free page hit counter
syarat lepas kunci rental mobil

Cari Tahu Syarat Lepas Kunci Rental Mobil dan Untung Ruginya

Sewa mobil tanpa supir memang bisa menjadi pilihan akomodasi yang tepat. Namun, untuk itu para penyewa harus memenuhi syarat lepas kunci rental mobil terlebih dahulu. Persyaratan yang dipenuhi ini kadang cukup rumit. 

Karena memerlukan jaminan dan data-data pribadi dari pihak penyewa. Namun, prosedur dan syarat ini sebenarnya wajar dan bisa dipahami. Karena pihak rental akan memberikan mobil sepenuhnya pada pihak penyewa. Tentu saja, dibutuhkan jaminan yang memadai. 

Rental mobil lepas kunci atau tanpa supir ini sangat diminati oleh para penyewa. Terutama, penyewa di kota-kota besar. Karena, para penyewa merasa lebih leluasa untuk mengendarai dan membawa mobil tanpa didampingi supir dari pihak rental. 

Syarat Lepas Kunci Rental Mobil yang Paling Umum 

Sebenarnya syarat untuk lepas kunci saat rental mobil ini berbeda-beda. Hal ini tergantung dengan kebijakan dari pihak rental mobil yang menyewakan. Misalnya, ada rental mobil yang menginginkan para penyewa untuk memberi deposit terlebih dahulu.

Ada rental mobil yang tidak memerlukan deposit. Namun, pada umumnya setiap rental akan meminta data-data dan dokumen pribadi tertentu sebagai jaminan. Data-data yang diminta ini umumnya sama pada setiap rental mobil. 

Berikut adalah beberapa syarat lepas kunci rental mobil yang paling umum. Hampir setiap rental mobil pasti meminta para penyewanya untuk menyiapkan berbagai syarat dan data di bawah ini.

  • Kartu Tanda Pengenal dari penyewa yang resmi dan masih berlaku.
  • Kartu Keluarga yang masih aktif dan tertera nama dari penyewa yang masih berlaku.
  • Menyertakan Surat Izin Mengemudi yang masih aktif ketika mengambil mobil.
  • Kartu tanda pegawai jika penyewanya mengambil mobil untuk keperluan perusahaan.
  • Fotokopi dari dokumen PBB atau Pajak Bumi dan Bangunan.
  • Dokumen rekening telepon dan listrik dari periode yang terakhir.
  • Informasi perpajakan yang meliputi NPWP dan dokumen pembayaran pajak.

Banyak sekali hal yang harus disiapkan dan memang kebanyakan berkaitan dengan informasi pribadi dan keuangan. Hal ini penting bagi pihak penyewa mobil. Sebagai jaminan bahwa penyewa akan menjaga dan mengembalikan mobil. 

Bahkan, pada beberapa rental mobil diterapkan persyaratan tambahan. Misalnya, harus menyertakan BPKB motor penyewa jika ada. Ada pula yang meminta KTP sebagai jaminan tambahan. Namun, seperti yang disebutkan sebelumnya hal ini tergantung rental. 

Keuntungan Menyewa Mobil Lepas Kunci 

Setelah mengetahui syarat lepas kunci rental mobil, para penyewa juga perlu mempertimbangkan keuntungan dan kerugian menyewa dengan metode ini. Bagaimanapun lebih baik menyesuaikan sewa dengan keperluan yang ingin dilakukan. 

Karena itu, berikut adalah pembahasan mengenai keuntungan rental mobil. Terutama, dengan metode lepas kunci. 

1. Mobil Bisa Digunakan Lebih Leluasa 

Keuntungan yang paling utama setelah memenuhi syarat lepas kunci rental mobil adalah para penyewa bisa lebih leluasa dalam menggunakan mobil yang disewa. Karena, para penyewa tidak menggunakan jasa supir dari rental mobil. 

Kadang ketika melakukan perjalanan dengan supir. Apalagi, supir yang baru dikenal akan membuat perjalanan menjadi canggung. Ada kemungkinan supir tidak baik dalam mengemudi. 

2. Harga Sewa Bisa Lebih Murah 

Harga sewa mobil lepas kunci biasanya lebih murah dibandingkan harga sewa mobil dengan supir. Karena jasa supir tidak diperlukan, otomatis tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk jasa supir. 

Selisih harganya pun bisa cukup jauh mulai dari Rp100.000 lebih murah sampai dengan Rp200.000 lebih murah. Jadi, bisa cukup menghemat. 

3. Tidak Perlu Mengeluarkan Uang Tambahan Untuk Supir 

Jika menggunakan jasa supir saat rental mobil, pastinya para penyewa tidak bisa membiarkan supir ikut perjalanan begitu saja. Para penyewa juga harus memberi uang tambahan misalnya untuk makan supir dan untuk rokok atau sekedar komisi. 

Menggunakan supir bisa berarti menambah satu orang lagi yang harus ditanggung dalam perjalanan. Jika yang disewa adalah mobil saja maka tidak perlu mengeluarkan biaya ini. 

Jadi, biaya yang dikeluarkan bisa sepenuhnya untuk penumpang dan pihak yang menggunakan mobil 

Berbagai keuntungan di atas bisa didapatkan jika menyewa mobil dengan lepas kunci. Tentu saja, bisa menjadi pertimbangan yang menarik bagi para penyewa. 

Kerugian Menyewa Mobil Lepas Kunci 

Syarat lepas kunci rental mobil juga bisa mengakibatkan kerugian tertentu. Kerugian ini juga perlu dipertimbangkan terlepas dari keuntungan yang bisa didapatkan. Karena mungkin saja, kerugian metode sewa tidak bisa menyesuaikan dengan kebutuhan sewa. 

Karena itu, berikut akan dibahas berbagai kerugian jika para penyewa mengambil rental mobil dengan lepas kunci. Hal ini harus dipertimbangkan dengan baik. 

1. Persyaratan yang Lebih Banyak dan Sulit 

Seperti yang diketahui dan dijelaskan sebelumnya, syarat lepas kunci rental mobil cukup banyak dan sulit untuk disiapkan. Apalagi, kebanyakan syarat dari metode penyewaan ini berkaitan dengan dokumen pribadi. 

Tidak semua orang nyaman memberikan dokumen pribadinya untuk keperluan sewa mobil. Selain itu, data-data seperti yang disebutkan di atas cukup sulit untuk disiapkan dalam waktu singkat. Karena itu, benar-benar perlu waktu untuk menyiapkannya. 

Saat syarat sudah diajukan dan dilengkapi pun, masih ada kemungkinan bahwa permintaan untuk sewa akan ditolak. Biasanya, karena penyewa tidak memiliki cukup kualifikasi dan pihak rental kurang percaya untuk melepas kunci. 

2. Harus Menyediakan Supir Sendiri 

Karena pihak rental tidak akan menyediakan supir dan mobil dibawa sendiri oleh pihak penyewa. Maka soal supir dan orang yang mengendarai mobil harus diatur sendiri oleh pihak penyewa. 

Jika pihak penyewa bisa mengendarai mobil sendiri, jelas akan mudah bagi para penyewa untuk menggunakan mobil. Namun, jika tidak maka pihak penyewa harus menyediakan supir sendiri atau mengajak orang lain yang bisa mengendarai mobil. 

Sebenarnya, hal ini tidak terlalu merugikan. Karena, jika para penyewa sudah memilih untuk lepas kunci. Berarti, pasti sudah disiapkan orang yang akan mengendarai mobil nantinya.

3. Segala Resiko Menjadi Tanggung Jawab Pihak Penyewa 

Sebenarnya supir pada jasa rental mobil tidak hanya berperan sebagai orang yang mengendarai mobil saja. Supir dari pihak rental juga akan berperan sebagai pemandu, sebagai pemantau, dan penanggung jawab dari mobil yang sudah disewa ini. 

Namun, karena para penyewa tidak menyertakan supir dan mengambil syarat lepas kunci rental mobil. Maka, tidak ada pihak yang akan memantau dan bertanggung jawab atas mobil yang disewa dari pihak rental. 

Tanggung jawab sepenuhnya ada di pihak penyewa. Jika ada kerusakan atau mungkin hal yang tidak diinginkan terjadi pada mobil di jalan. Maka, akan menjadi tanggung jawab dari pihak penyewa sepenuhnya. 

Selain keuntungan yang sudah disebutkan sebelumnya. Penting untuk para penyewa mempertimbangkan kerugian yang disebutkan di atas. Karena hal tersebut harus ditanggung penyewa sendiri. 

Itulah syarat lepas kunci rental mobil berikut juga dengan keuntungan dan kerugiannya yang bisa menjadi pertimbangan. Lepas kunci rental mobil memang memberikan kebebasan bagi para penyewa. Namun, syaratnya harus dipertimbangkan juga.