free page hit counter
asuransi hewan peliharaan indonesia

4 Perusahaan Asuransi Hewan Peliharaan Indonesia yang Dapat Digunakan

Artikel diperbarui pada 7 November 2022.

Bukan hanya kendaraan saja, bahkan saat ini sudah tersedia asuransi hewan peliharaan Indonesia untuk dibeli. Asuransi seperti ini, mungkin akan sangat bermanfaat bagi pengguna yang memiliki hewan peliharaan. Apalagi, mengingat jika biaya perawatan hewan juga tidak murah.

Asuransi untuk hewan, juga memiliki beberapa manfaat seperti asuransi manusia. Misalnya adalah manfaat untuk kesehatan medis dan juga beberapa manfaat lain. Dengan begini, pengguna bisa lebih tenang dengan kesehatan bagi hewan peliharaan,

Untuk jenis hewan peliharaan yang bisa memiliki asuransi biasanya adalah hewan rumahan. Misalnya kucing, anjing dan lain sebagainya. Namun untuk saat ini, kebanyakan hanya berfokus pada kucing dan anjing.

AXA Mandiri Pet Insurance

Produk asuransi pertama untuk hewan peliharaan adalah Produk Per Insurance yang dikeluarkan oleh perusahaan AXA mandiri. Ada beberapa manfaat, yang nantinya akan ditanggung saat menggunakan asuransi ini. Salah satu manfaatnya adalah untuk biaya penitipan, ketertinggalan pesawat dan cacat hingga kematian.

1. Manfaat yang Akan Diterima

Perusahaan Axa mandiri sendiri menawarkan produk Pet Insurance dengan berbagai manfaat yang bisa pengguna nikmati. Misalnya adalah manfaat apabila hewan mengalami cacat total atau kematian akibat kecelakaan maksimal. Maka, nantinya akan menerima manfaat sebesar 10.000.000.

Saat terjadi keterlambatan pesawat, tentu nanti akan memperlama penitipan hewan sehingga biayanya pun tambah tinggi. Namun, hal tersebut juga akan ditanggung pihak asuransi dengan manfaat sebesar 1.000.000. Selain itu, ada juga tanggung jawab hukum pihak ketiga dan biaya pengobatan atau cedera.

2. Syarat Dan Ketentuan

Tidak semua hewan bisa mendapatkan asuransi dari perusahaan AXA mandiri ini, dan hanya dua jenis hewan saja. Diantaranya hewan yang bisa memiliki asuransi ini adalah anjing yang sudah memiliki sertifikat Perkin. Juga kucing yang sudah memiliki sertifikat ICA.

Selain itu, hewan yang bisa mengajukan asuransi sudah berumur minimal 30 hari dengan umur maksimal 10 tahun. Apabila pengguna memutuskan untuk melakukan perpanjangan liburan, maka tentu biaya penitipan akan bertambah. Namun, hal tersebut tidak akan ditanggung pihak asuransi.

Simas Pet Insurance

Pada urutan kedua ada asuransi hewan peliharaan Indonesia yang bisa pengguna jadikan referensi selanjutnya dari perusahaan Sinar mas. Simas Pet Insurance menjadi pilihan berikutnya saat pengguna berniat untuk membeli asuransi hewan. Produk ini juga akan memberikan perlindungan untuk hewan peliharaan.

1. Manfaat Yang Akan Diterima

Hal paling penting dalam membeli asuransi, memang harus dilihat dari manfaat yang nantinya akan pengguna dapatkan. Karena menang manfaat ini yang diharapkan, saat akan membeli asuransi. Manfaat antara lain adalah manfaat kesehatan, kecelakaan, risiko penyakit hingga kematian.

Pihak asuransi, bahkan bisa menanggung seluruh biaya perawatan jika hewan mengalami tindak kekerasan. Atau hewan yang dicuri dan juga pertanggungan atas pihak ketiga. Namun, besar kecilnya jumlah manfaat yang akan diterima atas pertanggungjawaban ini tergantung paket asuransi yang dibeli.

Ada sembilan bagian paket yang bisa didapatkan sesuai dengan asuransi yang dibeli. Misalnya untuk paket satu, maka tertanggung akan mendapatkan manfaat minimal 0 rupiah hingga 5.000.000. Ada juga paket B dengan jumlah pertanggungan sebesar 5 juta, hingga 10 juta.

2. Syarat dan Ketentuan

Sama seperti perusahaan sebelumnya produk Simas Pet Insurance ini, juga memberikan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Untuk anjing yang akan diasuransikan, harus memiliki stambum. Namun mengecualikan untuk paket 5 yang mengharuskan anjing sudah memiliki sertifikat.

Polis akan memberikan pertanggungan di semua wilayah Indonesia dan tempat yang memperbolehkan membawa anjing. Usia hewan yang ditanggung 0-15 tahun, dengan pertanggungan sebesar 80%. Jumlah pertanggungan akan disesuaikan dengan kwitansi pembelian hewan, atau berdasarkan harga yang disesuaikan jika kwitansi hilang.

Rumah Polis Pet Insurance

Pada urutan ketiga ada lagi produk asuransi hewan peliharaan Indonesia bernama Rumah Polis Pet Insurance yang diterbitkan oleh perusahaan PAIB. Asuransi sini sendiri adalah untuk wilayah di Indonesia dan sudah bekerja sama dengan perusahaan Adira Insurance. Asuransi ini, juga menawarkan beberapa manfaat sebagai berikut:

1. Manfaat yang Akan Didapatkan

Rumah Polis Pet Insurance sendiri akan memberikan beberapa manfaat bagi hewan yang akan diasuransikan. Diantaranya adalah manfaat berupa santunan hewan yang mengalami kematian akibat kecelakaan. Ada juga santunan pemakaman atau santunan kremasi akibat kecelakaan.

Pihak asuransi, juga akan menanggung biaya jika hewan diharuskan untuk menjalani perawatan atau bedah karena mengalami kecelakaan. Jika saja hewan hilang atau menerima tindak kekerasan, maka ada beberapa biaya yang ditanggung. Yakni biaya iklan dan dana reward untuk melakukan pencarian.

Selain itu ada juga santunan rawat inap jika memang hewan diharuskan untuk dirawat inap di klinik hewan. Ada juga santunan atau pertanggungan mengenai hukum pihak ketiga. Dengan begini, pengguna bisa lebih aman saat bepergian.

2. Syarat dan Ketentuan

Sama halnya seperti beberapa asuransi hewan peliharaan Indonesia yang memiliki beberapa persyaratan dan juga ketentuan untuk mendapatkan asuransi tersebut. Beberapa persyaratan tersebut adalah hewan peliharaan sudah berumur minimal 6 bulan dengan umur maksimal 8 tahun. Tertanggung adalah individu bukan badan hukum.

Selain itu, hewan peliharaan yang akan didaftarkan harus sudah memiliki sertifikat atau tanda pengenal resmi dari pihak atau badan yang berwenang. Pengguna juga harus menyediakan foto hewan yang akan didaftarkan. Hanya berlaku untuk mata uang rupiah dan wilayah Indonesia.

Figo Pet Insurance

Penyedia asuransi terakhir yang bisa pengguna gunakan untuk hewan kesayangan adalah Figo per Insurance. Perusahaan fog sendiri mekiki kantor pusat di Chicago, Amerika serikat. Namun di Indonesia sendiri, sudah ada cabang yang dapat didatangi untuk menggunakan produk di dalamnya.

1. Manfaat yang Akan Didapatkan

Lagi-lagi manfaat yang nantinya akan diperoleh hewan atau tertanggung juga menjadi penilaian utama dalam perusahaan asuransi. Untuk manfaat dari Figo Pet Insurance sendiri ada beberapa macam. Di antaranya adalah biaya check up dan biaya konsultasi dari hewan yang didaftarkan.

Selain itu, ada juga pertanggungan berupa fasilitas rawat inap untuk kondisi gawat darurat dan juga biaya operasi. Ada juga pertanggungan berupa pengobatan penyakit. Entah penyakit tersebut adalah bawaan atau penyakit turun temurun seperti ortopedi atau kanker, juga beberapa manfaat lain.

2. Syarat Dan Ketentuan

Untuk Persyaratan dari asuransi ini hampir sama seperti persyaratan dari beberapa asuransi yang telah disebutkan. Yakni, usia hewan yang didaftarkan minimal sudah memiliki umur 8 Minggu. Namun tidak ada batas maksimal umur yang ditentukan.

Itu tadi adalah ulasan mengenai beberapa penyedia asuransi hewan peliharaan Indonesia yang salah pengguna gunakan. Dengan begini, nantinya hewan peliharaan yang dimiliki akan aman dan terjamin. Tentunya karena beberapa manfaat yang akan didapatkan, dengan membeli produk asuransi tersebut.

Selain mengenai manfaat yang akan didapatkan, sebelum membeli asuransi alangkah baiknya perhatikan juga durasi penanggungan dari asuransi tersebut. Sehingga hewan yang dimiliki benar-benar terlindungi selama waktu yang diinginkan. Untuk besaran manfaat yang diterima biasanya juga tergantung paket yang dibeli.