free page hit counter
transfer livin mandiri gagal tapi saldo berkurang

Penyebab Transfer Livin Mandiri Gagal Tapi Saldo Berkurang serta Cara Mengatasinya

Artikel diperbarui pada 26 Januari 2023.

Bank Mandiri sekarang ini mempunyai sebuah aplikasi yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan transfer tanpa harus ke ATM, nama aplikasi tersebut adalah Livin Mandiri. Namun, banyak yang mengalami transfer Livin Mandiri gagal tapi saldo berkurang dan tentunya akan membuat nasabah bingung.

Ada berbagai penyebab mengapa hal tersebut bisa terjadi. Tentunya bisa disebabkan dari sistem atau si pengguna itu sendiri. Untuk mengatasi masalah tersebut tentu harus diketahui penyebabnya terlebih dahulu. Supaya, mendapat penanganan yang tepat dan juga sesuai.

Di sini akan dibahas mengenai penyebab dan juga cara untuk mengatasinya dengan tepat, mudah, dan juga cepat. Sehingga, tidak akan membuat pengguna atau nasabah yang mengalami hal tersebut menjadi kebingungan.

Berikut akan dijabarkan dengan lebih detail beberapa penyebab dan cara untuk mengatasinya. Untuk lebih jelasnya, simak uraian berikut:

Penyebab Transfer Livin Mandiri Gagal Tapi Saldo Berkurang

Ada beberapa penyebab mengapa transfer Livin Mandiri gagal tapi saldo berkurang yang umum terjadi. Di bawah ini akan dijelaskan dengan lebih dalam mengenai penyebab yang kerap terjadi di dalam permasalahan tersebut. Jika ingin mengetahui informasi lebih detailnya, maka lihat saja ulasan berikut:

1. Gangguan Sistem

Untuk penyebab yang pertama yaitu bisa saja ada gangguan sistem yang sedang terjadi di Bank Mandiri. Hal tersebut bisa juga menjadi penyebab gagal transfer tapi saldo malah berkurang. Biasanya hal tersebut tidak akan berlangsung lama dan bank segera akan melakukan perbaikan.

Apabila penyebab ini yang terjadi maka nasabah tidak bisa melakukan apapun, kecuali menunggu hingga sistemnya berhasil diperbaiki. Umumnya setelah sistem normal kembali, uang yang gagal ditransfer tadi akan kembali ke rekening pengirim.

2. Kondisi Bank Offline

Penyebab yang kedua adalah si pengirim atau nasabah melakukan transfer saat bank sedang dalam keadaan offline. Kondisi tersebut bisa juga menjadi penyebab transfer Livin Mandiri gagal tapi saldo berkurang. Jadi, sebaiknya lakukan transfer saat jam kerja saja.

Pada saat melakukan transfer pada saat jam kerja, biasanya sistem akan berjalan dengan lancar. Selain itu, jika ada kendala pun pasti akan langsung ditangani dengan cepat. Jadi, pastikan untuk melakukan transfer pada saat bank sedang dalam keadaan online.

3. Gangguan Internet

Ternyata penyebab dari gagal transfer tetapi saldo tetap berkurang tidak hanya datang dari internal saja. Bisa saja disebabkan oleh penyebab dari luar, misal gangguan internet. Jaringan yang tidak stabil juga bisa menjadi penyebab utama dari permasalahan tersebut.

Jadi, saat akan melakukan transfer menggunakan Livin Mandiri pastikan jaringan yang digunakan stabil. Supaya, proses transfer dapat berjalan dengan lancar. Karena, hal tersebut sangat berpengaruh sekali dalam proses transfer menggunakan aplikasi.

4. Transfer Saat Jam Sibuk

Penyebab yang selanjutnya mungkin saja saat transfer pada saat jam sibuk. Biasanya jam sibuk terjadi karena pengguna dari Livin Mandiri melakukan transfer pada saat jam yang sama. Hal tersebut bisa menjadi penyebab gagal transfer namun saldo tetap berkurang.

Untuk menghindari hal tersebut sebaiknya transfer pada saat jam santai. Biasanya pada saat sore hari atau malam hari. Jam sibuk terjadi biasanya pada pagi hingga siang hari. Jadi, hindari jam-jam tertentu untuk menghindari gagal transfer.

5. Cuaca Buruk

Pada penyebab yang terakhir adalah bisa jadi karena cuaca yang sedang buruk. Meskipun sepele tetapi ternyata bisa menjadi penyebab dari masalah tersebut. Cuaca yang sedang buruk bisa menjadi penyebab aplikasi tidak bisa berjalan dengan baik.

Apabila hal ini yang menjadi penyebab maka si nasabah bisa menunggu hingga cuaca membaik. Jika cuaca sudah membaik maka bisa melakukan transfer ulang. Namun, pastikan dahulu saldo yang berkurang tadi sudah kembali lagi.

Cara Mengatasi Transfer Livin Mandiri Gagal Tapi Saldo Berkurang

Apabila sudah mengetahui penyebab dari transfer Livin Mandiri gagal tapi saldo berkurang, maka saatnya untuk mengetahui cara untuk mengatasi masalah tersebut. Nasabah dapat memanfaatkan metode berikut jika saldo yang berkurang tadi tak kunjung kembali. Inilah cara untuk mengatasinya:

1. Simpan Bukti Transaksi

Untuk yang pertama yaitu dengan menyimpan bukti dari transaksi yang gagal tadi. Hal ini sangat penting sekali dan bisa menjadi bukti yang valid. Inilah cara untuk menyimpan bukti transaksi:

  • Bukalah aplikasi Livin Mandiri dan masuklah dengan menggunakan akun yang digunakan untuk transfer tadi.
  • Lalu bukalah riwayat transfer yang gagal tadi.
  • Simpanlah bukti tersebut dengan cara sistem tangkap layar di ponsel.
  • Kemudian simpan bukti tersebut dengan baik.
  • Bukti tersebut nantinya akan diserahkan kepada pihak bank.

2. Minta Mutasi Rekening Penerima

Selain bukti dari pengirim, perlu juga bukti dari si penerima. Sehingga, bukti akan menjadi lebih kuat dan proses mengatasinya pun akan lebih cepat. Berikut cara untuk meminta mutasi rekening penerima:

  • Hubungi penerima yang tadinya akan dilakukan transfer.
  • Lalu mintalah mutasi rekening dari si penerima tersebut.
  • Penerima bisa meminta langsung ke bank atau bisa juga melalui riwayat aplikasi.
  • Kemudian simpanlah mutasi rekening tersebut dengan baik.
  • Bukti mutase ini juga akan diserahkan ke pihak bank.

3. Buat Laporan

Apabila semua bukti sudah terkumpul, maka buatlah laporan mengenai transfer Livin Mandiri gagal tapi saldo berkurang tersebut. Cara untuk membuat laporannya bisa dengan cara di bawah ini:

  • Kunjungi kantor Bank Mandiri terdekat.
  • Jangan lupa untuk membawa KTP, buku tabungan, dan juga bukti yang sudah dipersiapkan tadi.
  • Buatlah laporan di bagian customer service dan sampaikan keluhan dengan jelas, baik, dan informatif.
  • Biasanya CS akan melayani dengan baik dan langsung menangani masalah dengan baik.
  • Umumnya proses kerjanya membutuhkan waktu 7 hingga 14 hari.

4. Cek Rekening

Setelah membuat laporan ke pihak bank, nasabah tinggal menunggu hingga hasilnya keluar. Biasanya uang akan ditransfer kembali ke pihak pengirim. Inilah cara untuk mengecek rekening secara rutin:

  • Masuklah ke dalam aplikasi Livin Mandiri menggunakan akun yang benar.
  • Lalu cek atau periksa saldo yang berkurang tadi apakah sudah kembali atau belum.
  • Apabila sudah kembali maka nasabah bisa melakukan transfer ulang ke penerima.
  • Jika belum kembali juga maka segera hubungi kembali CS dari Bank Mandiri tersebut.
  • Kemudian lakukan pengecekan dengan rutin agar bisa mengetahui perkembangannya.

Jadi, itulah penyebab serta cara mengatasi transfer Livin Mandiri gagal tapi saldo berkurang dengan benar. Tentunya ketahui terlebih dahulu penyebabnya agar bisa mengatasi permasalahan dengan tepat.

Apabila mengalami masalah di atas, maka sudah tak perlu khawatir lagi. Karena, sudah mengetahui penyebab umumnya dan juga cara untuk mengatasinya dengan mudah. Nasabah pun menjadi tenang dan masalah bisa selesai dengan cepat tanpa harus khawatir lagi.

Jika mengalami hal di atas, maka langsung saja diatasi sesuai dengan metode yang sudah dijabarkan sebelumnya. Karena, jika terlalu lama maka prosesnya pun tentu akan lebih lama. Namun, yang harus diingat sesuaikan dengan penyebab dari masalah yang terjadi.