free page hit counter

Livin by Mandiri Sering Error, Apa Penyebabnya? Cek Disini, Ya!

Artikel diperbarui pada 9 November 2022.

Saat ini, sudah banyak perbankan yang menyediakan layanan m-banking, termasuk bank Mandiri. Layanan m-banking yang dimiliki oleh bank Mandiri bernama Livin by Mandiri. Sayangnya, Livin by Mandiri sering error yang terjadi karena beberapa sebab.

Jika kamu mendapati aplikasi Livin by Mandiri kuning eror, maka bisa cari tahu penyebab dan cara mengatasinya di bawah ini.

Penyebab Livin by Mandiri Sering Error

Ada beberapa penyebab aplikasi Livin by Mandiri seringkali mengalami error dan membuat kamu kesulitan untuk bertransaksi via online, seperti:

#1. Server Bank Mandiri Sedang Sibuk

Jika kamu kesulitan login ke aplikasi Livin by Mandiri karena error maupun gagal saat transaksi, kemungkinan besar hal ini terjadi karena server bank sedang sibuk.

Biasanya, kejadian ini bisa muncul karena lonjakan trafik transaksi dan membuat server overload. Akibatnya, kamu tidak bisa melakukan transaksi, bahkan untuk login sekalipun.

Jika kamu mengalami hal ini, maka bisa coba untuk menutup aplikasi Livin by Mandiri selama beberapa menit, lalu ulangi lagi sampai berhasil dan normal kembali.

#2. Koneksi Internet Tidak Stabil

Nyatanya, koneksi internet yang tidak stabil bisa menjadi penyebab Livin by Mandiri mengalami error. Sebab, aplikasi ini hanya bisa kamu buka menggunakan jaringan internet karena sifatnya yang online.

Jika koneksi internet sedang gangguan atau jaringan terputus-putus, disarankan untuk tidak mengakses aplikasi Livin terlebih dahulu. Kalau kamu memaksa untuk login, yang ada malah error dan sulit untuk mengaksesnya.

Tunggu sampai jaringan internet kembali stabil dan bagus, kemudian kamu bisa masuk ke aplikasi Livin by Mandiri. Kalau jaringan internet lancar, proses transaksi dan login ke dalam akun m-banking Mandiri pun jadi semakin mudah.

#3. Aplikasi M-Banking Kadaluwarsa

Aplikasi Livin by Mandiri versi lama atau berlogo biru sudah tidak dapat digunakan lagi sekarang. Kalau m-banking Mandiri kamu masih berwarna biru, maka hal ini akan menjadi penyebab Livin by Mandiri sering error.

Oleh sebab itu, kamu harus segera mengganti aplikasi m-banking yang sudah kadaluwarsa ke aplikasi versi terbaru.

Livin by Mandiri versi baru memiliki logo berwarna kuning dan dapat kamu gunakan hingga sekarang. Supaya tidak terjadi error, kamu harus sering mengupgrade aplikasi apabila sudah ada notifikasi pembaharuan.

Rajin update aplikasi bisa membantu meningkatkan keamanan serta memiliki fitur terbaru yang akan membuat transaksi online semakin cepat.

#4. Banyak File Cache atau Sampah di HP

File cache yang menumpuk pada penyimpanan HP bisa menjadi penyebab Livin by Mandiri mengalami masalah error.

Ketika sampah atau cache sudah menumpuk, aplikasi akan menjadi lebih lemot, sering menutup sendiri hingga tidak bisa dijalankan sama sekali atau error.

Salah satu masalah yang timbul akibat banyaknya file cache adalah livin by Mandiri error er-r5. Maksud dari kode error er-r5 adalah bahwa perangkat HP milikmu sudah di root atau sistem operasi telah diretas.

Kalau hal ini terjadi pada aplikasi milikmu, cobalah untuk menghapus file cache, kemudian restart HP. Setelah sistem operasi HP telah hidup kembali, kamu bisa coba login ke Livin by Mandiri dan lihatlah apakah kode itu masih muncul atau tidak.

#5. Letak SIM Card Salah

Penyebab Livin by Mandiri sering error berikutnya karena letak SIM card yang salah. Hampir setiap aplikasi mobile banking akan melakukan pendeteksian lokasi kartu seluler yang terdaftar pada rekening berada di slot SIM 1.

Jika nomor kartu seluler yang terdeteksi bukan yang terdaftar atau tidak ada di slot SIM 1, maka aplikasi Livin by Mandiri pun akan menjadi error dan tidak bisa kamu gunakan dengan alasan keamanan.

Oleh sebab itu, pastikan bahwa slot SIM 1 merupakan kartu seluler yang sudah terdaftar pada mobile banking supaya aplikasi bisa dijalankan dengan baik.

Cara Mengatasi Livin by Mandiri Sering Error

Setelah mengetahui beberapa penyebab Livin by Mandiri sering error, kini saatnya kamu mencari tahu cara untuk mengatasinya, yaitu:

#1. Instal dan Update Aplikasi livin By Mandiri Kuning

Jika aplikasi Livin by Mandiri berlogo kuning milikmu mengalami error, kamu dapat melakukan update aplikasi ke versi terbaru. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, aplikasi ini bisa error karena versi aplikasi yang kamu miliki masih lama.

Kalau sudah diupdate aplikasi Livin by Mandiri masih saja sering error, kamu bisa melakukan uninstall aplikasi, lalu menginstalnya kembali.

Biasanya, cara ini cukup efektif dan membuat aplikasi livin by Mandiri bisa kembali kamu gunakan seperti biasanya.

#2. Hapus Cache atau Data Penyimpanan

Apabila aplikasi livin by mandiri milikmu mengalami error terus-terusan, cobalah untuk menghapus cache atau data penyimpanan aplikasi tersebut.

Biasanya, penyebab error aplikasi bisa juga terjadi karena ada banyaknya sampai atau file cache pada aplikasi tersebut.

Ada baiknya kamu melakukan pembersihan cache secara berkala supaya livin by mandiri tidak sering error. Kalau cache atau data penyimpanan sudah kamu hapus, nantinya kamu harus melakukan login ulang ke dalam aplikasi.

#3. Restart HP

Restart HP juga bisa menjadi pilihan untuk mengatasi livin by mandiri sering error. Banyak nasabah bank Mandiri yang sering melakukan restart HP masing-masing jika aplikasi mobile banking ini mengalami error.

Sebagian besar nasabah merasa bahwa cara ini cukup efektif karena setelah direstart, aplikasi bisa kembali normal seperti biasa. Sehingga, para nasabah bisa kembali bertransaksi dengan mudah dan praktis secara online.

#4. Kembali ke Setelan Semula

Jika ketiga cara diatas masih tidak berhasil mengatasi error pada livin by mandiri, kamu bisa mencoba untuk menggunakan cara ini, yaitu mengembalikannya ke setelan semula.

Salah satu hal yang membuat livin by mandiri sering error adalah HP milikmu sudah di root. Sehingga, kamu harus mengembalikannya ke setelan semula supaya data-data dari aplikasi livin by mandiri bisa kamu akses lagi.

Setelah berhasil mengubah ke setelan semula, kamu bisa masuk ke livin by mandiri, lalu coba untuk login.

Alhasil, kode error yang sebelumnya ada kini sudah tidak ada dan kamu bisa kembali menggunakan aplikasi secara normal.

Bagaimana Jika Livin by Mandiri Tetap Error?

Apabila cara di atas masih belum ampuh untuk mengatasi livin by mandiri yang sering error, kamu bisa segera hubungi nomor CS resmi bank Mandiri. Sebab, aplikasi mobile banking Mandiri yang error bisa saja terjadi karena masalah lain.

Kamu bisa coba hubungi nomor 14000 yang merupakan call center Mandiri. Jangan sampai salah nomor supaya masalah error pada aplikasi livin bisa cepat teratasi.

Itulah beberapa informasi seputar penyebab livin by mandiri sering error beserta cara mengatasinya yang bisa kamu ketahui. Setelah mengetahui hal ini, maka kamu tidak perlu khawatir lagi dan bisa segera menyelesaikan masalah ini menggunakan solusi yang telah diberikan.