free page hit counter
asuransi covid untuk perjalanan ke malaysia

Mengenal Asuransi Covid untuk Perjalanan ke Malaysia Serta Tips Memilihnya

Artikel diperbarui pada 23 November 2022.

Asuransi Covid untuk perjalanan ke Malaysia sudah tidak lagi diperlukan. Hal itu dikarenakan pemerintah Malaysia sudah membuka akses untuk wisatawan mancanegara berlibur ke Malaysia. Wisatawan yang berlibur tidak perlu lagi melakukan karantina jika sudah mendapatkan vaksinasi ketiga Covid-19.

Namun sangat disarankan bagi para wisatawan untuk tetap mempersiapkan asuransi perjalanan tersebut. Pasalnya jika wisatawan terdeteksi memiliki gejala virus Covid, maka akan dibawa ke fasilitas Kesehatan terdekat. Jika hal tersebut terjadi, maka biaya perawatannya dapat ditanggung oleh asuransi tersebut.

Hal itu dapat meringankan biaya lebih yang harus dikeluarkan oleh wisatawan selama di Malaysia. Wisatawan pun harus tetap mengikuti aturan serta syarat yang berlaku di Malaysia meski sudah ada di fase pasca pandemi.

Apa Itu Asuransi Covid?

Maksud dari asuransi Covid yaitu asuransi jiwa ataupun asuransi kesehatan yang menanggung biaya ketika nasabah terkena virus Covid-19. Asuransi ini sangat berguna sekali jika ingin melakukan perjalanan ke luar negeri. Wisatawan harus memeriksa perusahaan asuransi mana saja yang terdaftar di Malaysia.

Kenapa? Untuk memastikan bahwa asuransi tersebut dapat digunakan di negara yang dikunjungi. Saat ini wisatawan sudah bisa membeli asuransi secara online. Ada beberapa rekomendasi asuransi Covid untuk ke Malaysia, yaitu Tune Protect (Covid Travel Pass+), Lifepal, dan Zurich Travel Insurance.

Seperti asuransi lainnya, asuransi Covid ini juga harus membayarkan premi setiap bulannya tergantung kebijakan polis dari asuransinya. Setiap asuransi memiliki kebijakan polis dan benefit yang berbeda-beda, maka dibutuhkan ketelitian serta pengetahuan yang cukup agar sesuai dengan kebutuhan.

Pentingnya Asuransi Covid untuk Perjalanan ke Malaysia

Saat ini merupakan masa peralihan dari pandemi ke pasca pandemi. Semua negara termasuk Malaysia sudah mulai membuka penerbangan bagi wisatawan asing yang ingin berkunjung kesana. Pemerintah Malaysia sudah sedikit memperlonggar aturan memakai masker.

Agar wisatawan merasa lebih aman lagi, disarankan untuk wisatawan membuat asuransi perjalanan. Meskipun saat ini sudah tidak diperlukan lagi asuransi Covid, tapi tidak ada salahnya untuk berjaga-jaga. Selain asuransi Covid, wisatawan juga bisa mendaftar asuransi lainnya selama berwisata.

Asuransi tidak hanya mengcover biaya di bidang Kesehatan, tapi juga mengantisipasi resiko kehilangan harta benda, pesawat terlambat dan lainnya. Jika kejadian itu terjadi maka asuransi akan memberikan uang kompensasi untuk mengatasi hal tersebut. Selanjutnya akan dibahas mengenai manfaat asuransi Covid.

Inilah Manfaat Asuransi Covid untuk Perjalanan ke Malaysia

Dari yang sudah dijelaskan sebelumnya ada banyak manfaat dari memiliki asuransi Covid ataupun asuransi lainnya. Meskipun sudah mendapatkan vaksinasi Covid atau melakukan persiapan lainnya tidak menutup kemungkinan nantinya terjadi hal buruk. Selanjutnya akan dijelaskan manfaat dari asuransi sebagai berikut:

1. Dapat Menekan Anggaran Darurat

Dengan memiliki asuransi dapat menekan biaya-biaya darurat yang harus dikeluarkan sehingga dapat disalurkan untuk kebutuhan lain selama di tempat wisata. Mengapa bisa seperti itu? Karena asuransi akan mengcover biaya dan memberi uang kompensasi jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

Apalagi biaya untuk pengobatan Covid-19 sangatlah mahal. Di rumah sakit swasta Malaysia itu sendiri berkisar mulai dari Rp 7 juta per hari untuk kasus yang ringan. Jika untuk kasus berat dan membutuhkan alat bisa mencapai Rp 30 juta per hari.

2. Dapat Mengurangi Pengeluaran Mendadak

Selama bepergian pasti tidak pernah luput dari persiapan. Hal itu dilakukan karena untuk meminimalisir hal-hal yang tidak bisa dikontrol, misalnya resiko kecelakaan, jadwal pesawat berubah, dan lainnya. Kejadian buruk tersebut dapat menguras uang, apalagi biaya di Malaysia cukup tinggi.

3. Dapat Melindungi Keuangan Keluarga Tertanggung

Resiko kecelakaan dapat mengakibatkan cacat dan juga kematian. Hal ini sangat berdampak kepada keluarga yang ditinggalkan. Apalagi yang menjadi korban adalah tulang punggung keluarga, pastinya akan mempengaruhi keuangan keluarganya. Asuransi yang ada di Malaysia dapat memberikan uang ke keluarga korban.

Uang tersebut berupa uang santunan sesuai dengan aturan polis yang berlaku di asuransi tersebut. Jelas sekali bahwa asuransi sangat membantu ketika melakukan perjalanan kemanapun yang memiliki resiko.

4. Dapat Mengamankan Pemilik Asuransi Jika Ada Kondisi Darurat

Seperti yang sudah dibilang sebelumnya, setiap perjalanan terdapat resiko. Terkadang ada satu hari dimana terjadi situasi darurat, seperti kerusuhan, atau huru-hara. Belum tentu uang yang tersisa siap untuk membeli tiket pulang ke Indonesia ataupun mengcover kebutuhan medis jika terjebak di sana.

Jika sudah terjadi hal demikian pastinya asuransi akan sangat membantu sekali. Asuransi di Malaysia juga dapat menanggung biaya evakuasi darurat jika ada terjadi kerusuhan atau yang lainnya. sehingga membuat pemilik asuransi menjadi lebih tenang dan berlibur jadi semakin enjoy.

Tips Memilih Asuransi Covid untuk Perjalanan ke Malaysia yang Tepat

Sebelum wisatawan memilih asuransi sebaiknya untuk melihat kebijakan polis, reputasi perusahaannya, dan limit yang diberikan agar mendapatkan pelayanan asuransi terbaik. Berikut akan dijelaskan tips-tips untuk memilih asuransi Covid yang baik:

1. Wisatawan Harus Membaca Kebijakan Polis dengan Teliti

Sebelum menandatangani persetujuan polis sebaiknya para wisatawan membaca polis tersebut dengan teliti. Seringkali pihak asuransi menolak klaim yang nasabah ajukan karena tidak sesuai dengan persetujuan polis yang telah disepakati. Terutama pada bagian resiko yang ditanggung serta nilai kompensasi yang diberikan.

2. Wisatawan Harus Menghitung Limit Asuransi

Selain membaca polis dengan teliti wisatawan juga harus menghitung limit asuransi untuk memastikan bahwa limit tersebut sesuai dengan kebutuhan. Wisatawan harus mencari kisaran biaya perawatan Covid-19 di Malaysia untuk menyesuaikan limit asuransi yang dipilih.

Usahakan untuk memilih limit asuransi lebih tinggi dari estimasi biaya perawatan Covid untuk meminimalisir jika tiba-tiba biayanya mengalami kenaikan. Selain itu cari tahu juga apakah asuransi ada manfaat lain atau sekaligus investasi atau tidak karena premi akan mahal.

3. Harus Mencari Tahu Reputasi Perusahaan Asuransi yang Dipilih

Fungsi dari mencari tahu reputasi perusahaan asuransi untuk meminimalisir wisatawan tertipu. Coba cari tahu apakah perusahaan tersebut pernah atau sedang terjerat kasus. Pasti nasabah akan ragu jika terbukti perusahaan asuransi itu pernah terjerat kasus sehingga memudahkan nasabah melakukan riset online.

Demikian penjelasan mengenai asuransi Covid untuk perjalanan ke Malaysia. Perlu diingat bahwa setiap perjalanan pasti ada resikonya. Oleh sebab itu wisatawan harus mempersiapkan dirinya dengan matang. Baik itu dari segi Kesehatan, anggaran, dan lainnya agar perjalanan menjadi lancar dan menyenangkan.

Para wisatawan pun harus tetap memenuhi persyaratan dan mengikuti aturan yang berlaku. Dengan memiliki asuransi akan membuat wisatawan menjadi tenang. Tidak harus asuransi Covid, tapi asuransi perjalanan pun bisa menjadi pilihan terbaik.

Jika terjadi kecelakaan, ataupun bahkan masalah jadwal penerbangan asuransi dapat mengcovernya. Namun perlu diingat untuk selalu melakukan riset terlebih dahulu untuk mendapatkan asuransi terbaik. Sehingga wisatawan tidak merasa rugi karena kurangnya riset dan asuransi sesuai dengan kebutuhan perjalanan.