free page hit counter
syarat pinjaman bri tanpa jaminan

Ketahui Syarat Pinjaman BRI Tanpa Jaminan Sebelum Mengajukan!

Di BRI menang kini sudah ada produk pinjaman KTA atau kredit tanpa agunan, untuk syarat pinjaman BRI tanpa jaminan sendiri juga tidak rumit. Dengan adanya produk ini tentu akan memudahkan untuk mendapatkan pinjaman, namun tidak memiliki agunan.

Untuk produk pinjaman KTA sendiri ada berbagai macam dengan beberapa jenis manfaat yang akan diterima. Apalagi jumlah pinjaman yang ditawarkan pun tidak main-main bahkan mencapai puluhan juta. Selain itu, meminjam di bank BRI juga tentu akan lebih mudah dan aman. 

Sebab itu, kali ini akan disebutkan mengenai beberapa persyaratan yang dibutuhkan. Mulai dari persyaratan umum, hingga dokumennya. Berikut adalah ulasannya. 

Persyaratan Umum Mengajukan Pinjaman 

Perlu diketahui, bahwa pinjaman tanpa agunan dari BRI merupakan produk dengan nama Briguna yang dalam hal ini pun memiliki beberapa jenis. Setiap jenis atau tipe produk memiliki persyaratan yang sedikit berbeda. Namun semua menerapkan beberapa persyaratan umum seperti di bawah ini:

  • Persyaratan pertama adalah, calon nasabah harus minimal memiliki umur 21 tahun dan atau sudah menikah, sedang untuk maksimal umur bisa tergantung dari jenis pinjaman. 
  • Lalu pada persyaratan kedua, calon nasabah harus sudah memiliki ATM Britama, jika belum maka nanti calon nasabah akan diminta untuk membuat terlebih dahulu. 
  • Setelah itu, isi juga formulir yang diberikan saat masa pendaftaran dengan benar sesuai data KTP, jika tidak maka jangan salahkan jika pengajuan ditolak. 
  • Mengajukan pinjaman di bank yang sesuai dengan domisili nasabah, jika tidak maka pengajuan akan ditolak.
  • Melampirkan berkas dan juga dokumen yang menjadi persyaratan pengajuan pinjaman.

Persyaratan Dokumen Berdasarkan Produk yang Diambil 

Sudah dikatakan sebelumnya bahwa pinjaman tanpa agunan bernama Briguna ini memiliki berbagai jenis atau tipe produk. Setiap produk yang ditawarkan kadang memang memiliki persyaratannya sendiri. Karena itu, kali ini akan disebutkan persyaratan yang dibutuhkan berdasarkan produk dalam Briguna. 

1. Briguna Umum 

Untuk jenis pinjaman ini adalah memiliki jangka waktu 15 tahun dengan umur maksimal peminjam 75 tahun. Untuk bunganya sendiri adalah 7,5% hingga 10% untuk tiap tahunnya. Untuk persyaratan dokumen yang dibutuhkan untuk proses pengajuan adalah sebagai berikut:

  • Pada syarat pinjaman BRI tanpa jaminan pertama untuk jenis Briguna Umum adalah dengan menyiapkan dokumen berupa KTP, kartu keluarga dan juga kartu NPWP. 
  • Lalu lampirkan SK juga pengangkatan pertama dan juga pengangkatan terakhir PNS. 
  • Perlu dipersiapkan juga berupa slip gaji dan melampirkan buku rekening BRI. 
  • Memberikan surat referensi dari atasan atau perusahaan dan siapkan pula pas foto. 
  • Kemudian isi formulir, dan bila di tengah masa kredit nasabah pensiun, maka sertakan juga SK pensiun dalam bentuk file asli. 

2. Briguna Karya 

Salah satu jenis lain dari pinjaman Briguna tanpa agunan adalah Briguna Karya. Jenis pinjaman ini lebih cocok digunakan oleh karyawan yang kerap dimutasi, sebab nantinya tidak akan diharuskan pelunasan saat nasabah dimutasi.

Untuk persyaratan yang dibutuhkan adalah sebagai berikut.  Untuk rincian persyaratan kredit tanpa agunan dari Briguna karya adalah hampir mirip dengan pinjaman Briguna Umum.

Dan semua dokumen yang dibutuhkan dalam pinjaman umum juga dibutuhkan dalam pinjaman Briguna karya ini. Jadi bisa langsung simak lagi persyaratan sebelumnya. 

3. Briguna Purna 

Kemudian jenis pinjaman ketiga adalah Briguna Purna. Pinjaman ini diperuntukkan bagi pensiunan yang tengah membutuhkan dana kesehatan atau dana renovasi rumah dan lainnya. Untuk syarat pinjaman BRI tanpa jaminan Briguna Purna adalah sebagai berikut:

  • Dokumen pertama yang harus dipersiapkan untuk pinjaman ini adalah berupa  identitas diri meliputi kartu keluarga, KTP dan juga kartu NPWP. 
  • Kemudian calon nasabah juga akan diminta untuk menyerahkan SK pensiunan dalam bentuk asli. 
  • Juga melampirkan daftar pembayaran pensiunan dan juga menyimpan buku pensiun.
  • Lalu persiapkan juga fotokopi buku rekening BRI dan persiapkan juga pas foto yang jelas.
  • Dokumen terakhir adalah mengisi formulir yang nantinya akan didapatkan saat proses pengajuan pinjaman, isi dengan benar. 

4. Briguna Pendidikan 

Jika saat ini butuh dana pendidikan untuk melanjutkan kuliah S2 atau S3 maka bisa mengajukan pinjaman ke Briguna pendidikan. Limit pinjaman yang ditawarkan sebesar 75 juta hingga 250 juta. Agar pengajuan dapat diterima, maka berikut adalah beberapa dokumen persyaratan yang dibutuhkan:

  • Sama seperti persyaratan dokumen sebelumnya, yang dibutuhkan adalah berupa NPWP, KTP dan juga kartu keluarga. 
  • Lalu persyaratan berikutnya adalah dengan melampirkan surat keterangan atau SK pegawai. 
  • Kemudian, ada juga dokumen persyaratan berupa slip gaji dan juga surat rekomendasi yang berasal dari kampus dan juga perusahaan. 

Cara Mengajukan Pinjaman Briguna Tanpa Agunan 

Setelah tahu apa saja syarat pinjaman BRI tanpa jaminan yang dibutuhkan jika ingin mengajukan pinjaman. Maka harus tahu juga cara untuk mengajukan pinjaman Briguna. Agar tak makin penasaran, berikut adalah rangkumannya:

1. Mengajukan Pinjaman Briguna Melalui Kantor Cabang 

Cara pertama yang akan diuraikan kali ini adalah bagaimana cara mengajukan pinjaman melalui kantor cabang. Bagi orang yang gagap teknologi, maka cara ini lebih mudah. Sebab itu, mari simak langkahnya:

  • Pertama adalah dengan mendatangi kantor cabang BRI terdekat atau masih berada di kota yang sama, jangan yang ada di luar kita atau luar daerah. 
  • Saat sudah sampai, nanti bisa langsung katakan pada satpam mengenai tujuan datang ke kantor cabang BRI. 
  • Setelah itu, nantinya akan diarahkan untuk mengambil nomor antrian dan akan diarahkan pada customer Service Bagian kredit. 
  • Di bagian tersebut, nantinya nasabah akan diberikan beberapa pertanyaan yang terkait dengan pengajuan pinjaman. 
  • Seperti mengenai tujuan melakukan pinjaman dan juga mengenai kelengkapan persyaratan yang sebelumnya telah disebutkan.
  • Lalu tinggal isi formulir pengajuan pinjaman yang diberikan dengan benar dan teliti. 
  • Setelahnya, pihak bank akan memeriksanya dan memerlukan dalam beberapa hari, jika nanti sudah selesai diperiksa, maka akan diberikan kabar oleh pihak bank. 

2. Mengajukan Pinjaman Briguna Melalui Situs resmi – Online 

Jika kantor cabang terlalu jauh, maka bisa mengajukan pinjaman KTA Briguna melalui online. Pengajuan pinjaman ini pun dapat dilakukan melalui situs resmi BRI yang telah disediakan. Berikut adalah langkahnya:

  • Buka situs resmi bank BRI yang tersedia di google, setelah itu bisa masuk dan pilih menu Briguna.
  • Setelah masuk pada menu Briguna, maka pengguna bisa pilih tipe atau produk Briguna yang diinginkan dari keempat yang telah disebutkan.
  • Lalu lakukan simulasi pinjaman, mulai dari penghasilan, jangka waktu pinjaman dan perhitungan bunga dan angsuran.
  • Terakhir adalah dengan mengikuti instruksi yang disediakan oleh website tersebut. 

Itu tadi adalah ulasan mengenai syarat pinjaman BRI tanpa jaminan yang bisa dijadikan sebagai referensi untuk pinjaman. Sudah disebutkan persyaratan yang dibutuhkan dalam setiap tipe pinjaman Briguna. Dengan begini pengguna akan lebih mudah menyiapkan dokumen saat akan mengajukan pinjaman. 

Namun sebelum melakukan pinjaman, akan lebih baik jika melakukan riset terlebih dahulu. Mengenai besaran bunga yang akan dikeluarkan. Juga mengenai pilihan planning yang dapat dipilih dan juga jangka waktu yang sekiranya sesuai dengan kemampuan. Sehingga pinjaman ini akan lebih terencana.