free page hit counter
asuransi hewan kucing

Tentang Asuransi Hewan Kucing: Manfaat dan Rekomendasinya

Artikel diperbarui pada 10 November 2022.

Memelihara hewan, khususnya kucing semakin banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Banyak dari pecinta anabul (anak bulu) yang menggunakan asuransi hewan kucing. Tujuannya, yakni melindungi anabul kesayangannya dari berbagai risiko yang merugikan secara finansial.

Sama halnya dengan manusia, hewan peliharaan juga bisa mendapatkan produk asuransi. Banyak di antara orang yang memelihara kucing menginginkan kucingnya tetap sehat dan terjamin kecukupan gizinya. Terlebih, sekarang ini pemilik juga memiliki opsi untuk mengasuransikan kucingnya.

Polis asuransi untuk hewan peliharaan dapat menjadi opsi yang tepat. Bukan saja dilatarbelakangi oleh rasa sayang terhadap kucing, tidak dipungkiri bahwa biaya perawatannya juga tinggi terutama saat sakit. Dengan asuransi, pemilik bisa lebih tenang.

Apa Itu Asuransi Hewan Peliharaan?

Asuransi untuk hewan peliharaan, disebut dengan pet insurance merupakan produk asuransi yang menjaminkan perlindungan dari risiko tertentu. Risiko yang ditanggung pihak asuransi cukup beragam, misalnya sakit, cacat tetap, kecelakaan, serta kematian.

Pet insurance, penggunaannya tidaklah sama seperti asuransi kesehatan yang diperuntukkan bagi manusia. Faktanya, asuransi untuk hewan peliharaan adalah produk turunan dari asuransi properti yang sudah dimodifikasi sesuai kebutuhan pemilik hewan.

Hewan yang dimaksud adalah jenis binatang rumahan, contohnya kucing, kelinci, anjing, ikan, burung, dan sebagainya. Selain itu, juga beberapa hewan eksotis misalnya burung besar, kura-kura, guinea pig, kambing pygmy, kadal, dan lain sebagainya.

Hewan yang termasuk langka pun masih dapat diasuransikan, apabila pemeliharaannya tidak dilakukan secara ilegal. Ini dibuktikan dengan izin yang diberikan Balai Konservasi SDA. Untuk polisnya terdapat dua jenis, yakni:

  • Non lifetime. Perlindungan yang tidak bersifat seumur hidup, melainkan sesuai kondisi dengan periode tertentu. Biasanya polis ini dipakai oleh pemilik yang hewan peliharaannya ditujukan untuk keperluan komersial.
  • Lifetime, yang berarti seumur hidup. Jenis polis ini akan melindungi binatang peliharaan sejak hidup sampai kematiannya. Termasuk juga pembiayaan untuk penguburan.

Manfaat Asuransi Hewan Peliharaan

Sama dengan jenis asuransi yang lain, asuransi hewan kucing juga bertujuan memberi ketenangan untuk pemilik binatang peliharaan. Apalagi, banyak yang sudah menganggap kucing sebagai bagian dari keluarganya.

Tentu jika terjadi hal yang buruk seperti kecelakaan, pemilik ingin segera mengatasinya. Di tengah kesulitan tersebut, asuransi bisa memberikan pertolongan cepat dengan klaim yang mudah. Sebab, terdapat banyak manfaat yang ditawarkan asuransi binatang peliharaan, seperti:

  • Perawatan kesehatan. Dengan asuransi hewan kucing, pemilik dapat meminimalisir beban dari biaya kesehatan bila kucing mengalami sakit ataupun kecelakaan.
  • Melindungi dari pencurian hewan. Tidak seorangpun ingin kucingnya dicuri. Namun apabila sampai terjadi, pemilik akan diberikan santunan oleh pihak asuransi.
  • Menanggung biaya kematian kucing. Pemilik akan mendapatkan pembiayaan untuk mengubur kucing yang mengalami kematian akibat kecelakaan atau sakit.
  • Pertanggungan untuk biaya medis dari luka yang dialami pemilik akibat kucing. Bukan hanya binatang peliharaan, pemiliknya pun bisa terluka karena merawat peliharaannya. Asuransi akan memfasilitasi biaya berobat untuk pemilik yang terluka karena hewan peliharaannya.
  • Perlindungan untuk properti yang rusak karena kucing. Perilaku kucing terkadang tidak bisa ditebak. Contohnya merusak barang penting di rumah. Pet insurance akan memfasilitasi pembiayaan untuk mengganti benda yang rusak tersebut.
  • Dana untuk mengurus hewan di penitipan ataupun asrama. Ada beberapa produk yang menanggung biaya pemeliharaan kucing saat pemiliknya harus pergi.

Rekomendasi Produk Asuransi Hewan Kucing

Setelah mengetahui informasi mengenai manfaat yang didapatkan dari produk asuransi, berikutnya calon nasabah perlu mengetahui produknya. Terdapat beberapa perusahaan yang menyediakan asuransi untuk kucing, di antaranya:

1. Simas Pet Insurance

Sinarmas termasuk perusahaan di bidang asuransi yang banyak mendapatkan kepercayaan masyarakat. Produknya sangat beragam, termasuk di antaranya pet insurance yang bisa digunakan untuk kucing serta anjing.

Beberapa risiko yang mendapatkan perlindungan antara lain kematian karena kecelakaan, pencurian dan kekerasan, hingga tanggung jawab pihak ketiga. Terdapat enam paket yang ditawarkan oleh Simas Pet Insurance.

Masing-masingnya memiliki nilai pertanggungan yang berbeda. Paling rendah 500 ribu dan yang tertinggi 50 juta. Sementara itu untuk usia binatang, produk Simas menjamin usia dari 0 bulan hingga 15 tahun pada pendaftaran polis yang baru.

Sementara itu untuk memperpanjang bisa dilakukan pada usia 4 sampai 8 tahun. Biasanya perusahaan memiliki ketentuan masing-masing terkait produknya. Untuk Simas terdapat beberapa ketentuan, seperti:

  • Kucing diwajibkan memiliki sertifikat.
  • Asuransi berlaku di semua wilayah Indonesia serta lokasi yang mengizinkan untuk membawa hewan peliharaan.
  • Nilai pertanggungan akan ditentukan sesuai kwitansi pembelian kucing. Apabila kwitansinya hilang, biaya didasari dengan harga ketetapan dari rekanan asuransi.
  • Majikan kucing turut menanggung biaya untuk klaim sebesar 20%.

2. Figo Pet Insurance

Asuransi hewan kucing yang direkomendasi berikutnya adalah Figo Pet Insurance. Perusahaan ini pusatnya berada di Chicago, negara dimana memelihara hewan sudah menjadi hal lumrah. Bagi pemilik kucing yang ingin mengasuransikan kucingnya, Figo dapat menjadi opsi tepat.

Perusahaan ini dibekali aplikasi khusus yang dapat didownload, dan diakses dengan mudah melalui smartphone. Melalui aplikasi ini, pengguna bisa dengan mudah mengakses bantuan yang diperlukan.

Contohnya dokter hewan yang siap selama 24 jam untuk situasi darurat, pengingat untuk datang ke klinik hewan, hingga fitur untuk klaim asuransi. Terdapat beberapa manfaat yang bisa didapatkan oleh pemilik kucing, di antaranya:

  • Pembiayaan untuk check up dan konsultasi rutin.
  • Fasilitas medis untuk situasi darurat serta rawat inap.
  • Pembiayaan untuk melaksanakan operasi.
  • Pengobatan penyakit, yang bersifat bawaan maupun turun temurun. Termasuk juga ortopedi dan kanker.
  • Kondisi kronis akan ditanggung pihak asuransi.

3. Rumah Polis Pet Insurance

Berikutnya ada perusahaan Rumah Polis yang memiliki produk asuransi hewan kucing. Perusahaan ini adalah bagian dari PAIB Indonesia, yang bekerjasama dengan Adira Insurance. Produk asuransinya terbagi menjadi tiga jenis yang berbeda.

Pemilik kucing dapat memilih mana yang paling sesuai kebutuhannya. Masing-masing paket dipatok dengan premi yang berlainan, dari 25 ribu sampai 1.25 juta setiap tahunnya. Adapun manfaat yang ditawarkan adalah:

  • Santunan untuk kematian kucing karena kecelakaan.
  • Pembiayaan pemakaman ataupun kremasi kucing yang mati akibat kecelakaan.
  • Biaya untuk berobat dan pembedahan jika kucing mengalami kecelakaan.
  • Santunan untuk kucing yang hilang dan mengalami kekerasan.
  • Rawat inap di klinik akan ditanggung pihak asuransi.
  • Pertanggungjawaban hukum untuk pihak ketiga.

Rumah Polis memiliki beberapa persyaratan yang perlu diketahui nasabah sebelum mendaftarkan asuransi kucingnya. Berikut beberapa poinnya:

  • Tertanggung adalah individu, bukan merupakan badan hukum.
  • Hewan yang didaftarkan wajib memiliki tanda pengenal atau sertifikat dari lembaga yang memiliki wewenang.
  • Perlu melengkapi data kucing peliharaan seperti nama, usia, jenis kelamin, dan lain-lain.
  • Menyiapkan foto kucing peliharaan.
  • Ketika penutupan asuransi, kondisi hewan haruslah sehat dan tidak mengalami cedera badan, tidak memiliki perilaku bermasalah, atau sedang dirawat dokter hewan.
  • Polis hanya bisa digunakan di Indonesia.
  • Memakai sistem reimbursement.
  • Masa pertanggungan menyesuaikan yang tertera di ikhtisar polis.

Demikian informasi tentang asuransi hewan kucing yang penting untuk diketahui. Bagi yang memelihara kucing, kehadiran asuransi dapat menjadi kebutuhan. Mengingat komitmen untuk pemeliharaan kucing memerlukan banyak biaya untuk perawatannya.

Beberapa rekomendasi produk di atas semoga dapat menjadi referensi sebelum memutuskan asuransi yang tepat. Semuanya memiliki keunggulan masing-masing, pemilik kucing cukup menyesuaikan dengan kebutuhan hewan peliharaannya.

Dengan adanya asuransi untuk hewan, banyak risiko dapat diantisipasi sejak dini, terutama karena kucing cukup aktif. Selain aktif, kucing juga memiliki rasa penasaran yang tinggi sehingga kerap kali terpapar dengan risiko terluka. Sebagai pemilik, tentu ingin kucingnya tetap aman.