free page hit counter
aplikasi pengubah foto menjadi kartun

8 Rekomendasi Aplikasi Pengubah Foto Menjadi Kartun Gratis

Aplikasi pengubah foto menjadi kartun sempat menjadi trend meski sekarang tetap banyak yang menggunakannya. Pasalnya gambar yang diubah menjadi kartun terlihat lebih menarik, lucu, dan unik.

Tak sedikit yang mendownload aplikasinya untuk mengedit gambar yang nantinya dijadikan foto profil media sosial. Apalagi cara mengubahnya sangat mudah. Tidak perlu mengatur editing karena sudah tersedia secara otomatis.

Cukup masukkan gambar dan aplikasi akan mengubah foto menjadi kartun secara manual. Sayangnya aplikasi pengubah foto kartun tidak semuanya tersedia dengan gratis. Jika menginginkan hasil yang lebih bagus, maka perlu membeli aplikasi.

Namun ada pula aplikasi yang tersedia tanpa berbayar, tetapi menawarkan hasil yang keren. Penasaran apa saja aplikasinya? Berikut 7 rekomendasi aplikasi yang dapat dicoba:

1. Voila AI Artist

Aplikasi pengubah foto menjadi kartun Voila AI Artist menjadi rekomendasi pertama karena menawarkan fitur yang cukup lengkap. Seperti dapat mengubah gambar menjadi kartun secara langsung dengan mengambil selfie.

Sebenarnya aplikasi ini adalah aplikasi editing. Jadi tidak heran jika pengguna bisa mengedit gambar selain kartun menggunakan aplikasinya. Akan tetapi, fitur yang paling banyak digunakan yakni efek kartun.

Disini ada banyak efek kartun keren yang dapat dipilih seperti efek kartun 3D ala Pixar, sketsa pensil, lukisan abad ke-18, karikatur, Renaissance, dan banyak lainnya yang dapat dipilih.

Kendati demikian, meski menawarkan filter yang beragam termasuk kartun dan editor bawaan ternyata tidak semua fitur dapat dibuka. Mengapa? Karena pihak pembuat menerapkan sistem pembelian fitur di aplikasi, sehingga untuk menggunakannya harus membayar.

Apabila tidak ingin membeli, pengguna tetap bisa menikmati fitur gratisnya. Tetap keren hasilnya.

2. Meitu – Create Insta Collage & Stories

Aplikasi pengubah foto menjadi kartun selanjutnya ada Meitu – Create Insta Collage & Stories. Aplikasi ini sudah digunakan setidaknya lebih dari 50 juta di Play Store yang menandakan bahwa kualitasnya memang bagus.

Sama seperti aplikasi sebelumnya, disini pengguna akan disuguhkan beragam filter kartun keren. Jumlahnya hingga puluhan efek kartun yang bisa dipilih. Salah satu efek yang tidak tersedia pada aplikasi lain yakni filter kartun Avatar, ArtBot, Doll House, dan kartun muslimah.

Tidak hanya itu saja, filter lain pun ada seperti mempercantik wajah dengan menghaluskan serta meniruskan bentuknya. Uniknya, semua filter dapat diterapkan meski tanpa sambungan internet.

3. Prisma Photo Editor

Sempat menjadi paling populer digunakan sebagai aplikasi pengubah gambar menjadi kartun. Karena Prisma Photo Editor menawarkan fitur yang sederhana dan terbilang lengkap.

Seperti mengubah foto secara otomatis. Hanya dengan memasukkan gambar, pilih efek yang diinginkan dan selesai. Pilihan efek kartunnya pun banyak. Ada efek kartun Mononoke, Dallas, Gothic, dan opsi lain tanpa berbayar.

Namun jika ingin yang lebih lengkap, pihak developer menyediakan versi premium dengan sistem langganan bisa setiap bulan atau tahunan. Silahkan tentukan sesuai kebutuhan.

4. PicsArt Photo Studio

PicsArt Photo Studio merupakan aplikasi pengubah foto menjadi kartun terbaik yang sering digunakan. Alasannya sebenarnya bukan karena tersedia fitur efek kartun melainkan aplikasi ini menyediakan banyak sekali ragam tools editing.

Bahkan tersedia fitur keren layaknya software editing menggunakan PC. Itulah alasan kenapa banyak yang memilih aplikasinya. Kalau ada satu yang lengkap mengapa harus mengunduh banyak aplikasi bukan.

Untuk filter efek kartun di PicsArt pun ada banyak seperti Comic dan Watercolor. Tidak berbeda jauh dengan aplikasi lainnya, aplikasi pengubah gambar kartun satu ini juga menyediakan dua versi yakni gratis dan langganan.

Pastikan pula untuk login menggunakan alamat email atau Google agar dapat menikmati fitur dalam aplikasi. Jika tidak, maka tidak bisa digunakan.

5. Pencil Sketch

Seperti namanya, tentu saja aplikasi ini mampu menjadikan gambar menjadi kartun layaknya seniman. Namun pengguna tidak perlu menggambar sendiri untuk membuat gambar kartun karena aplikasi akan melakukannya secara otomatis.

Cukup masukkan foto melalui penyimpanan perangkat dan aplikasi akan mengubahnya dengan cepat.  Tidak hanya efek lukisan yang tersedia dalam aplikasi, tetapi ada banyak filter kartun keren yang dapat dicoba. Misal Doddle, comic, dan lainnya.

Jika kurang puas dengan hasilnya, pengguna bisa mengubah settingan agar hasilnya sesuai keinginan. Hanya saja, memang hasil dari efek yang diberikan tidak sebagus video yang dipromosikan. Yang paling menyebalkan adalah banyaknya iklan ketika menggunakan aplikasinya.

Meskipun begitu, aplikasi Pencil Sketch sebenarnya bagus. Hanya memang diperlukan pengaturan sendiri agar hasilnya sempurna. Namun tidak semua orang bisa melakukannya kecuali seorang pelukis.

6. Sketch Camera

Aplikasi pengubah foto menjadi kartun yang direkomendasikan kali ini mampu memberikan hasil gambar kartun yang bagus seperti lukisan pensil. Cara melakukannya yakni hanya dengan menggunakan filter. Sama seperti aplikasi pada umumnya.

Adapun filter yang bisa dicoba yakni efek sketsa, gambar pensil, tekstur minyak, watercolocr, dan banyak lainnya yang dapat dipilih. Kerennya filter tersebut bisa diterapkan secara langsung ketika mengambil gambar.

Sehingga tidak perlu repot memasukkan foto untuk mengubahnya menjadi kartun. Tinggal nyalakan kamera, tentukan efek sesuai keinginan, dan hasilnya langsung kelihatan. Tertarik mencobanya? Silahkan unduh di Play atau di App Store.

7. MomentCam

Mungkin banyak yang tidak asing dengan aplikasi pengubah foto menjadi kartun satu ini khususnya pengguna Android. Karena aplikasi MomentCam sudah lama digunakan untuk mengubah foto menjadi kartun.

Dulunya aplikasi ini mempunyai fitur yang sederhana, tetapi sekarang sudah semakin berkembang. Dimana menambahkan banyak fitur keren lain untuk menarik pengguna.

Namun salah satu keunggulannya tetap dipertahankan yakni dapat membuat gambar karikatur yang unik. Template karikatur yang disediakan cukup banyak untuk dicoba.

Yang menjadi keunggulan aplikasi buatan Eureka Studios ini adalah ukuran aplikasinya yang ringan. Sehingga pengguna ponsel yang mempunyai spesifikasi rendah bisa mengunduhnya.

8. Avatoon

Rekomendasi terakhir yang dibahas artikel ini yakni Avatoon. Sebuah aplikasi yang unik karena menawarkan banyak fitur editing gambar kartun. Seperti mengubah warna rambut, kulit, kecerahan, dan lain sebagainya.

Dengan begitu, pengguna bisa mengedit sesuai keinginan sampai menghasilkan gambar kartun yang terbaik. Keunggulannya yakni terdapat pada kustomisasi foto yang sudah diubah bisa digunakan sebagai stiker aplikasi komunikasi seperti WA.

Jadi bagi yang ingin membuat stiker keren sebagai emoticon di sosial media, maka bisa menggunakan aplikasi ini unduh mengeditnya. Tenang, Avatoon tersedia dengan gratis di Play Store.

Kira-kira aplikasi pengubah foto menjadi kartun mana yang sudah pengguna coba? Setiap aplikasi pastinya memberikan kelebihan dan kekurangan. Jadi pengguna bisa memilih mana yang paling sesuai dengan keinginan untuk memperoleh hasil editing yang sempurna.

Namun memang versi berbayar biasanya lebih mampu memberikan hasil terbaik layaknya software PC. Bedanya jika mengedit melalui komputer dibutuhkan keahlian, sementara menggunakan aplikasi bisa dengan otomatis.

Hanya saja, pastikan untuk tidak mudah tergiur dengan aplikasi yang populer digunakan. Karena bisa saja ternyata merupakan aplikasi berkedok yang mencuri data pengguna. Cari tahu terlebih dulu sebelum mengunduh aplikasi jenis apapun.