free page hit counter
livin mandiri tidak bisa transfer ke bri

Ketahui Penyebab Livin Mandiri Tidak Bisa Transfer ke BRI Serta Solusinya

Kenapa Livin Mandiri tidak bisa transfer ke BRI? Mungkin pengguna pernah mengalami masalah demikian dimana cukup mengganggu padahal sedang dibutuhkan. Misal untuk membayar belanja online atau promo yang harus segera dibayarkan.

Sebenarnya setiap nasabah bisa melakukan pengiriman melalui Livin Mandiri ke bank manapun. Jika mengalami kendala, maka kemungkinan ada penyebabnya. Terdapat banyak pemicu yang membuat hal tersebut terjadi. Entah karena kesalahan pengguna, ataupun memang aplikasi sedang mengalami trouble.

Bagi yang belum tahu apa itu Livin? Livin adalah Mobile Banking yang diluncurkan oleh Bank Mandiri untuk memberi kemudahan nasabah dalam bertransaksi.

Namanya terhubung dengan internet, kegagalan ketika bertransaksi pasti pernah dialami. Apabila nasabah mengalaminya, silahkan baca ulasan berikut untuk mengetahui penyebab serta cara mengatasinya supaya berhasil.

Penyebab Livin Mandiri Tidak Bisa Transfer ke BRI dan Bank Lainnya

Untuk mendapatkan solusinya, maka pengguna harus mengetahui penyebab dari permasalahan tersebut terlebih dahulu. Namun, penyebab yang akan dijelaskan selanjutnya ini berlaku pula untuk seluruh bank. Jadi tidak hanya untuk Livin Mandiri yang tidak bisa transfer ke BRI saja.

Karena pada dasarnya Mandiri memang melayani pengiriman uang ke bank apapun bahkan ke saldo digital seperti OVO, DANA, ShopeePay, dan semacamnya. Berikut penyebab yang sering terjadi:

1. Koneksi Internet Buruk

Alasan yang paling sederhana tetapi berpengaruh kenapa Livin Mandiri tidak bisa transfer ke BRI adalah karena buruknya koneksi internet. Sesuai dengan namanya, Mobile Banking dari bank Indonesia yang terkenal ini menggunakan sambungan internet.

Apabila jaringan sedang lemah, maka tidak menutup kemungkinan proses transaksi akan gagal. Meski sebenarnya di beberapa aplikasi terdapat lampu indikasi yang menginformasikan kualitas internet. Jika berwarna merah, maka pengguna tidak bisa melanjutkan aktivitas di dalamnya sampai lampu menyala hijau.

2. Nomor Rekening Tujuan Transfer Salah

Sama halnya seperti di mesin ATM yang mana harus memasukkan kode yang sesuai dengan rekening tujuan. Melakukan transfer melalui M-Banking pun harus memasukkan kode tujuan. Jika salah, maka nasabah tidak bisa mengirimkan uang tersebut.

Apalagi bila ditambah dengan salah memasukkan nomor rekening tujuan. Karena aplikasi akan mendeteksi setiap nomor rekening secara otomatis. Perlu diketahui pula bahwa tombol transfer di mesin ATM dengan M-Banking terdapat perbedaan. Dimana menu transfer ke bank sama dan bank berbeda tidaklah sama.

3. Saldo Kurang / Tidak Cukup

Hampir seluruh bank menerapkan biaya transaksi jika berbeda bank tujuan termasuk Mandiri. Dan alasan ketiga Livin Mandiri tidak bisa transfer ke BRI yakni mungkin saja disebabkan oleh saldo yang tidak mencukupi.

Kurang seribu saja, maka prosesnya akan otomatis gagal. Misalkan nasabah ingin mengirim ke bank BRI dengan nominal 100 ribu. Uang yang seharusnya tersisa adalah sebesar RP.157. 500. Dengan uraian berikut:

  • 100 ribu untuk transfer.
  • 50 ribu yakni uang yang harus mengendap.
  • 7500 untuk biaya transaksi.

4. Limit Transfer Habis

Nasabah khususnya pemula mungkin belum mengetahui bila ternyata setiap M-Banking menerapkan sistem limit transfer. Untuk jumlahnya tergantung dari kebijakan setiap perusahaan keuangan dan batasan tersebut berlaku untuk jumlah aktivitas serta nominal pengiriman.

Pada Bank Mandiri, limit juga ditentukan oleh jenis ATM yang digunakan. Apabila sudah habis, maka kegiatan transfer tidak dapat dilakukan.

5. Error & Gangguan

Alasan terakhir yang menjadi pemicu Livin Mandiri tidak bisa transfer ke BRI atau bank lainnya yakni aplikasi sedang gangguan. Bisa karena sedang diperbaiki atau terdapat masalah. Tidak hanya gagal ketika melakukan transaksi, terkadang aplikasi M-Banking Mandiri tidak dapat diakses.

Cara Mengatasi Livin Mandiri Tidak Bisa Transfer ke BRI

Setelah mengetahui pemicu yang menjadi penyebab Livin Mandiri tidak bisa transfer ke BRI atau bank lain, maka sekarang saatnya membahas cara mengatasinya. Tentu saja berdasarkan dari penyebab yang telah dijelaskan sebelumnya. Adapun cara mengatasinya adalah sebagai berikut:

1. Ganti Koneksi Internet

Cara pertama yang dapat dilakukan apabila ternyata masalah terjadi pada gangguan internet adalah dengan mengganti sambungan. Bisa dengan jaringan WiFi yang lebih lancar atau mencari tempat yang memiliki sinyal kuat. Setelah itu, maka proses akan berhasil.

2. Cek Nomor Rekening Tujuan

Lain halnya jika ternyata terdapat kesalahan dari nomor rekening, maka nasabah perlu memasukkan dengan benar. Apabila masih tetap belum berhasil, silahkan minta pemilik nomor rekening untuk mengecek ulang. Mungkin saja salah tulis.

Jika sudah, pastinya akan terkirim. Jangan lupa pula untuk memilih menu khusus transfer ke bank lain. Bukan sesama Bank Mandiri karena fungsinya tak sama.

3. Pastikan Saldo Cukup

Mengecek saldo sangatlah penting supaya prosesnya tidak gagal. Untuk hitungannya seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Hitung pula saldo mengendap dan biaya transaksi dengan nominal yang akan dikirim. Apabila cukup, pasti tidak akan gagal. Silahkan isi jika masih kurang.

4. Cek Limit Transfer

Sebelum mengirim uang melalui Mobile Banking, pastikan untuk mengecek berapa limit transaksi yang diterapkan beserta nominalnya. Hal ini akan meminimalisir terjadinya masalah tidak bisa transfer karena kehabisan limit.

Tanyakan langsung ke customer service atau cari informasinya melalui website resminya. Boleh juga artikel lain yang membahas atau melihat history pengiriman di aplikasi.

5. Tunggu Sistem / Server Kembali Normal

Namun, jika masalahnya bersumber dari pihak pemberi layanan, maka pengguna harus menunggu dengan sabar sampai proses perbaikan selesai. Untuk memastikan berapa lamanya atau sekedar menginformasikan, silahkan hubungi call centre Mandiri dengan kontak di bawah:

  • Email ke mandiricare@bankmandiri.co.id.
  • Nomor telepon yakni 14000.
  • Kunjungi situsnya di bankmandiri.co.id.
  • Ada pula layanan lewat Twitter dengan akun @mandiricare.
  • WhatsApp ke 0881 184 14000 agar lebih mudah.
  • Telegram dengan nomor yang sama dengan WA.
  • Akun Facebook yakni https://www.facebook.com/bankmandiricare

Kenapa Livin Mandiri Tidak Bisa Transfer ke BRI atau Bank Lain?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya alasan kenapa Livin tidak bisa melakukan transaksi ke bank apapun termasuk BRI karena terdapat penyebabnya. Untuk penyebab sudah diulas di atas beserta solusinya. Jadi, pastikan mengecek seluruh pemicu, kemudian ikuti langkah mengatasinya setelah menemukan masalahnya.

Dijamin nantinya akan berhasil kecuali ternyata ada penyebab lain yang mengharuskan mengurus langsung ke kantor Mandiri paling dekat. Misal nomor rekening sedang diblokir, masa berlaku sudah berakhir atau masalah lainnya. Tanyakan langsung untuk mengetahuinya dengan jelas kepada pihak layanan.

Bagaimana? Sudah bisa mengatasi Livin Mandiri tidak bisa transfer ke BRI atau bank lain. Semoga saja penjelasan dalam artikel ini dapat membantu nasabah dalam menemukan solusi terbaiknya.

Disarankan untuk menghubungi via Twitter, jika memang tidak mempunyai telepon rumah untuk meminta bantuan. Karena biasanya tanggapannya lebih cepat. Caranya bisa dengan mengirim langsung lewat DM atau membuat Tweet.

Sebenarnya ini berlaku pula untuk masalah apapun. Sebab Twitter merupakan aplikasi yang cukup aktif digunakan setiap pengusaha dengan bidang apapun termasuk keuangan seperti Mandiri.