free page hit counter
aplikasi untuk membuka file docx

5 Aplikasi untuk Membuka File Docx di Android

Membuka file dengan format docx sudah hal biasa di laptop atau komputer. Namun, bagaimana jika melalui Android? Perlu ada aplikasi untuk membuka file docx. Dengan begitu, perangkat Android baik smartphone maupun tablet dapat membuka file-nya untuk digunakan sesuai kebutuhan.

Sebenarnya pengguna dapat membuka file berformat docx melalui File Manager, fitur yang ada di semua Android. Kendati demikian, banyak orang ingin memakai aplikasi tambahan sehingga penggunaannya lebih praktis dan cepat mengaksesnya. Berbagai file dapat diakses dari satu aplikasi saja.

Sekarang pengguna smartphone Android dimudahkan untuk membuka dokumen Microscoft tanpa harus membuka laptopnya. Bukan hanya dokumen teks, melainkan juga slide presentasi, data excel, serta PDF. Selengkapnya mari simak dalam pembahasan berikut:

Apa yang Dimaksud dengan File Docx?

Sebelum membahas tentang aplikasi untuk membuka file docx, terlebih dahulu mari mengenal jenis file berupa docx ini. Docx merupakan file yang dihasilkan oleh Microscoft Word. Artinya, file ini dihasilkan dari dokumen yang dibuat melalui Microscoft Word pada komputer.

Format docx sendiri baru muncul pada 2017. Sebelumnya, format file dari Microscoft Word ini adalah Docx. File yang ekstensinya Docx berbasis XML. Dokumen tersebut bisa memuat teks, gambar, style, objek, dan sebagainya.

Seluruh komponen tersebut tersimpan menjadi file yang berbeda-beda, namun dipadatkan menjadi Docx yang telah terkompresi. Popularitas Word sebagai aplikasi yang menghasilkan Docx memang sangat tinggi. Aplikasi ini sangat umum digunakan di ranah pekerjaan maupun pendidikan.

Terbukti dari pemberian tugas pada siswa sekolah yang sudah menggunakan Microscoft Word. Pelajaran komputer di sekolah juga tidak terlepas dari pelajaran dasar untuk mengoperasikan Word. Sehingga nantinya siswa bisa mengaplikasikan ilmunya hingga di ranah pekerjaan.

Tidak heran, file berformat docx dapat ditemukan di berbagai kesempatan, misalnya berbagi tulisan melalui media sosial, WhatsApp, email, dan sebagainya. Tidak hanya dapat dibuka di laptop/komputer saja, file ini juga dapat diakses dari smartphone.

Aplikasi untuk Membuka File Docx

Sebelumnya telah dijelaskan tentang apa yang dimaksud file docx. Penggunaan file ini cukup lumrah, sehingga tidak jarang masyarakat ingin membukanya dari smartphone. Umumnya, file yang berasal dari Microscoft Word tidak dapat dibuka dari Android.

Kendati demikian, sekarang hadir beberapa aplikasi yang dikhususkan bagi pengguna Android untuk membuka file dari Word yaitu docx. Dengan aplikasi, pengguna dapat mengaksesnya kapan saja tanpa hambatan berarti. Berikut beberapa aplikasi yang direkomendasikan:

1. Microscoft Word

Pertama ada aplikasi yang hampir semua pengguna komputer mengenalnya, yaitu Microscoft Word. Aplikasi andalan Microscoft ini merupakan tools untuk mengolah kata. Fungsinya yakni membuat, mengedit, membuka, menyimpan, serta membagikan file dalam format docx.

Kehadirannya sangat membantu banyak orang sejak kemunculannya pertama kali pada 1983 silam. Word telah mengalami beberapa perombakan hingga saat ini sudah banyak fitur yang diperbarui dan memudahkan penggunanya untuk bekerja lebih efektif. Terlebih sejak 2015, Word juga bisa diakses dari Android.

Kehadiran aplikasi untuk membuka file docx ini memudahkan pengguna Android mengaksesnya kapan pun. Fiturnya pun tidak jauh berbeda dari yang di laptop. Microscoft Word bisa didownload melalui Play Store dengan syarat memiliki RAM minimal 1 GB di perangkat Androidnya.

Ukurannya pun tidak begitu besar, sekitar 71 MB dan bisa digunakan langsung secara gratis. Selain membuka file docx dengan cepat, melalui apps ini pengguna juga dapat membuat, menyimpan, mengedit, hingga berbagi file. Dengan begitu, dapat meningkatkan produktivitas untuk berbagai kebutuhan.

2. WPS Office

Di jajaran aplikasi untuk membuka file docx ada nama WPS Office. Pengguna dapat mengakses apps besutan WPS Software ini melalui Play Store. Terhitung jumlah unduhannya telah melebihi 100 juta, dengan penilaian tinggi yaitu 4.8. Fungsinya tidak hanya membuka file docx saja.

Melainkan juga bentuk file lainnya misalnya Excel, Power Point, PDF, Txt, dan sebagainya. Berbekal satu aplikasi saja, pengguna dapat mengakses berbagai format. Aplikasi cerdas ini hanya berukuran 66 MB, cukup ringan untuk digunakan di smartphone sebagai solusi untuk bekerja jarak jauh.

WPS Office dibekali beragam fitur yang bermanfaat untuk mengedit, membuka, hingga mengkonversi file. Misalnya ingin mengubah docx menjadi format yang lain sesuai kebutuhan. Kelebihan lainnya yaitu memiliki penyimpanan Cloud-nya sendiri. Dengan keamanan yang terjamin, pengguna tidak perlu khawatir akan kehilangan dokumennya.

3. Office Suite

Office Suite merupakan aplikasi besutan MobiSystems yang termasuk pilihan lengkap untuk melakukan berbagai pekerjaan. Bagi yang mencari aplikasi berukuran ringan, Office Suite dapat menjadi pilihan karena ukurannya hanya 48 MB. Di sini pengguna dapat mengakses dokumen Word, Excel, PDF, hingga Power Point.

Fiturnya yang lengkap membuat apps ini hampir sama dengan Microscoft Office. Pengguna dapat mengunduh dan memakainya secara gratis untuk tujuh hari. Dalam masa tersebut, semua fitur Office Suite gratis untuk digunakan. Mulai dari Cloud dengan kapasitas 50 GB hingga analisa data.

Tampilan antarmukanya pun interaktif sehingga mudah untuk dipahami pengguna. Bila ingin terus memakai fiturnya, ada paket berlangganan yang harganya dapat disesuaikan kebutuhan. Pengguna dapat memilih dan membeli yang paling dibutuhkannya.

4. All Document Reader

Rekomendasi aplikasi untuk membuka file docx berikutnya adalah All Document Reader, yang memiliki fungsi lengkap. Sesuai namanya, apps ini hanya diperuntukkan untuk membuka file saja dan bukan memakai fitur lain seperti mengedit isinya. Berbagai format selain docx dapat dibuka dengan aplikasi ini.

Contohnya seperti PPT, TXT, hingga PDF. Berhubung hanya diperuntukkan bagi pengguna yang ingin membuka file saja, ukuran aplikasinya kecil yaitu 25 MB. Cocok untuk yang memori penyimpanannya sedikit. Apps yang dirilis pada 2020 lalu ini mendapatkan penilaian tinggi, yaitu 4.8.

Terhitung sudah melebihi 50 juta unduhan di Play Store. Apps yang dikembangkan oleh Apero Technologies ini pun dapat diakses meski tidak menggunakan internet (offline). Pengguna dapat memakainya dengan mudah untuk mengatur bookmark, menyortir sesuai kategori, dan masih banyak lainnya.

5. Docs to Go

Selanjutnya ada aplikasi untuk membuka file docx yang dikembangkan oleh DataViz bernama Docs to Go. Aplikasi ini adalah yang ukurannya paling kecil dibandingkan lainnya, yakni 14 MB. Dari segi tampilannya pun termasuk sederhana dan mudah untuk dioperasikan.

Beberapa format file yang dapat diakses misalnya PDF, Excel, Word, dan lain-lain. Aplikasi yang jumlah unduhannya melampaui 50 juta ini memiliki penilaian 4.3. Pengguna dapat membuka, mengedit, hingga mengirimkan file sesuai keperluannya. Ada bagian yang penting? Bisa di-highlight dengan berbagai warna.

Pengguna dapat mengakses dan menyimpan file dengan Cloud milik aplikasi ini. Tersedia hingga 15 bahasa yang dapat memudahkan pengguna dari berbagai negara. Tidak perlu sign-in menggunakan akun, Docs to Go bisa langsung diakses dari tablet maupun smartphone.

Itulah pembahasan tentang aplikasi untuk membuka file docx yang bisa diakses dengan mudah melalui Android. Keberadaan aplikasi ini sangat bermanfaat karena pengguna dapat membukanya kapan pun. Terlebih ada beberapa yang memungkinkan pengeditan atau memberi tanda di bagian-bagian yang penting.