free page hit counter
aplikasi bluetooth untuk pc windows 10

Rekomendasi Aplikasi Bluetooth Untuk PC Windows 10 Terbaik

Beberapa pengguna Windows 10 mengeluh karena Bluetooth bermasalah sehingga tidak berfungsi, solusinya adalah memasang aplikasi Bluetooth untuk PC Windows 10. Kini, fungsi Bluetooth semakin beragam diantaranya untuk menjalin komunikasi dengan banyak perangkat tanpa adanya kabel.

Perangkat yang memerlukan Bluetooth agar terkoneksi dengan PC Windows 10 diantaranya mouse, keyboard, speaker, headphone, printer, mobile PC dan sebagainya. Hal itu untuk memudahkan dan menjadikan segalanya semakin praktis, tentu juga didasari pengetahuan dalam perkembangan teknologi.

7 Rekomendasi Aplikasi Bluetooth Pada PC Windows 10

Setiap aplikasi Bluetooth untuk PC Windows 10 tersedia beragam jenis dengan fitur unggulan masing-masing, pengguna bisa menyesuaikan dengan yang dibutuhkan. Tanpa basa-basi, pertimbangkan beberapa rekomendasi aplikasi Bluetooth yang cocok untuk PC Windows 10 pengguna berikut ini:

1. Bluetooth Driver Installer

Aplikasi Bluetooth untuk PC Windows 10 terbaik yaitu Bluetooth Driver Installer, dimana mampu mengatasi PC yang tidak dapat terkoneksi Bluetooth. Selain itu, karena aplikasi ini dapat diperoleh dan dimanfaatkan secara gratis semakin disukai para pengguna yang membutuhkan bantuan aplikasi Bluetooth.

Bluetooth Driver Installer dapat digunakan dengan mudah, agar driver ini dapat berfungsi maka harus menghapus driver yang diinstal sebelumnya dahulu. Aplikasi ini juga mampu memulihkan data secara cepat apabila terjadi keadaan yang darurat dan dapat digunakan hampir semua tipe perangkat.

2. Intel Wireless Bluetooth

Intel Wireless Bluetooth tidak kalah bagusnya dengan aplikasi sebelumnya, dimana juga dapat menjadi salah satu pilihan ketika Bluetooth PC bermasalah. Aplikasi ini menyediakan seluruh pembaruan dan fungsionalitas yang terbaru guna membantu menyelesaikan gangguan koneksi Bluetooth yang umumnya terjadi.

Aplikasi Intel Wireless Bluetooth banyak disukai pengguna karena mudah dalam melakukan pemindaian dan menghubungkan PC Windows 10 dengan perangkat lain. Kelebihan Intel Wireless Bluetooth yaitu penggunaannya mudah dengan pengaturan yang cukup jelas, dan mendukung beberapa macam adaptor wireless.

3. Bluetooth View

Bluetooth View merupakan suatu aplikasi dari NirSoft yang dapat memperbaiki permasalahan driver pada perangkat Bluetooth dan dapat diperoleh secara gratis. Aplikasi ini akan berjalan pada latar belakang dan menunjukkan informasi hasil pantauan aktivitas dari tiap perangkat Bluetooth yang dapat terdeteksi.

Beberapa informasi yang ditampilkan yaitu nama dan jenis perangkat, alamat Bluetooth, waktu pendeteksian pertama dan terakhir, dan sebagainya.  Jika terdapat perangkat baru yang cocok dengan perangkat Bluetooth, maka secara otomatis terdeteksi dan menampilkan suatu notifikasi di taskbar PC.

4. BlueSoleil

BlueSoleil merupakan salah satu aplikasi yang dikembangkan IVT Group Inc dan termasuk aplikasi Bluetooth yang terbaik karena kecepatannya dalam bekerja. Dalam melakukan proses pendeteksian, aplikasi BlueSoleil tidak butuh waktu lama, hanya beberapa detik saja perangkat Bluetooth sudah terdeteksi dengan PC.

BlueSoleil memiliki tampilan yang ramah pengguna dengan menyediakan 17 bahasa berbeda serta memungkinkan dapat menghubungkan PC dengan beberapa perangkat sekaligus. Diantaranya dengan mouse, keyboard, smartphone, headset wireless, speaker, dan lainnya sehingga tak salah jika aplikasi ini digemari dan populer.

5. WIDCOMM Bluetooth

WIDCOMM Bluetooth merupakan aplikasi Bluetooth untuk PC Windows 10 terbaik yang mampu mendeteksi Bluetooth terdekat dan memperbarui pendeteksian secara kuat. Dalam jangkauannya, otomatis dapat tersambung dan memungkinkan tergabung dengan jaringan pengguna tanpa membutuhkan bantuan tangan manusia.

Selain dijalankan PC Windows 10 juga dapat dijalankan Windows 8, WIDCOMM menawarkan privasi jaringan secara kuat dikarenakan enkripsi yang fleksibel. Aplikasi ini dapat diperoleh secara gratis pada PC Windows 10 dengan kemudahan penggunaan dan berbagai fitur yang unggul.

6. Bluetooth Driver

Bluetooth Driver merupakan suatu aplikasi Bluetooth yang mudah pengaturan dan penggunaannya serta secara cepat mengkoneksikan PC Windows 10 dengan Bluetooth. Tidak hanya itu, Bluetooth Driver juga menawarkan transfer file dengan kecepatan yang istimewa dan kompatibel dengan berbagai perangkat Bluetooth.

Aplikasi ini cukup efektif dengan tampilan dan penggunaan yang sederhana untuk mengatasi permasalahan koneksi Bluetooth Windows 10. Sehingga sangat recommended digunakan bagi para pengguna yang suka dengan kemudahan tampilan dari platform aplikasi.

7. Bluetooth File Transfer

Rekomendasi aplikasi Bluetooth PC Windows 10 yang terakhir yaitu Bluetooth File Transfer, yang dapat diperoleh gratis dengan tampiilan sangat menarik. Melalui aplikasi ini, pengguna akan secara mudah untuk melihat dan mengelola file dan folder dari perangkat komputer dengan bantuan Bluetooth.

Salah satu fitur yang digemari dari aplikasi ini yaitu tidak menyimpan thumbnail dari file gambar, video, audio, dan aplikasi apapun. Sehingga dapat memberikan ruang lebih besar untuk menyimpan data pengguna dan tidak membebani memori perangkat komputer.

Tahapan Pengecekan Bluetooth PC Windows 10

Sebelum memasang bantuan aplikasi, pengguna dapat melakukan pengecekan terlebih dahulu untuk memastikan Bluetooth di PC Windows 10 berfungsi atau tidak. Beberapa hal yang dapat dilakukan diantaranya:

  • Cek layanan Bluetooth. Umumnya, fungsi Bluetooth berhenti dikarenakan layanan dinonaktifkan di latar belakang. Untuk melihat alat layanan tekan Win + R di keyboard, ketikkan services.msc lalu enter.
  • Hapus dan tambah perangkat. Apabila Bluetooth mendeteksi perangkat namun tidak terhubung maka hapuslah perangkat dari daftar hubung, lalu coba pasang perangkat lagi.
  • Perbarui driver ke versi terbaru. Apabila Bluetooth sudah kadaluwarsa lakukan perbaikan dengan unduh dan perbarui driver secara manual melalui Device Manager.
  • Jalankan pemecah masalah (default troubleshooter). Apabila tiga cara sebelumnya tidak berhasil, perbaiki Bluetooth melalui layanan pemecah masalah Bluetooth bawaan Windows 10. Buka Setting Windows, pilih Update & Security pada menu Settings, pilih Troubleshoot.

Tips Memperbaiki Bluetooth yang Tidak Berfungsi di PC Windows 10

Mungkin akan menemui Bluetooth tidak berfungsi meski sudah dihubungkan. Jika begitu terdapat beberapa cara memperbaiki Bluetooth yang tidak berfungsi pada Windows 10 tanpa memasang aplikasi Bluetooth yaitu:

1. Pastikan Bluetooth dalam Keadaan Aktif

Untuk memastikan Bluetooth aktif, tekan tombol Windows + A, lalu tekan Expand dan ubahlah menjadi on. Bisa juga dengan tekan Windows + I, pilih menu Device, kemudianpilih Bluetooth & Other Device, ubah menjadi on.

2. Update Driver Bluetooth

Pada cara ini terdapat dua pilihan yang dapat dicoba yaitu manual dan melalui software. Namun para pengguna banyak yang memilih secara manual dikarenakan lebih mudah. Langkah-langkahnya meliputi:

  • Klik pencarian pada Windows, lalu masuk pada Device Manager.
  • Tekan opsi Bluetooth untuk menampilkan menu.
  • Klik kanan pada Bluetooth Device, lalu pilih menu Properties.
  • Setelah itu klik Details dan pilih Hardware Ids.
  • Klik kanan pada Value lalu pilihlah Copy.
  • Kemudian kunjungi situs https://driverpacks.net/.
  • Jika telah masuk situs tersebut, paste value, kemudian download dan install driver di laptop.

3. Ubah Pengaturan Power Options

Langkah yang dapat dilakukan yaitu dengan tekan ikon Baterai dan pilih More Power Options. Setelah itu, ubah Power Saver menjadi Balanced. Apabila telah selesai, restart PC lalu cek dengan menyambungkan Bluetooth ke perangkat lain.

4. Gunakan Dongle USB Bluetooth

Apabila cara-cara yang direkomendasikan sebelumnya belum berhasil, coba ganti USB dongle yang tersedia banyak di toko online. Hal ini dikarenakan kemungkinan besar USB dongle yang digunakan telah rusak sehingga diakali dengan cara apapun tidak bisa.

Demikian tadi penjelasan mengenai aplikasi Bluetooth untuk PC Windows 10 yang dapat dicoba di perangkat pengguna. Sebelum memasang aplikasi Bluetooth, pengguna dapat melakukan pengecekan sebagaimana telah dijelaskan di atas, lakukan satu per satu cara hingga berhasil. Jika belum berfungsi juga sudah dijelaskan beberapa cara mengatasinya.