free page hit counter
aplikasi mengetik dengan suara

11 Rekomendasi Aplikasi Mengetik Dengan Suara Terbaik

Berkat bantuan teknologi kini tersedia sejumlah aplikasi mengetik dengan suara. Membuat pekerjaan lebih cepat dibandingkan mengetik menggunakan 10 jari atau tangan. Dikarenakan bicara lebih hemat waktu jika harus diketik satu persatu, cocok bagi yang sekiranya malas untuk mengetik menggunakan tangan.

Belum lagi banyak kelebihan yang bisa dirasakan secara langsung. Terkhususnya bagi yang memiliki pekerjaan berkaitan dengan wawancara, apabila harus mengetik satu persatu teks transkrip. Ini sangat melelahkan, keberadaan aplikasi yang bisa mengetik dengan bantuan suara ini akan mempercepat proses tersebut.

Karena suara yang diucapkan lewat mulut bisa langsung terekam menjadi sebuah catatan atau ketikan. Ditambah lagi banyaknya jenis aplikasi serupa semakin mempermudahkan banyak pekerjaan, terkhususnya bidang tersebut. Untuk itu simaklah berbagai aplikasinya berikut ini:

1. Live Transcribe

Aplikasi mengetik dengan suara urutan pertama bernama live transcribe. Aplikasi tersebut kini telah tersedia secara bebas pada sejumlah play store atau app store untuk pelanggan Android dan juga iPhone. Sampai kini aplikasi ini juga memiliki tingkat kepopuleran yang sangat tinggi.

Hal tersebut terbukti dengan banyaknya jumlah pengunjung yang mendownload aplikasi tersebut sampai jutaan pengguna. Ditambah lagi aplikasi ini bisa digunakan secara gratis. Alias tidak perlu melakukan pembayaran semakin menambah nilai positifnya.

2. Google Keyboard

Berikutnya sebagai aplikasi mengetik dengan suara yaitu ada Google keyboard. Produk ciptaan dari Google memang selalu memiliki berbagai perkembangan termasuk Google keyboard. Aplikasi ini memberikan layanan untuk bisa mengetik dengan bantuan suara. Hal tersebut juga sangat memungkinkan dikarenakan adanya fitur rekaman yang disediakan.

Tidak hanya itu ada kelebihan utama yang disediakan oleh Google keyboard. Dikarenakan terdapat kurang lebih 60 bahasa yang bisa diterjemahkan secara langsung. Sekaligus juga dari segi tampilan dan tulisan lebih mudah ketika dipakai dengan bantuan tombol serta menu pengaturannya.

3. Notulite

Jangan lewatkan aplikasi mengetik dengan suara yang bernama notulite. Aplikasi ini juga mampu untuk mengubah suara menjadi tulisan dalam bentuk ketikan. Tidak hanya itu dalam hal akurasi juga sangat baik dibandingkan beberapa aplikasi sejenisnya apalagi merupakan produk buatan lokal.

Dengan hal tersebut, siapa saja yang tidak ingin adanya kesalahan ejaan bisa memanfaatkannya. Sekaligus juga dengan adanya karakteristik suara bisa langsung dibedakan saat tulisan. Apabila ingin mencatat sebuah teks yang dijadikan dasar percakapan dikarenakan pembeda suara begitu mudah dikenali.

4. Voice Search

Rekomendasi aplikasi mengetik dengan suara berikutnya bernama voice search. Sebenarnya untuk hal ini juga umum ditemukan pada Google khususnya pada mesin pencarian. Karena bisa dimanfaatkan untuk mengubah suara kemudian dialihkan menjadi teks.

Dengan menggunakan fitur tersebut berarti bisa langsung mengucapkannya setelah menekan item microphone. Jadi tidak perlu lagi repot untuk mengetik hal yang ingin dibahas atau dicari. Karena tidak menunggu lama biasanya hasil akan segera tampil pada bagian halaman utama dari sebuah aplikasi.

5. Speech Notes

Lalu juga ada aplikasi mengetik dengan suara bernama speech notes. Untuk hal tersebut sebenarnya aplikasi memiliki banyak fitur dan juga fungsi yang bisa digunakan dengan berbagai tujuan. Diantaranya adalah bisa mengubah suatu rekaman suara untuk dijadikan dalam bentuk teks.

Hal yang paling mencengangkan ternyata ini juga merupakan bagian dari Google. Ketika adanya suara yang didengar oleh aplikasi tersebut akan otomatis diubah menjadi dalam bentuk teks. Sementara itu juga akan langsung mengenali jenis bahasa yang digunakan untuk penulisan di dokumen.

6. Transcriber

Kemudian masih ada suatu aplikasi dengan nama Transcriber untuk dapat mengubah suara menjadi tulisan. Aplikasi tersebut merupakan ciptaan daripada perusahaan dunia yaitu bernama Amazon. Dengan keberadaan aplikasi tersebut dapat memangkas waktu dalam mengerjakan sebuah tugas menjadi lebih cepat.

Tidak hanya itu nantinya aplikasi juga menyediakan berbagai fitur menarik. Termasuk diantaranya mengenali tanda baca tanpa harus membuat pengguna kesusahan menambahkan secara manual. Lalu juga dapat untuk menyaring sejumlah kosakata yang sekiranya tidak patut untuk dimasukkan dalam sebuah teks.

7. Write by Voice

Aplikasi ini sangat sesuai dengan namanya. Dikarenakan bisa menulis hanya dengan bantuan suara alias untuk mengubah suara yang dikeluarkan oleh seorang manusia, untuk dijadikan dalam bentuk dokumen berupa teks tulisan.

Aplikasi tersebut juga didesain sangat ringan sehingga mudah untuk didownload. Sekaligus juga tidak akan memakan memori internal atau penyimpanan ketika dipasang pada smartphone. Sehingga juga akan sangat hemat ketika dipakai.

8. Dragon Speech Recognition

Jangan lewatkan keberadaan dragon space recognition. Dikarenakan aplikasi tersebut juga memiliki banyak manfaat terkhususnya untuk yang berkecimpung dalam bidang tulisan. Karena keberadaan aplikasi ini dianggap menjadi jalan untuk mempercepat tulisan dengan bantuan suara.

Apalagi keberadaan dari aplikasi tersebut kini juga telah bisa digunakan pada smartphone. Padahal dulunya aplikasi tersebut sengaja didesain untuk pengguna laptop atau PC. Tetapi dengan berbagai pembaharuannya tersebut sangat membantu apalagi dari segi keakuratan dan tingkat kesalahan ejaan sangatlah minim.

9. Apple Dictation

Tampaknya bagi yang bekerja dalam bidang ini juga harus mencoba aplikasi bernama Apple dictation. Dikarenakan sangat mudah untuk mengubah suara menjadi tulisan. Hal ini sebenarnya termasuk dalam bagian sistem operasi Apple dan Mac OS.

Dengan bantuan fitur bernama siri sangat mudah untuk melakukan input tulisan berupa suara. Untuk hal tersebut sebenarnya cukup dengan mengarahkan kursor pada bagian teks field. Sebelum nantinya secara otomatis sistem akan membuatnya menjadi bentuk tulisan yang diinginkan.

10. Windows Speech Recognition

Lalu juga ada aplikasi lain yang hampir sama dengan beberapa penjelasan diatas. Yaitu bernama Windows speech recognition yang juga menyediakan fitur speech to text. Sudah dipastikan bahwa dengan hal tersebut sangat memudahkan mengubah suara menjadi bentuk tulisan.

Sesuai dengan namanya berarti aplikasi tersebut dikhususkan bagi pengguna computer. Kini juga bisa diakses untuk Windows 10 selain juga bisa dipakai untuk Windows 7 dan 8. Ada banyak perintah yang bisa dijalankan dengan bantuan fitur tersebut.

11.  Verbit

Rekomendasi terakhir yang diberikan adalah suatu aplikasi bernama verbit. Aplikasi tersebut juga tidak jauh berbeda dengan yang lain dikarenakan dari segi audio yang dihasilkan bisa diubah dalam bentuk tulisan secara real time. Apalagi tersedia 5 kategori industri yang digunakan berdasarkan kebutuhan.

Misalnya saja ada chord reporting berarti cocok untuk merekam suara secara akurat. Bermanfaat dalam keperluan pengadilan serta ada pengubah suara dalam bentuk tulisan. Seperti halnya kebutuhan dari banyak kalangan, juga ada subtitle yang dapat dibuat secara otomatis dengan bantuan aplikasi ini.

Jadi itulah berbagai penjelasan singkat aplikasi mengetik dengan suara. Beberapa aplikasi yang telah dijelaskan diatas umum juga tersedia bagi pengguna ponsel. Walau beberapa diantaranya juga hanya tersedia pada komputer atau laptop tetapi ada sedikit perbedaan mendasar berkaitan dengan kedua hal ini.

Dimana rata-rata apabila telah tersedia versi ponsel berarti harus menginstal tambahan. Dengan artian mempersiapkan ruang untuk penyimpanan dari aplikasi. Berbeda halnya jika aplikasi tersebut hanya tersedia bagi komputer karena terkadang tidak perlu lagi melakukan proses instalasi.

Tapi sebenarnya hal tersebut juga sangat disesuaikan dengan tujuan penggunaannya. Karena terkadang apabila memang sangat penting maka mau tak mau harus diinstal di tempat lain. Contohnya saja diinstall pada ponsel yang dianggap lebih mudah untuk dibawa ke mana saja.