free page hit counter
aplikasi menghilangkan objek di foto

10 Aplikasi Menghilangkan Objek di Foto, Mudah Dipakai Pemula

Keahlian mengedit foto kini bisa dipelajari secara otodidak, dibantu dengan aplikasi menghilangkan objek di foto akan membuat hasil editan menjadi lebih baik. Terkadang saat mengambil gambar, ada objek yang mengganggu dan hal tersebut bisa dihilangkan dengan bantuan aplikasi.

Teknik menghilangkan objek di dalam foto adalah salah satu keahlian yang bisa dipelajari oleh editor pemula. Memiliki aplikasi penghilang objek akan sangat membantu untuk menguasai teknik ini. Bahkan dengan teknologi terkini, proses penghilangan objek tidak akan memakan waktu lama.

Dengan bantuan teknologi pula, pengeditan foto bisa dilakukan melalui HP alih-alih harus membuka laptop. Berikut 10 aplikasi menghilangkan objek di foto yang bisa dimanfaatkan untuk pemula yang sedang belajar mengedit foto:

1. Snapseed

Snapseed adalah aplikasi yang dikeluarkan oleh Google untuk melakukan pengeditan pada foto. Di dalam aplikasi ini, pengguna bisa menghilangkan objek pada foto dan juga memanfaatkan fitur lainnya seperti rotate, brush, crop, structure, dan lain-lain.

Dengan jumlah yang sudah mencapai 100 juta pengguna, Snapseed mendapatkan rating 4.4 di Play Store. Dalam ulasannya, pengguna mengakui bahwa aplikasi ini ringan dan mudah digunakan untuk pemula.

Pengguna bisa mengkreasikan foto yang diinginkan sesuai dengan selera dan kreativitas. Melalui fitur yang disediakan, foto yang diedit akan tampak berbeda dengan sebelumnya.

2. YouCam Perfect – Photo Editor

Aplikasi yang populer untuk pengguna smartphone ini bisa diandalkan untuk mengedit foto. Mendapatkan rating 4.4 di Play Store, YouCam Perfect bisa membantu pengguna untuk menghilangkan objek atau noda mengganggu dalam sebuah foto.

Pengguna bisa memanfaatkan fitur lainnya dalam YouCam Perfect seperti animated effects, photo backgrounds, magic brush and layers, filter kamera, retouch wajah, kolase, font, bingkai, dan emoji bisa didapatkan dan dikreasikan dengan bebas.

3. Remove Unwanted Object

Aplikasi lainnya yang bisa dicoba adalah Remove Unwanted Object. Seperti namanya, aplikasi ini akan membantu untuk menghapus objek di dalam foto yang tidak diperlukan. Aplikasi ini populer di kalangan editor foto dengan 10 juta pengguna yang mendownloadnya.

Pengguna awal bisa mencoba memakai aplikasi Remove Unwanted Object. Fitur yang bisa dimanfaatkan adalah menghapus objek berbentuk orang, stiker, teks, hingga bisa menghilangkan objek jerawat pada wajah.

Aplikasi yang dibuat oleh BG.Studio ini bisa ditemukan di Play Store secara gratis dengan rata-rata rating 4.1 yang diberikan pengguna.

4. Adobe Photoshop Fix

Aplikasi besutan Adobe ini juga berguna untuk menghilangkan objek pada foto yang mengganggu. Adobe Photoshop Fix sudah lama menjadi andalan para desainer grafis. Dengan pembaruan yang mengikuti zaman, aplikasi ini layak dimiliki oleh para pemula.

Fitur yang bisa dimanfaatkan di dalamnya adalah face-aware liquify, smooth, heal and patch, retouch and restore photos, dan juga banyak fitur berguna lainnya. Aplikasi ini sudah didownload oleh 10 juta pengguna di Play Store.

Perusahaan Adobe yang sudah memiliki nama di dunia desain grafis dan video editor memberikan fitur yang lengkap dalam aplikasinya. Meski lebih cocok dipakai di laptop dengan kapasitas memori yang besar, namun aplikasi ini juga bisa dicoba digunakan di HP.

5. Photo Retouch – AI Remove Unwanted Objects

Aplikasi menghilangkan objek di foto berikutnya adalah Photo Retouch. Aplikasi ini bisa menghilangkan objek yang tidak diinginkan di dalam foto. Bagi pemula, ada tutorial sederhana yang bisa diikuti sebagai petunjuk menggunakan aplikasi ini.

Selain menghapus objek di foto, fitur yang bisa dimanfaatkan dalam aplikasi Photo Retouch ada blur dan mosaic effects, juga quick repair. Menghapus background dan menggantinya dengan gambar lain juga menjadi fitur unggulan aplikasi ini.

Photo Retouch mendapatkan rating 4.2 di Play Store dengan 5 juta pengguna dari seluruh dunia.

6. TouchRetouch

Selanjutnya ada aplikasi TouchRetouch yang bisa dipakai secara berbayar. Di Play Store, aplikasi ini bisa dibeli dengan harga Rp 58.000. Dengan biaya yang dikeluarkan, ada banyak fitur dan kegunaan yang diberikan oleh aplikasi ini.

TouchRetouch berguna sebagai aplikasi menghilangkan objek tidak penting di foto. Hasilnya rapi tanpa merusak latar belakang. Selain itu, tersedia fitur lainnya yaitu automatic mesh detection and removal, flexible line removal, dan miscellaneous correction.

Aplikasi ini juga cukup ringan untuk diinstall di smartphone, asalkan ada ruang kosong dalam penyimpanannya.

7. Retouch Remove Objects Editor

Jika menginginkan aplikasi yang tidak berbayar, salah satu pilihannya adalah Retouch Remove Objects Editor. Aplikasi ini akan membantu pemula untuk menghilangkan objek-objek yang mengganggu pada foto. Caranya pun mudah untuk dipelajari.

Aplikasi yang dikeluarkan oleh inShot Inc. ini mendapatkan ulasan 4.8 di Play Store. Beberapa fitur di dalamnya bisa dimanfaatkan untuk mengkreasikan sebuah foto. Ragam fitur yang tersedia adalah replace background, blemish remover, dan clone picture.

Sekecil apapun objek yang ingin dihapus dari foto, Retouch Remove Objects akan menghilangkannya dengan sempurna. Editor pemula bisa menunjukan kemampuannya secara profesional.

8. RetouchLeap – Remove Object

Sebagai aplikasi menghilangkan objek di foto, RetouchLeap bisa diandalkan untuk menghapus objek mengganggu pada foto. Sama seperti aplikasi yang sudah dibahas sebelumnya, fitur utama dan unggulan dalam aplikasi ini adalah remove object.

Bukan hanya menghilangkan objek, RetouchLeap juga bisa menghilangkan logo, watermark, dan emoji. Selain itu penggantian latar belakang juga bisa dilakukan pada aplikasi ini.

Aplikasi RetouchLeap tersedia di Play Store dengan rating 4.1. Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk memperbaiki foto dengan fitur enhanced & clarity, background changer, blemish removal, blur image, dan lain-lain.

9. SnapEdit: Remove Object

Alternatif aplikasi lainnya yang bisa dicoba adalah SnapEdit. Aplikasi ini mudah ditemukan di Play Store secara gratis dan bisa dipelajari cara penggunaannya secara otodidak. Dengan rating 4.4, SnapEdit sudah memiliki 1 juta pengguna.

Fitur utama yang dimiliki Snap Edit adalah pick object and remove, brush and remove, dan fitur lainnya yang akan menolong pengguna untuk mengatur objek di dalam foto. Foto yang diedit bisa tampak rapi dan profesional dengan seketika.

10. TouchRemove

Tersedia aplikasi lainnya yang digunakan secara berbayar yaitu TouchRemove. Aplikasi berbayar menunjukan bahwa fitur dan manfaat yang akan didapatkan adalah fitur terbaik yang profesional dengan keamanan data yang baik.

Untuk mendapatkan nilai foto yang estetis, fitur yang bisa dimanfaatkan adalah remove all scratchers, clone stamp, retouch pictures, dan juga fitur remove objects. Menghilangkan objek di dalam foto menjadi mudah dan praktis.

Dengan rekomendasi 10 aplikasi menghilangkan objek di foto ini akan mempermudah bagi pengguna yang belajar edit foto secara otodidak. Beberapa aplikasi memanfaatkan kecerdasan artifisial sehingga bisa digunakan hanya dengan beberapa klik.

Cobalah untuk mempelajari beberapa aplikasi hingga tahu aplikasi mana yang cocok. Semakin sering latihan, maka proses mengedit akan semakin mudah. Nantinya, bukan hanya menghilangkan objek saja yang dikuasai, tapi juga beberapa teknik lainnya.

Semua keahlian dimulai dari mencoba. Meski sekarang awam dan newbie, namun teknologi yang ada akan sangat membantu prosesnya. Melalui sentuhan estetis dan selera dalam memadu padankan warna, maka hasil edit foto bisa terlihat profesional. Selamat mencoba!