free page hit counter
asuransi perjalanan covid 19 singapura

Mengenal Asuransi Perjalanan Covid 19 Singapura yang Wajib Diketahui!

Jika ingin berkunjung ke Singapura, wisatawan perlu menyiapkan asuransi perjalanan Covid 19 Singapura, karena penting untuk melindungi selama perjalanan meski penyebaran virus Covid-19 telah menurun. Memiliki asuransi perjalanan merupakan hal yang sangat dibutuhkan bagi orang-orang yang akan mengunjungi Singapura.

Semenjak 1 April 2022, Singapura telah melonggarkan syarat dan ketentuan bagi para wisatawan yang akan masuk ke Negara Singa tersebut. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan mengenai asuransi perjalanan Covid-19 ke Singapura yang perlu diketahui bagi calon pengunjung di bawah ini.

Apa Itu Asuransi Perjalanan Covid-19 Singapura?

Asuransi perjalanan Covid 19 Singapura merupakan suatu asuransi yang menanggung biaya perawatan/pengobatan terhadap risiko virus Covid-19 saat perjalanan di Singapura. Negara Singapura, termasuk salah satu negara yang mewajibkan pengunjung (WNA) mempunyai asuransi perjalanan Covid-19 saat memasuki negaranya.

Asuransi yang dimiliki minimal dengan nominal pertanggungan SGD 30.000, jika nominal tersebut disetarakan dengan rupiah, senilai Rp 317.000.000. Dikarenakan pemerintah Singapura tidak akan menanggung biaya pengobatan saat terpapar virus Covid-19, sehingga harus ditanggung sendiri jika tidak memiliki asuransi.

Kehadiran asuransi Covid-19, sebagai solusi yang tepat untuk melindungi diri dari Covid-19 dengan total santunan mencapai IDR 20 juta. Selain itu, dengan memiliki asuransi perjalanan Covid-19 tetap dapat membiayai pengobatan secara mandiri tanpa merogoh saku lebih dalam.

Tahapan Pengajuan Asuransi Perjalanan Covid-19

Ketika akan melakukan pembelian asuransi perjalanan Covid-19 umumnya dilakukan pembelian secara online, silakan pilih situs dimana akan melakukan pembelian. Tidak ada syarat pemenuhan dokumen apa saja yang dibutuhkan. Adapun langkah untuk mengajukan asuransi ini yakni:

  • Kunjungi situs online yang telah dipilih.
  • Daftar akun terlebih dahulu sesuai identitas pendaftar hingga verifikasi ID.
  • Setelah itu akan masuk ke menu home dari situs tersebut, pilihlah asuransi perjalanan.
  • Silahkan ketik negara tujuan, lalu pilih jumlah anggota dan usia yang akan berangkat.
  • Masukkan tanggal perjalanan (berangkat dan pulang).
  • Setelah itu akan ditampilkan beberapa produk asuransi yang direkomendasikan sesuai form yang diisi sebelumnya. Bisa dipahami terlebih dahulu mengenai manfaat polis yang tersedia perlindungan Covid-19, dan bandingkan dengan lainnya.
  • Jika telah menentukan produk asuransi yang cocok, klik beli dan ikuti arahan hingga benar-benar tercheckout.

Syarat Klaim Asuransi Perjalanan Covid-19

Sebelum memahami bagaimana cara mengajukan klaim asuransi maka sebaiknya mengetahui dokumen apa saja yang nantinya dibutuhkan. Terdapat beberapa dokumen yang dibutuhkan ketika akan klaim asuransi perjalanan Covid-19 Singapura, diantaranya:

1. Dokumen Wajib (Umum)

Untuk melakukan klaim asuransi perjalanan COvid-19 ini, maka ada beberapa dokumen umum yang perlu dipersiapkan. Adapun dokumen tersebut diantaranya:

  • formulir klaim,
  • identitas diri seperti (KTP/SIM/Kartu Keluarga bagi WNI, dan Passport/KITAS/KITAP bagi WNA), dan
  • lampiran bukti pemesanan tiket pesawat.

2. Dokumen Wajib (Khusus)

Setelah mengetahui dokumen umum yang perlu dipersiapkan, ternyata terdapat beberapa dokumen khusus yang perlu disiapkan pula. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa dokumen khusus tersebut:

  • Santunan meninggal dunia dan cacat tetap akibat dari kecelakaan: salinan asli surat kematian dari pihak berwenang setempat atau rumah sakit (apabila meninggal di rumah sakit).
  • Santunan rawat inap akibat Covid-19: salinan asli hasil tes PCR, salinan tagihan biaya pengobatan di RS/klinik, salinan asli hasil diagnosa perawatan.
  • Santunan isolasi mandiri: salinan hasil tes PCR dan salinan biaya tes PCR.
  • Penggantian biaya tes PCR ketika didiagnosa positif Covid: salinan hasil test PCR dan salinan biaya tes PCR.
  • Pembatalan perjalanan akibat Covid-19: salinan asli hasil swab/test PCR dan bukti pengembalian/refund oleh maskapai/pihak lainnya.
  • Santunan kehilangan pendapatan akibat Covid-19: salinan asli hasil tes PCR, salinan asli biaya perawatan di rumah sakit/klinik, dan salinan asli diagnosa perawatan.

Mengenai cara pengajuan klaim asuransi perjalanan Covid 19 Singapura yaitu melalui online atau datang langsung ke kantornya. Jika melalui layanan online, maka bisa menghubungi melalui email atau WhatsApp. Sedangkan jika datang secara langsung ke kantornya, maka harus membawa dokumen yang tercantum.

Rekomendasi Asuransi Perjalanan Covid-19 ke Singapura Terbaik

Perlu diketahui bahwa ternyata terdapat beberapa rekomendasi asuransi perjalanan Covid-19 ke Singapura yang bisa digunakan. Adapun beberapa rekomendasinya yakni:

1. Asuransi Travi Insurtech dari Simas Insurtech 

Salah satu asuransi perjalanan Covid-19 yang menjadi pilihan tepat yaitu Asuransi Travi Insurtech, dikarenakan banyaknya manfaat yang ditawarkan. Diantaranya, yaitu uang santunan kecelakan, kompensasi atas rusaknya bagasi, kompensasi terjadinya perubahan jadwal penerbangan, sampai kompensasi hilangnya dokumen penting.

Tidak hanya itu, produk asuransi ini juga memberikan fasilitas layanan klaim secara online. Sehingga, dapat segera mengajukan proses klaim ketika di Singapura.

2. Zurich Travel Insurance 

Asuransi Zurich Travel Insurance menjamin biaya perawatan di Rumah Sakit ketika terpapar Covid-19 secara cashless, selama perjalanan di luar negeri. Selain itu, juga memberikan uang santunan untuk isolasi maupun karantina jika positif dengan gejala ringan.

3. Chubb Asuransi Perjalanan Internasional

Asuransi Chubb, merupakan suatu asuransi yang melindungi perjalanan internasional dengan manfaat yang cukup luas. Sehingga perjalanan akan terasa nyaman, karena telah memiliki perlindungan yang tepat dari segala kemungkinan risiko yang terjadi.

4. Asuransi Sompo Traveljoy

Rekomendasi asuransi perjalanan Covid-19 Singapura yang selanjutnya yaitu Sompo Traveljoy, dimana asuransi ini dikembangkan guna melindungi perjalanan mengelilingi dunia. Asuransi ini juga akan melindungi rumah saat ditinggal berlibur atau bepergian, selain itu memiliki biaya premi yang sangat terjangkau.

5. Asuransi MSIG Travel Leisure

MSIG merupakan penyedia asuransi perjalanan Covid-19 Singapura dengan memberi kompensasi ketika terjadi sakit atau kecelakaan. Selain itu, MSIG juga memberi kompensasi ketika kehilangan bagasi serta dokumen penting, keterlambatan perjalanan, dan pembajakan ketika perjalanan.

Manfaat dari Asuransi Perjalanan Covid-19 Singapura 

Adanya asuransi perjalanan tersebut, pengunjung akan merasa tenang dan nyaman selama berkunjung di Singapura hingga kembali ke Indonesia. Jadi, asuransi perjalanan Covid-19 memiliki manfaat tambahan yang sangat berguna bagi para pengunjung negara Singapura, diantaranya:

1. Melindungi Terjadinya Pengeluaran Mendadak 

Sebelum berangkat berlibur, sudah pasti orang-orang mempersiapkan anggaran untuk kebutuhannya, tetapi terdapat berbagai risiko yang dikhawatirkan tiba-tiba terjadi. Kemungkinan risiko yang dapat terjadi yaitu terjadinya kecelakaan, bahkan hilangnya paspor, dan tentu akan memerlukan biaya yang tidak sedikit.

Apalagi biaya hidup di Singapura tergolong tinggi tentu akan menguras kantong lebih besar. Maka dari itu, untuk menghindari resiko saat perjalanan berlibur di Singapura penting untuk menyiap sedikit anggaran asuransi.

2. Memastikan Keamanan Saat di Singapura 

Kebanyakan pengunjung atau wisatawan tidak memiliki kerabat yang berada di Singapura, sehingga harus bergantung pada keuangannya sendiri. Oleh sebab itu, dengan asuransi dapat mengajukan klaim untuk membiayai risiko saat berada di Negara Singa tersebut.

3. Dapat Memproteksi Keuangan Keluarga 

Tidak dapat dipungkiri jika risiko kecelakaan perjalanan dapat merenggut nyawa seseorang, sebagaimana beberapa kasus yang telah terjadi. Terlebih, jika korban adalah tulang punggung keluarga dapat mengganggu penghasilan keluarga, asuransi perjalanan akan memberikan dana pertanggungan kepada ahli waris.

4. Hati Akan Tenang Saat di Perjalanan 

Para pengunjung pasti ingin memperoleh pengalaman yang menyenangkan saat berlibur, tanpa pusing memikirkan risiko-risiko keuangan yang dapat terjadi kapan saja. Mempunyai asuransi perjalanan dapat menjadikan hati lebih tenang dan menikmati waktu berlibur lebih maksimal.

Demikian tadi penjelasan mengenai asuransi perjalanan Covid 19 Singapura yang perlu disiapkan bagi para masyarakat yang akan berlibur ke Singapura. Sebaiknya, pilihlah asuransi perjalanan terbaik dengan manfaat yang ditawarkan sesuai kebutuhan pengunjung melalui situs online.