free page hit counter
asuransi mobil toyota terbaik

Rekomendasi Asuransi Mobil Toyota Terbaik dan Tips Klaimnya

Toyota merupakan brand mobil yang banyak digunakan di Indonesia. Karena itu, setiap para pengguna mobil ini memerlukan perlindungan dari asuransi mobil Toyota terbaik. Dari pemilik mobil yang kecil seperti Agya, Calya, sampai yang besar Fortuner dan Avanza.

Ada banyak sekali pilihan asuransi yang bisa dipilih oleh para pemilik mobil Toyota. Proteksi yang diberikan juga bervariasi tergantung jenis asuransinya. Secara garis besar, ada dua jenis asuransi mobil yaitu TLO atau Total Loss only serta All Risk.

Para pemilik Toyota harus pandai-pandai memilih penyedia asuransi yang tepat dan memenuhi kebutuhan perlindungan. Karena itu, berikut akan dibahas beberapa penyedia asuransi yang direkomendasikan dan tips untuk mengklaimnya.

Mengenal Asuransi Mobil Toyota 

Asuransi mobil Toyota adalah layanan untuk proteksi mobil produksi Toyota. Ada banyak sekali model mobil Toyota yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Seperti, Toyota Agya, Innova, sampai Alphard.

Toyota merupakan brand otomotif dari Jepang yang sangat populer di Indonesia. Brand mobil ini memiliki brand pusat di kota Toyota, prefektur Aichi. Harga mobil Toyota sangat bervariasi mulai dari Rp150 jutaan sampai dengan milyaran rupiah.

Rekomendasi Asuransi Mobil Toyota Terbaik

Seperti yang disebutkan sebelumnya, ada banyak sekali pilihan asuransi yang bisa dipilih oleh para pemilik mobil Toyota. Secara umum, ada dua jenis asuransi yang bisa dipilih oleh para pemilik mobil yaitu All Risk dan TLO yang merupakan singkatan dari Total Loss Only.  

Rekomendasi asuransi mobil Toyota di bawah ini menyediakan kedua jenis asuransi tersebut. Berikut adalah rinciannya agar para pemilik mobil Toyota bisa menentukan apakah asuransi yang diberikan sesuai dengan kebutuhan perlindungan.

1. Allianz

Rekomendasi pertama asuransi mobil Toyota terbaik adalah dari penyedia jasa Allianz. Sebenarnya, Allianz bisa menanggung asuransi mobil dari berbagai merk. Namun, untuk mobil dari Toyota, Allianz akan memberikan berbagai keunggulan pelayanan.

Salah satunya adalah penanggungan resiko banjir dan kerusakan yang diakibatkan oleh air. Dengan jaringan rekanan bengkel yang tersebar di Indonesia sampai 240 rekanan. Termasuk, dengan bengkel-bengkel resmi yang menangani mobil Toyota.

Allianz memberikan asuransi dalam sistem paket untuk masing-masing jenis asuransi. Paket yang diberikan seperti Mobilku Grand, Mobilku Eco, dan berbagai pilihan paket lain. Para pemilik mobil Toyota juga bisa membeli asuransi yang non paket.

  • Premi Asuransi TLO : Rp39.000/bulan.
  • Premi Asuransi All Risk : Rp250.000/bulan.

2. Sinar Mas Mobil Protection

Sebagian besar penyedia jasa asuransi ragu untuk memberikan perlindungan asuransi pada mobil Toyota yang terbilang tua usianya. Karena pastinya banyak aspek yang harus dicover dan memerlukan biaya yang lebih besar. Namun, proteksi ini disediakan oleh Sinar Mas Mobil.

Jika para pemilik mobil memiliki mobil Toyota yang tergolong tua, maka asuransi dari Sinarmas Mobil bisa menjadi pilihan yang tepat. Penyedia asuransi satu ini bisa memberikan perlindungan untuk mobil yang usianya 12 tahun lebih.

Sinar Mas Mobil juga menyediakan rekanan bengkel yang luas dengan 584 partner bengkel yang melayani baik jenis asuransi All Risk maupun TLO. Harga asuransinya pun terbilang terjangkau.

  • Premi Asuransi TLO : Rp35.000/bulan.
  • Premi Asuransi All Risk : Rp175.000/bulan.

3. Sompo Asuransi Mobil

Berbeda dengan asuransi lain yang dibahas sebelumnya, asuransi mobil Toyota terbaik dari Sompo hanya tersedia dalam jenis asuransi All Risk saja. Dengan jenis asuransi yang terspesifikasi, Sompo memberikan perlindungan yang maksimal dalam All Risk.

Produk asuransi mobil dari Sompo bernama Long Term Motor Protection dan Auto First. Setiap produk asuransi mobil memberikan keuntungan berupa tunjangan transportasi selama perbaikan kendaraan.

Jadi, jika mobil Toyota yang diasuransikan masuk ke bengkel atau sedang dalam masa perbaikan. Pihak asuransi akan memberi mobil pengganti atau transportasi dukungan untuk para pemilik asuransi. Tunjangan transportasi ini akan diberikan secara gratis.

  • Premi Asuransi All Risk : Rp193.000 /bulan.

4. ACA Asuransi Mobil

Rekomendasi asuransi mobil Toyota terbaik selanjutnya berasal dari ACA Asuransi Mobil. Menyediakan pertanggungan dengan jenis All Risk maupun Total Loss Only. ACA menyediakan 3 pilihan paket untuk asuransi yaitu Otomate, Otomate Smart, dan Solitaire.

Manfaat polis yang diberikan juga sangat lengkap, mulai dari kerusakan ringan sampai kehilangan. Jadi, para pemilik asuransi bisa memiliki perlindungan yang menyeluruh. Dengan 400 bengkel rekanan memastikan akses yang mudah bagi setiap pemilik asuransi.

  • Premi Asuransi All Risk : Rp48.000/bulan.
  • Premi Asuransi TLO : Rp 218.000/bulan.

5. Garda Oto Asuransi

Dengan 500 lebih bengkel rekanan kerja, para pemilik asuransi dari Garda Oto dipastikan memiliki akses yang luas pada layanan asuransi. Untuk menyesuaikan pembayaran dan layanan, Garda Oto menyediakan berbagai paket asuransi yang bisa dipilih oleh para pelanggan.

Perlindungan Garda Oto meliputi kerusakan, kehilangan, dan berbagai masalah serta perlindungan. Dengan premi yang bisa disesuaikan dengan jenis dan paket asuransi yang dipilih.

  • Premi Asuransi TLO : Rp39.000/bulan.
  • Premi Asuransi All Risk : Rp219.000/bulan

Cara Untuk Klaim Asuransi Mobil Toyota Terbaik

Sebenarnya masing-masing penyedia jasa asuransi memiliki prosedur tersendiri untuk para pelanggan agar bisa melakukan klaim. Namun, secara umum proses yang harus dilalui sama untuk setiap penyedia jasa.

Berikut adalah langkah untuk melakukan klaim asuransi mobil Toyota. Kebanyakan penyedia jasa menggunakan prosedur di bawah ini.

  • Pemilik polis melaporkan kejadian atau masalah kerusakan dalam durasi waktu 5×24 jam maksimal.
  • Pengajuan dokumen klaim yang dibutuhkan seperti STNK, kartu identitas yang masih aktif, surat kehilangan, atau bukti kerusakan lain.
  • Verifikasi dari pihak asuransi dan penentuan nominal kerugian.
  • Klaim akan diproses kemudian akan disetujui sesuai dengan hasil verifikasi dan analisis.

Tips Agar Klaim Asuransi Mudah Diterima

Banyak pemilik mobil yang merasa ragu untuk mengambil perlindungan asuransi. Sekalipun, asuransi mobil Toyota terbaik yang sudah dipilihnya. Salah satu alasannya adalah rumitnya proses klaim dari asuransi.

Padahal, setiap asuransi sudah memberikan mekanisme yang jelas agar para pelanggan dengan mudah melakukan klaim. Ada beberapa tips sederhana yang bisa dilakukan oleh para pemilik asuransi. Hal ini agar semakin memudahkan proses klaim asuransi yang dilakukan.

  • Periksa polis asuransi secara berkala agar selalu dalam keadaan aktif jika diperlukan.
  • Lakukan pengajuan klaim sesegera mungkin setelah kejadian terjadi, maksimal 3×24 jam setelah kejadian agar respon semakin cepat.
  • Pahami terlebih dahulu kebijakan dan mekanisme polis. Mulai dari layanan yang diberikan sampai pengecualiannya. Jadi, bisa disesuaikan ketika masalah pertanggungan berlangsung.
  • Siapkan dokumen secara lengkap dan pastikan agar dokumen mudah diakses. Jadi, ketika masalah terjadi para pemilik asuransi tinggal melakukan pengajuan saja.

Itulah informasi mengenai asuransi mobil Toyota terbaik. Mulai dari rekomendasinya, cara klaim, sampai untuk klaim agar asuransi lebih mudah diterima. Bagi para pemilik mobil Toyota jangan ragu untuk menggunakan jasa asuransi untuk melindungi kendaraan yang dimiliki.