah expert dalam bidangnya, guru privat merupakan kerja online mahasiswa yang juga menjanjikan. Mengenai jadwal pertemuan dengan peserta didik bisa disesuaikan permintaan dan jadwal kosongmu. 

Solusi untuk yang memiliki kemampuan terbatas, pilih target audience anak-anak dengan usia 6-12 tahun. Umumnya pelajarannya belum terlalu sulit dan masih cukup mudah dipelajari secara otodidak. 

7. Menjual Foto

Tidak harus menggunakan kamera DSLR, pekerjaan online satu ini bisa dimulai hanya dengan mengandalkan kamera HP. Hal paling dibutuhkan adalah skil, serta kemampuan dalam mengolah kamera agar hasilnya bagus. 

Selain dijual langsung ke orang yang memesan jasa, tidak ada salahnya mencoba memanfaatkan aplikasi khusus menjual foto online seperti Shutterstock. Imbalan yang ditawarkan terbilang tinggi dengan sistem transaksi terbilang mudah. 

8. Penerjemah Bahasa Asing

Masih belum menemukan kerja online dari rumah apa saja? solusi lainnya yaitu menjadi penerjemah bahasa asing. Mengenai apa bahasanya tergantung masing-masing penyedia jasa. 

Semakin sedikit orang yang menguasai bahasa tersebut, kemungkinan fee yang didapatkan lebih besar. Sebaiknya tidak menyia-nyiakan kesempatan ini, apalagi seluruh pengerjaan tugasnya melalui platform online. 

9. Menjadi Reseller

Jual beli online hingga kini masih digemari oleh khalayak luas. Bagi yang berminat berjualan namun tidak memiliki modal besar, coba menjadi reseller sebuah produk. Pilih produk yang telah memiliki pamor dan pasti laku. 

Produk yang dimaksud tidak terbatas hanya satu bidang saja. Pilih apapun yang menguntungkan, memiliki banyak peminat, berjangka panjang, dan tidak melanggar aturan hukum. 

10. Membuat Online Shop

Kepraktisan sangat disukai oleh kebanyakan masyarakat modern, oleh karenanya online shop sering dirujuk untuk membeli berbagai keperluan. Besar atau kecilnya modal, tergantung dari konsep online shopnya serta barang yang ingin dijual. 

Opsi tersebut sangat cocok untuk menjawab pertanyaan kerja online dari rumah apa saja. Akan tetapi, perlu mempersiapkan trik khusus supaya bisa memenangkan pasar. Sebab belakangan persaingan bisnis online shop kian ketat. 

11. Admin Media Sosial

Perusahaan-perusahan besar banyak yang membuka lowongan dengan posisi sebagai admin media sosial. Kerjanya tidak harus datang ke kantor langsung, namun cukup menanggapi keluhan, penilaian, dan kritikan dari pelanggan. 

Meski termasuk pekerjaan online tanpa modal, akan tetapi seorang yang bekerja sebagai admin media sosial harus sabar menghadapi berbagai sifat pelanggan. Selain itu, juga diwajibkan responsif serta ramah. 

12. Menjadi Penulis Lepas

Khusus untuk yang gemar menulis, jika masih bingung memilih kerja online dari rumah apa saja, menjadi penulis lepas adalah solusi terbaiknya. Hanya dengan mengirimkan tulisan-tulisan ke pemesan atau blog, maka sudah bisa mendapatkan penghasilan. 

Syarat menjadi penulis lepas adalah punya PC atau laptop. Hindari menulis menggunakan HP karena terdapat beberapa fitur yang tidak dapat diakses. Alasan lainnya adalah format tulisannya terkadang tidak sesuai dengan standar. 

13. Pengisi Data

Bidang pekerjaan untuk mengisi waktu luang ataupun dijadikan sebagai pekerjaan utama adalah kerja online input data. Umumnya data-data yang diinput sudah disediakan oleh pihak pengguna jasa. Pihak penyedia jasa hanya perlu menginput data-data dengan format khusus. 

Kemampuan paling dibutuhkan sebagai penginput data adalah menguasai Ms. Excel. Tujuannya agar pekerjaan lebih cepat selesai dan dapat mengefektifkan waktu. Bukan itu saja, ketelitian juga diperlukan, karena apabila salah menginput data satu saja maka berpengaruh pada hasil akhir. 

Pekerjaan pada era kemajuan teknologi seperti sekarang jumlahnya sangat banyak. Silahkan memilih salah satunya yang dinilai paling dikuasai dan tentunya menjanjikan.  

Sebenarnya menjanjikan atau tidaknya pekerjaan tergantung dari bidangnya serta kualitas masing-masing orang. Sangat disarankan untuk mengembangkan skil, supaya berkesempatan mendapatkan fee lebih besar. 

Bagaimana, apakah rekomendasi kerja online dari rumah apa saja di atas salah satunya kamu minati? Pastikan memiliki perangkat pendukung serta skill supaya penghasilan semakin meningkat dari waktu ke waktu.