free page hit counter
kerja online data entry terpercaya

Pengertian dan Skill Kerja Online Data Entry Terpercaya Beserta Situsnya

Ranah pekerjaan, saat ini semakin luas dengan banyaknya peluang untuk bekerja secara online. Salah satunya yang banyak diminati adalah kerja online data entry terpercaya. Mungkin terdengar sederhana, karena cukup memasukkan data. Namun sebenarnya tugas ini cukup kompleks dan banyak mengandalkan ketelitian.

Apa yang Dimaksud dengan Data Entry?

Data entry merupakan pekerjaan yang hampir selalu ada di sebuah perusahaan. Banyak bidang yang membutuhkan profesi ini baik layanan keuangan, produk makanan, kesehatan, ritel, transportasi, dan banyak lagi. Tujuannya adalah memastikan keberlangsungan data tetap terlaksana dengan baik.

Data berperan besar dalam menjalankan bisnis karena memuat berbagai informasi penting yang berhubungan dengan kinerja perusahaan itu sendiri. Banyak orang keliru menganggap bidang ini sama dengan admin, namun keduanya adalah pekerjaan yang berbeda.

Tugas admin adalah mengurus keperluan administrasi perusahaan. Sementara itu, data entry lebih berfokus dengan proses input dan pengolahan data. Jobdesk seorang admin relatif lebih luas daripada data entry yang fokusnya menginput data.

Jadi, jenis pekerjaan entry data ini termasuk jenis klerikal yang berfungsi membantu perusahaan untuk memproses informasi. Hal tersebut dilakukan melalui pengambilan data yang nantinya disusun secara sistematis di sistem komputer. Data ini perlu dipastikan akurasi dan efisiensinya untuk penggunaan lebih lanjut.

Tugas dan Tanggung Jawab

Seseorang yang bekerja di bidang data entry bukan sekedar mengetikkan data saja. apalagi sekarang banyak lowongan kerja online data entry terpercaya yang sayang bila dilewatkan begitu saja. Sebelum terjun dalam bidang ini, penting untuk mengetahui tugas serta tanggung jawab yang akan diemban:

  • Menyortir dan memasukkan informasi pelanggan dalam database yang dijadikan satu dalam sebuah spreadsheet. Biasanya menggunakan Microsoft Excel.
  • Meninjau kembali semua data yang akan dilaporkan kepada pihak manajemen sehingga dapat mencari apakah masih ada kesalahan.
  • Mengumpulkan, memastikan kelengkapan informasi sebelum menginputnya menjadi data dalam software yang sudah ditentukan perusahaan.
  • Memindai dokumen yang diperlukan dalam rangka mengumpulkan informasi terkait.
  • Melakukan pekerjaan sesuai dengan pedoman privasi yang telah ditetapkan oleh peraturan perusahaan masing-masing.
  • Menyusun laporan mingguan maupun bulanan seputar informasi penjualan dan area apa saja yang perlu ditingkatkan. Laporan ini dibuat sesuai dengan data yang telah disusun sebelumnya.
  • Memastikan software yang dipakai untuk menginput dan mengolah data mendapatkan pembaruan secara berkala. Sehingga fungsinya tetap berjalan dengan optimal sesuai kebutuhan perusahaan.
  • Mengarsipkan, mencadangkan, mengatur kembali dokumen yang dipakai dan menyimpan catatan data aslinya.
  • Membantu penyusunan sistem manajemen dalam bidang data.

Skill yang Harus Dimiliki

Kerja online data entry terpercaya tentu tidak bisa didapatkan begitu saja. Pemberi pekerjaan akan melakukan penilaian terlebih dahulu akan kompetensi dari pelamarnya. Wajar, sebab data adalah informasi yang krusial dan sangat banyak jumlahnya. Jika terdapat kesalahan tentu akan mendatangkan dampak negatif.

Dalam berbagai industri, petugas di bagian entry data sangat diperlukan untuk mengolah banyaknya data yang ada setiap harinya. Untuk itu, dibutuhkan skill penunjang yang bisa membuat aktivitas input data semakin efisien dan akurat. Apa saja skill yang dimaksud?

1. Kemampuan Mengetik Cepat

Dalam berbagai industri, efisiensi menjadi aspek yang penting untuk diperhatikan. Sehingga dapat melanjutkan pada tahap berikutnya dengan kesalahan minim. Untuk itulah seorang entry data diwajibkan bisa mengetik dengan cepat dan tepat.

Sebab, banyak data yang perlu dimasukkan dalam waktu singkat.  Apalagi perusahaan besar yang jumlah datanya sangat banyak. Wajar jika beberapa perusahaan menetapkan syarat kemampuan mengetik hingga 50 kata tiap menitnya. Tidak perlu risau, sebab kecepatan mengetik ini dapat dilatih.

Salah satunya melalui situs bernama “typing test”. Pengunjung situs tersebut akan diminta mengetikkan ulang kata-kata yang tampil dalam satu menit. Pada akhir tes, akan muncul nilai yang menunjukkan kecepatan serta akurasi tulisan yang diketik tadi sebagai bahan evaluasi.

2. Pemahaman Akan Cara untuk Mengoperasikan Software

Ini adalah bagian yang sangat penting sebelum melamar kerja online data entry terpercaya. Meskipun bisa mengetik cepat namun kebingungan untuk memakai sebuah software tentu akan memakan banyak waktu. Beberapa software yang wajib dikuasai biasanya Microscoft Word beserta Excel.

Saat ini juga banyak perusahaan mensyaratkan software pengoperasian data lainnya. Seperti MySQL dan Microsoft Access. Bahkan perusahaan tertentu mensyaratkan pekerjanya untuk mempelajari CRM. Jadi, keterampilan mengakses software ini dapat dikembangkan sejak dini untuk membuat pekerjaan lebih lancar.

3. Ketelitian dan Kemampuan Menyusun Data Secara Efisien

Bidang data entry memerlukan kepekaan terhadap detail serta sikap yang teliti. Sebab, sebisa mungkin kesalahan harus diminimalisir. Misalnya salah tempat, atau bahkan ada yang terlewat sehingga tidak terinput. Kekeliruan seperti ini, tanpa disadari dapat berdampak ke laporan keuangan, pengambilan keputusan, dan lain-lain.

4. Komunikasi Lisan Maupun Tertulis

Ketika menerima pekerjaan secara online, tentu dibutuhkan komunikasi yang efisien sehingga tujuan pekerjaan bisa tercapai dengan maksimal. Komunikasi ini berlaku secara tertulis maupun lisan. Dengan komunikasi yang baik, kepercayaan pemberi kerja akan lebih tinggi.

Cara untuk Mencari Kerja Online Data Entry Terpercaya

Sebelumnya telah dibahas mengenai apa saja tanggung jawab serta skill yang dibutuhkan oleh profesi entri data. Jika dirasa sudah siap, maka bisa segera mengajukan lamaran online. Namun, penting untuk diketahui bahwa tidak semua lowongan benar adanya.

Apalagi pekerjaan online dimana pemberi pekerjaan dan pelamar tidak bertemu satu sama lain. Tentu ada kekhawatiran bahwa lowongan tersebut ternyata tidak benar-benar membayar. Sangat disarankan untuk mencari lowongan dari situs terpercaya yang khusus menyediakan lowongan pekerjaan. Berikut adalah beberapa rekomendasi situsnya:

1. Mengakses Jobstreet

Jobstreet merupakan situs yang diperuntukkan bagi para pencari kerja, termasuk data entry. Portal ini menyediakan ratusan ribu lowongan setiap harinya. Tidak heran, sebab jumlah penggunanya pun sangat banyak. Bidangnya pun beragam mulai dari keuangan, komunikasi, pendidikan, personalia, dan banyak lainnya.

Semua lowongan yang masuk ke Jobstreet dapat dipercaya karena telah melalui analisa dari tim. Disini, juga ada fitur menarik seperti tes Bahasa Inggris gratis. Filternya pun sangat memudahkan pencarian pekerjaan. Bisa diatur sesuai pengalaman, gaji, tipe pekerjaan, bahkan pekerjaan yang remote.

2. Menggunakan  Linkedin

Hampir semua orang yang sedang mencari pekerjaan pernah mendengar tentang Linkedin. Di sini, kerja online data entry terpercaya dan jenis pekerjaan lainnya bisa ditemukan dengan mudah. Pasalnya, platform ini bersifat profesional sehingga banyak peluang dan informasi menarik seputar dunia pekerjaan.

Semua lowongan telah melalui proses review sehingga dipastikan keamanannya. Sampai sekarang terdapat 2.8 juta lebih recruiter yang sedang membutuhkan pekerja. Termasuk di antaranya pekerjaan dalam bidang entri data yang dilakukan secara remote (online). Jadi, dapat dikerjakan di mana saja.

3. Mengunjungi Loker ID

Loker ID merupakan situs yang mudah digunakan dan bisa langsung diatur sesuai kategori yang dibutuhkan pencari kerja. Misalnya fitur untuk menentukan perkiraan gaji, membuat resume online, dan kemudahan lainnya.

Itulah informasi seputar kerja online data entry terpercaya yang cukup banyak dibutuhkan dalam berbagai bidang. Selain melatih kemampuan untuk menginput data dengan teliti, profesi ini juga membiasakan seseorang untuk lebih berhati-hati dalam mengerjakan segala sesuatu. Termasuk cermat mengamati kembali sebelum menyelesaikan.