free page hit counter
aplikasi pembuat iklan gratis

8 Aplikasi Pembuat Iklan Gratis Ini, Promosi Dijamin Lancar

Aplikasi pembuat iklan gratis kini banyak dicari oleh para pengusaha. Pasalnya, promosi menjadi satu cara jitu untuk menaikkan penjualan dan keuntungan. Namun untuk pengusaha skala kecil, membayar untuk iklan dan promosi tentu akan menjadi satu hal yang serius.

Maka dari itu, pengusaha harus banyak-banyak melakukan eksplor tentang aplikasi seperti ini. Selain gratis, biasanya aplikasi ini mudah digunakan. Meskipun digunakan oleh yang bukan profesional di bidang ini, hasilnya akan tetap memuaskan.

Ketersediaan template untuk mengiklankan produk juga bisa mendukung pengguna untuk membuat promosi. Aplikasi seperti ini sekarang juga sudah tersambung ke berbagai media sosial. Untuk itu, bagi pemilik usaha atau yang masih akan merintis usaha, simak beberapa rekomendasi aplikasinya berikut:

1. Adobe Express

Aplikasi pembuat iklan gratis yang pertama adalah Adobe Express. Seperti yang terlihat dari namanya, kreator aplikasi ini adalah Adobe. Aplikasi ini, masih berada dalam satu jaringan dengan aplikasi editing profesional yaitu Adobe Photoshop yang sudah dikenal luas.

Seperti program dari Adobe lainnya, Adobe Express tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Pada aplikasi ini pengguna bisa melakukan pembuatan brosur, flyer dan pamflet untuk mengiklankan produk. Pengguna bisa menambahkan berbagai item, untuk melengkapi tampilan media iklannya.

Tanpa mengeluarkan biaya, pengguna bisa mulai membuat desainnya. Pengguna bisa menikmati beberapa template yang disediakan oleh aplikasi ini. Versi gratisnya saja sudah menyediakan banyak sekali template yang bagus. Jika menginginkan lebih banyak pengguna bisa beralih ke akun pro.

2. Canva

Siapa yang tidak kenal aplikasi Canva. Aplikasi editing sederhana ini sudah banyak dikenal. Fiturnya yang beragam membuat Canva bisa diandalkan. Mulai dari sekedar mengedit tampilan foto, hingga membuat media promosi. Semua bisa dilakukan.

Aplikasi ini tidak mengharuskan pengguna untuk membayar. Hal ini, tentu terasa sangat memudahkan. Pengguna bisa membuat media iklan secara gratis dari nol. Jika pengguna merasa kesulitan, berbagai template yang disediakan oleh Canva bisa dimanfaatkan.

Dalam aplikasi ini, pengguna bisa menambahkan berbagai foto dan tulisan. Item-item yang disediakan juga bisa dimanfaatkan. Selain itu, Canva dilengkapi dengan bantuan penataan halaman sehingga pengguna tak perlu khawatir miring atau tidak seimbang.

3. Brochure Maker

Sesuai dengan namanya, Brochure maker menjadi aplikasi pembuat iklan gratis yang pastinya banyak dicari oleh para pengusaha. Aplikasi ini dikhususkan untuk para pengguna yang ingin membuat desain poster untuk produknya.

Banyak sekali template desain yang bisa dimanfaatkan di aplikasi ini. Adanya template brosur di aplikasi ini menghilangkan kekhawatiran pengguna akan warna dan komposisi yang tidak seimbang.

Pada Brochure Maker, pengguna juga akan diberi petunjuk untuk membuat brosur promosi yang baik. Berbagai model brosur yang disediakan bisa dipilih oleh pengguna. Jadi, pengguna bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan promosi yang akan dilakukan.

4. Adobe InDesign

Di nomor empat ada lagi satu aplikasi yang berasal dari Adobe Creative. Jika tadi sudah dibahas tentang Adobe Express, kali ini aplikasinya bernama Adobe InDesign. Aplikasi ini, juga akan membantu pengguna untuk mendesain poster atau brosur promosinya sendiri.

Jika dibandingkan dengan Adobe Express, InDesign menjadi versi lebih profesionalnya. Pengguna bisa membuat desain brosur dengan berbagai item yang bisa ditambahkan. Jangan khawatir, pengguna juga bisa mengimpor file dari komputer. Fitur ini membuat pengguna semakin bebas mengkreasikan segala sesuatu untuk promosinya.

Hanya saja, Adobe InDesign lebih mengincar para desainer profesional. Fiturnya terhitung lebih banyak namun tidak semua bisa digunakan. Lalu, untuk fitur yang gratis juga tidak seluas yang dimiliki oleh Adobe Express.

5. Vista Create

Aplikasi pembuat iklan gratis yang selanjutnya adalah Vista Create. Aplikasi ini dikhususkan untuk pengguna yang memang ingin membuat poster atau brosur untuk promosi. Beragam desain bisa dibuat dengan aplikasi ini.

Ada beberapa template yang ditawarkan dan bisa digunakan oleh pengguna secara gratis. Pengguna tinggal mengganti teks dan gambarnya dengan gambar milik pengguna. Item yang bisa ditambahkan juga tersedia, tanpa harus membayar untuk fitur ini.

Pengguna juga bisa memilih untuk menggunakan halaman kosong. Dengan fitur ini jadi lebih bebas mendesain media iklannya. Kemudian, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur Brand Kit yang melengkapi keperluan pengenalan produk yang ditawarkan.

6. Poster Maker

Selanjutnya ada aplikasi Poster Maker yang juga bisa dimanfaatkan untuk membuat media iklan. Aplikasi ini dikhususkan untuk pengguna yang ingin membuat poster untuk media iklannya. Pengguna bisa mendapatkan berbagai item dan mengimpor media dari perangkat. 

Dari aplikasi ini, pengeditan gambar yang diimpor juga bisa langsung dilakukan. Tak perlu susah-susah menginstal aplikasi lain untuk mendukung pengeditan gambarnya. Hanya membutuhkan satu aplikasi, desain dan pengeditan bisa dilakukan disini semua.

Tak perlu khawatir soal menyebarkan media iklan yang sudah dibuat. Poster pengguna bisa langsung dibagikan melalui beberapa media sosial yang terhubung dengan aplikasi ini. Selain itu, pengguna bisa menyimpannya ke perangkat untuk disebarkan ke berbagai media sosial lainnya.

7. Ad Maker 

Ad Maker menjadi aplikasi pembuat iklan gratis yang banyak diandalkan oleh pengguna. Bagaimana tidak, aplikasi ini sudah membantu banyak pengguna untuk mewujudkan desain media promosi yang diinginkan. Penggunaanya yang mudah juga menjadikannya aplikasi andalan.

Kelihatannya, aplikasi ini sama saja dengan aplikasi pengeditan lainnya. Namun, aplikasi ini tentu memiliki kelebihan. Karena aplikasi ini terfokus pada pembuatan media iklan maka, aplikasi Ad Maker didukung oleh lebih banyak fitur untuk kepentingan pengiklanan.

8. Visme

Yang terakhir adalah aplikasi pembuat iklan gratis bernama Visme. Aplikasi ini memiliki tampilan seperti aplikasi edit lainnya. Banyak yang memanfaatkan fitur dasar pengeditannya untuk membuat media promosi pada aplikasi ini.

Pengguna tak perlu khawatir soal komposisi. Banyak template gratis yang bisa dimanfaatkan. Selain membantu pengguna mengatur komposisi, fitur ini membuat pengguna yak perlu melakukan pendesainan yang panjang.

Setelah desain media iklan selesai dibuat, bisa melakukan preview tampilan brosur yang dibuat. Dengan begitu bisa segera menemukan kesalahan pada desainnya. Setelah itu, pengguna bisa langsung membagikannya atau menyimpannya di perangkat.

Banyaknya aplikasi pembuat iklan gratis yang tersedia sekarang semakin memudahkan para pengusaha. Dari segi dana, tidak perlu ada pengeluaran khusus hanya untuk mempromosikan barang atau jasa yang dijajakan. Hal ini akan membantu pengusaha yang masih merintis.

Semua aplikasi memiliki kelebihan yang tentu akan dilihat oleh pengguna. Untuk itu, pembahasan dalam artikel ini mungkin akan sangat berguna. Dari setiap preview dan reviewnya akan diketahui aplikasi mana yang paling cocok untuk membuat iklan.

Kemudahan untuk menyebarkan melalui platform daring juga mendukung luasnya promosi yang dilakukan. Promosi digital sekarang dianggap paling ampuh dalam memperkenalkan usaha ke khalayak luas. Untuk itu, segera buat iklan dan sebarkan di platform digital dengan jangkauan yang luas.