free page hit counter
asuransi mobil bca finance

Penjelasan Beberapa Produk Asuransi Mobil Bca Finance Dan Cara Klaim

Artikel diperbarui pada 21 November 2022.

Banyak jenis asuransi untuk mobil kesayangan salah satunya adalah asuransi mobil bca finance yang saat ini memiliki beberapa jenis produk. Mobil sendiri merupakan salah satu jenis kendaraan yang sangat berharga. Hal ini pula yang memicu banyak perusahaan menyediakan asuransi mobil. 

BCA finance memang menjadi salah satu perusahaan yang mengeluarkan produk asuransi untuk mobil. Perusahaan tersebut pun kini memiliki sekitar tiga jenis produk asuransi untuk mobil. Sehingga bisa disesuaikan kebutuhan. 

Tak hanya produk saja yang akan dibahas kali ini. Namun juga beberapa hal penting yang masih berkaitan dengan asuransi. Jadi, mari langsung simak penjelasannya: 

Produk-produk Asuransi Dari BCA Finance 

Pada bagian pertama yang akan diulas kali ini adalah tentang produk-produk asuransi dari BCA. Tentunya dengan begini pengguna juga akan paham mengenai produk-produk tersebut beserta fungsinya. Jadi, langsung simak saja penjelasan yang akan dipaparkan. 

1. Comprehensive Atau All Risk 

Produk asuransi mobil pertama dari BCA finance adalah produk asuransi bernama Comprehensive atau yang juga kerap disebut dengan all Risk. Pertanggungan asuransi ini sangat menyeluruh. Misalnya saat mobil mengalami kerusakan keseluruhan maupun kerusakan sebagainya. 

Saat mobil mengalami kerusakan atau dampak dari adanya bencana alam, maka pihak asuransi akan memberikan manfaat pada nasabahnya. Bukan hanya soal bencana alam, namun asuransi Comprehensive ini juga akan memberikan manfaat bila mobil terkena dampak huru-hara. Juga saat penambahan aksesoris.

Pada produk satu ini, nantinya nasabah juga akan merasakan manfaat pertanggungan dari hukum pihak ketiga. Misalnya, mobil bertabrakan dengan kendaraan lain. Jika pihak ketiga mengalami kerugian pada kendaraan  atau luka pada tubuh maka akan ditanggung pihak asuransi. 

2. TLO Atau Total Loss Only 

Produk asuransi mobil bca finance selanjutnya adalah Total Loss Only atau yang juga kerap disingkat menjadi tlo. Asuransi ini merupakan produk yang akan menanggung nasabah saat mobil hilang yang diakibatkan oleh pencurian. Sehingga tidak akan ditanggung dengan alasan lain. 

Alasan lain yang dimaksud adalah, pihak asuransi tidak akan menanggung jika mobil hilang disebabkan karena adanya penggelapan. Pihak asuransi juga tidak akan menanggung jika kendaraan disalahgunakan fungsinya. Manfaat yang akan diberikan pun cukup lumayan. 

Sebab pihak asuransi akan menanggung kerugian yang dialami oleh nasabah akibat hal tersebut. Namun tentu dengan persyaratan yang telah ditetapkan. Penanggungan total ini apabila biaya kerusakan yang dialami mencapai 75% harga mobil sebelum terjadi kerusakan atau kerugian itu. 

3. Kombinasi 

Produk asuransi ketiga yang juga dimiliki oleh BCA finance adalah asuransi kombinasi. Dimana asuransi ini adalah asuransi hasil kombinasi dari asuransi all Risk dan juga asuransi TLO. Namun bukan  berarti asuransi ini berjalan atau dapat di klaim dalam satu waktu. 

Saat menggunakan asuransi jenis ini maka ada dua pembagian waktu. Saat tahun pertama menggunakan asuransi kombinasi, maka yang akan berjalan adalah asuransi all Risk, sedang untuk tahun berikutnya yang aktif adalah Asuransi TLO. Bukan berarti dalam berlaku bersamaan.

Cara Mengajukan Polis Asuransi

Setelah tahu tiga produk asuransi mobil bca finance maka pengguna juga harus tahu bagaimana cara mendapatkan polis asuransi tersebut. Karena tentunya untuk mendapatkan manfaat pengguna harus menjadi nasabah terlebih dahulu. Karena itu, pengguna perlu juga mempersiapkan beberapa persyaratan yang dibutuhkan. 

  • Pertama adalah dengan mempersiapkan beberapa dokumen yang diperlukan. 
  • Dokumen tersebut di antara lain adalah berupa fotokopi KTP, SIM atau KITAS. 
  • Ada lagi dokumen yang juga diperlukan, yakni fotokopi STNK dari kendaraan yang akan diajukan asuransinya. 
  • Selain itu persiapkan juga dokumen yang dapat mengacu pada jenis perlindungan yang pengguna pilih. 
  • Jika semua persyaratan sudah lengkap, maka pengguna bisa langsung mengajukan asuransi tersebut ke cabang BCA finance. 
  • Setelah pengajuan, maka nanti pengguna akan diminta untuk membayar biaya asuransi sesuai dengan jenis dan tipe yang dipilih.
  • Simpan bukti transaksi yang dimiliki agar nanti pengguna memiliki bukti saat akan mengajukan klaim.

Cara Klaim Asuransi 

Saat pengguna sudah rutin membayar asuransi setiap bulannya dan pada saat tertentu mengalami kejadian tak terduga maka pengguna bisa klaim. Tentunya peristiwa tersebut harus sesuai dengan polis asuransi yang dipilih. Sehingga pengajuan klaim pun akan disetujui dengan mudah. 

1.  Klaim Asuransi Karena Hilang 

Cara pertama yang akan diuraikan kali ini adalah bagaimana cara klaim asuransi mobil bca finance karena hilang. Dalam hal ini maka asuransi yang diklaim adalah jenis TLO. Namun pengguna juga harus memperhatikan apa saja persyaratan yang dibutuhkan di dalamnya.

  • Hal pertama yang harus pengguna lakukan saat mobil hilang adalah dengan melaporkan kejadian tersebut pada pihak asuransi. 
  • Pelaporan bisa dilakukan dalam waktu 3×24 jam atau tiga hari setelah mengalami kehilangan itu pada pihak klaim asuransi maskapai. 
  • Langkah berikutnya adalah dengan melaporkan kejadian tersebut kepada BCA finance.
  • Jika sudah, maka pengguna perlu menyiapkan beberapa dokumen yang nantinya akan diperlukan dalam proses klaim asuransi. 
  • Diantaranya adalah surat tanda penerimaan laporan kehilangan pada kantor polisi setempat. 
  • Lalu STNK asli dari kendaraan, siapkan juga kunci asli dan juga kunci duplikat mobil yang hilang. 
  • Siapkan juga SIM pengemudi dan persiapkan juga KTP tertanggung atau nasabah itu sendiri. 
  • Selain itu pengguna juga harus menyiapkan formulir klaim dari perusahaan asuransi yang telah diisi. 
  • Diperlukan juga surat keterangan dari markas besar kepolisian provinsi contohnya seperti Polda metro jaya. 
  • Siapkan juga surat blokir dan tinggal ajukan klaim asuransi dan tinggal lakukan seperti yang diarahkan oleh pihak asuransi. 

2.  Cara Klaim Karena Lecet Atau Rusak 

Jika sebelumnya merupakan cara klaim asuransi saat mobil hilang, maka harus tahu juga bagaimana cara klaim asuransi mobil bca finance karena lecet atau rusak. Dalam artian lain yang digunakan adalah asuransi all Risk atau comprehensive. 

  • Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah dengan melaporkan kecelakaan tersebut pada pihak asuransi dengan batas waktu maksimal 72 jam.
  • Pelaporan bisa dilakukan secara lisan dengan telepon atau tertulis dengan surat atau pesan tertulis. 
  • Datang ke kantor cabang bank BCA finance dan ajukan klaim LAU lengkapi formulir klaim kendaraan. 
  • Lengkapi juga dokumen seperti STNK mobil, KTP nasabah atau tertanggung dan sim pengemudi, ketiga dokumen dalam bentuk fotokopi. 
  • Formulir klaim dari pihak asuransi dan surat penerimaan laporan dari kantor polisi setempat. 
  • Siapkan juga surat tuntutan jika kecelakaan disebabkan oleh pihak ketiga.
  • Lalu tinggal menunggu persetujuan hingga nanti bisa langsung membawanya ke bengkel dan bekerja sama dengan pihak asuransi. 

Demikian adalah pembahasan mengenai asuransi mobil bca finance yang dapat pengguna pahami. Pengguna bisa pastikan dan pilih asuransi yang sekiranya sesuai dengan apa yang dibutuhkan. Sesuaikan juga dengan budget yang dimiliki, sehingga selain mobil mendapatkan perlindungan, pengguna tidak akan terbebani. 

Jika saja pengajuan ditolak, maka bisa saja salah satu peraturan atau persyaratan ada yang dilewatkan. Sehingga pengguna perlu hati-hati dalam mengklaim asuransi. Perhatikan juga bahwa sudah melapor sebelum 3 hari sesuai kejadian kecelakaan yang dialami pengguna karena sangat berpengaruh.