free page hit counter
aplikasi cek barang original

9 Aplikasi Cek Barang Original, Cukup Dengan Smartphone

Banyaknya kasus pemalsuan barang, pasti membuat banyak orang khawatir dalam membeli suatu produk. Apalagi, jika produk yang dibeli harganya cukup mahal. Dengan memanfaatkan aplikasi cek barang original, para pengguna bisa lebih mudah untuk memastikan.

Apalagi, aplikasi-aplikasi untuk pengecekan keaslian barang ini bisa dipasang dan dioperasikan di smartphone. Jadi, pengecekan bisa dilakukan kapan saja. Bahkan, para pengguna bisa melakukan pengecekan barang secara langsung sebelum membeli barang.

Untuk menjaga keamanan transaksi barang yang dibeli, berikut adalah berbagai aplikasi untuk cek barang original yang bisa dipasang di smartphone:

1. Hidden Tag, Untuk Verifikasi Waktu Belanja

Aplikasi cek barang original yang direkomendasikan pertama adalah Hidden Tag. Aplikasi ini bisa dimanfaatkan mudah dan cepat.  Para pengguna cukup membuka aplikasi dan langsung men-scan tag dari barang yang ingin dicek.

Hal ini membuat aplikasi ini ideal untuk digunakan sebelum membeli suatu barang. Karena hasil pengecekan akan keluar dengan cepat. Apabila barang yang discan ternyata palsu, para pengguna bisa langsung masuk ke menu ‘Report’ untuk melaporkan pemalsuan tersebut.

Sesuai dengan namanya, hanya kode dengan format Hiddentag saja yang bisa discan oleh aplikasi ini. Untuk jenis kode dan format lain tidak bisa dideteksi dengan aplikasi ini.

2. QR and Barcode Scanner Untuk Segala Jenis Kode

Jika Hidden Tag hanya bisa digunakan untuk mengecek jenis kode Hidden Tag saja. Maka, para pengguna bisa menggunakan aplikasi QR and Barcode Scanner untuk pilihan jenis dan format kode produk yang lebih lengkap.

Aplikasi ini bisa membaca berbagai bentuk kode mulai dari URL, ISBN, teks, dan berbagai bentuk dari kode produk yang lain. Jadi, para pengguna bisa lebih bebas untuk melakukan pengecekan barang pada produk yang diinginkan.

Aplikasi satu ini juga bisa digunakan secara gratis tanpa versi berbayar. Selain itu, kompatibel juga untuk berbagai sistem operasi yang biasa digunakan pada smartphone.

3. Authentic Guard, Untuk Memastikan Keaslian

Aplikasi ini memastikan keaslian produk dengan melakukan pendeteksian hologram yang ada produk. Jadi, para pengguna tinggal melakukan scanning atau memasukkan informasi tertentu pada aplikasi sebagai dasar untuk pengecekan barang.

Merupakan aplikasi mobile jadi para pengguna bisa menggunakannya di mana-mana melalui smartphone. Aplikasi Authentic Guard juga punya jangkauan pengecekan yang luas. Authentic Guard bisa digunakan pada berbagai produk mulai dari fashion sampai spare part motor.

Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan berbagai informasi mengenai brand-brand. Bahkan, aplikasi ini juga memberikan informasi mengenai diskon dan promo-promo dari brand yang besar dan terkenal.

4. AiScan Untuk Cek Barcode dengan Mudah

Aplikasi cek barang original selanjutnya adalah AiScan. Aplikasi ini punya kelebihan proses scanning yang cepat dan akses yang aman. Hasil analisis barcode dari produk akan muncul dalam hitungan detik. Jadi, sangat ideal untuk dimanfaatkan langsung ketika berbelanja.

Aplikasi ini juga memiliki fitur kontak sosial dan pemindaian bisnis. Hal ini memungkinkan aplikasi AiScan untuk dimanfaatkan dalam berteman dan hubungan bisnis. Aplikasi ini mendukung pemindaian berbagai jenis kode mulai dari QR Code sampai EQS, dan Quick Code.

Sayangnya, AiScan merupakan aplikasi berlangganan dan para pengguna harus membayar untuk menggunakannya. AiScan memang memiliki fitur scan yang free namun dengan fitur dan fungsi yang sangat terbatas.

5. BPOM Mobile Untuk Produk Indonesia

Seperti yang diketahui setiap produk dari Indonesia terutama produk seperti makanan, obat, dan kosmetik harus mendapatkan izin BPOM terlebih dahulu. Keterangan izin BPOM ini sangat mudah untuk dipalsukan oleh beberapa oknum.

Karena itu, diluncurkanlah aplikasi BPOM Mobile di Indonesia. Dengan aplikasi ini, para pengguna bisa dengan mudah mengecek keaslian kode BPOM pada sebuah produk dan masa berlaku dari izin tersebut.

Jika para pengguna menggunakan produk yang menggunakan nomor izin BPOM palsu. Para pengguna bisa langsung melaporkannya pada pihak aplikasi. Aplikasi ini menganalisis kode dengan cara discan atau para pengguna bisa mengetikkan kode BPOM yang tertera secara manual.

6. Epson Genuine Untuk Produk Epson

Bagi para pengguna yang banyak menggunakan produk brand Epson. Bisa memanfaatkan aplikasi EPSON Genuine untuk memastikan keaslian produknya. Produk Epson memang sangat digemari di Indonesia. Tidak heran, jika ada oknum yang coba memalsukan produk Epson.

Untuk menghindarinya Epson membangun aplikasi Epson Mobile. Para pengguna tinggal melakukan scan atau mengetikkan kode produk Epson ke dalam aplikasi. Maka, para pengguna bisa langsung mengetahui apa barang Epson tersebut asli atau tidak.

Misalnya, jika barang yang dimiliki tidak asli. Para pengguna tinggal melakukan pelaporan secara langsung. Jadi, para pengguna bisa langsung mendapatkan penyelesaian dari pihak Epson.

7. Barcode Scanner Untuk Pengecekan Mudah

Aplikasi cek barang original yang bisa dipasang di smartphone selanjutnya adalah Barcode Scaner. Seperti nama aplikasinya, aplikasi memeriksa keaslian barang dengan cara melakukan scan pada bagian barcodenya.

Hampir semua produk yang beredar di Indonesia memiliki kode Barcode. Dengan aplikasi ini, berarti para pengguna bisa mengecek keaslian produk apa saja. Selama, produk yang dipilih itu memiliki kode barcode.

Aplikasi ini memiliki ukuran yang ringan dan mudah dijalankan. Sekalipun pada smartphone dengan spesifikasi minimum. Sangat cocok untuk para pengguna yang ingin melakukan pengecekan dengan praktis.

8. Barcode It Checker Untuk Smartphone Spesifikasi Minimum

Karena ukurannya yang kecil dan ringan, aplikasi ini sangat mungkin untuk digunakan di berbagai spesifikasi smartphone. Bahkan, untuk smartphone dengan spesifikasi yang minimum pun bisa. Jadi, para pengguna bisa dengan bebas memasang aplikasi ini di smartphone.

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini mengandalkan barcode untuk melakukan pengecekan keaslian barang. Jika misalnya, para pengguna men-scan suatu barang, jika barang itu asli maka akan terlihat di mana dan negara asal dari produksi produk tersebut.

Jika produk yang dibeli ternyata adalah produk yang palsu. Maka, aplikasi langsung melakukan pelapotan. Aplikasi ini bisa digunakan di berbagai platform namun lebih ideal jika digunakan di sistem operasi Android.

9. CertiEye Untuk Produk Certi Mark

Untuk para pengguna yang memiliki produk-produk yang memiliki Certi Mark. Pengecekan keaslian barang bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi CertiEye. CertiEye dipastikan akan memberi hasil scan yang akurat karena memang aplikasi yang dikhususkan untuk produk Certi Mark.

Selain untuk mengecek keaslian produk, para pengguna akan mendapatkan informasi yang mendalam mengenai produk yang discan. Selain itu, ada kolom pengaduan secara langsung. Jika para pengguna menemukan produk dengan Certi Mark yang palsu.

Itulah berbagai pilihan aplikasi cek barang original yang bisa menjadi pilihan. Semua aplikasi yang sudah disebutkan di atas bisa dipasang di smartphone. Dengan begitu, para pengguna bisa lebih mudah dan cepat untuk memastikan keaslian barang yang ingin dibeli dan menghindari kerugian barang palsu.