free page hit counter
kerja online untuk mahasiswa tanpa modal

9 Jenis Kerja Online untuk Mahasiswa Tanpa Modal yang Menghasilkan Cuan

Artikel diperbarui pada 14 Desember 2022.

Sebagai seorang mahasiswa tentunya membutuhkan penghasilan tambahan. Biasanya digunakan untuk kebutuhan sehari-hari atau bisa juga untuk biaya kuliah. Ada berbagai kerja online untuk mahasiswa tanpa modal yang bisa menghasilkan cuan cukup banyak.

Dengan adanya kerja online tersebut, akan membuat mahasiswa lebih mandiri dalam finansial. Bisa juga dijadikan tempat yang tepat untuk membantu orang tua, dalam hal keuangan. Apalagi, kerja yang dilakukan bisa tanpa modal.

Kerja tanpa modal tersebut sudah pasti menguntungkan mahasiswa. Karena, bisa dilakukan dengan mudah dan juga tidak perlu mengeluarkan modal juga. Terlebih bisa menghasilkan keuntungan yang lumayan banyak.

Di bawah ini akan direkomendasikan pekerjaan online apa saja yang cocok dilakukan oleh mahasiswa. Mari, simak ulasan lengkapnya:

1. Dropshipper

Rekomendasi pertama yaitu datang dari sebuah pekerjaan bernama dropshipper. Sebuah pekerjaan yang tidak membutuhkan modal sama sekali. Tugas seorang dropshipper yaitu memasarkan beberapa produk dengan cara online.

Biasanya pekerjaan tersebut tidak perlu menggunakan modal dan tidak perlu juga menyediakan produknya. Si dropshipper tersebut sifatnya hanya memasarkan saja. Nantinya akan memperoleh keuntungan dari hasil penjualan tersebut.

Dalam memulai pekerjaan ini, sebaiknya dropshipper bisa memilih produk yang tepat. Jual produk yang memang dibutuhkan masyarakat. Selain itu, jangan lupa juga untuk memilih distributor yang tepat dan juga dapat dipercaya.

2. Afiliasi

Ada juga kerja online untuk mahasiswa tanpa modal yang bernama afiliasi. Pekerjaan tersebut sifatnya mirip dengan dropshipper. Namun, untuk afiliasi ini tidak berhubungan langsung dengan si pihak pertama.

Seorang afiliasi bisa mendaftarkan dirinya melalui beberapa aplikasi toko online, seperti Shopee serta Tik Tok. Mahasiswa hanya perlu menyebarkan tautan dari produk, yang akan dijual tersebut.

Apabila ada yang mengunjungi tautan tersebut dan membelinya, maka si afiliasi tersebut akan memperoleh keuntungan. Jadi, pastikan untuk melakukan promosi dengan menarik dan juga jual produk yang dibutuhkan oleh banyak orang.

3. Penulis Lepas

Bagi yang hobi dalam hal menulis, sepertinya perlu mencoba pekerjaan ini. Cocok sekali dilakukan oleh seorang mahasiswa. Hanya perlu menggunakan laptop, jaringan internet, dan juga kemampuan menulis saja.

Sekarang ini banyak sekali jasa untuk menulis artikel yang membutuhkan banyak penulis. Nah, hal tersebut dapat dijadikan kesempatan yang bagus oleh mahasiswa. Tentunya fee yang diperoleh lumayan dan bisa digunakan untuk biaya kuliah.

Biasanya seorang penulis lepas akan dibayar per kata. Namun, ada juga yang membayar berdasarkan jumlah pengunjung dari artikel tersebut. Jadi, pastikan untuk menulis artikel yang bagus dan informatif juga.

4. Bermain Game Online

Untuk yang hobi bermain game, sepertinya juga perlu mencoba kerja online untuk mahasiswa tanpa modal yang satu ini. Hobi bermain game bisa menghasilkan cuan, bila bisa dimanfaatkan dengan baik dan tidak membuat kecanduan tentunya.

Hanya dengan bermain game, mahasiswa akan memperoleh uang yang cukup banyak. Tentunya harus diimbangi dengan kemampuan bermain yang handal dan juga profesional. Dengan kemampuan tersebut, sudah pasti cuan akan mengalir.

Lalu, bagaimana cara untuk menghasilkan uang dari game? Caranya yaitu bisa dengan menjual beberapa item yang harganya lumayan mahal. Bisa juga dengan menjadi joki game yang memang saat ini sedang ngetrend, dan dibutuhkan banyak orang.

5. Desainer Grafis

Rekomendasi yang berikutnya yaitu untuk seorang desainer grafis. Pekerjaan tersebut tepat dilakukan oleh mahasiswa yang hobi menggambar. Tentunya, kemampuan tersebut harus dikeluarkan dan jangan disimpan saja.

Saat ini banyak pihak yang membutuhkan jasa dalam bidang desain grafis. Bahkan, beberapa pihak juga berani membayar mahal atas jasa tersebut. Hal tersebut, bisa dijadikan peluang untuk menghasilkan cuan yang banyak.

Mahasiswa bisa melakukan promosi melalui sosial media. Jangan lupa juga untuk melampirkan hasil gambar yang pernah dibuat. Usahakan untuk melampirkan gambar yang paling bagus. Karena, bisa menarik konsumen untuk datang.

6. Menjual Foto

Kerja online untuk mahasiswa tanpa modal yang selanjutnya yaitu dengan menjual foto. Hanya dengan menjual foto saja mahasiswa bisa menghasilkan cuan. Namun, foto yang dijual harus yang unik, original, dan profesional.

Apalagi, bagi yang hobi liburan sambil berfoto tentunya bisa dijadikan tempat yang tepat. Banyak sekali situs yang mau membeli foto-foto menarik. Biasanya yang dibeli ada foto pemandangan, foto hewan, atau foto yang menarik lainnya.

Daripada foto-foto bagus tersebut hanya disimpan di ponsel saja, lebih baik dijual ke situs-situs tersebut. Mahasiswa akan dibayar untuk satu foto yang dikirim. Namun, tidak semua foto akan diterima begitu saja.

7. Editor Video

Seorang mahasiswa yang memiliki bakat dalam mengedit sebuah video, perlu untuk mencoba pekerjaan online yang satu ini. Karena, sekarang banyak sekali yang membutuhkan jasa editor video yang handal.

Pihak yang membutuhkan jasa edit video yaitu seperti para konten kreator. Bahkan, ada beberapa perusahaan yang membutuhkan jasa tersebut. Jadi, memang sangat menguntungkan dan bayarannya juga bisa dibilang lumayan.

Mahasiswa bisa mengajukan diri dengan melampirkan video yang sudah diedit. Tentunya harus karya sendiri dan tidak boleh mengambil dari orang lain. Jasa ini, sudah pasti banyak yang tertarik.

8. Editor Tulisan

Selain editor video, seorang mahasiswa juga bisa mencoba menjadi editor tulisan. Kerja online untuk mahasiswa tanpa modal tersebut, bisa dilakukan bila memiliki kemampuan dalam bidang menulis.

Tak hanya mampu dalam bidang menulis saja, tetapi juga harus mengerti tatanan bahasa yang benar. Karena, tugas editor adalah menyunting tulisan yang salah. Selain itu, juga membuat tulisan tersebut menjadi mudah untuk dipahami.

Biasanya yang membutuhkan jasa ini adalah sebuah agen jasa penulisan artikel. Namun, tak jarang pula penerbit buku juga membutuhkan jasa ini. Sehingga, bisa menjadi peluang yang menjanjikan juga.

9. Blogger

Terakhir, ada kerja online untuk mahasiswa tanpa modal yang bernama blogger. Pekerjaan tersebut dapat dilakukan hanya bermodalkan laptop dan kemampuan untuk membuat konten yang bagus dan juga menarik.

Mahasiswa bisa menulis atau membuat konten yang dikuasainya. Buatlah konten yang ingin dibaca oleh banyak orang. Supaya, blog tersebut dikunjungi oleh banyak orang dna juga banyak yang tertarik.

Biasanya jika sudah banyak pengunjungnya, maka akan muncul beberapa iklan. Dari iklan tersebut lah mahasiswa akan memperoleh uang. Jadi, usahakan untuk membuat konten di blog yang menarik.

Itulah 9 jenis kerja online untuk mahasiswa tanpa modal yang bisa dilakukan dengan santai. Pilihlah jenis pekerjaan yang disukai dan juga sesuai dengan passion tentunya.

Namun, hal yang paling terpenting adalah jangan sampai terlena dan melupakan kegiatan kuliah. Karena, pekerjaan di atas hanya sebuah sampingan dan bukan yang utama. Jadikan, pekerjaan di atas menjadi hobi yang menghasilkan uang.

Masih banyak lagi pekerjaan tanpa modal yang bisa mahasiswa lakukan. Namun, jenis pekerjaan di atas adalah pekerjaan yang paling direkomendasikan. Karena, bisa dilakukan sembari kuliah.