free page hit counter
asuransi kesehatan sinarmas untuk karyawan

Ketahui Asuransi Kesehatan Sinarmas Untuk Karyawan dan Cara Klaimnya

Artikel diperbarui pada 5 November 2022.

Sebagai salah satu perusahaan asuransi, Sinarmas memiliki rekam jejak yang sangat bagus dan responsif. Produk unggulan yang ditawarkan pada perusahaan ini yaitu asuransi jiwa dan kesehatan. Asuransi kesehatan Sinarmas untuk karyawan seringkali menjadi pilihan bagi perusahaan.

Hingga kini, jenis asuransi ini masih sangat diminati oleh berbagai kalangan. Oleh karena itulah, perusahaan ini menyediakan produk yang mampu memberikan perlindungan terbaik bagi setiap nasabahnya.

Seperti diketahui bahwa Sinarmas menyediakan produk asuransi yang sangat lengkap. Dengan begitu, nasabah bisa memilih sesuai dengan keinginan dan kemampuan finansial. Dibandingkan dengan asuransi lainnya, kemampuan bayar klaim asuransi ini merupakan yang tertinggi.

Dengan berbagai keunggulan yang ditawarkan, membuat Sinarmas semakin diminati oleh berbagai kalangan, terutama perusahaan yang ingin memberikan kesejahteraan bagi karyawan. Simak ulasan berikut untuk informasi lengkapnya.

Apa Itu Asuransi Kesehatan Corporate?

Asuransi kesehatan Sinarmas untuk karyawan atau disebut simas corporate ialah jenis asuransi yang disediakan untuk karyawan suatu perusahaan dan keluarganya. Setiap karyawan akan mendapatkan banyak manfaat dari asuransi ini seperti jaminan rawat inap, jaminan rawat jalan, dan lain sebagainya.

Asuransi ini, menyediakan fasilitas di mana perusahaan bisa memberikan pilihan perlindungan asuransi yang tepat bagi karyawan. Jaminan dasar yang paling banyak ditawarkan ialah rawat inap.

Terdapat manfaat lain yang ditawarkan juga untuk setiap karyawan, yaitu jaringan rumah sakit yang tidak terbatas. Artinya layanan tersebut tidak hanya tersedia di Indonesia, namun juga bisa digunakan di rumah sakit seluruh dunia.

Alasan Memilih Polis Asuransi Kesehatan Sinarmas

Asuransi kesehatan Sinarmas untuk karyawan jenis lainnya menawarkan berbagai keuntungan untuk setiap nasabah. Berbagai keuntungan yang akan diperoleh nasabah apabila membeli polis ini, antara lain:

  • Terdapat beragam manfaat dan premi yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.
  • Layanan 24 jam bagi pelanggan.
  • Untuk mendaftar, tidak perlu melakukan pemeriksaan terlebih dahulu.
  • Sistem pembayaran yang mudah dan praktis yaitu transfer maupun auto debit.
  • Untuk produk tertentu, pembayaran bisa dicicil per bulan melalui menggunakan jenis kartu tertentu.
  • Sistem klaim yang diterapkan bersifat cashless.
  • Rumah sakit rekanan tersedia di berbagai negara di seluruh dunia.
  • Asuransi kesehatan Sinarmas untuk karyawan memiliki jaminan evakuasi medis darurat.
  • Terdapat jaminan rawat jalan yang disebabkan oleh kecelakaan.
  • Setiap nasabah mendapatkan jaminan rawat jalan selama sebelum dan sesudah menjalani rawat inap.
  • Untuk kasus perpanjangan, terdapat jaminan perlindungan diberikan hingga usia maksimal 75 tahun.

Keunggulan Pembelian Polis Sinarmas Secara Online

Setiap perusahaan yang membeli asuransi kesehatan Sinarmas untuk karyawan maupun perorangan secara online, tentu akan mendapatkan kelebihan. Berikut beberapa kelebihan yang perlu diketahui, antara lain:

1. Efisien

Pembelian polis secara online memberikan kemudahan bagi nasabah. Tentu saja karena nasabah tidak harus menghabiskan banyak waktu untuk pergi menuju lokasi, sehingga lebih hemat waktu dan efisien. Nasabah, hanya perlu mengisi formulir dan memantau proses pengajuan hingga selesai.

2. Lebih Murah

Kelebihan pembelian polis secara online juga lebih murah. Ini karena nasabah bisa mengeliminasi biaya tambahan yang harus dikeluarkan. Dengan demikian bisa mendapatkan produk berkualitas dengan premi yang lebih rendah.

3. Bisa Mendapatkan Produk Berkualitas Karena Mendapatkan Review yang Lengkap

Sebelum memilih produk yang tepat, tentu sangat wajar jika nasabah mencari tahu untuk mendapatkan yang terbaik. Dengan membeli polis secara online, maka nasabah bisa mencari review secara bebas dan leluasa serta menemukan produk yang terbaik.

Apa Saja Syarat Pembelian Polis Sinarmas?

Agar bisa membeli asuransi kesehatan Sinarmas untuk karyawan maupun yang lainnya, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan. Berikut beberapa syarat yang perlu diketahui:   

  • Usia minimum 30 hari dan maksimal 59 tahun, kecuali dalam kasus perpanjangan.
  • Seorang WNI maupun berdomisili di Indonesia.
  • Mengisi Formulir Aplikasi Asuransi (FAA) dengan melengkapi data diri secara lengkap.

Bagaimana Cara Klaim Asuransi Kesehatan Sinarmas?

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, asuransi kesehatan Sinarmas untuk karyawan maupun jenis lain, terdapat beberapa klaim manfaat yang bisa dilakukan. Seperti rawat inap, evakuasi medis darurat, dan masih banyak lagi. Berikut beberapa cara untuk melakukan klaim, antara lain:  

1. Cara Klaim Untuk Rawat Inap

Untuk nasabah yang ingin melakukan klaim untuk rawat inap di rumah sakit provider perlu melalui beberapa tahapan. Berikut langkah-langkahnya:

  • Nasabah bisa melapor ke pihak penanggung. Dengan demikian nantinya nasabah bisa mendapatkan surat jaminan sebelum masuk rumah sakit.
  • Apabila dalam kondisi yang urgent atau darurat, maka nasabah bisa menggunakan KPA terlebih dahulu. Namun sebelum keluar dari rumah sakit, nasabah harus memberitahu pihak penanggung terkait rawat inap tersebut.
  • KPA dan KTP nasabah harus dalam keadaan aktif.
  • Wajib mengisi serta menandatangani formulir klaim yang sudah disediakan oleh pihak rumah sakit terkait klaim asuransi.
  • Apabila terdapat kelebihan biaya selama perawatan, maka nasabah wajib menanggung seluruh biaya tersebut.

2. Klaim Evakuasi Medis Darurat

Bagi yang ingin melakukan klaim asuransi kesehatan Sinarmas untuk karyawan untuk evakuasi medis darurat bisa mengaplikasikan cara berikut ini. Langkah yang harus dilakukan, diantaranya:

  • Peserta menghubungi GAH Alarm Center di nomor yang bersangkutan.
  • Kemudian peserta bisa memberikan informasi terkait nama, nomor polis, hingga dokter yang merawat apabila nasabah melakukan perawatan inap di rumah sakit.

3. Cara Klaim Santunan Tunai Harian

Cara melakukan klaim untuk manfaat ini harus melalui beberapa tahapan. Berikut beberapa diantaranya:

  • Nasabah memberikan formulir klaim yang asli berikut surat pernyataan jaminan pelayanan dari BPJS kesehatan.
  • Menyerahkan kartu peserta asuransi dan BPJS dalam bentuk fotokopi.
  • Memberikan fotokopi resume medik serta lampiran mengenai segala sesuatu yang berkaitan dengan hal tersebut.

4. Klaim Rawat Inap Untuk Sistem Reimbursement

Nasabah juga perlu mengetahui cara klaim asuransi rawat inap untuk sistem ini. Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan:

  • Nasabah dan dokter yang merawat harus mengisi serta menandatangani formulir yang disediakan oleh pihak rumah sakit terkait klaim asuransi tersebut.
  • Kemudian nasabah perlu melengkapi dokumen klaim yang lengkap berikut dokumen penunjangnya.
  • Memberikan surat kuasa kepada pihak penanggung agar mendapatkan informasi dari pihak rumah sakit yang merawat nasabah.
  • Untuk proses klaim, kemudian nasabah mengirimkan seluruh berkas tersebut ke pihak perusahaan polis.
  • Proses penggantian klaim yang sudah disetujui dilakukan paling lambat 14 hari kerja.

Itulah ulasan mengenai asuransi kesehatan Sinarmas untuk karyawan hingga cara mudah untuk melakukan klaim. Asuransi ini, menjadi solusi yang tepat bagi perusahaan yang ingin memberikan kesejahteraan kepada setiap karyawan.

Pengalaman dan reputasi perusahaan yang bagus, asuransi ini menawarkan banyak keunggulan bagi setiap nasabah. Yaitu mulai dari desain produk yang disesuaikan dengan kebutuhan dari perusahaan. Selain itu, proses asuransi ini juga didukung oleh tenaga medis yang berpengalaman di bidangnya.

Pembayaran klaim pun tergolong sangat cepat dan singkat.  Yaitu 7 hari kerja untuk nasabah yang melakukan rawat jalan. Sedangkan untuk nasabah yang melakukan rawat inap proses pembayaran klaim maksimal 14 hari kerja. Di samping itu, pembayarannya pun dilakukan secara payroll.