free page hit counter
kerja online freelance terpercaya

Kerja Online Freelance Terpercaya & Aman: 9 Situs Ini Terbukti Membayar

Artikel diperbarui pada 24 Desember 2022.

Kemajuan teknologi memang sudah merambah ke berbagai aspek. Saat ini, orang tidak perlu bekerja secara langsung karena sudah bisa bekerja sebagai freelancer online. Hal ini didukung dengan kemunculan berbagai situs kerja online freelance terpercaya yang bisa dijadikan pilihan.

Jika bingung ingin mendapatkan uang tambahan dari mana, mana situs-situs ini bisa dijadikan pilihan yang sangat fungsional. Agar pemilihannya lebih mudah, maka pada artikel ini akan diberikan sembilan situs berbeda beserta dengan penjelasannya.

Sembilan jenis situs yang akan diuraikan ini tentunya memiliki karakteristik yang tidak sama. Penasaran situs apa saja yang bisa dijadikan pilihan? Untuk mengetahui daftar dan gambarannya, simak detail berikut ini tanpa ada sisi yang terlewat:

1. Sribulancer

Situs pertama yang direkomendasikan adalah Sribulancer. Bisa dibilang, saat ini Sribulancer masuk jajaran situs untuk freelancer yang paling populer dan paling banyak difungsikan. Hal ini tentunya tidak terlepas dari fungsi dan layanan yang sudah tersedia.

Sribulancer menawarkan hampir semua jenis pekerjaan yang sesuai dengan pasar Indonesia. Pencarian pekerjaan di situs ini juga terkonsep mudah karena sudah ada menu khusus yang mudah untuk dipahami. Dengan demikian, penggunanya tidak akan kebingungan,

Selain itu, Sribulancer juga menyediakan pembayaran dengan metode transfer bank. Padahal, tidak banyak situs freelancer yang menyediakan metode ini dikarenakan aspek keamanan. Namun, Freelancer sudah menyediakannya secara maksimal untuk penggunanya.

2. Freelancer Indonesia

Pilihan kedua yang tidak boleh dilewatkan adalah Freelancer Indonesia. Saat ini, Freelancer Indonesia juga menjadi salah satu opsi dengan jumlah user terbesar. Jadi tidak heran jika situs ini sangat direkomendasikan banyak pihak untuk difungsikan.

Sama seperti Sribulancer, situs Freelancer Indonesia ini juga menyediakan hampir semua bidang pekerjaan yang relevan dengan kebutuhan pasar Indonesia. Hal ini juga menjadi salah satu alasan kenapa banyak dipilih untuk menambah penghasilan.

Jika ingin membuat akun di Freelancer Indonesia, maka pengguna tidak harus mengeluarkan biaya sepeserpun. Buat saja akunnya dengan detail kemudian tawarkan jasa yang sudah dimiliki. Apabila ada yang sesuai, maka akan muncul lowongan pekerjaan yang bisa dimasuki.

3. Projects

Situs kerja online freelance terpercaya lain yang bisa dipakai adalah Projects. Pada situs ini, kebanyakan bidang pekerjaan yang tersedia adalah bidang teknologi. Jadi untuk pengguna yang memiliki keahlian di bidang tersebut, Projects bisa dijadikan pilihan yang tepat.

Pekerjaan yang paling banyak ditawarkan adalah tentang marketing, 3D modeling, sosial media, dan yang lainnya. Namun sebenarnya masih ada banyak lagi jenis pekerjaan yang bisa dimasuki untuk mendapatkan tambahan penghasilan sesuai pekerjaannya.

Meski tidak sebesar dua opsi sebelumnya, namun Project menjadi situs yang sangat direkomendasikan mengingat layanannya yang lengkap. Tampilan dan menu di situs ini juga sudah tersedia dengan rapi sehingga tidak akan membingungkan penggunanya.

4. Sribu

Untuk jenis kelima, ada situs yang bernama Sribu. Situs bernama Sribu ini berbeda dengan Sribulancer yang direkomendasikan pada opsi sebelumnya. Pada situs ini, bidang pekerjaan yang tersedia adalah bidang desain tanpa ada jenis bidang lainnya.

Bagi pihak-pihak yang memiliki skill desain, maka Sribu akan menjadi pilihan yang tepat. Opsi pekerjaan yang ada di situs ini sudah sesuai dengan pangsa pasar yang ada di Indonesia sehingga pihak yang sedang mencari pekerjaan tidak akan kebingungan dengan standarnya.

Semakin baik keahlian mendesainnya, maka pekerjaan yang didapat di situs ini akan semakin banyak. Apalagi jika handal dalam membuat kemasan produk, logo, hingga desain grafis lain maka akan sangat menguntungkan. Jumlah penghasilan juga akan bertambah menyesuaikan kemampuan.

5. Indeed

Indeed lebih dikenal sebagai situs pencari pekerjaan full time. Namun sebenarnya, situs ini juga menyediakan layanan untuk freelancer. Jenis pekerjaan yang ditawarkan oleh situs ini lebih fokus pada pekerjaan umum dari penawaran perusahaan yang ada.

Uniknya, jika freelancer sudah mendapat tawaran maka proses kerja akan diarahkan langsung ke situs pemberi kerja. Jadi, Indeed hanya berfungsi sebagai media atau alat penghubung antara pekerja dengan pemberi kerja tanpa mencampuri segala aspeknya.

Pengguna Indeed tidak perlu ragu dengan jenis pekerjaannya. Biasanya, tawaran pekerjaan di Indeed diposting oleh perusahaan yang benar-benar kredibel atau yang bisa dipercaya. Dengan demikian, risiko penipuan akan sangat rendah.

6. Fastwork

Opsi situs kerja online freelance terpercaya lainnya adalah Fastwork. Hampir sama seperti Projects, Fastwork juga termasuk situs yang fokus pada pekerjaan di bidang teknologi. Jadi jika memiliki skill di bidang tersebut, Fastwork akan menjadi opsi yang paling tepat.

Kelebihan situs ini berada pada tampilan halamannya. Jadi, Fastwork sudah tersedia dengan tampilan yang rapi dan clean. Hal ini tentunya akan sangat memudahkan pengguna karena tidak akan kebingungan dengan segala menu serta fitur yang sudah tersedia.

7. Linkedln

Bukan hanya sebagai situs pencari pekerjaan tetap, Linkedln juga menjadi salah satu opsi situs untuk freelancer. Biasanya, jenis pekerjaan yang tersedia di tempat ini adalah untuk penerjemah serta penulis lepas. Jumlah tawarannya sangat banyak sehingga bisa langsung dicoba.

Reputasi Linkedln sendiri sudah sangat baik di pihak yang masih awam maupun di pihak yang sudah profesional. Hal ini tentunya menjadi aspek pendorong yang mampu membuat pengguna memanfaatkan layanannya dengan lebih aman.

8. OLX

OLX memang dikenal sebagai situs jual beli barang bekas. Namun karena terus bertumbuh, sekarang situs ini juga bisa difungsikan untuk mencari kerja online freelance terpercaya yang menjanjikan. Hampir semua bidang pekerjaan sudah disediakan di tempat ini sehingga tawaran pekerjaannya banyak.

Meski demikian, pengguna harus selektif dalam melakukan pencarian pekerjaan di OLX. Hal ini dikarenakan OLX belum memiliki sistem memadai sehingga transaksi harus dijalankan di luar aplikasi. Dengan demikian, risiko penipuan akan semakin besar.

9. Fiverr

Terakhir, ada situs yang bernama Fiverr. Bidang pekerjaan yang tersedia di situs ini ada di lingkup pengembangan web, digital marketing, serta media sosial. Jadi biasanya, pihak-pihak yang mengerti tren akan cocok dengan pekerjaan di situs ini.

Proses pendaftaran di situs Fiverr ini termasuk mudah dan tanpa biaya. Namun sayangnya, proses pembayaran kepada pekerjanya akan lebih lama dan biaya komisi tergolong besar. Hal ini harus dipahami pengguna sejak awal.

Penutup

Demikianlah sembilan situs kerja online freelance terpercaya yang bisa difungsikan. Karena sudah ada sembilan jenis yang berbeda, maka proses pemilihannya sudah bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan. Hal ini tentunya berkaitan dengan karakteristik setiap situs.

Oleh karenanya, sebelum menggunakan situsnya wajib mendalami fungsi, fitur, serta sistem kerjanya. Apabila semua aspek sudah dipahami dengan baik, maka proses pemahaman dan pemanfaatannya akan jauh lebih mudah dan tidak akan membingungkan.

Namun perlu diperhatikan juga bahwa pemanfaatan situs seperti ini tidak akan bisa memberikan pemasukan secara instan. Semua tergantung dari pengalaman serta hasil kerja pengguna. Semakin baik hasil kerjanya, maka keuntungan yang didapat juga semakin besar.

Artikel Lainnya Terkait Kerja Online untuk Pelajar SMP Tanpa Modal: