free page hit counter
Asuransi Pengiriman Hewan

7 Layanan Asuransi Pengiriman Hewan Terbaik di Indonesia

Artikel diperbarui pada 22 Desember 2022.

Layanan ekspedisi pengiriman hewan sering digunakan oleh animal lovers untuk memindahkan hewan baik satwa peliharaan maupun satwa liar. Berikut ini adalah rekomendasi 7 asuransi pengiriman hewan terbaik yang beroperasi di Indonesia.

Saat ini, bukan hanya pengiriman barang saja yang bisa dilakukan namun juga pengiriman hewan. Bahkan, hewan yang dikirim dengan jasa pengiriman akan mendapat asuransi sehingga keamanannya terjaga. Layanan asuransi pengiriman hewan ini sudah disediakan oleh beberapa jasa pengiriman.

Apabila hewan dikirim tanpa adanya asuransi, maka saat terjadi kerugian pihak jasa pengiriman tidak akan bertanggung jawab. Hal ini tentunya akan merugikan pemilik hewan atau penerimanya. Oleh karenanya, penting untuk memilih jasa pengiriman dengan asuransi di dalamnya.

Agar lebih mudah melakukan pemilihan, maka pada artikel ini akan diberikan tujuh rekomendasi jasa pengiriman hewan yang sudah menyediakan asuransi. Penasaran apa saja jasa pengirimannya? Untuk mengetahuinya, simak rincian berikut ini:

1. Caesar Jac’O Pet Delivery – Jasa Pengiriman Hewan dengan Asuransi

Caesar Jac'O Pet Delivery - Jasa Pengiriman Hewan dengan Asuransi
Caesar Jac’O Pet Delivery merupakan usaha yang fokus pada pelayanan hewan peliharaan. | via caesarjaco.co.id

 

Pilihan jasa pengiriman yang pertama adalah Caesar Jac’O Pet Delivery. Jenis jasa pengiriman yang satu ini juga sudah menyediakan asuransi untuk proses pengiriman hewan. Jadi, pihak pengirim atau penerima bisa mendapatkan layanan berkualitas secara maksimal.

Sebenarnya, Caesar Jac’O Pet Delivery ini fokus di wilayah Jakarta. Meski fokusnya di Jakarta, namun proses pengiriman antar kota juga bisa dijalankan oleh jasa pengiriman yang satu ini. Bahkan proses pengurusan dokumennya juga sudah dilakukan sebagai tambahan layanan.

Bukan hanya sebagai jasa pengiriman hewan, namun juga terlibat dalam proses pemeliharaan serta kegiatan lain yang berkaitan dengan hewan. Jadi bisa dipastikan bahwa tempat ini memang sudah profesional dan bisa memberikan layanan tanpa ada kesalahan fatal.

Jenis hewan yang ditangani juga banyak. Mulai dari kucing, ayam, reptil, anjing, burung, dan berbagai hewan lainnya. Karena bisa menangani berbagai macam hewan, maka bisa dipastikan proses pengiriman hewan apapun juga bisa diselesaikan.

2. TIKI – Layanan Ekspedisi Satwa Peliharaan Berasuransi

TIKI - Layanan Ekspedisi Satwa Peliharaan Berasuransi
TIKI menyediakan layanan ekspedisi hewan peliharaan. | via tiki.id

Jenis jasa pengiriman kedua yang menyediakan asuransi pengiriman hewan adalah TIKI. Mungkin sampai saat ini banyak yang menganggap bahwa TIKI hanya melakukan pengiriman barang saja. Padahal, jasa pengiriman ini juga menyediakan layanan pengiriman hewan.

Bahkan, TIKI juga sudah menyediakan asuransi untuk pengiriman hewan sebagai salah satu layanan yang sangat membantu. Persyaratan penggunaan layanan di TIKI juga tidak rumit dan bisa diselesaikan dengan mudah. Jadi golongan orang awam pun tidak akan menghadapi permasalahan baru.

Sayangnya, layanan yang disediakan TIKI hanya untuk pengiriman reptil dan ikan hias saja. Sedangkan untuk hewan lain masih belum disediakan. Untuk melakukan pengiriman hewan-hewan tersebut, maka bisa dilakukan dengan berbagai jalur.

Jika membutuhkan pengiriman dengan jalur udara, maka akan ada surat karantina yang harus disediakan. Nantinya, TIKI akan membantu dalam proses penyediaan surat ini agar pengguna jasa bisa langsung melakukan pengiriman tanpa harus kebingungan.

3. JNE – Kirim Kucing dan Anjing Lintas Kota dengan Dokumen Karantina

JNE - Kirim Kucing dan Anjing Lintas Kota dengan Dokumen Karantina
Layanan pengiriman hewan dengan asuransi dari JNE. | via jne.co.id

Jika dibandingkan dengan jasa pengiriman lainnya, JNE menjadi salah satu jenis jasa pengiriman yang paling populer. Proses pengiriman barang dengan jasa pengiriman ini terkonsep cepat dan aman. Hal ini juga berlaku untuk proses pengiriman hewannya.

Dengan memakai JNE, proses pengiriman hewan akan aman dengan adanya asuransi. Jenis hewan yang bisa dikirim JNE juga termasuk banyak mulai dari ikan, kucing, reptil, burung, dan berbagai hewan lain. Jadi pihak pengirim akan lebih dimudahkan.

Pengguna jasa ini harus paham syarat yang disediakan JNE untuk bisa mengirim hewan. Pertama, harus ada surat karantina yang sudah diterbitkan oleh balai Karantina Hewan. Kemudian untuk yang kedua, harus menyediakan makanan di dalam kandang bersamaan dengan hewannya.

4. KI8 Express – Pengiriman Hewan Khusus Pulau Jawa dengan Asuransi

KI8 Express - Pengiriman Hewan Khusus Pulau Jawa dengan Asuransi
Karunia Indah Express menyediakan layanan pengiriman hewan dengan asuransi melalui kereta api. | via ki8.co.id

Jasa pengiriman keempat dengan layanan asuransi pengiriman hewan adalah KI8 Express (Karunia Indah Delapan Express). Apabila memanfaatkan jasa pengiriman ini, maka pengguna jasa akan diberikan akses yang banyak pada jumlah hewannya. Jadi, KI8 Express bisa dipakai mengirim hewan yang banyak.

Jenis hewan yang bisa dikirim adalah kucing, anjing, burung, ikan, dan yang lainnya. Proses pengiriman dengan KI8 Express juga tergolong cepat dengan estimasi sekitar 2 hari. Proses pengiriman yang cepat ini, dikarenakan KI8 Express memakai kereta sebagai mode transportasi utamanya.

Namun sayangnya, layanan ini hanya untuk pulau Jawa saja. Sedangkan untuk pengiriman hewan beda pulau masih belum disediakan. Selain itu, pengirim juga harus menyediakan kotak atau kandang sendiri karena jasa pengiriman ini masih belum menyediakannya.

5. Jakiwan – Kirim Hewan Peliharaan Seluruh Indonesia & Luar Negeri

Jakiwan - Kirim Hewan Peliharaan Seluruh Indonesia
Jakiwan menyediakan pengiriman hewan seluruh Indonesia & luar negeri. | via jakiwan.com

Untuk pilihan selanjutnya ada Jasa Kirim Hewan atau yang biasa dikenal dengan nama Jakiwan. Layanan yang disediakan Jakiwan termasuk lengkap karena bisa menjangkau seluruh pulau di Indonesia. Selain itu, proses pengirimannya juga bisa dilakukan melalui laut, udara, dan darat.

Bukan hanya itu saja, Jakiwan juga menyediakan layanan penjemputan hewan sampai ekspor impor ke luar negeri. Semua layanan ini bisa difungsikan asal pengguna jasa melengkapi syarat yang diminta Jakiwan. Sedangkan syaratnya sendiri termasuk banyak.

Meski Jakiwan meminta syarat yang lengkap, namun prosedur penggunaan jasanya tidak terlalu rumit. Hal ini tentunya akan memberikan aspek kemudahan pihak pengguna jasa yang masih awam. Sedangkan jika masih bingung, maka Jakiwan akan membantu dengan memberikan informasi tambahan. 

6. Mas Cargo Express – Pengiriman Hewan dengan Dokumen Lengkap

Mas Cargo Express - Pengiriman Hewan dengan Dokumen Lengkap
Mas Cargo Express merupakan produk dari PT. Multi Angkasa Solusi Express untuk pengiriman logistik dan hewan. | via mascargoexpress.com

Pada rekomendasi keenam, ada Mas Cargo Express yang juga menyediakan asuransi pengiriman hewan untuk pengguna jasanya. Keunggulan jasa pengiriman yang satu ini juga banyak mulai dari layanan penyediaan dokumen hingga jenis hewan yang dikirim.

Pengguna jasa tidak perlu takut atau bingung selama proses pengurusan dokumen. Hal ini dikarenakan Mas Cargo Express sudah menyediakan layanan maksimal dalam hal ini. Jadi, pengguna jasa tidak akan kesulitan atau kebingungan.

Kemudian, jenis hewan yang bisa dipilih juga banyak. Pengiriman ke berbagai wilayah di Indonesia juga sudah tersedia untuk segera difungsikan. Semua layanan ini tentunya ditambah dengan asuransi yang bisa membuat proses pengiriman aman.

7. PT IKE (Indone Kargo Ekspress) – Asuransi Pengiriman Hewan dengan Pengurusan Dokumen

PT IKE (Indone Kargo Ekspress) - Asuransi Pengiriman Hewan dengan Pengurusan Dokumen
PT IKE menyediakan layanan pengiriman hewan aman dan murah. | via .indonekargo.com

PT IKE menjadi opsi terakhir yang direkomendasikan. Jika dibandingkan dengan penyedia layanan pengiriman lainnya, maka asuransi pengiriman jenis hewan dari PT IKE adalah yang terbaik. Hal ini menjadi alasan kenapa PT IKE banyak dipilih dan difungsikan.

Prosedur keselamatan hewan dari layanan pengiriman ini sudah sangat jelas dan maksimal. Hal ini memungkinkan pengguna jasa bisa mengirimkan hewannya dengan lebih mudah tanpa perlu takut. Jadi selama perjalanan dilangsungkan, kondisi hewan akan terus dipantau.

Bahkan, PT IKE juga menyediakan layanan pengurusan dokumen sampai selesai. Proses pengurusan dokumen untuk pengiriman hewan memang tidak terlalu mudah. Oleh karenanya, PT IKE membantu secara maksimal untuk proses penyelesaiannya.

Penutup

Semua jasa pengiriman di atas memang sudah menyediakan asuransi pengiriman hewan secara maksimal. Dengan adanya asuransi tersebut, maka proses pengiriman hewan akan jauh lebih aman dan tidak akan menimbulkan kerugian yang fatal.

Setiap jasa pengiriman pasti memiliki plus minus serta karakteristiknya tersendiri. Aspek ini tentu harus didalami dan dipahami dengan baik agar tidak salah pilih. Jangan sampai memilih sekenanya dan akhirnya berujung pada pemilihan jasa yang tidak profesional.

Sebagai tips tambahan, akan lebih baik jika memilih jasa pengiriman yang sudah mendapat review terbaik. Dengan review yang baik, maka bisa dipastikan sudah ada banyak pihak yang puas dengan layanannya. Hal ini tentunya akan mengarahkan pada penggunaan jasa yang tepat.