free page hit counter
lowongan kerja online untuk pelajar smp

7 Lowongan Kerja Online Untuk Pelajar SMP Bisa Dipertimbangkan

Artikel diperbarui pada 5 Desember 2022.

Saat ini yang ingin kerja memang bukan hanya yang dewasa saja, namun lowongan kerja online untuk pelajar SMP juga banyak dicari. Sayangnya kebanyakan lowongan diperuntukkan bagi yang sudah besar, sebab menganggap bahwa anak SMP ini masih terlalu kecil. 

Namun bukan berarti tidak ada lowongan untuk anak SMP. Sebab jika memang ingin bekerja, maka selalu ada jalan yang baik. Tapi perlu diingat, bahwa lowongan pekerjaan bukan berarti harus melamar pekerjaan ke pemilik usaha. Namun  bisa dengan menciptakan lowongan untuk sendiri. 

Jadi kali ini akan diuraikan lowongan atau pekerjaan yang cocok bagi anak SMP. Tentu dengan mempertimbangkan masa belajar, sehingga tidak terganggu. Adapun berikut beberapa rekomendasinya:

1. Admin Online Service 

Dari salah satu penyedia lowongan pekerjaan online, lowongan yang ditawarkan untuk anak SMP adalah sebagai admin online Service. Di Indeed sendiri, lowongan seperti ini ada beberapa sekaligus. Namun tentu, jika ingin bekerja seperti ini harus memilih perangkat yang memadai. 

Setidaknya jika tidak memiliki PC atau laptop, maka usahakan untuk menggunakan hp dengan ram yang tinggi. Sehingga pekerjaan menjadi admin pun tidak akan terhambat. Pekerjaan menjadi admin online sendiri cukup mudah, karena bisa dilakukan paruh waktu. 

Biasanya yang butuh dengan admin adalah toko online, yang juga tentunya memasarkan bisnisnya melalui situs online. Sehingga tugas yang diberikan untuk admin ini adalah untuk membalas pesan yang masuk. Tentu pekerjaan ini tergolong ringan, yang terpenting cakap dalam berbicara. 

2. Responden Survei Online 

Lowongan kedua yang sekiranya bisa diambil oleh anak SMP adalah lowongan sebagai responden Survei online. Saat ini memang ada banyak survei-survei yang menyediakan banyak pertanyaan. Semakin banyak survei yang diikuti, maka semakin banyak pula gaji yang didapat. 

Namun selain mengikuti situs online yang mungkin akan sedikit membingungkan, ada beberapa perusahaan yang membuka lowongan seperti itu. Mungkin tujuannya adalah untuk survei produk atau program yang dimiliki. Sehingga memang membuka lowongan untuk ini. 

Selain itu, dengan mendaftar lowongan ini bayaran yang akan didapatkan jauh pasti dalam setiap bulannya. Tidak seperti saat mengikuti survey di berbagai situs, yang kadang tidak selalu setiap hari ada survei yang bisa diikuti. Jadi bisa coba cari lowongan online. 

3. Content Moderator 

Pada urutan ketiga ada lowongan kerja online untuk pelajar SMP yang juga masih berbasis online yakni sebagai Content Moderator. Biasanya lowongan ini bekerja di bidang konten yang lebih sering di Facebook. Jadi, biasanya bekerja untuk mengatur postingan yang ada di group. 

Dalam group, kadang memang ada grup tertutup yang mengharuskan admin dan juga moderator untuk menyetujui orang yang akan bergabung. Tak hanya itu, moderator juga berperan untuk menyetujui content yang diunggah pada  group itu. Sehingga  harus teliti akan peraturan group. 

Untuk mendapatkan lowongan ini bisa coba untuk mengikuti lowongan online atau freelance yang diadakan di Facebook. Atau bisa juga dengan mengikuti situs penyedia lowongan secara online. Hal ini bisa dilakukan, jika memang di sekitar tempat tinggal tidak ada penyedia lowongan.

4. Seles Online 

Pada urutan keempat lowongan yang bisa diambil oleh anak SMP adalah sales online. Biasanya pekerjaan ini tidak mengharuskan ijazah, sehingga siapa saja yang melamar kemungkinan akan diterima. Untuk pekerjaan yang dijalankan sendiri juga bisa melalui smartphone. 

Sehingga dengan mengambil pekerjaan seperti ini aktivitas sekolah yang telah dijalani juga tidak akan terganggu. Sebab pekerjaan ini bersifat freelance, sehingga bisa dijalankan kapan saja dan dimana saja. Untuk bayaran yang ditawarkan untuk pekerjaan ini pun, cukup beragam. 

Biasanya bayaran yang ditawarkan untuk sales online adalah seberapa banyak barang yang telah dijual. Sagai sales online tentu yang harus dilakukan salah aktif di media sosial. Tentu, karena semakin banyak yang mengenal produk, semakin banyak pula yang membelinya.

Biasanya lowongan ini banyak tersedia, dan banyak ditawarkan di lama Facebook. Namun kebanyakan bisnis yang ditawarkan adalah bisnis MLM, dengan kata lain sales online berarti sebagai reseller. Namun jika memang memiliki skil sales, maka tak ada salahnya mencoba. 

5. Content Creator Atau Content Writer 

Saat ini memang ada banyak lowongan kerja online untuk pelajar SMP yang berbasis online. Sebab itu, perlu dimanfaatkan karena bagaimanapun pekerjaan seperti ini tergolong ringan. Untuk pekerjaan sebagai content creator atau content writer biasanya digunakan untuk pemilik blog. 

Untuk pekerjaannya sendiri untuk content creator adalah dengan membuat video atau mengedit video dan segala macam. Yang intinya adalah merencanakan konten yang akan ditampilkan pada sebuah blog. Sehingga memang membutuhkan skil mengedit. 

Jika tak memiliki skill mengedit namun memiliki skil untuk menulis, maka bisa menjadi content writer. Kadang memang ada yang membuka lowongan seperti ini. Biasanya juga pembuka lowongan ini akan meminta untuk membuatkan tulisan yang sesuai tema yang diminta. 

6. Penulis Lepas

Lowongan selanjutnya yang baik diambil oleh pelajar SMP adalah menjadi penulis lepas. Biasanya menjadi penulis lepas adalah dengan membuat sebuah artikel, entah itu secara individu atau sebagai penulis lepas dari sebuah perusahaan. Namun memang lebih baik jika menulis untuk perusahaan. 

Apalagi bagi yang hobi dalam menulis, maka semakin tinggi pula tingkat keberhasilan sebagai penulis lepas. Untuk lowongannya sendiri bisa coba cari di situs penyedia loker. Namun kadang di group freelance yang ada di Facebook, banyak membuka lowongan Serupa. 

Untuk gaji yang akan didapatkan untuk pekerjaan ini juga relatif aman untuk seorang pelajar SMP. Namun biasanya bayaran yang akan diberikan ini tergantung kemampuan dalam menulis. Sehingga semakin banyak yang ditulis, maka semakin banyak pula gaji yang didapatkan. 

7. Input Data

Ketujuh ada lowongan kerja online untuk pelajar SMP yang bekerja untuk menginput data. Tentunya lowongan seperti ini cukup ringan jika dikerjakan untuk anak sekolah. Apalagi jika memang memiliki perangkat yang memadai juga sinyal yang oke di wilayah tersebut. 

Untuk fee yang akan didapatkan dari pekerjaan ini juga relatif tinggi apalagi untuk ukuran anak SMP. Meski begitu biasanya bayaran atau fee yang akan didapatkan ini tergantung dari data yang berhasil diinput. Semakin banyak data dikerjakan, semakin tinggi pula gajinya. 

Tentu untuk jenis lowongan seperti ini tidak semua menyediakan dan tergolong cukup susah untuk mencari. Namun pada dasarnya banyak web yang menyediakan lowongan ini untuk dipartisipasi. Diantara websitenya adalah sribulabcer.com, seribu.com, Project.co.id, upwork.con dan beberapa website penyedia lain. 

Demikian adalah uraian mengenai tujuh lowongan kerja online untuk pelajar SMP yang bisa dijadikan sebagai referensi saat akan mencari pekerjaan. Semua yang disarankan di atas adalah berupa lowongan online. Sehingga akan lebih mudah dalam melamar pekerjaan yang sekiranya diinginkan.

Dari ketujuh lowongan yang telah disebutkan, bisa coba cari lowongan mana yang sekiranya cocok. Jangan terlalu memaksakan sesuatu pekerjaan jika itu bukan keahliannya. Sebab justru akan merasa berat bahkan merasa terbebani dan mengalami kesulitan dalam bekerja.