free page hit counter
kerja online untuk pelajar sma

9 Jenis Kerja Online untuk Pelajar SMA yang Mudah dan Menyenangkan

Seringkali pelajar SMA membutuhkan uang tambahan untuk keperluan lain. Seperti untuk uang saku tambahan atau untuk mempersiapkan biaya kuliah. Sebenarnya ada berbagai jenis kerja online untuk pelajar SMA yang bisa dilakukan sembari sekolah.

Tentunya jenis pekerjaan tersebut bisa dilakukan di rumah secara online. Jadi, pelajar SMA bisa membagi waktunya untuk bekerja dan juga belajar. Selain itu, jenis pekerjaan yang akan disebutkan di bawah ini juga mempunyai fee yang lumayan untuk sekelas pelajar.

Di bawah ini akan dijelaskan jenis pekerjaan online apa saja yang cocok dilakukan oleh pelajar SMA. Mari, simak saja untuk melihat penjelasan lebih detailnya di bawah ini!

1. Jualan Online

Jenis pekerjaan yang pertama adalah dengan berjualan online. Yap, sekarang ini banyak sekali pelajar SMA yang memulai jualan dengan sistem online. Jenis produk apapun bisa dijual dengan cara online.

Misal, produk kosmetik, baju, jilbab, atau bisa juga makanan. Pelajar bisa memasarkannya melalui sosial media. Baik itu lewat Facebook, Instagram, maupun aplikasi TikTok. Tentunya dengan menggunakan cara promosi yang menarik.

Melalui berjualan online tersebut, pelajar bisa menghasilkan keuntungan yang lumayan. Apalagi, jika terdapat konsumen dari luar daerah yang tertarik dengan produknya. Dijamin, pelajar akan mendapatkan keuntungan yang lebih banyak.

2. Penulis Artikel

Kerja online untuk pelajar SMA yang selanjutnya adalah dengan menjadi penulis artikel. Jika sering melihat artikel-artikel yang muncul di situs pencarian, maka jenis tulisan seperti itulah yang akan ditulis oleh pelajar SMA.

Pekerjaan ini cocok sekali dilakukan bagi yang hobi menulis. Kapan lagi, bisa menghasilkan uang dari hobi yang disukainya. Tentunya akan lebih menyenangkan dan bisa menghasilkan uang tentunya.

Saat ini banyak bermunculan jasa penulisan artikel yang membutuhkan banyak penulis. Biasanya penulis akan dibayar per artikel atau bisa juga dibayar per kata. Namun, tak jarang juga ada yang membayarnya sesuai dengan pengunjung dari artikelnya.

3. Desain Grafis

Bagi yang hobi menggambar, sepertinya perlu mencoba kerja online untuk pelajar SMA yang satu ini. Yap, sekarang ini banyak sekali yang membutuhkan jasa desain grafis. Sehingga, hal tersebut bisa menjadi kesempatan emas untuk pelajar.

Pelajar bisa melakukan promosi melalui sosial media. Tentunya disertai dengan portofolio atau hasil dari gambar yang pernah dibuat. Dengan cara seperti ini, sudah pasti banyak yang akan tertarik untuk menggunakan jasa tersebut.

Bisa juga dengan mencari lowongan desain grafis yang bisa dikerjakan di rumah. Soal keuntungan jangan ditanya lagi. Karena, jasa desain grafis ini biasanya akan diberikan fee yang lumayan banyak oleh para pelanggannya.

4. Editor

Apabila mempunyai kemampuan menulis yang baik, maka bisa mencoba untuk menjadi seorang editor. Namun, tak hanya mempunyai kemampuan menulis saja. Tetapi, juga harus mengerti tatanan bahasa yang baik dan juga benar.

Saat ini banyak sekali penerbit atau jasa penulisan yang membutuhkan editor handal. Nah, pelajar SMA bisa mencoba hal tersebut bila mempunyai kemampuan yang sudah disebutkan di atas.

Tugas editor adalah memperbaiki tulisan hingga menjadi tulisan yang baik dan juga enak untuk dibaca. Memang kelihatannya mudah untuk dilakukan, namun sebenarnya tak semudah itu. Karena, editor juga harus teliti dan mempunyai wawasan yang luas.

5. Blogger

Kerja online untuk pelajar SMA yang selanjutnya yaitu dengan menjadi seorang blogger. Jenis pekerjaan ini bisa dilakukan bagi pelajar yang hobi menulis dan juga menyukai dunia maya. Melalui hobi tersebut bisa menghasilkan uang yang banyak.

Pelajar bisa membuat sebuah blog yang menarik. Isi dari blog tersebut bisa berbagai macam. Tentunya hal yang dikuasai oleh pelajar, sehingga isinya pun akan lebih berkualitas dan banyak yang tertarik juga untuk membacanya.

Apabila banyak yang mengunjungi blog tersebut, maka pelajar akan mendapatkan cuan. Biasanya akan muncul iklan-iklan di dalam blog tersebut. Nah, dari iklan tersebutlah pelajar bisa mendapatkan uang yang tidak sedikit tentunya.

6. Menjual Foto

Untuk yang hobi befoto, sebaiknya mencoba jenis pekerjaan yang satu ini. sekarang ini banyak sekali situs yang bisa digunakan untuk jual beli foto. Tentunya foto yang dibeli adalah foto yang unik, original, dan menarik.

Nah, daripada foto-foto hanya menumpuk di galeri ponsel lebih baik dijual untuk menghasilkan cuan. Apalagi, bagi yang hobi liburan hal tersebut bisa menjadi ladang uang yang banyak.

Para pelajar bisa menjual foto-foto tersebut ke beberapa situs online. Namun, yang harus diperhatikan adalah jual foto yang menarik dan unik. Karena, tidak semua foto dapat diterima oleh situs-situs tersebut.

7. Bermain Game Online

Jenis kerja online untuk pelajar SMA yang selanjutnya adalah dengan bermain game online. Pekerjaan tersebut cocok sekali dilakukan bagi yang hobi bermain game. Tentunya sangat menyenangkan bila hobi dapat menghasilkan uang.

Saat ini ada berbagai jenis permainan yang dapat menghasilkan cuan. Lalu, bagaimana cara menghasilkan uang melalui sebuah game? Bisa dengan menjual beberapa item yang memiliki harga lumayan mahal.

Namun, bisa juga menjadi seorang joki. Hal tersebut bisa dilakukan jika pelajar memiliki kemampuan bermain game yang handal dan juga profesional. Karena, saat ini banyak sekali yang membutuhkan jasa joki game.

8. Afiliasi

Terdapat juga sebuah pekerjaan yang bernama afiliasi. Saat ini banyak sekali yang melakukan pekerjaan ini. Karena, sangat mudah sekali untuk dilakukan dan hanya membutuhkan ponsel dan juga jaringan internet saja.

Afiliasi merupakan sebuah pekerjaan yang mempromosikan sebuah produk dari sebuah toko. Untuk menjadi afiliasi pelajar perlu untuk mendaftarnya terlebih dahulu. Bisa melalui Shopee atau bisa juga melalui aplikasi Tik Tok.

Pelajar tinggal memasukkan tautan dari produk tersebut dan disebar ke beberapa sosial media. Apabila ada yang mengunjungi tautan tersebut dan membelinya, maka pelajar akan memperoleh keuntungan.

9. Web Desainer

Terakhir, ada kerja online untuk pelajar SMA yang bernama web desainer. Apabila pandai dalam mengelola sebuah web, maka bisa mencoba jenis pekerjaan ini. saat ini banyak sekali yang membutuhkan jasa web desainer.

Pekerjaan ini juga tidak semua orang menguasainya. Jadi, peluang untuk mendapatkan konsumen juga lebih banyak. Tentunya, keuntungan yang akan diperoleh juga tidak sedikit.

Pelajar bisa melakukan promosi melalui sosial media. Jika perlu disertai juga dengan contoh atau hasil dari web yang pernah dibuatnya. Apabila menarik maka sudah pasti akan banyak yang menggunakan jasa tersebut.

Jadi, itulah 9 kerja online untuk pelajar SMA yang bisa dilakukan di rumah saja. Jadi, sembari belajar bisa juga sambil bekerja dengan sistem online.

Semua jenis pekerjaan di atas tentunya menghasilkan cuan yang cukup banyak. Pelajar bisa memilih jenis pekerjaan yang sesuai dengan kemampuannya. Karena, jika tidak sesuai maka akan sulit sekali untuk dilakukan dan juga tidak menyenangkan.

Namun, hal yang paling penting yaitu jangan sampai terlalu terlena dan lupa untuk belajar. Karena, sebagai pelajar aktivitas belajar merupakan hal yang paling utama. Pekerjaan di atas hanya sampingan dan hanya untuk mengasah keterampilan juga.